tokopedia-logo
Travel
Sulawesi Tengah
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Jum, 10 Feb 2023
Check-out
Sab, 11 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Sulawesi Tengah

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
Swiss-Belhotel Silae Palu

Swiss-Belhotel Silae Palu

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Palu, Sulawesi Tengah
Palu, Sulawesi Tengah
7,8
Memuaskan
Rp1.270.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Sulawesi Tengah
Tentang Sulawesi Tengah
Wisata Alam di Sulawesi Tengah
Wisata Rekreasi di Sulawesi Tengah
Tempat Wisata Kuliner di Sulawesi Tengah
Akses Menuju Sulawesi Tengah

Tentang Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah merupakan sebuah provinsi di Indonesia dengan ibukota Palu. Diantara provinsi lainnya, Sulawesi. Tengah memiliki wilayah paling luas dan karena luasnya itu terdapat berbagai keunikan di dalamnya, Salah satunya sebagai wilayah yang menyimpan flora dan fauna endemik, tak heran jika banyak taman nasional dan suaka alam disini untuk melindunginya. Contohnya seperti Hutan Sulawesi yang memiliki ciri khas didominasi kayu agatis menjadi rumah bagi hewan-hewan endemik seperti anoa, babirusa, tarsius tersier, monyet tonkena, kuskus marsupial dan burung maleo. Keindahan alamnya ini menjadi daya tarik dan menjadi destinasi wisata alam yang diminati wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu, terdapat berbagai situs prasejarah yang didominasi dari masa megalitikum. Anda dapat melihat arca-arca unik yang menjadi peninggalan sejarah dari wilayah ini.

Bagi para pecinta kuliner, tentunya berbagai macam hidangan khas Sulawesi Tengah yang bercita rasa asam dan pedas tidak boleh dilewatkan. Berbagai pilihan hidangan khas yang lezat yang dapat Anda cicipi antara lain sup kaledo, onyop, lalampa, milu siram, dan tinutuan. Jika Anda memiliki agenda untuk mengunjungi Sulawesi Tengah, jangan khawatir akan penginapannya. Anda dapat pesan hotel di Sulawesi Tengah melalui Tokopedia. Berbagai pilihan hotel di seluruh wilayah Sulawesi Tengah tersedia lengkap seperti hotel di Palu, hotel di Luwuk, hotel di Donggala, hotel di Ampana dan lainnya.

Wisata Alam di Sulawesi Tengah

Pesona keindahan alam Sulawesi Tengah telah populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Berbagai wisata alam yang eksotis tentunya memiliki daya tarik masing-masing. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk Anda masukkan kedalam list perjalanan Anda.

Taman Nasional Lore Lindu

Jika berkunjung ke Sulawesi Tengah, hendaklah mampir ke Taman Nasional Lore Lindu yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar budaya biosfore dunia. Tentu saja gelar tersebut mencerminkan kekayaan menarik yang tersimpan didalamnya. Disini Anda akan melihat hutan, rawa, sungai dan berbagai flora endemik lainnya yang menarik. Salah satu flora yang unik adalah berbagai jenis kantong semar. Taman ini juga menjadi rumah berbagai fauna endemik seperti mamalia asli Sulawesi yaitu anoa, kera hitam Sulawesi, elang Sulawesi, maleo, kupu-kupu rangkong rusa, tarsius, nuri Sulawesi, pecuk ular, kakatua dan masih banyak lainnya. Tidak hanya wisata alam, Anda pun dapat melihat tinggalan masa lampau dari zaman megalitikum. Diantaranya adalah menhir, batu dakon, dolmen, batu gores, lumpang batu, tutup kalamba dan arca megalitikum.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket : Rp 10.000,-

Pantai Tanjung Karang

Tidak hanya taman nasional, Sulawesi Tengah juga memiliki wisata bahari yang menawan dan digemari para penyelam. Pantai Tanjung Karang ini berada di Palu, pasirnya yang putih dan air laut biru yang luas saja sudah dapat menyihir Anda untuk berlama-lama disini. Kegiatan snorkeling pun menjadi kegiatan yang tak boleh dilewatkan disini. Anda akan disuguhi pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang cantik, berbagai gerombolan ikan dan biota laut lainnya. Bahkan pemandangan tersebut sudah dapat Anda lihat di bibir pantai, tentu saja semakin dalam Anda menyelam maka semakin indah pemandangannya. Jika Anda ingin melihat hamparan karang di pantai ini namun tak ingin menyelam, tersedia perahu kaca khusus yang akan membawa Anda melihat karang-karang tersebut. Keseruan lainnya yang dapat Anda lakukan adalah bermain banana boat, selain itu di pinggir pantai tersedia gazebo yang dapat Anda gunakan untuk menikmati pantai ketika melihat senja. Berkunjung ke pantai ini tentunya akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan.

Harga tiket : Rp 2.500,-

Danau Poso

Menjadi danau terbesar dan terluas ketiga di Indonesia, Danau Poso menjadi salah satu wisata alam kebanggaan Sulawesi Tengah. Dikelilingi pasir yang berwarna keemasan dan airnya yang agak berombak menjadikan danau ini seringkali dikira pantai. Danau ini ternyata menyimpan berbagai jenis ikan, ada sekitar 11 spesies ikan yang beberapa diantaranya terancam punah. Anda pun dapat berenang di tepian danau yang perairannya dangkal, karena air yang ada di danau ini adalah air tawar. Selain itu, Anda juga dapat menyewa perahu motor yang dapat Anda sewa untuk menyusuri danau ini. Keunikan lainnya yang dapat Anda lihat di sekitar danau ini hutan yang mengelilingi danau. Hutan ini merupakan rumah bagi anoa, babi rusa dan fauna endemik khas Sulawesi lainnya. Ada pula kumpulan batu-batu besar yang dikenal sebagai Watu Nggongi karena jika Anda pukul, akan mengeluarkan bunyi yang unik. Dibelakang danau ini, terdapat taman anggrek hitam yang langka loh, jangan lupa mengabadikan momen disni a.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket : Rp 10.000,-

Wisata Rekreasi di Sulawesi Tengah

Tidak hanya keindahan alamnya yang memukau, Sulawesi Tengah juga memiliki berbagai wisata rekreasi yang tak kalah menarik. Ini dia beberapa rekomendasinya untuk Anda

Rumah Souraja/Banua Oge

Bagi Anda yang ingin melihat rumah adat Sulawesi Tengah, terdapat salah sebuah rumah suku Kaili yang didirikan Raja Palu Jodjokodi. Karena dibangun sekitar tahun 1892, rumah ini telah berusia ratusan tahun. Rumah ini memang digunakan sebagai kediaman para raja Palu dan ditempati secara turun menurun hingga raja terakhir Palu yaitu raja Tjatjo Idjazah. Kini Anda dapat berkunjung setelah pemerintah melakukan pemugaran. Saat datang kemari, Anda akan melihat sebuah rumah panggung yang terbuat dari kayu dengan bentuknya yang unik. Bagian atapnya terdapat papan kayu dengan ukiran yang khas suku Kaili, salah satunya berbentuk mahkota. Untuk masuk menaiki rumah ini, terdapat sepasang tangga di kanan dan kiri yang jika Anda hitung jumlah tangganya ganjil. Setelah naik ke atas, Anda akan sampai di bagian teras. Kemudian Anda dapat berkeliling ke dalam rumah dan melihat Lonta Tatagana yang merupakan ruang keluarga dan kamar ridur raja. Dilanjutkan menuju Lonta Ragarana yang digunakan sebagai ruang makan serta kamar tidur putri dan pada bagian belakang rumah terdapat dapur dan kamar mandi. Mengeliling warisan sejarah ini akan menjadi pengalaman unik bagi Anda.

Jam operasional: 07.00 – 16.00 WIB

Harga tiket : Gratis

Tugu Perdamaian

Sebagai bukti perdamaian suku Dayak dan Madura setelah konflik pahit yang terjadi sejak tahun 2001 mengalami konflik, pada tahun 2015 diresmikan sebuah tugu perdamaian Dayak dan Madura. Tugu ini terbuat dari sebuah tiang kayu dengan ukiran khas yang diletakkan pada bagian tengah bundaran Jln. Jendral Sudirman Sampit - Pangkalan Bun. Jika Anda melihatnya dari jauh, bentuknya menyerupai cawan atau kendi khas Dayak. Taman yang mengelilinginya pun tak kalah menarik, rumputnya sangat hijau dan tertata dengan rapi sehingga elok dipandang. Anda juga dapat mampir ke Masjid Agung Wahyu Al-Hadi yang letaknya persis di depan taman ini.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket : Anak-anak Rp 5.000 sedangkan Dewasa Rp 10.000,-

Bukit Kasih Sayang dan Cafe

Sedang populer dikalangan anak muda dan digemari keluarga, tempat ini memang menyajikan pemandangan yang indah. Saat pagi hingga sore hari, Anda dapat melihat suasana kota dari atas dan laut biru yang membentang luas. Tak jarang para fotografer pun berkunjung untuk mengabadikan keindahannya. Terlebih ketika berkunjung saat malam hari, Anda akan disambut dengan pemandangan indah kota Luwuk dan gemerlap lampunya. Lokasinya yang berada di atas perbukitan menjadi salah satu daya tariknya. Selain pemandangannya yang memikat, Anda dapat menyantap berbagai hidangan yang dijual disini, salah satu menu yang wajib Anda coba adalah minuman jahe khas Sulawesi yang dikenal sebagai Saraba.

Jam operasional: 08.00 – 23.00 WIB

Tempat Wisata Kuliner di Sulawesi Tengah

Berkunjung ke Sulawesi Tengah tak lengkap rasanya tanpa berwisata kuliner. Ini dia beberapa rekomendasinya untuk Anda

Rumah Makan Abadi Kaledo

Rumah makan ini disebut-sebut sebagai tempat kuliner paling diminati di ibukota Sulawesi Tengah dengan menu andalan sup tulang kaki sapi. Hidangan yang juga disebut sebagai sup kaledo ini dimasak dalam waktu lama dengan berbagai bumbu-bumbu khas palu seperti garam, asam jawa, dan cabe rawit. Setelah diolah, campuran bahan-bahan tersebut menghasilkan sup berkuah bening dengan perpaduan rasa asam dan pedas dengan gurihnya kaldu dari tulang kaki sapi. Semangkuk sup tersebut akan dihidangkan dengan sedotan untuk menyedot sumsum yang ada di dalam dalam tulang sapi. Keseruan menikmatinya tentu sangat menggoda. Jika tertarik, Anda dapat mampir ke rumah makan ini di Jl. Diponegoro No. 75, Lere, Palu.

Jam buka: Setiap hari, 10.00 – 22.00 WITA

Harga: Rp 75.000,-

RM Heni Putri Kaili

Bagi Anda yang datang dengan rombongan dan tidak memiliki waktu banyak untuk mengeksplor tempat kuliner di Palu Timur, restoran ini dapat menjadi alternatif wisata kuliner dalam 1 tempat. Tersedia berbagai macam makanan khas daerah, seperti kaledo, uta kelo, sayur daun kelor, nasi jagung, ikan roa, sambal dabu-dabu dan lain-lain yang dihidangkan di atas meja makan besar dan panjang. Anda dapat dengan mudah mencicipi aneka hidangan khas tanpa repot-repot berpindah tempat makan, solusi yang praktis untuk Anda.

Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 23.00 WITA

Harga: Rp. 3.000 – Rp. 55.000,-

Rumah Makan Hawaii

Selain itu ada juga rumah makan yang terletak di Jl. Dr. Moh. Hatta No. 102, Luwuk, Banggai yang menyediakan aneka seafood dengan berbagai racikan bumbu. Tentu saja dengan rasa yang lezat dan nikmat, apalagi dilengkapi dengan sambal dabu-dabu yang pedas dan gurih. Lokasinya yang dekat dengan laut menjadi sumber hewan laut yang akan diolah. Hal ini tentu menjadikan hidangan yang disajikan Rumah Makan Hawaii selalu dalam keadaan segar. Sembari menyantap makanan pesanan Anda di meja makan, Anda akan disuguhi pemandangan air laut biru yang menawan dan angin yang berhembus.

Harga: Rp 200.000 – Rp 500.000,-

Rumah Makan Sunu Lestari

Rumah makan ini juga menyediakan aneka ragam seafood, namun lokasinya ada di Banggai. Di rumah makan ini, Anda dapat memilih berbagai jenis ikan segar sesuai keinginan sebelum diolah di dapur. Menu populer dari rumah makan ini adalah ikan bakar yang disandingkan dengan sambal dabu-dabu segar. Lokasinya yang berada di pesisir pantai menjadikan pemandangan yang akan Anda lihat saat menyantap makanan Anda adalah laut dengan air yang biru.

Jam operasional : Setiap hari, 10.00 – 23.00 WITA

Harga : Rp 20.000 – Rp 50.000,-

Akses Menuju Sulawesi Tengah

Bagi Anda yang akan menuju Sulawesi Tengah, berikut beberapa moda transportasi yang dapat digunakan.

Pesawat

Bagi Anda yang berasal dari luar pulau Sulawesi atau ingin sampai dengan cepat, pesawat menjadi transportasi yang paling praktis. Anda dapat pesan tiket pesawat murah di Tokopedia dan memilih tujuan Bandara yang terdekat dengan wilayah tujuan Anda. Di Sulawesi Tengah terdapat beberapa bandara yang terbagi menjadi bandara domestik dan internasional. Di wilayah Palu terdapat Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, sedangkan di Poso terdapat bandara Kasiguncu. Selain itu terdapat bandara di Tolitoli yang bernama bandara Sultan Bantilan, bandara Pogogul di Buol, bandara Tanjung Api di Una-una, bandara Syukuran Aminuddin Amir di Banggai dan di Morowali terdapat bandara Maleo. Ada baiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum berangkat terkait bandara yang lebih dekat dengan tujuan Anda. Setelah sampai di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan berbagai moda transportasi lainnya seperti bus, travel, taksi online, ojek dan lainnya.

Kapal

Jika Anda ingin menggunakan kapal, perjalanannya tentu akan memakan waktu lebih lama. Namun pemandangannya pasti menjadi daya tarik para jiwa petualang. Salah satu kapal yang menyediakan jasa menuju ibu kota Sulawesi Tengah adalah KM Labobar dengan titik keberangkatan dari Jakarta. Kemudian Anda akan melewati Surabaya dan Kalimantan sebelum berlabuh di Palu. Waktu tempuhnya sekitar 3 hari 6 jam. Untuk tarifnya per orang harus membayar Rp 515.000,-. Setelah sampai di pelabuhan Pantoloan, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke destinasi tujuan dengan transportasi darat yang tersedia.

Bus

Selain jalur udara dan jalur laut, Anda pun dapat menggunakan bus untuk sampai di wilayah Sulawesi Tengah. Namun Anda harus berangkat dari Terminal Bus Daya Makassar. Terdapat beberapa bus dengan tujuan Palu. Rute yang akan dilewati dari titik keberangkatan Makassar kemudian menuju Parepare – Pinrang – Mamuju – Donggala – Palu. Waktu tempuh perjalanan jalur darat ini sekitar 22 jam karena jaraknya kurang lebih 830 kilometer. Jadwal keberangkatannya adalah pukul 11.00 WITA dan 18.30 WITA. Untuk tarif yang dibayarkan per orangnya sekitar Rp 297.000,- dengan fasilitas bus yang ber AC.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store