tokopedia-logo
Travel
Sulawesi Utara
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 8 Feb 2023
Check-out
Kam, 9 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Sulawesi Utara

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
Grand Luley Manado

Grand Luley Manado

Resor
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Manado, Sulawesi Utara
Manado, Sulawesi Utara
8,1
Sangat Memuaskan
Diskon Spesial
Rp1.020.000
Rp765.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Sulawesi Utara
Tentang Sulawesi Utara
Tempat Wisata Alam di Sulawesi Utara
Tempat Wisata Rekreasi di Sulawesi Utara
Tempat Wisata Kuliner di Sulawesi Utara
Akses Menuju Sulawesi Utara

Tentang Sulawesi Utara

Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi yang ada di Pulau Sulawesi, Indonesia. Dengan ibu kota Manado, kawasan Sulawesi Utara cukup memiliki banyak penduduk dengan total populasi setidaknya 2.655.970 jiwa pada tahun 2021. Salah satu daya tarik dari kawasan Sulawesi Utara yang membuat para wisatawan menyukai destinasi ini adalah karena nilai kebudayaannya yang masih kuat dan kental. Salah satu jenis kebudayaan yang masih kuat hingga saat ini adalah Masamper yaitu kegiatan bernyanyi secara berkelompok, lalu saling membalas nyanyian. Tidak hanya kaya akan budaya, Sulawesi Utara juga sangat kaya akan pariwisatanya yang memukau dan sangat indah. Dimulai dari pantai, gunung, bukit, air terjun, danau, dan segala jenis wisatanya yang sangat memukau bisa Anda temukan di Sulawesi Utara.

Sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan, Anda dapat menemukan berbagai jenis penginapan di Sulawesi Utara seperti villa, hotel, apartemen, guest house, maupun resort. Dari berbagai jenis penginapan tersebut, hotel adalah salah satu pilihan yang selalu bertambah setiap tahunnya meski sudah melebihi kebutuhan. Tak hanya nyaman, hotel di Sulawesi Utara juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia. Tidak hanya hotel di Sulawesi Utara, namun para wisatawan juga dapat menemukan berbagai hotel di area Sulawesi lainnya seperti hotel di Sulawesi Barat, hotel di Sulawesi Selatan, dan di daerah lainnya.

Tempat Wisata Alam di Sulawesi Utara

Beberapa lokasi wisata alam di Sulawesi Utara memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Sulawesi Utara yang patut Anda sambangi.

Taman Nasional Bunaken

Jika membicarakan wisata alam di kawasan Sulawesi Utara, tidak lengkap rasanya jika tidak menyebut Taman Nasional Bunaken. Siapa yang tak kenal dengan Bunaken? Sering disebut sebagai surga para wisatawan, destinasi ini selalu menjadi destinasi utama saat wisatawan bepergian. Wisata Bunaken sangat cocok untuk dijadikan tempat menyelam bagi para penyelam baik pemula maupun yang sudah profesional. Hal ini dikarenakan setidaknya ada 390 spesies terumbu karang, berbagai jenis mamalia laut, ikan, rumput laut, serta binatang laut lainnya yang pastinya sangat memukau dan cantik. Tidak hanya kekayaan bawah lautnya saja yang menjadi andalan, namun Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai binatang darat yang beragam seperti kuskus maupun rusa. Sebagai salah satu situs warisan dunia yang sudah diresmikan UNESCO, Anda wajib sekali mengunjungi Taman Nasional Bunaken.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Pulau Mahoro

Tidak kalah cantik dan indah dengan Taman Nasional Bunaken, Pulau Mahoro. Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni di area Sulawesi Utara, namun memiliki pesona yang sangat memanjakan mata. Salah satu hal yang membuat Pulau Maharo menarik untuk dikunjungi adalah hamparan pantai yang memiliki pasir sangat putih dan air sangat jernih sehingga cocok jika Anda ingin bersantai dari hiruk pikuk keramaian perkotaan. Selain itu, para pengunjung juga bisa menyelam di sini karena banyaknya binatang bawah laut yang bermacam-macam. Tidak hanya mengenai pantainya saja yang sangat mengagumkan, namun para pengunjung juga bisa menyaksikan peninggalan sejarah yang dikenal dengan Benteng Portugis.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,-

Pantai Pulisan

Wisata alam terakhir di Sulawesi Utara yang juga bertemakan lautan adalah Pantai Pulisan. Masih sangat kental dengan suasana alamnya, Pantai Pulisan ini memiliki kombinasi antara keindahan pantai dengan keindahan bukit-bukit yang sangat memukau. Dengan pasir putihnya yang sangat bersih, pantai ini terbilang sangat asri dan juga sangat berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Sulawesi Utara. Jika Anda adalah orang yang menyukai menyelam, maka Pantai Pulisan adalah salah satu destinasi terbaik karena Anda akan melihat berbagai binatang laut di bawah sana seperti bintang laut, ubur-ubur, hingga ikan nemo. Terdengar menarik, bukan?

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Sulawesi Utara

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata rekreasi di Sulawesi Utara yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Kai Santi

Selain wisata alamnya yang beragam dan sangat indah untuk dikunjungi, wisata rekreasi di Sulawesi Utara juga sangat beragam dan memukau. Salah satunya adalah Kai Santi yang merupakan wisata dari ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Dari atas bukit itu, para pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan kehijauan dari persawahan dan juga pegunungan yang memberikan kesan sangat menyatu dengan alam. Selain itu, pemilik wisata ini juga memberikan suatu area untuk para pengunjung yang ditanami berbagai macam bunga. Tidak heran, wisatawan yang datang ke sini kebanyakan ingin melepas penat dari kesibukan dan bersantai sambil melihat hamparan sawah serta pemandangan area luar yang kehijauan.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 - 20.00 WITA

Harga tiket: Mulai dari Rp 35.000,-

Taman Nasional Tangkoko

Wisata rekreasi lainnya di Sulawesi Utara yang juga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Tangkoko. Dengan luas taman sekitar 8.718 hektar, para pengunjung akan melihat keindahan alam yang masih asri dan sejuk di sini. Salah satu hal yang paling untik dari Taman Nasional Tangkoko adalah keberadaan monyet hitam Endemik Sulawesi yang terbilang sangat langka. Selain itu, ada pula hewan langka lainnya seperti Tarsius dan Yaki. Menjadi habitat para hewan langka, Taman Nasional Tangkoko sangat menggoda untuk dikunjungi bukan?

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 150.000,-

Hutan Pinus Lahendong

Wisata rekreasi yang tak kalah seru di Sulawesi Utara adalah Hutan Pinus Lahendong yang berlokasi tepat di Jl. Lahendong, Tomohon Selatan, Sulawesi Utara. Jika Anda ingin berwisata ke destinasi yang kaya akan pepohonan hijau dan tentunya menyejukkan, Hutan Pinus Lahendong bisa menjadi solusi utama untuk dikunjungi. Selain menjadi kawasan untuk berlibur, wisata hutan pinus ini juga kerap dikenal sebagai tempat yang dapat menyembuhkan penyakit kulit karena adanya kolam yang penuh dengan belerang dan bisa dijadikan tempat untuk berendam. Selain itu, pepohonan pinus di sini juga sangat tinggi menjulang dan dilengkapi dengan danau buatan. Menarik, bukan?

Jam operasional: Senin - Sabtu pukul 09.00 - 18.00 WITA dan Minggu pukul 13.00 -18.00 WITA

Harga tiket: Rp 20.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Sulawesi Utara

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Sulawesi Utara. Berikut beberapa wisata kuliner Sulawesi Utara yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

RM. Saroja

Jika Anda mengunjungi Sulawesi Utara, rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi salah satu kuliner andalannya yang bernama Nasi Kuning Saroja di RM. Sarajo. Rumah makan ini dulunya sempat memecahkan rekor MURI sebagai pembuat nasi kuning terbanyak pada kala itu. Untuk para pengunjung yang datang kesini, mereka akan disuguhi dengan sepiring nasi kuning dengan lauk abon ikan cakalang, kentang yang sudah digoreng, ubi jalar yang sudah dipotong-potong, telur rebus, dan juga ditemani oleh sambal serta taburan bawang goreng. Terdengar sangat menggugah selera, bukan?

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 22.00 WITA

Harga: Mulai dari Rp 20.000,-

Soto Rusuk Ba Ko Petrus

Wisata kuliner khas Sulawesi Utara yang juga tak kalah terkenal dan sangat wajib untuk dicoba adalah Soto Rusuk Ba Ko Petrus yang berlokasi di Jl. Achmad Yani No. 24, Karombasan Utara, Sario, Sario Tumpaan, Kec. Sario, Kota Manado, Sulawesi Utara. Salah satu menu andalan di sini yang dapat Anda coba adalah soto rusuknya yang terbuat dari daging babi dan dicampur dengan bihun. Hidangan soto rusuk ini sangat cocok disajikan dengan sepiring nasi putih. Selain menu tersebut, para pengunjung juga bisa mencoba menu lainnya seperti mie rusuk babi, babi tore, kaki babi goreng, soto kaki babi, serta olahan babi lainnya yang sudah pasti lezat.

Jam operasional: Senin - Sabtu pukul 07.00 - 01.00 WITA dan Minggu pukul 12.00-21.00 WITA

Harga: Mulai dari Rp 25.000,-

RM. Wakeke

Destinasi wisata kuliner terakhir yang dapat Anda kunjungi di Sulawesi Utara adalah RM. Wakeke yang memiliki menu andalan adalah bubur manado atau biasa juga disebut sebagai Tinutuan. Hidangan ini biasanya disajikan baik sebagai sarapan atau sebagai menu utama saat makan siang karena termasuk ke hidangan yang cukup berat. Dalam semangkuk bubur manado, para pengunjung biasanya akan dilengkapi ikan tongkol, sambal dabu-dabu, ikan asin, serta sambal bakasang.

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 13.30 WITA

Harga: Mulai dari Rp 20.000,-

Akses Menuju Sulawesi Utara

Untuk mengunjungi Sulawesi Utara, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Bus

Bagi para pengunjung yang ingin menempuh jalur darat dengan tujuan Sulawesi Utara, salah satu pilihan terbaik bisa menggunakan bus. Bus yang kerap digunakan adalah bus berjenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang akan berhenti di beberapa terminal bus yang sangat terkenal dan tentunya berlokasi tepat di Sulawesi Utara. Beberapa terminal bus yang dapat Anda pertimbangkan untuk dijadikan pemberhentian adalah Terminal Malalayang, Karombasan, Tangkoko, Tondano, Boroko, dan juga beberapa pilihan terminal lainnya yang ada di seluruh area Sulawesi Utara. Sesampainya di terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju lokasi tepat yang diinginkan.

Kapal

Alternatif darat lainnya yang tak kalah menarik adalah melalui kapal. Dengan menggunakan kapal, Anda dapat menikmati indahnya perjalanan hingga waktu tak terasa sampai di Jakarta. Jika menggunakan kapal, Anda dapat berhenti di beberapa pelabuhannya yang sangat terkenal seperti Pelabuhan Bitung, Tahuna, Labuan Uki, dan beberapa pelabuhan atau dermaga lainnya yang sangat terkenal di seluruh area Sulawesi Utara. Sesampainya di pelabuhan, Anda dapat melanjutkan perjalanan hingga ke lokasi tujuan dengan mudah dan menyambungnya dengan angkutan online, atau angkutan umum sekitar.

Pesawat

Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat menempuh Jakarta menggunakan jalur udara melalui pesawat yang biasanya kerap digunakan oleh wisatawan asing atau turis. Anda dapat membeli tiket pesawat di Tokopedia dan mendarat di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi tepat dengan angkutan umum yang tersedia seperti taksi bandara.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store