Kategori


    Cari di kategori ini


    Harga

    Brand

    Populer
    {{key}}

    Brand

    Warna

    Lihat Semua Warna

    Ukuran

    Ukuran

    Lokasi

    Populer
    {{key}}

    Lokasi

    Lihat Semua Lokasi

    Dukungan Pengiriman

    Kondisi

    Toko

    Rating

    Umur

    SelesaiFitur Baru: Free ReturnsTemukan beragam pilihan produk Free Returns. Produk dapat diretur secara GRATIS jika berubah pikiran. Pelajari lebih lanjut.
    {{tokopedia.loc('Product List')}} {{pagination.item_start|thousand_separator}} - {{ pagination.item_end|thousand_separator}} {{tokopedia.loc("from")}} {{pagination.total_item|thousand_separator}}
    Urutkan :
    Reputasi:

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_1")}}

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_2")}}
    {{model.name}}
    {{model.name}}
    {{model.price}}
    ({{model.count_review}})
     
    {{e.title}}
    Grosir
    • {{wp.quantity_min}} - {{wp.quantity_max}}≥ {{wp.quantity_min}}≥ {{wp.price}}
    PO
      {{ model.shop.city }}
    RSS
    Definisi dari Science Fiction

    Kita pasti sering mendengar istilah science fiction, baik itu dalam perbukuan atau perfilm-an. Namun apakah sebenarnya science fiction itu? Science fiction adalah genre dari cerita fiksi yang bercirikan khusus yaitu elemen imajinasinya berkaitan erat dan memiliki kemungkinan untuk dijelaskan secara ilmiah atau secara science, dan dengan kemajuan teknologi yang berdasarkan hukum alam yang tertuang dalam postulat-postulat hukum ilmiah seperti hukum fisika, kimia, ataupun biologi. Tak sedikit pula kisah science fiction yang menentang fakta ilmiah yang terjadi saat ini, namun masih dapat terjadi berdasarkan kemungkinan yang akan terjadi. Melihat saat ini perkembangan teknologi sudah mulai berkembang pesat, berkat science fiction, berfikir secara futuristik namun logis bukanlah lagi menjadi hal yang tabu. Dalam mengarang cerita science fiction, umumnya penulis wajib melakukan riset secara mendalam agar tidak terkesan terlalu imajinatif.

    Ciri Khas Karya Science Fiction

    Jika kita membaca karya science fiction, berikut adalah beberapa ciri khas yang bisa kita temui. Diantaranya, seting atau latar dalam cerita science fiction seringnya bersifat futuristik atau melampaui fakta yang terjadi di masa ini, contohnya adalah: masa depan. Tak jarang science fiction berkutat pada penjabaran mengenai teknologi di masa depan, luar angkasa, mahluk luar angkasa, ataupun bahkan alien. Kemudian ciri lain pada science fiction adalah tentunya berkaitan dengan penemuan suatu hal, teknologi baru, atau prinsip ilmiah yang bertentangan dengan hukum alam yang kita pelajari di sekolah. Contohnya, cerita science fiction pastinya akan membahas penerapan dari prinsip ilmiah yang baru diketahui seperti: mesin waktu, robot, teleportasi, dan lainnya. Tentunya penerapan penemuan pada cerita science fiction bukan sekedar asumsi penulis, namun lebih dari itu merupakan riset dan penggabungan antara imajinasi penulis dengan teknologi atau prinsip ilmiah yang berlaku. 

    Tips Menulis Cerita Science Fiction bagi Pemula

    Ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan oleh penulis pemula yang ingin mencoba genre science fiction. Pertama-tama, penulis cerita science fiction haruslah gemar membaca, tak hanya buku dan novel, namun juga surat kabar, jurnal penelitian, dan apapun yang berhubungan dan pengetahuan ilmiah dan ilmu pengetahuan umum. Kemudian jika kita sudah akan mulai menulis cerita science fiction, buatlah dunia dengan sistem yang detail khususnya untuk alur, setting tempat, dan waktu. Jika kita ingin membuat science fiction yang sedikit mengarah ke fantasi, buatlah dunia baru yang detail, mulai dari tokohnya, sistem dan aturan yang berlaku, hingga bahasa yang akan kita gunakan dalam dunia baru tersebut. Kunci utama dari science fiction adalah tokohnya. Usahakan untuk membuat tokoh dengan karakter yang kuat unik. Dan tips terakhir adalah jangan takut bereksplorasi pada teknologi bisa dari teknologi saat ini ataupun pengembangan dari teknologi yang sudah ada.

    Manfaat dari Hobi Membaca Buku Science Fiction

    Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari hobi membaca buku berjenis science fiction. Salah satunya adalah dapat meningkatkan memori. Mengapa? Karena cerita yang terdapat dalam science fiction terkadang memiliki alur yang cepat atau bahkan maju mundur, sehingga otak akan terasah untuk mengingat alur cerita science fiction. Tak hanya itu juga, banyak sekali detail istilah ilmiah yang penting untuk diingat karena akan berpengaruh pada jalannya cerita, sehingga mau tidak mau, otak kita dipaksa untuk berterapi dalam mengingatnya. Hal ini akan membantu otak agar lebih kebal dari resiko penurunan daya ingat. Dengan rutin membaca buku science fiction, maka memori dan pikiran akan lebih kuat 32% daripada yang tidak suka membaca science fiction. Manfaat lainnya adalah membaca cerita science fiction dan menurunkan stress karena imaji kita secara tidak langsung dibawa kabur dari realita yang ada. Uniknya, membaca science fiction terbukti dapat mengurangi stres lebih banyak daripada main game!