tokopedia-logo
Travel
Sumatra Barat
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Jum, 10 Feb 2023
Check-out
Sab, 11 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Sumatra Barat

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
Pangeran Beach Hotel

Pangeran Beach Hotel

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Padang, Sumatra Barat
Padang, Sumatra Barat
8
Sangat Memuaskan
Diskon Spesial
Rp720.000
Rp684.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk Kunjungi Sumatera Barat
Tentang Sumatera Barat
Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat
Tempat Wisata Rekreasi di Sumatera Barat
Tempat Wisata Kuliner di Sumatera Barat
Akses Menuju Sumatera Barat

Tentang Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang. Pada tahun 2020, jumlah populasi masyarakat yang ada di Sumatera Barat adalah 5.534.472 dengan latar belakang dan suku yang berbeda-beda. Di Sumatra Barat sendiri ada 3 bahasa yang kerap digunakan oleh masyarakat lokal yaitu bahasa Minangkabau, Batak, dan juga Mentawai. Tidak hanya kaya akan pariwisatanya, Sumatera Barat juga memiliki nilai kesenian dan kebudayaan yang cukup kental. Beberapa contoh kebudayaan yang masih dilestarikan adalah tari tradisionalnya yang beragam seperti Tari Rantak, Tari Randai, dan juga Tari Piring. Maka dari itu, jika Anda berkunjung ke Sumatera Barat maka banyak tempat yang bertemakan kebudayaan atau rekreasi yang bisa dikunjungi.

Sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan, Anda dapat menemukan berbagai jenis penginapan di Sumatra Barat seperti villa, hotel, apartemen, guest house, maupun resort. Dari berbagai jenis penginapan tersebut, hotel adalah salah satu pilihan yang selalu bertambah setiap tahunnya meski sudah melebihi kebutuhan. Tak hanya nyaman, hotel di Sumatera Barat juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Di Tokopedia, ada berbagai pilihan hotel yang berlokasi di Sumatera Barat dan Anda bisa mengeceknya dengan mudah di Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat

Beberapa lokasi wisata alam di Sumatera Barat memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Sumatera Barat yang patut Anda sambangi.

Pantai Caroline

Salah satu wisata alam di Sumatera Barat yang menjadi andalan para wisatawan baik lokal maupun luar adalah dengan mengunjungi Pantai Carolina. Termasuk strategis, para pengunjung dapat mengunjungi pantai ini yang berlokasi di Jalan Padang Painan, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang berair jernih dan berpasir putih. Selain itu, pantai ini juga sangat cocok untuk para pelancong yang ingin snorkeling sebagai pemula karena deburan ombak yang tidak terlalu besar. Tak hanya itu, lokasi pantai ini juga dekat dengan beberapa pulau kecil sehingga sangat memungkinkan untuk Anda menyeberangi pantai sampai ke pulau-pulau lainnya dengan perahu bersama keluarga maupun teman-teman.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Pulau Pagang

Pilihan wisata alam kedua yang juga selalu dibanjiri akan pengunjung adalah Pulau Pagang. Pulau ini sangatlah direkomendasikan untuk dikunjungi karena keberadaannya yang cukup menyejukkan suasana. Di pinggir pulau yang berupa hamparan pantai berpasir putih serta berair kebiruan, pengunjung akan disambut pula oleh lambaian pohon nyiur serta bukit kehijauan yang membuat suasana menjadi lebih sejuk dan betah untuk dinikmati. Karena airnya yang sangat jernih, bahkan para pengunjung dapat melihat hamparan ikan-ikan kecil yang terkadang berenang ke pinggiran pantai. Jalur yang dilalui untuk sampai ke Pulau Pagang juga bervariasi sehingga pengunjung dapat memilihnya seperti melewati Sungai Pisang, maupun melewati area yang bersinggungan langsung dengan Samudra Hindia.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 35.000,-

Lembah Harau

Kaya akan pilihan wisata alam yang beragam, Sumatera Barat juga memiliki lembah yang digadang-gadang sebagai salah satu lembah terindah di Indonesia. Berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, lembah ini berjarak 1 jam 30 menit dari Bukittinggi. Walaupun terbilang tidak dekat, namun pengunjung tidak akan dikecewakan saat berada di lembah tersebut. Pemandangan pegunungan yang kehijauan serta menyejukkan akan menghibur mata Anda, belum lagi ada jejeran air terjun setidaknya dengan tinggi 100 meter yang juga dilengkapi sungai-sungai yang jernih. Selain itu, para pengunjung juga dapat memanfaatkan kesempatan untuk memanjat tebing disini karena Lembah Harau memiliki setidaknya 300 lokasi berbeda yang dapat dijadikan area untuk memanjat tebing.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Sumatera Barat

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata rekreasi di Sumatera Barat yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Lawang Adventure Park

Tidak hanya kaya dengan wisata alamnya, Sumatera Barat juga kaya akan pilihan wisata rekreasinya yang cukup beragam. Salah satu wisata rekreasinya adalah Lawang Adventure Park yang berada di Jalan Raya H. Asbial Syafei, Lawang, Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan Danau Maninjau yang memukau dan ditemani dengan suasana menyejukkan yang membuat para pengunjung betah berlama-lama. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati fasilitas lainnya seperti paralayang, flying fox, dan juga beberapa spot foto unik yang sengaja dibangun untuk para pengunjung. Jika hanya ingin sekedar bersantai, Anda dapat memanfaatkan lokasi pemandangan yang sengaja dibangun dari bambu untuk melihat ke sekitar area taman yang diperkaya oleh pemandangan alamnya seperti sawah, danau, serta kabut yang menemani.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 18.00 WIB

Harga tiket: Rp 10.000,-

Museum Adityawarman

Tidak melulu soal wisata yang menakjubkan, Sumatera Barat juga memiliki destinasi wisata kebudayaan yang membuat para pengunjung mengetahui tentang sejarah sosial maupun budaya yang ada di Sumatera Barat. Berlokasi di Jl. Diponegoro No.10, Belakang Tangsi, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat, para pengunjung akan mudah menemukan lokasi museum yang terbilang sangat strategis ini. Beberapa koleksi budaya yang diabadikan di museum ini adalah cagar budaya nasional maupun Minangkabau itu sendiri. Koleksi tersebut berupa biologika, etnografia, historika, arkeologi, seni rupa, hingga teknologi yang telah ada sejak dahulu kala. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat duplikat patung peninggalan pada zaman Kerajaan Dharmasraya. Diperkaya dengan diorama di beberapa ruangan, para pengunjung akan mempelajari banyak hal mengenai Sumatera Barat saat berada di Museum Adityawarman.

Jam operasional: Selasa – Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB

Harga tiket: Rp 5.000,-

Istana Pagaruyung

Wisata rekreasi lainnya yang bertemakan kebudayaan di Sumatera Barat adalah Istana Pagaruyung. Anda dapat menemukannya dengan mudah karena terletak di lokasi yang cukup strategis yaitu Jl. Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Tj. Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini sangat khas dengan jenis rumah Sumatra Barat atau Rumah Gadang yang memiliki 3 lantai dan 72 tiang. Layaknya museum, istana ini juga dilengkapi dengan ratusan replika furniture serta artefak antic dari Minang itu sendiri. Saat berkunjung kesini, para pengunjung dapat menyewa pakaian beradat Minang yang berwarna hitam, kuning, serta merah dan juga mempelajari tentang Kerajaan Pagaruyung.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB

Harga tiket: Rp 15.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Sumatera Barat

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Sumatera Barat. Berikut beberapa wisata kuliner Sumatera Barat yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Sate Danguang – Danguang Nan Lamo

Mengunjungi Sumatera Barat memang belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan yang menjadi ciri khasnya yaitu sate padang. Salah satu sate padang terbaik yang ada di Sumatera Barat adalah Sate Danguang – Danguang Nan Lamo yang berlokasi di Jl. Sudirman, Daya Bangun, Kec. Payakumbuh Bar., Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Warung sate yang sangat legendaris ini telah dibangun sejak tahun 1989 silam dan sudah puluhan tahun menjadi kesukaan para pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Pengunjung akan disuguhkan oleh sepiring sate padang yang terbuat dari daging sapi pilihan dengan kualitas yang empuk lalu disiram oleh kuah khas sate padang yang berwarna kuning. Saat mencicipi nya, pengunjung akan merasakan cita rasa bumbu yang sangat khas dan berbeda dari sate padang lainnya.

Jam operasional: Setiap hari pukul 15.00 – 02.00 WIB

Harga: Rp 17.000,-

Soto Garuda

Kuliner kedua di Sumatera Barat yang tak boleh dilupakan adalah Soto Garuda. Berlokasi di Jl. S. Parman No.110, Lolong Belanti, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, Anda dapat menemukan warung soto ini dengan mudah. Warung soto ini juga salah satu wisata kuliner yang terbilang sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1976 silam. Dalam semangkuk soto yang legendaris ini, pengunjung akan disuguhkan dengan daging yang dipotong dadu, paru goreng, kentang, bihun, lalu disiram oleh kuah bening yang biasanya juga dicampurkan sambal pedas. Tak akan menyesal, para pengunjung akan menyukai cita rasa kuah soto bening yang segar dan juga khas Padang di lidah. Lokasi warung soto ini juga dekat dengan beberapa hotel pilihan di area Padang yang dapat kamu andalkan saat berlibur dan tersedia di Tokopedia.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 21.00 WIB

Harga: Rp 27.000

Martabak Kubang Hayuda

Siapa yang tak tahu dengan makanan khas Indonesia bernama martabak? Kali ini, di Sumatra Barat ada sebuah warung martabak yang sudah melegenda pula sejak tahun 1971 silam dan selalu dibanjiri oleh pengunjung baik lokal maupun wisatawan dari luar pulau. Martabak Kubang Hayuda berlokasi di Jl. Prof. M. Yamin SH No. 138B, Belakang Tangsi, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat. Salah satu menu martabak terbaik disini adalah martabak telurnya yang memiliki rahasia isian di rendangnya yang mengandung 20 macam rempah didalamnya. Terdengar sangat menarik, bukan? Selain itu, bumbu atau kuah dari martabak telur ini juga sangat dikenal akan kenikmatannya karena mengandung cuka yang juga dicampur dengan sari nanas.

Jam operasional: Setiap hari pukul 14.00 – 00.00 WIB

Harga: Rp 50.000,-

Akses Menuju Sumatera Barat

Untuk mengunjungi Sumatera Barat, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Bus

Jika Anda ingin menempuh jalur darat menuju Provinsi Sumatera Barat, ada beberapa pilihan terminal bus yang dapat dijadikan pemberhentian. Beberapa terminal bus yang ada di Sumatera Barat adalah Terminal Anak Air di Kota Padang, Terminal Bareh Solok di Kota Solok, Terminal Jati Pariaman di Kota Pariaman, Terminal Kiliranjao di Kabupaten Sijunjung, dan juga terminal Simpang Aur di Kota Bukittinggi.

Kapal

Tidak hanya dengan bus, para pengunjung juga dapat menempuh jalur laut menggunakan kapal ke Sumatera Barat. Jika Anda tertarik menggunakan kapal, pelabuhan yang dapat menjadi tempat pemberhentian di Sumatera Barat adalah Pelabuhan Teluk Bayur. Sesampainya di pelabuhan, para pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum setempat.

Pesawat

Terbilang praktis, jalur udara atau menggunakan pesawat juga bisa menjadi alternatif untuk mengunjungi Sumatera Barat. Cukup mudah, pengunjung dapat membeli tiket pesawat di sini dan memilih pemberhentian di Bandar Udara Internasional Minangkabau yang berada tepat di jantung kota Sumatra bagian Barat. Wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum seperti bus atau DAMRI yang disediakan di bandara.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store