tokopedia-logo

Kategori Pilihan

Habiskan Saldo, Serbu Kelas Hemat!

GAMELAB by Educa Studio
GAMELAB by Educa Studio
Membuat Kode Program Menggunakan Java Untuk Menjadi Pemrogram Aplikasi
Rp120.000
Luarsekolah
Luarsekolah
Belajar Membangun Bisnis Untuk Menjadi Pemilik Toko
Rp139.000
Arkademi
Arkademi
Strategi Mengembangkan Usaha untuk Manajer Pengembangan
Rp149.000
Zenius Education
Zenius Education
Membuat Situs Jualan Online bagi Penjual Online
Rp199.000
STUDiLMU
STUDiLMU
Meningkatkan Etika dan Etiket di Lingkungan Kerja bagi Sekretaris
Rp200.000
International Design School
International Design School
Fotografi & Desain dengan Photoshop & CorelDraw bagi Perancang Grafis
Rp250.000
Rumah Siap Kerja
Rumah Siap Kerja
Menjadi Pemandu Wisata (Tour Guide) dengan Menguasai Tekniknya
Rp250.000
Kelas .com
Kelas .com
Mempelajari Teknik Dasar Menjadi Chef
Rp250.000

Inspirasi Untukmu


Mengenai Kartu Prakerja

Daftar Kartu Prakerja Online

Kartu Prakerja adalah program pemerintah berupa pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan untuk para pencari kerja, buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), dan buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Selama pandemi COVID-19, program kartu pekerja diprioritaskan untuk pekerja/buruh yang dirumahkan dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya. 

Program Kartu Prakerja disusun dan dirumuskan oleh Komite Cipta kerja yang dibentuk lewat Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja yang kini telah berubah menjadi Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020. Komite Cipta Kerja juga mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan program Kartu Prakerja.

Semua warga Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan non-pelajar bisa mendaftar kecuali pejabat negara, pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD), aparatur sipil negara (ASN), prajurit tentara nasional indonesia (TNI), anggota kepolisian negara republik Indonesia, kepala desa dan perangkat desa, direksi, komisaris dan dewan pengawas badan usaha milik negara (BUMN) atau badan usaha milik daerah (BUMD).

Cara daftar Kartu Prakerja pun sangat mudah bagi para peserta. Pertama, kamu bisa membuka portal https://www.prakerja.go.id. Kemudian, buatlah akun terlebih dahulu, dengan memasukkan email dan membuat password yang terdiri dari minimal 6 karakter, lalu konfirmasi password kembali. Setelahnya, kamu bisa klik “Daftar”. Nanti, kamu akan mendapatkan verifikasi akun di email yang sebelumnya kamu daftarkan. Jika sudah, buka email dan klik link yang telah dikirim untuk dilakukan verifikasi. Dengan begitu, akun Kartu Prakerja kamu pun sudah aktif untuk digunakan.

Selepas membuat akun Kartu Prakerja, kamu bisa melanjutkan pendaftaran Kartu Prakerja. Langkah pertama, login dengan akun yang telah kamu buat, dan masuk ke bagian Dashboard. Lalu, isi verifikasi KTP dan lengkapi juga data diri beserta unggahan foto KTP dan swafoto dengan KTP mu. Selanjutnya, verifikasi telepon dan klik “Kirim”. Bila sudah verifikasi KTP dan nomor ponsel serta isi data diri dan deklarasi survei, kamu perlu melakukan tes. Setelah sudah tes, kamu dapat mengikuti seleksi batch dengan memilih batch yang kamu inginkan, dan disesuaikan dengan domisili. Pendaftaran pun selesai sampai di tahap itu. Kamu hanya perlu menunggu proses evaluasi pendaftaran. Nantinya, notifikasi kelulusan akan kamu terima melalui SMS dan email. Mudah sekali bukan, cara untuk daftar Prakerja?

Bantuan dari Kartu Prakerja hanya kamu bisa terima sekali seumur hidup. Jika kamu sudah menerima bantuan Kartu Prakerja pada tahun 2020, kamu tidak bisa lagi mendaftar bantuan pada tahun 2021. Maka dari itu bantuan dana Kartu Prakerja harus dimanfaat semaksimal mungkin untuk meningkatkan skill atau keterampilan untuk menghadapi dunia kerja.

Program bantuan pemerintah yang merespon dampak dari pandemi Covid-19 ini sangat membantu banyak pihak. Ada berbagai manfaat Kartu Prakerja yang bisa didapatkan oleh para peserta, yaitu mendapatkan dana bantuan sebesar Rp3.550.000, yang terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000, dana insentif setelah pelatihan sebesar Rp600.000 per bulannya selama 4 bulan, dan insentif pengisian survei sebesar Rp50.000 per surveinya untuk 3 kali survei (Rp150.000). Selain itu, beberapa manfaat Kartu Prakerja lainnya adalah peserta dapat menambah dan meningkatkan keterampilan kerja. Program pelatihan yang diberikan di sini tentunya akan mempermudah peserta dalam menyiapkan pekerjaan di masa mendatang. Tidak hanya itu, keterampilan yang didapatkan dari pelatihan yang tersedia, akan menjadi skill pelengkap pendidikan formal kamu.

Beragamnya kelas pelatihan dari mitra Kartu Prakerja dapat memudahkan kamu untuk memilih program-program yang menjadi minat kamu. Yang membuat menarik juga, program Kartu Prakerja memiliki banyak kategori pilihan, seperti pengembangan diri, bisnis, tata boga, IT & data, fotografi, finansial, kesenian, sampai kecantikan pun tersedia. Beberapa kelas pelatihan Prakerja yang menarik untuk diikuti adalah seperti kelas belajar menjadi chef, kelas usaha ternak lele, mengelola usaha warung kopi, berjualan online sebagai dropshipper, kelas merancang bisnis katering, sampai pelatihan praktik hidroponik. Seluruh kelas pelatihan dari mitra Kartu Prakerja ini dapat membantu kamu untuk menambah keterampilan baru dengan cara yang tidak membosankan.

Bagi kamu yang belum tahu, Tokopedia telah bekerjasama dengan berbagai mitra Prakerja. Beberapa lembaga pelatihan Prakerja yang tersedia di Tokopedia adalah Skill Academy, Kelas.com, Baking World, Pakar, Hacktiv8, Dandan.id, Zenius, Rumah Siap Kerja, Bebas Jam Kerja, serta masih banyak lainnya. Lembaga-lembaga pelatihan Prakerja ini menyediakan bermacam-macam kelas pelatihan yang sangat menarik untuk diikuti. Pelatihannya pun dilakukan secara online, sehingga lebih hemat dan efektif!

Kartu Prakerja dapat kamu gunakan untuk mendapatkan kelas pelatihan secara online melalui Mitra Platform Digital resmi Kartu Prakerja, seperti Tokopedia. Nikmati kemudahan menggunakan Kartu Prakerja melalui Tokopedia, disini kamu bisa temukan banyak kelas menarik dari berbagai lembaga pelatihan yang menjadi partner Tokopedia. Cari dan sesuaikan program yang tersedia dengan kebutuhan kamu, dan lakukan pembayaran voucher pelatihan menggunakan Kartu Prakerja.


Yang sering ditanyakan

Apa itu Kartu Prakerja?

Apa Saja Syarat Daftar Prakerja?

Bagaimana Cara Membeli Voucher Pelatihan di Tokopedia?

Bagaimana Cara Bayar Kartu Prakerja?

Apakah 1 Akun Tokopedia Dapat Digunakan untuk Transaksi Lebih Dari 1 Nomor Kartu Prakerja?

Jika Email yang Saya Gunakan Berbeda antara di Akun Tokopedia dan Akun Prakerja Apakah Menjadi Masalah?

Kenapa Saya Tidak Bisa Melakukan Check Out Pembelian?

Kenapa Saya Tidak Menemukan Metode Pembayaran Kartu Prakerja?

Apa langkah Selanjutnya Setelah Pembayaran Pembelian Kelas Berhasil?

Bagaimana Cara Penukaran Kode Voucher?

Kenapa Status Transaksi Saya Refunded?

Bagaimana Cara Memberikan Review & Rating?

Kenapa Status Sertifikat Belum Tampil dalam Dashboard Website Kartu Prakerja?

Kenapa Saya Belum Bisa Melakukan Pembelian, Padahal Mendapatkan Notifikasi Ada Kelas yang Masih Aktif?

Bagaimana Jika Transaksi Kartu Prakerja Tidak Dapat Dilakukan?

Bagaimana Cara Isi Ulasan Prakerja?

Bagaimana Jika Nomor Kartu Prakerja Tidak Ditemukan?

Bagaimana Jika Sertifikat Prakerja Belum Diterima?

Bagaimana Jika Voucher Prakerja Tidak Dapat Digunakan?

Bagaimana Jika Pembayaran Telah Dilakukan, Namun Voucher Prakerja Belum Didapatkan?



Ikuti Kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store