Syarat dan Ketentuan
FAQ

Syarat dan Ketentuan OVO PayLater

Syarat dan Ketentuan OVO PayLater merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Pengajuan dan Penggunaan OVO PayLater tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  4. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  5. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang, maupun benda non-fisik, tidak termasuk Angsuran Kredit, Tagihan Kartu Kredit, Reksadana dan Emas.
  6. Partner adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan kredit limit kepada Pengguna melalui Situs Tokopedia.
  7. OVO PayLater adalah metode pembayaran dalam bentuk Kredit Limit yang dapat digunakan oleh Pengguna untuk melakukan transaksi pada Situs/Aplikasi.
  8. Kredit Limit adalah sejumlah limit yang dialokasikan oleh Partner kepada Pengguna berdasarkan hasil penilaian dan kelayakan Partner.
  9. Biaya Layanan adalah biaya yang dibebankan oleh Partner kepada Pengguna saat menggunakan OVO PayLater sebagai metode pembayaran atas transaksi pembelian barang.
  10. Revolving Interest adalah biaya yang dikenakan kepada Pengguna jika memilih pembayaran sebagian dalam melakukan pembayaran tagihan
  11. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan Penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  12. Perjanjian Fasilitas Pinjaman adalah perjanjian, baik secara tertulis ataupun elektronik, yang dibuat dan disepakati antara Partner dan Pengguna yang mengatur antara lain hak dan kewajiban, syarat dan ketentuan dan mekanisme serta prosedur pengembalian atau pembayaran Kredit Limit.
  13. Syarat dan Ketentuan Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan produk OVO PayLater.

Pengajuan OVO PayLater

  1. Untuk saat ini, pengajuan OVO PayLater hanya dapat dilakukan oleh Pengguna yang berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya dengan minimum umur akun 4 (enam) bulan.
  2. Untuk dapat menggunakan OVO PayLater, Pengguna harus mengajukan aplikasi melalui formulir daring yang telah disediakan oleh Tokopedia.
  3. Partner menyediakan Kredit Limit yang akan ditentukan berdasarkan kebijakan dan persyaratan yang ditentukan oleh Partner serta berdasarkan statistik akun Pengguna dan Pengguna menyetujui Perjanjian Fasilitas Pinjaman yang disediakan oleh Partner.
  4. Tokopedia bukan merupakan salah satu pihak dalam Perjanjian Fasilitas Pinjaman dan tidak bertanggung jawab dan/atau tidak wajib memenuhi kewajiban yang timbul dari Perjanjian Fasilitas Pinjaman antara Pengguna dan Partner.
  5. Proses verifikasi akan dilakukan oleh Partner dalam jangka waktu 1x24 jam (hari kerja).
  6. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi yang terdapat dalam formulir laman OVO PayLater pada Situs/Aplikasi kepada Partner.
  7. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi dan/atau data relevan lainnya pada Situs/Aplikasi yang dibutuhkan oleh Partner.
  8. Pemberian Kredit Limit dan/atau penolakan merupakan sepenuhnya hak Partner. Pengguna akan menghormati keputusan dari Partner.
  9. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Partner untuk memberikan informasi kepada Tokopedia mengenai status Kredit Limit serta status pembayaran setiap bulannya.

Pemakaian OVO PayLater

  1. Kredit Limit dapat digunakan untuk melakukan transaksi pada Situs/Aplikasi, kecuali untuk produk-produk sebagai berikut:
    a. Digital: Angsuran Kredit, Tagihan Kartu Kredit, Gift Card, E-Money, Donasi dan Zakat
    b. Keuangan: Reksadana dan Emas.
  2. OVO PayLater dapat digunakan selama Kredit Limit masih tersedia dengan minimum transaksi sebesar Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah).
  3. Pemotongan Kredit Limit akan dilakukan untuk setiap transaksi yang telah berhasil diverifikasi.
  4. Pengguna akan dikenakan Biaya Layanan oleh Partner untuk pemakaian Kredit Limit sebesar 5.00% (lima persen) dari nilai transaksi.
  5. Pengguna hanya dapat melakukan transaksi maksimum sebesar Kredit Limit yang diberikan oleh Partner.
  6. Pengguna tidak dapat menggabungkan pemakaian OVO PayLater dengan metode pembayaran lainnya untuk melakukan transaksi.

Pembatalan dan Pengembalian Kredit Limit

  1. Jika pesanan Barang belum dikonfirmasi oleh Penjual dan terdapat pembatalan transaksi oleh Penjual, nominal transaksi yang dibatalkan tersebut akan dikembalikan ke Kredit Limit.
  2. Jika pesanan Barang sudah dikonfirmasi oleh Penjual namun Barang tidak diterima hingga estimasi waktu pengiriman yang telah ditentukan, Pengguna dapat mengajukan klaim pengembalian Kredit Limit melalui pusat resolusi. Kredit Limit akan bertambah setelah proses klaim disetujui oleh Penjual dan proses resolusi selesai.
  3. Jika pesanan Barang sudah dikonfirmasi oleh Penjual namun pesanan Barang kurang atau tidak sesuai, rusak atau terdapat kendala pada biaya pengiriman dan harga Barang, maka Pengguna dapat mengajukan klaim pengembalian Kredit Limit melalui pusat resolusi. Kredit Limit akan bertambah setelah proses klaim disetujui oleh Penjual dan proses resolusi selesai.
  4. Pengembalian Kredit Limit yang diterima akan mengurangi jumlah tagihan pada periode berikutnya.
  5. Jika pengembalian Kredit Limit melebihi jumlah pemakaian yang ada, sisa kelebihan pengembalian Kredit Limit tersebut akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia Pengguna.

Pembayaran Tagihan

  1. Pengguna akan mendapatkan tagihan dari Partner melalui Tokopedia pada tanggal 27 (dua puluh tujuh) setiap bulannya yang harus dibayarkan paling lambat pada tanggal 1 (satu) di bulan berikutnya.
  2. Pengguna mempunyai 2 (dua) pilihan untuk membayarkan tagihan, yang terdiri dari:
    a. Pembayaran penuh dengan membayar seluruh jumlah tagihan yang tertera pada halaman tagihan; atau
    b. Pembayaran sebagian dengan minimum pembayaran sebesar 50% (lima puluh persen) dari jumlah tagihan yang tertera pada halaman tagihan
  3. Pengguna akan dikenakan Revolving Interest sebesar 0,1% (nol koma satu persen) per hari dari tagihan tertunggak yang tidak dibayarkan penuh hingga batas waktu pembayaran (due date).
  4. Pengguna tidak dapat melakukan pembayaran melebihi jumlah tagihan.
  5. Pembayaran dapat dilakukan pada halaman tagihan maupun produk Angsuran Kredit* yang terdapat pada Situs/Aplikasi.
  6. Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan seluruh metode pembayaran yang terdapat pada Situs/Aplikasi, kecuali dengan metode pembayaran berbasis kredit, termasuk namun tidak terbatas pada Kartu Kredit dan Kredivo.

*Segera hadir


Pengelolaan Akun OVO PayLater

  1. Pengguna yang identitasnya didaftarkan pada saat pengajuan aplikasi merupakan pemilik sah dari OVO PayLater. Kepemilikan OVO PayLater tidak dapat dipindahtangankan dengan alasan apapun.
  2. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas penguasaan, penggunaan maupun penyalahgunaan OVO PayLater, baik oleh Pengguna maupun orang lain dan dilarang menggunakan OVO PayLater untuk melakukan transaksi yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku.
  3. Partner berhak untuk melakukan pemblokiran Kredit Limit jika Pengguna menggunakan OVO PayLater untuk melakukan transaksi yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku.
  4. Tokopedia berhak untuk melakukan penahanan transaksi dan pembekuan OVO PayLater jika melanggar Ketentuan Situs, termasuk namun tidak terbatas pada indikasi manipulasi transaksi OVO PayLater yang dilakukan oleh Pengguna.
  5. Partner berhak untuk melakukan pembekuan Kredit Limit jika Anda tidak membayar tagihan setidaknya sejumlah pembayaran minimum pada hari ketiga setelah tanggal jatuh tempo (due date).
  6. Jika Partner melakukan pembekuan Kredit Limit, Pengguna tidak dapat menggunakan OVO PayLater sebagai metode pembayaran di Tokopedia namun tetap dapat melakukan pembayaran tagihan sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman tagihan.
  7. Jika Partner melakukan pemblokiran Kredit Limit, Pengguna tidak dapat menggunakan OVO PayLater sebagai metode pembayaran di Tokopedia.
  8. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  9. Dalam hal adanya penyalahgunaan akun OVO PayLater Pengguna oleh pihak lain selain Pengguna, Pengguna wajib segera memberitahukan hal tersebut kepada Tokopedia.

Penghentian OVO PayLater

  1. Tokopedia dapat menghentikan fitur OVO PayLater yang diberikan kepada Pengguna, dengan ketentuan sebagai berikut:
    a. Kerjasama Tokopedia dan Partner telah berakhir;
    b. Pengguna mengajukan penghentian pemakaian OVO PayLater;
    c. Keterangan atau data yang diberikan oleh Pengguna terbukti palsu atau tidak sah;
    d. Pengguna terlibat transaksi yang mencurigakan; atau
    e. Pengguna melanggar Syarat dan Ketentuan, Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia dan/atau Kebijakan Privasi Tokopedia.
  2. Penghentian fitur OVO PayLater tidak menghilangkan kewajiban pembayaran yang tertunggak oleh Pengguna.
  3. Seluruh kewajiban pembayaran yang tertunggak oleh Pengguna harus dilunasi secara langsung kepada Partner.