Perang Konvoi Sukabumi-Cianjur 1945-1946

      Transaksi Sukses dari        Transaksi
Bagikan :
Lihat
     
Berat
290gr
Terjual
     
Asuransi
Opsional
Kondisi
Baru
Min. Beli
1
Varian Produk
Video Produk
Deskripsi Produk

Judul: Perang Konvoi Sukabumi-Cianjur 1945-1946
Penerbit: Matapadi Pressindo, 2016
Penulis: Yoseph Iskandar, Dedi Kusnadi, Jajang Suryani
Halaman: 202, 14 cm x 21 cm
ISBN: 978-602-1634-17-2

Perang Konvoi yang berlangsung di front Jawa Barat, beberapa bulan setelah proklamasi, hanyalah satu dari peristiwa penting sejarah yang belum sepenuhnya terdokumentasi. Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) yang dipimpin oleh Letnan Jendral Sir Philip Chritison (Inggris) sebagai perwakilan Sekutu, memasuki Indonesia untuk menjalankan misi Internasional melucuti serta memulangkan balatentara Jepang, dan mengirimkan perbekalan serta memulangkan tawanan perang dan interniran atau Allied Prisoners of War and Internees (APWI). Misi yang seharusnya berjalan damai, sayangnya berubah menjadi medan perang baru bagi tentara Inggris. Perkembangan yang mencemaskan ini tidak terlepas dari peran Belanda yang mendompleng masuk di belakang Sekutu.

Perang Konvoi yang terjadi di sepanjang jalan antara Bogor-Cianjur-Sukabumi-Bandung berlangsung dalam dua periode. Perang pertama terjadi pada 9-12 Desember 1945 dan berpusat di Bojong Kokosan. TKR bersama barisan laskar berhasil memukul konvoi Sekutu meski dengan persenjataan seadanya. Perang kedua terjadi pada 10-14 Maret 1946 dan puncaknya terjadi saat pengepungan terhadap tiga batalion Inggris di tengah kota Sukabumi.

Aksi TRI bersama barisan laskar menjadi mimpi buruk bagi tentara Inggris. Bahkan para tentara Gurkha dari Nepal dan Batalyon Jats dan Patiala dari India yang sudah sangat terkenal sebagai mesin perang yang menakutkan dibuat tidak berdaya menghadapi gempuran pejuang Republik.


"The Heaviest Airstrike in Java War"
(The Fighting Cock, Col. Douhlton, 1951)


Ringkasan Ulasan

Rp 55.000
Perubahan Harga Terakhir: 16-10-2017, 13:10 WIB

Simulasi Cicilan

Informasi Penjual

Kota Bandung
 Favoritkan

Reputasi

Terakhir Online: Memuat......
100.00%
Transaksi Sukses
225
Produk terjual
Diskusi Dibalas
Waktu Diskusi Dibalas
Chat Dibalas
Waktu Chat Dibalas

Dukungan Pengiriman

  • JNE
    Reguler
  • Wahana
    Service Normal
  • Pos Indonesia
    Pos Kilat Khusus
  • J&T
    Reguler
Cara Belanja di Tokopedia
Mengapa Belanja Online di Tokopedia Aman dan Bebas Penipuan?
Berikutnya Sebelumnya Selesai Lewati Tutup Informasi Produk Ulasan Produk Diskusi Produk Informasi Penjual Beli Fitur Baru: Produk Preorder Fitur Baru: Free Returns Video Produk Sebelum membeli, pastikan Anda membaca informasi dan deskripsi produk secara teliti. Berisi ulasan yang diberikan oleh pembeli lain terhadap produk yang sedang Anda lihat. Klik tab ini jika ingin bertanya seputar produk kepada penjual.
Di sini Anda juga dapat mengikuti berbagai diskusi yang ditanyakan oleh pembeli lain.
Sebelum membeli, bacalah informasi lengkap mengenai penjual, seperti: lokasi pengiriman, rating toko, dan jasa pengiriman yang didukung oleh toko tersebut. Terakhir, klik tombol "Beli" atau "Preorder" Di sini Anda bisa melihat informasi tentang waktu tambahan yang dibutuhkan penjual untuk memproses pesanan preorder. Badge ini menunjukkan bahwa produk mendukung Free Returns. Produk dapat diretur secara gratis jika tidak sesuai dengan pesanan. Pelajari lebih lanjut. Kenali lebih jauh produk yang ingin kamu beli dengan langsung menonton videonya