tokopedia-logo
Travel
Sulawesi Barat
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 8 Feb 2023
Check-out
Kam, 9 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Sulawesi Barat

Hotel di kota populer

RedDoorz @ Pasangkayu Mamuju Utara

RedDoorz @ Pasangkayu Mamuju Utara

Hotel
star-iconstar-icon
Pasangkayu, Sulawesi Barat
Pasangkayu, Sulawesi Barat
6,8
Baik
Diskon Spesial
Rp222.000
Rp199.800
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Sulawesi Barat
Tentang Sulawesi Barat
Wisata Populer di Sulawesi Barat
Wisata Kuliner di Sulawesi Barat
Akses Menuju Sulawesi Barat

Tentang Sulawesi Barat

Sulawesi Barat merupakan sebuah provinsi yang terletak di pesisir barat pulau Sulawesi. Pantainya yang membentang sepanjang 677 kilometer menjadikan provinsi ini memiliki banyak pilihan pantai wisata yang menarik untuk Anda dikunjungi. Hamparan pasir putih dan laut biru yang tenang dengan ciri khas masing-masing sangat cocok untuk berpiknik bersama keluarga. Anda akan bermain di air serta menikmati hembusan angin laut di pinggir pantai. Tak ketinggalan, berbagai kuliner khas Sulawesi Barat siap menjamu kedatangan Anda. Hidangan tradisional seperti bau peapi, golla kambu, sokkol ubi, tumpi-tumpi adalah sekian dari banyaknya kuliner khas Sulawesi Barat yang tidak boleh Anda lewatkan. Jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi Sulawesi Barat, Anda dapat dengan mudah pesan hotel di Sulawesi Barat dengan harga murah melalui Tokopedia, selain itu Anda dapat pesan langsung hotel di wilayah dekat Anda berkegiatan seperti hotel di Mamuju, hotel di Majene atau hotel di Rimuku.

Wisata Populer di Sulawesi Barat

Sulawesi Barat memiliki banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi. Berikut adalah beberapa rekomendasinya untuk Anda

Pulau Karampuang

Pulau Karampuang yang berada di Teluk Mamuju menyimpan keindahan biota laut yang indah. Pulau ini memiliki dermaga panjang yang menjorok ke laut sebagai fasilitas bagi para wisatawan yang ingin melihat keragaman biota laut tanpa harus berenang. Selain itu, daya tarik lainnya dari pulau Karampuang adalah sumur jodoh yang memiliki tiga rasa yaitu asin, tawar dan payau dalam satu sumur. Bagi Anda yang menyukai kegiatan snorkeling, Pulau Karampuang sangat cocok untuk Anda yang sedang berada di Sulawesi Barat.

Jam operasional: Setiap Hari, 24 Jam

Harga tiket : 20.000

Sentra Tenunan Sekomandi

Objek wisata budaya ini terletak di Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju. Tenunan Sekomandi adalah kain tenun khas Mamuju sejak ratusan tahun lalu. Uniknya, pewarna kain tenun ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti campuran jahe, lengkuas, cabai, kapur sirih, laos, kemiri, dedaunan, akar pohon dan kulit kayu. Sedangkan, untuk benangnya diambil dari kapas yang dipintal secara manual. Penggunaan pewarnaan ini menjadikannya ramah lingkungan. Anda pun dapat membeli beberapa kain sebagai buah tangan dari Sulawesi Barat untuk sanak saudara.

Pantai Dato

Pantai ini merupakan objek wisata andalan di Majene. Pantai Dato memiliki hamparan pasir putih dengan pemandangan air laut yang tenang dan dikelilingi oleh tebing-tebing berbukit. Saat senja, Anda dapat menikmati matahari yang perlahan tenggelam dari pantai maupun dari atas tebing. Kawasan wisata pantai Dato juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, musholla, toilet, kuliner dan masih banyak lagi.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket : Rp 3000,- (dewasa) dan Rp 2000,- (anak-anak)

Pantai Mampie

Pantai ini terletak di Polewali Mandar. Hamparan pasir di pantai ini dihiasi pohon-pohon kelapa serta rerumputan hijau. Oleh karena itu, pantai ini sangat cocok untuk tempat piknik bersama keluarga. Tentu saja sambil bermain air di pantai dan bermain pasir. Selain itu Anda juga dapat berkunjung ke tempat budidaya rumput laut di bagian timur pantai Mampie. Jika beruntung, Anda dapat melihat pelepasan penyu yang seringkali dilakukan disini. Menarik ya.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket : Rp. 3.000,-

Puncak Buntu Liarra

Puncak Buntu Liarra terletak di Mamasa. Objek wisata ini sangat cocok untuk anda yang menyukai kegiatan mendaki di alam bebas. Tidak perlu waktu lama untuk sampai ke puncak. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam dari desa terdekat untuk sampai di tempat yang memiliki pemandangan alam bebas yang indah ini. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ya agar kondisi alamnya tetap terjaga.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket : Gratis

Wisata Kuliner di Sulawesi Barat

Berkunjung ke Sulawesi Barat tak lengkap rasanya tanpa mencicipi kulinernya yang populer dan nikmat. Berikut adalah rekomendasi kuliner di Sulawesi Barat yang wajib Anda masukan ke dalam list wisata kuliner Anda selama di Sulawesi Barat.

Rumah Makan Nike Ardilla

Rumah makan yang terletak di Jl. Jendral Sudirman, Wonomulyo, Polewali Mandar ini menyediakan berbagai makanan dan minuman yang dinamai sesuai dengan judul-judul lagu Nike Ardila, sang lady rocker legendaris Indonesia. Hidangan yang disajikan di rumah makan ini diantaranya adalah sate ayam seberkas sinar, ayam goreng sandiwara cinta dan nasi goreng bintang kehidupan. Desain interior rumah makan ini dibuat mirip dengan museum. Lengkap dengan koleksi foto, gantungan kunci, tas, baju, hingga siaran-siaran TV tentang sang legenda. Bagi Anda yang ingin bernostalgia mengenang masa kejayaan sang lady rocker, Rumah makan ini sangat cocok untuk Anda.

Jam operasional: Setiap hari, 09:00 – 21:00 WITA

Harga : Rp. 18.000 – Rp. 75.000,-

Rumah Makan Dapur Mandar

Rumah makan ini terletak di Jl. Hasanuddin, Lingk. Galung-galung, Lalampanua, Pamboang, Majene. Anda akan menikmati makanan sambil melihat pemandangan pantai yang indah disini. Berbagai menu makanan tersedia di Rumah makan Dapur Mandar ini, mulai dari yang umum ditemui seperti ayam goreng, pepes ayam kampung, berbagai olahan hewan laut sampai makanan tradisional khas Mandar. Karena Majene terkenal dengan hewan lautnya, di rumah makan ini menu yang banyak dicari adalah seafood, mulai dari ikan, cumi, kepiting dan lainnya yang dijamin tak bisa Anda tolak.

Jam operasional:Setiap hari, 09:00 – 22:00 WITA

Tebing arts Cafe & Pustaka

Cafe yang terletak di Totoli, Banggae, Majene ini menawarkan panorama keindahan bahari tanah Mandar. Meski berkonsep cafe modern, disini Anda tetap bisa menikmati kuliner khas Mandar, Ikan bau peapi. Tak hanya itu, di cafe ini juga disediakan buku-buku yang dapat Anda baca sambil bersantai. Bahkan, pengelola cafe juga menyediakan panggung khusus bagi pengunjung yang ingin berdiskusi atau membaca puisi.

Rumah Makan Cici Catering

Rumah makan yang terletak di Jl. Abdul Malik Pattana Endeng, Simboro, Mamuju ini merupakan salah satu rumah makan paling diminati di Mamuju. Mulai dari anak muda hingga para pejabat dan pengusaha menyukai masakan di rumah makan ini. Bahkan, Rumah makan Cici Catering sering dijadikan tujuan para pejabat negara yang berkunjung ke Sulawesi barat, loh. Cici Catering menyediakan berbagai menu makanan seperti ikan bakar, ikan goreng, bau peapi, ayam goreng, ayam bakar, aneka hidangan hewan laut, sup ikan dan lain-lain.

Jam operasional: Setiap hari, 10:00 – 20:00 WITA

Harga : Rp 18.000 – Rp 75.000,-

Akses Menuju Sulawesi Barat

Bagi Anda yang akan berkunjung ke Sulawesi Barat, berikut adalah akses transportasi untuk yang bisa menjadi referensi Anda

Pesawat

Jika Anda dari berbagai daerah lain di Indonesia selain pulau Sulawesi, Anda dapat menggunakan pesawat sebagai pilihan moda transportasi yang praktis. Anda dapat pesan tiket pesawat dan memilih tujuan Bandara Tampa Padang yang terletak di kota Mamuju. Selanjutnya untuk menuju Sulawesi Barat, Anda dapat menggunakan travel atau transportasi online yang siap langsung mengantarkan Anda ke daerah tujuan di Sulawesi Barat.

Mobil

Bagi Anda yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya, kendaraan darat seperti mobil pribadi menjadi transportasi yang praktis dan tepat untuk digunakan bersama keluarga. Anda akan menempuh jarak sekitar 786,2 kilometer dengan durasi 8 jam 28 menit melewati Jl. Tol Salatiga-Kertosono menuju Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya. Setelah sampai di pelabuhan, Anda perlu naik kapal Ferry Jayapura dengan tujuan ke pelabuhan Makassar. Dari pelabuhan Makassar, Anda tinggal melanjutkan perjalanan darat sejauh 75,7 kilometer dengan durasi 2 jam 3 menit melalui Jl. Poros Lakahang.

Kapal

Selain jalur udara dan darat, Anda juga bisa menempuh perjalanan laut menggunakan kapal. Jika Anda dai Jakarta, tersedia keberangkatan menuju Mamuju dari pelabuhan Tanjung Priok. Terdapat beberapa pilihan kapal dengan berbagai jadwal keberangkatan yang berbeda-beda, ada KM Ciremai, KM Dobonsolo, KM Sinabung dan lainnya. Anda akan menempuh perjalanan sekitar 2 hingga 3 hari tergantung kondisi cuaca dan laut. Untuk tarifnya pun beragam mulai dari Rp 449.000 hingga Rp 1.496.000 tergantung usia dan kelas yang Anda pilih.

Bus

Selain menggunakan mobil pribadi, Anda pun dapat menggunakan bus untuk sampai ke Sulawesi Barat. Namun Anda harus berangkat dari Makassar di terminal bus Daya Makassar dengan tujuan Mamuju/Poso/Palopo. Waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 13 jam dengan tarif yang beragam. Untuk satu orangnya, Anda harus membayar sekitar Rp 120.000 hingga Rp 230.000. Waktu keberangkatannya pun hanya 2 yaitu pukul 20.00 WITA dan 21.00 WITA, jangan sampai ketinggalan ya.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store