tokopedia-logo

Kategori Pilihan

Belajar Langsung dari Idolamu


Mengenai Kartu Prakerja

Daftar Kartu Prakerja Online

Kartu Prakerja adalah program pemerintah berupa pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan untuk para pencari kerja, buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), dan buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Selama pandemi COVID-19, program kartu pekerja diprioritaskan untuk pekerja/buruh yang dirumahkan dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya. 

Program Kartu Prakerja disusun dan dirumuskan oleh Komite Cipta kerja yang dibentuk lewat Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja yang kini telah berubah menjadi Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020. Komite Cipta Kerja juga mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan program Kartu Prakerja.

Semua warga Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan non-pelajar bisa mendaftar kecuali pejabat negara, pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD), aparatur sipil negara (ASN), prajurit tentara nasional indonesia (TNI), anggota kepolisian negara republik Indonesia, kepala desa dan perangkat desa, direksi, komisaris dan dewan pengawas badan usaha milik negara (BUMN) atau badan usaha milik daerah (BUMD).

Bantuan dari Kartu Prakerja hanya kamu bisa terima sekali seumur hidup. Jika kamu sudah menerima bantuan Kartu Prakerja pada tahun 2020, kamu tidak bisa lagi mendaftar bantuan pada tahun 2021. Maka dari itu bantuan dana Kartu Prakerja harus dimanfaat semaksimal mungkin untuk meningkatkan skill atau keterampilan untuk menghadapi dunia kerja.

Kartu Prakerja dapat kamu gunakan untuk mendapatkan kelas pelatihan secara online melalui Mitra Platform Digital resmi Kartu Prakerja, seperti Tokopedia. Nikmati kemudahan menggunakan Kartu Prakerja melalui Tokopedia, disini kamu bisa temukan banyak kelas menarik dari berbagai lembaga pelatihan yang menjadi partner Tokopedia. Cari dan sesuaikan program yang tersedia dengan kebutuhan kamu, dan lakukan pembayaran voucher pelatihan menggunakan Kartu Prakerja.



Ikuti Kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store