Note

PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN PEMBELI

1.Apa bisa memesan beberapa produk di KELONTONGUNIK dalam 1 ongkir sekaligus?

Ya, tentu saja. Setelah Anda memilih metode pembayaran, di bagian pojok kiri bawah klik pilihan Lanjutkan Berbelanja. Kemudian Anda dapat melanjutkan pembelian produk lainnya. Jika sudah selesai, barulah klik Check Out, maka pembelian akan menjadi 1 invoice/ transaksi dan 1 kali ongkir. 

2.Bolehkah memilih warna / motif?

Ya. Untuk pembelian di bawah 500pc, Anda boleh memilih warna/motif selama stok barang tersebut tersedia. STOK PRODUK SELALU KAMI UPDATE SETIAP HARINYA DI BAGIAN DESKRIPSI PRODUK. APABILA SAAT PEMESANAN ANDA TIDAK MENULISKAN NOMOR/JENIS/WARNA YANG DIINGINKAN DI KETERANGAN ATAU ANDA MEMESAN NOMOR/JENIS/WARNA YANG SUDAH KAMI INFOKAN SOLD OUT NAMUN TETAP DIPESAN, MAKA SECARA OTOMATIS AKAN KAMI KIRIMKAN SECARA RANDOM SESUAI STOK YANG ADA. 

Untuk mempercepat proses pengiriman, kami harap Anda bisa memilih beberapa warna sekaligus (prioritas 1, 2, 3, dst-nya) sehingga bila warna prioritas 1 tidak ada, kami bisa langsung memilih prioritas 2, atau 3, dst-nya. Atau, jika Anda tidak menyukai warna tertentu, Anda bisa menyebut warna yang Anda TIDAK MAU. Untuk pembelian di atas 500pc per jenis barang, kami akan memberikan warna dan motif campur sesuai persediaan.

Note: jika Anda tetap mau produk dikirim sesuai warna yang dipilih, mohon ditulis di keterangan 

"warna putih jika kosong BATAL" 

maka orderan Anda akan kami batalkan

3. Apakah gambar yang dipajang sama dengan barang aslinya?

Secara umum, gambar yang dipajang mewakili bentuk aslinya, tapi dengan beberapa catatan. Pertama, efek sinar selama proses pemotretan bisa mendistorsi warna sampai tingkatan tertentu. Kedua, untuk barang dengan berbagai motif, supplier kadang mengirimkan motif yang berbeda sedikit dari gambar, walau secara kualitas dan kuantitas, barang tersebut sebenarnya sama. Ketiga, karena barang-barang yang kami jual adalah barang-barang NON-branded, pembeli harap memiliki harapan yang sesuai dengan harga barang.

4. Barang yang saya terima rusak, bagaimana penyelesaiannya?

Kami tentu memeriksa semua barang yang akan dikirim, tapi sebagai manusia biasa, sesekali kami pasti melakukan kesalahan. Selain itu, tidak semua barang bisa diperiksa, seperti yang disegel atau pesanan dalam jumlah banyak. Kadang kerusakan terjadi selama proses pengiriman. Namun karena kami mengutamakan kepuasan pelanggan, kami akan dengan senang hati membantu retur produk yang rusak / salah kirim. Segera setelah Anda menerima barang, harap langsung diperiksa. Bila barang tersebut memang rusak / salah kirim, Anda boleh melakukan RETUR BARANG dengan ketentuan sebagai berikut:

- Segera PM kami begitu barang sampai. Kami hanya melayani retur maksimal 3 (tiga) hari setelah barang diterima (berdasarkan catatan dari pihak ekspedisi) dan bila Anda belum memberikan review buruk terhadap pembelian tersebut di Tokopedia. Jika sudah melewati 3 hari dan review sudah diberikan, kami anggap Anda sudah bersedia menerima kondisi barang tersebut sebagaimana adanya dan retur tidak dapat dilakukan. 

- Setelah mendapatkan balasan pesan dari kami mengenai permohonan retur, kirimkan kembali produk retur tersebut kepada kami (alamat pengiriman kembali akan kami infokan dalam pesan). ONGKOS KIRIM PENGIRIMAN PRODUK RUSAK DARI ANDA KE GUDANG KAMI DI LUAR TANGGUNG JAWAB KAMI. Kami tidak menerima bukti foto atau bukti lainnya selain produk fisik asli yang dikirim kembali kepada kami. 

- Maksimal 2 hari setelah menerima produk retur dari Anda, produk penggantinya akan segera dikirim kepada Anda. ONGKOS KIRIM PENGIRIMAN PRODUK DARI GUDANG KAMI KE ANDA AKAN KAMI TANGGUNG SEPENUHNYA. 

- Garansi di atas hanya mencakup kerusakan fisik barang bersangkutan, dan bukan kerusakan kemasan, karena yang kami jual adalah produknya; sedangkan fungsi kemasan hanya sebagai pelindung produk.

5. Apakah KELONTONGUNIK melayani dropship?

Tentu saja. Kami melayani dropship sesuai permintaan Anda. Untuk dropship, saat proses checkout, centang pilihan dropship dan cantumkan nama pengirim + no HP. Dropshipper harus bertanggung jawab atas barang yang didropshipkan, bukan dilemparkan kepada seller. 

6. Barang sudah saya terima, namun setelah saya timbang, mengapa beratnya tidak sama dengan yang tercantum di katalog Tokopedia?

Bagi Anda yang sudah sering berurusan dengan ekspedisi, Anda tentunya sudah menyadari jika perhitungan berat kiriman tidak melulu dilihat dari berat aktual, melainkan juga dari perhitungan volume. Semua ekspedisi menerapkan perhitungan volume sebagai berikut:

Berat (dalam kg) = (Panjang x Lebar x Tinggi) / 6000 cm2

Tergantung mana yang lebih besar (berat aktual atau volume), itulah perhitungan yang akan dipergunakan. Karena itu, barang ringan yang memakan volume banyak terpaksa kita naikkan beratnya. Kita juga harus mempertimbangkan volume untuk packing, terutama untuk barang-barang yang rentan pecah. Penambahan ketebalan kemasan pasti akan menambah volume.

Yang membuat masalah bertambah sulit, ada barang tertentu yang tidak bisa dibungkus berdampingan begitu saja dengan barang lain tanpa resiko kerusakan di perjalanan, sehingga kita harus memberikan ruang lebih agar barang aman sampai di tujuan. Karena itu, untuk beberapa jenis barang, kita terpaksa melebihkan berat aktual di katalog agar kami memiliki ruang lebih untuk menyusun barang dalam packing yang aman.

Yang pasti, bila ongkir yang Anda keluarkan ternyata lebih banyak dari ongkir sebenarnya yang tercantum di resi, kami pasti akan dengan senang hati melakukan refund sesuai request Anda. Segera PM kami dengan menginformasikan nomor invoice dari transaksi Anda, selisih ongkir yang harus direfund, dan juga detail nomor rekening Anda.

27 July 2015, 06:27 WIB

gimmick-talkTips for a secure online shopping:

Use free escrow accounts from Tokopedia. Fraud usually occurs from the invitation to do your transaction behind our back, using other bank accounts that are not ours.