Desain Grafis & Ilustrasi & Animasi
Daring
Online
Menguasai Desain Grafis Toko Online bagi Perancang Grafis (Daring)
Rumah Siap Kerja
Mengenai Institusi
Rumah Siap Kerja
Detail Kelas
Usia 18 - 64 Tahun
Kelas Online
SMA/SMK Sederajat - S1
Tentang Kelas
Tingkat Materi
Dasar
Total Durasi Kelas
15 jam
Tentang Kelas/Deskripsi
Merujuk pada okupasi INDOTASK 2020 (2166) Perancang Grafis dan Multimedia, peserta akan mempelajari konsep desain yang menarik, pengenalan software desain, dan cara untuk menerapkan desain yang menarik untuk logo, e-flyer, e-katalog serta mendesain video promosi untuk toko online.
Deskripsi Metode Pembelajaran
Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif, roleplay, dan bahan bacaan dengan penugasan praktek
Metode Evaluasi
Pre Test
Post Test
Skill Test
Tujuan Pembelajaran
Tujuan Umum
Peserta mampu menarik konsumen melalui pembuatan desain bagi toko online dengan cara yang kreatif dengan menunjukkan minimal skor 60 pada saat unjuk keterampilan
Tujuan Khusus
1. Peserta mampu merancang sebuah desain grafis untuk toko online berdasarkan teori desain grafis (kognitif)
2. Peserta mampu mengaplikasikan perangkat lunak desain bagi toko online miliknya melalui perangkat lunak desain (psikomotor)
3. Peserta mampu mempraktekkan sikap menjadi seorang desainer grafis (afektif)
4. Peserta mampu menciptakan sebuah identitas visual bagi toko online milikinya (psikomotor)
5. Peserta mampu menciptakan produk publikasi desain untuk toko online (psikomotor)
Kurikulum dan Kompetensi
Kurikulum
Pertemuan 1
15.00 - 18.00 WIB (180 menit - Toko Online dan Desain Grafis? Apa Kaitannya?)
1. Peserta mampu merancang sebuah desain grafis untuk toko online berdasarkan teori desain grafis (kognitif)
2. Peserta mampu mempraktekkan sikap menjadi seorang desainer grafis (afektif)
Pertemuan 2
15.00 - 18.00 WIB (180 menit - Kreasikan Idemu pada Logo,dan Tipografi Menggunakan Adobe Illustrator)
1. Peserta mampu merancang sebuah desain grafis untuk toko online berdasarkan teori desain grafis (kognitif)
2. Peserta mampu mengaplikasikan perangkat lunak desain bagi toko online miliknya melalui perangkat lunak desain (psikomotor)
3. Peserta mampu menciptakan produk publikasi desain untuk toko online (psikomotor)
Pertemuan 3
15.00 - 18.00 WIB (180 menit - Kreasikan Idemu pada Foto Produk dan Desain Kemasan Menggunakan Adobe Photoshop)
1. Peserta mampu merancang sebuah desain grafis untuk toko online berdasarkan teori desain grafis (kognitif)
2. Peserta mampu mengaplikasikan perangkat lunak desain bagi toko online miliknya melalui perangkat lunak desain (psikomotor)
3. Peserta mampu menciptakan produk publikasi desain untuk toko online (psikomotor)
Pertemuan 4
15.00 - 18.00 WIB (180 menit - Kreasikan Idemu pada E-flyer dan E-Katalog Menggunakan Situs Canva)
1. Peserta mampu merancang sebuah desain grafis untuk toko online berdasarkan teori desain grafis (kognitif)
2. Peserta mampu mengaplikasikan perangkat lunak desain bagi toko online miliknya melalui perangkat lunak desain (psikomotor)
3. Peserta mampu menciptakan produk publikasi desain untuk toko online (psikomotor)
Pertemuan 5
15.00 - 18.00 WIB (180 menit - Kreasikan Idemu pada Iklan Produk Menggunakan Adobe After Effect)
1. Peserta mampu merancang sebuah desain grafis untuk toko online berdasarkan teori desain grafis (kognitif)
2. Peserta mampu mengaplikasikan perangkat lunak desain bagi toko online miliknya melalui perangkat lunak desain (psikomotor)
3. Peserta mampu menciptakan produk publikasi desain untuk toko online (psikomotor)
Aspek Kompetensi
Pengetahuan (Kognisi)
1.Sejarah perkembangan jual beli (sesi 1)
2. Desain Grafis Penunjang Toko Online (sesi 1)
3. Elemen desain grafis (sesi 1)
4. Prinsip desain grafis (sesi 1)
5. Teori dasar warna (sesi 1)
6. Kategori desain grafis (sesi 1)
7. Desain Grafis Penunjang Toko Online (sesi 1)
8. Berkenalan dengan logo (sesi 1)
9. Berkenalan dengan foto produk (sesi 1)
10. Berkenalan dengan e-flyer (sesi 1)
11. Berkenalan dengan tipografi (sesi 1)
12. Berkenalan dengan e-katalog (sesi 1)
13. Softskill yang harus dimiliki seorang desainer grafis (sesi 1)
14. Kenali jenis perangkat lunak desain: Adobe Illustrator (sesi 2)
15. Mengenal Tools Adobe Illustrator (sesi 2)
16. Kenali jenis perangkat lunak desain: Adobe Photoshop (sesi 3)
17. Mengenal Tools Adobe Photoshop (sesi 3)
18. Kenali jenis website desain: Canva (sesi 4)
19. Pengenalan Fitur Canva (sesi 4)
20. Cara menggunakan Canva (sesi 4)
21. Kenali jenis perangkat lunak desain: Adobe After Effect (sesi 5)
22. Mengenal Tools Adobe After Effects (sesi 5)
Sikap Kerja (Afeksi)
1. Menunjukkan pentingnya sikap kreatif dalam membuat suatu desain (sesi 1)
2. Menunjukkan pentingnya sikap berkomunikasi dengan baik dalam membuat suatu desain (sesi 1)
3. Menunjukkan pentingnya sikap resolusi konflik yang tepat dalam membuat suatu desain (sesi 1)
4. Menunjukkan pentingnya sikap manajemen waktu yang baik dalam membuat suatu desain (sesi 1)
5. Menunjukkan pentingnya sikap mendengarkan masukan dalam membuat suatu desain (sesi 1)
Keterampilan (Psikomotor)
1. Merancang sebuah Logo (sesi 2)
2. Membuat sebuah Tipografi (sesi 2)
3. Merancang Pengeditan Foto Produk (sesi 3)
4. Membuat Desain Kemasan (sesi 3)
5. Membuat E-Flyer (sesi 4)
6. Membuat E-Katalog Produk (sesi 4)
7. Membuat Iklan Produk (sesi 5)
Unjuk Keterampilan
- Peserta diminta untuk menuliskan langkah dan aturan dalam membuat desain kemasan
- Kemudian, peserta diminta untuk membuat sebuah identitas visual berupa logo yang mencerminkan ciri khas suatu produk yang ingin dibuat
- Setelah membuat logo, peserta juga diminta untuk memaparkan deskripsi dari logo sudah dibuat
Waktu Pelaksanaan Unjuk Keterampilan: Setelah Post Test
Fasilitas
1. Ujian & Evaluasi
2. Sertifikat Digital
Jenis Sertifikat
1. Sertifikat Penyelesaian Pelatihan
Instruktur
Erlangga Dwi
- 3D Artist di Drafter di Kerajinan Kasongan (2016) - Bertanggung jawab membuat model tiga dimensi, animasi, dan visual effect.
- Creative Director di Mahesa Project (2017) - Merencanakan iklan dan kampanye digital dengan visualisasi ide kreatif untuk tujuan promosi di media sosial.
- Creative Designer di Snowbay Waterpark (2018) - Mengakomodir kebutuhan aset design dan grafis , memvisualisasikan ide kreatif untuk kampanye digital
Syarat dan Cara Mengikuti Pelatihan
Syarat
1. Memiliki laptop
2. Memiliki akses internet yang stabil
3. Memiliki minat dan ketertarikan pada dunia desain dan e-commerce (toko online)
4. Memiliki perangkat lunak desain berupa adobe photoshop
5. Memiliki perangkat lunak desain berupa adobe illustrator
6. Memiliki perangkat lunak desain berupa adobe after effect
7. Mampu membuka situs desain grafis canva
Cara Mengikuti Pelatihan
Langkah Redeem Kode Voucher
1. Kunjungi website Rumah Siap Kerja (rumahsiapkerja.com)
2. Masuk ke akun Rumah Siap Kerja jika kamu telah mempunyai akun Rumah Siap Kerja atau daftar jika kamu belum mempunyai akun rumah siap kerja dengan mengklik tombol ""Masuk/Daftar""
3. Setelah mendaftar atau masuk ke akun kamu, klik tombol ‘Tukar Voucher’ di bawah banner
4. Masukkan kode voucher yang kamu miliki
5. Pilih jadwal yang tersedia (untuk kelas interaktif)
6. Klik 'Tukarkan Voucher'
7. Klik 'Masuk Kelas' pada kelas yang diinginkan