tokopedia-logo
Travel
Hotel
Area
Tuban
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sab, 4 Feb 2023
Check-out
Min, 5 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Tuban

Tipe akomodasi di Tuban

Hygiene Verified
Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport

Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Bali
Bali
7,5
Memuaskan
Rp798.600
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kenali Tuban
Tentang Tuban
Tempat Wisata Alam di Tuban
Tempat Wisata Rekreasi di Tuban
Tempat Wisata Kuliner di Tuban
Akses Menuju Tuban

Tentang Tuban

Tuban adalah sebuah wilayah kabupaten yang ada di Jawa Timur. Setidaknya ada kurang lebih 1.2 juta jiwa pada tahun 2020 yang tinggal di Tuban dengan mayoritas Suku Jawa. Tuban sendiri memiliki beberapa julukan dari masyarakat seperti Kota Seribu Goa karena ia memiliki banyak goa yang bisa dikunjungi dan dijelajahi. Selain itu, Tuban juga menyimpan beberapa sejarah budayanya yang masih berlangsung turun temurun hingga saat ini. Salah satu kebudayaan yang masih berlangsung adalah Sedekah Bumi, dimana masyarakat Tuban melakukan acara yang disusun untuk menggenapkan rasa syukur atas nikmat yang telah diperolehnya dari hasil pertanian.

Tidak hanya sejarah budaya yang masih awet di Tuban, bahkan para pengunjung dapat mempelajari dan mengunjungi berbagai wisata religi yang ditawarkan oleh Kabupaten Tuban. Sebagai wisatawan, Anda dapat memilih berbagai makam Sunan atau Wali yang sangat bersejarah di Agama Islam yang menjadi mayoritas penduduk setempat. Selain itu, para wisatawan juga bisa mengunjungi berbagai macam wisata alam yang menawarkan keindahan tiada bandingnya. Tidak kalah dengan area lain, pengunjung dapat menemukan berbagai pantai, air terjun, hingga goa yang sangat menakjubkan untuk dikunjungi.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk berlibur di Tuban dan menginap selama beberapa hari untuk mengunjungi seluruh wisata yang ada. Tak perlu khawatir soal akomodasi saat menginap karena saat ini Tokopedia menawarkan berbagai jenis akomodasi yang dapat dipilih seperti hotel atau villa. Tentunya juga dengan harga yang tergolong terjangkau, jadi Anda dapat menemukan akomodasi terpilih yang ada di Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Tuban

Kaya akan keindahan alam, maka dari itu banyak sekali tempat wisata di Tuban yang berlomba-lomba menyajikan pemandangan cantik. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata alam di Tuban yang dapat dijadikan pertimbangan Anda saat ingin berlibur di Tuban.

Pantai Kelapa Tuban

Mengunjungi Tuban belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu pantai andalannya yang bernama Pantai Kelapa Tuban. Para wisatawan dapat menemukan pantai ini dengan mudah karena berlokasi di tempat yang sangat strategis yaitu Jl. Gresik, Kepoh, Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Dilihat dari namanya, sudah tidak asing bahwa setiap pinggir pantai ini dibanjiri oleh pohon kelapa yang menjulang tinggi. Pengunjung akan disuguhi oleh pantai indah berpasir putih dan juga wahana yang dapat dijadikan tempat bermain untuk anak maupun orang dewasa seperti kolam renang, gazebo, penyewaan kuda, flying fox, dan juga wahana permainan balon yang dikhususkan untuk anak. Pantai ini juga cocok jika Anda hanya ingin sekedar menikmati terbitnya dan tenggelamnya matahari karena memiliki lokasi yang cocok.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.30 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 10.000,-

Air Terjun Nglirip

Wisata alam kedua yang juga terkenal di Tuban adalah Air Terjun Nglirip yang berlokasi di Nglirip, Singgahan, Sawah, Tingkis, Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Air terjun ini sangat laris dikalangan para pengunjung karena memiliki warna air yang sangat memukau yaitu hijau tosca. Dengan ketinggian 30 - 35 meter, para pengunjung bisa melihat dengan sangat jelas air yang turun sangatlah jernih dan menciptakan kolam dibawahnya yang juga berwarna hijau tosca kebiruan. Di sekitar air terjun, pengunjung dapat bersantai di gardu pandang dan juga warung kayu yang menjual makanan serta minuman untuk disantap wisatawan sambil menikmati indahnya air terjun cerah yang menghibur mata saat dipandang.

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 5.000,-

Goa Akbar

Berlokasi di Semanding, Jarkali, Gedongombo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Goa Akbar adalah salah satu goa sangat terkenal yang pasti dikunjungi oleh para wisatawan yang ada di Tuban. Dikenal dengan tempat yang memiliki sejuta goa, Goa Akbar ini tak kalah cantik dengan goa lainnya yang bersejarah. Pengunjung akan disuguhi relief di sepanjang dinding gua mengenai sejarah penyebaran agama, serta sejarah dari Tuban itu sendiri. Lalu ada juga penangkaran hewan yang dibangun untuk tujuan edukasi para pengunjung, fosil binatang laut, serta bebatuan yang cantik. Dikarenakan pencahayaan yang kurang di dalam goa, pengunjung akan ditemani oleh lampu warna-warni berbentuk kristal yang menghias gua menjadi lebih indah saat dipandang.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 18.00 WIB

Harga tiket: Rp 5.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Tuban

Tidak hanya wisata alamnya yang memukau, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wisata rekreasi yang juga menghibur seperti beberapa rekomendasi dibawah ini.

Klenteng Kwan Sing Bio

Tak hanya wisatanya yang terbilang indah, Tuban juga memiliki jenis wisata berbeda yang salah satunya adalah religi. Anda dapat mengunjungi Klenteng Kwan Sing Bio sebagai salah satu klenteng tertua dan terbesar di Kabupaten Tuban. Berlokasi di Jalan R.E. Martadinata No.1, Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Anda dapat menemukan klenteng ini dengan mudah. Salah satu hal unik yang menjadikan klenteng ini berbeda dari yang lainnya adalah karena letaknya yang pas sehingga pengunjung dapat langsung melihat pemandangan laut yang asri dan tenang. Selain itu, Klenteng Kwan Sing Bio juga menjadi klenteng terbesar di Asia Tenggara dengan luas lahan hampir 5 hektar. Bangunannya juga terbilang sangat cantik dengan dominasi warna merah, kuning, dan hijau serta hiasan lilin, lampion, dan naga besar

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 21.00 WIB

Harga tiket: Rp 5.000,-

Museum Kambang Putih

Berada di Jl. Kartini No. 3 Tuban, Jawa Timur, Museum Kambang Putih ini bisa menjadi salah satu pilihan wisata rekreasi budaya dan sejarah yang sangat bermanfaat untuk para wisatawan yang datang. Beberapa koleksi yang terdapat disini adalah koleksi Koes Plus Bersaudara yaitu sebuah band Indonesia legendaris yang berasal dari Tuban. Pengunjung dapat melihat jejeran kaset dan foto-fotonya yang terbilang sangat lengkap. Tak hanya itu, ada juga peralatan laut, fosil badak purba, arca kuno, artefak, pilihan uang kuno yang legendaris, serta koleksi keramik maupun numismatik lainnya. Pengunjung dapat menemukan setidaknya 2200 buah koleksi yang ada di Museum Kambang Putih dengan sejarah berbeda-beda. Alangkah indahnya jika Anda berlibur sambil belajar mengenai sesuatu.

Jam operasional: Senin – Jumat pukul 09.00 – 15.00 WIB

Harga tiket: Rp 25.000,-

TPK Jatirogo

Tak kalah seru, wisatawan juga dapat mengunjungi rumah pohon yang bernama TPK Jatirogo di Desa Sadang, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban. Pengunjung akan disuguhkan dengan nuansa hutan karena beberapa rumah yang terbuat dari kayu tersebut berada diatas pohon atau sering kali disebut rumah pohon. Tidak hanya bersantai di rumah pohon, pemilik wisata juga menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung seperti tempat panahan untuk belajar memanah. Lalu juga ada beberapa wahana adrenalin seperti flying fox, high rope, hammocking, wall climbing, hingga gymnastic outdoor. Selain itu, ada juga beberapa pilihan wisata airnya yang menarik seperti wahana sepeda air, dan tempat pemancingan khusus anak.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 21.00 WIB

Harga tiket: Rp 2.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Tuban

Setelah berkunjung ke beberapa wisata alam maupun rekreasinya yang beragam, Anda juga dapat menemukan berbagai wisata kuliner di Tuban yang dapat menggugah selera. Berikut beberapa rekomendasinya.

Kare Rajungan Manunggal Jaya

Berkunjung ke Tuban belum lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khasnya yang bernama kare rajungan. Salah satu kare rajungan terlaris di Tuban berada di RM Manunggal Jaya yang terletak di Jl. Manunggal No.100, Keduran, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Anda disarankan untuk memesan kare rajungan agar mencoba sensasi kepiting berkuah pedas yang sudah ada sejak tahun 1985 silam. Menjadi salah satu warung makan yang legendaris, tidak heran bahwa banyak sekali wisatawan yang puas mengunjungi dan mencicipi pedasnya kare rajungan yang terdapat di RM Manunggal Jaya.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 19.00 WIB

Harga: Rp 100.000,-

Ayam Panggang Tirtomoyo

Untuk para pecinta ayam, hidangan ayam panggang yang disajikan di Tirtomoyo pastinya sudah menjadi menu andalan yang harus dicoba. Anda dapat mengunjungi Ayam Panggang Tirtomoyo yang berada di Krajan, Bektiharjo, Semanding, Tuban, Jawa Timur. Salah satu hal unik disini adalah, cara memasak seluruh makanan disini adalah menggunakan kayu bakar untuk mempertahankan tradisinya sejak awal berdirinya restoran ini. Pengunjung akan disajikan dengan ayam panggang dengan jeroan seperti ampela dan hati, lalu urap, sambal kecap, dan irisan timun yang segar. Sambal disini juga menjadi favorit banyak orang karena cita rasa pedasnya yang terasa di lidah dan juga cocok untuk para penikmat makanan pedas.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 45.000,-

Warung Soto Sleko

Para penikmat soto khas Jawa Timur, Warung Soto Sleko sebaiknya dimasukkan kedalam salah satu daftar warung soto yang akan Anda kunjungi saat berada di Tuban. Berlokasi di Jl. Pahlawan No.7, Wire, Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Anda dapat menikmati soto ayam berbumbu khas yang disebut tidak ada tandingannya dengan tempat lain. Memang tempat ini belum se-moderen restoran lainnya, namun pengunjung dapat mencicipi soto legendaris dengan resep kuno yang terbaik.

Jam operasional: Setiap hari pukul 18.00 – 22.00 WIB

Harga: Rp 15.000,-

Akses Menuju Tuban

Untuk mengunjungi Tuban, pilihan aksesnya terbilang cukup mudah karena Anda dapat memilih berbagai jenis moda transportasi. Berikut beberapa rekomendasi dari transportasi yang dapat dipilih.

Pesawat

Pilihan pertama jenis transportasi yang bisa dipilih adalah pesawat. Jika ingin menaiki pesawat, pengunjung dapat berhenti di Bandara Internasional Juanda yang berada di Surabaya. Sesampainya di bandara, lokasi menuju Tuban setidaknya sekitar 102 km dengan jarak tempuh 2 jam 30 menit. Dengan jarak itu, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan bus hingga sampai ke Kabupaten Tuban.

Kereta Api

Jika ingin pilihan transport yang lebih mudah, pengunjung dapat menggunakan kereta api dan berhenti di Stasiun Babat. Dari stasiun, perjalanan ke Tuban masih membutuhkan waktu sekitar 33 kilometer dengan waktu tempuh setidaknya 50 menit hingga 1 jam. Pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan ketersediaan bus ataupun angkutan umum di sekitar stasiun.

Bus

Dengan menaiki bus, pengunjung lebih mudah untuk mengunjungi Kabupaten Tuban. Berada di Desa Sugihwaras, pengunjung dapat berhenti di Terminal Baru Tuban dan melanjutkan perjalanan ke lokasi tujuan dengan angkutan umum di sekitar terminal.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store