Cari di kategori ini


    Harga

    Brand

    Populer
    {{key}}

    Brand

    Warna

    Lihat Semua Warna

    Ukuran

    Ukuran

    Lokasi

    Populer
    {{key}}

    Lokasi

    Lihat Semua Lokasi

    Dukungan Pengiriman

    Kondisi

    Toko

    Rating

    Umur

    SelesaiFitur Baru: Free ReturnsTemukan beragam pilihan produk Free Returns. Produk dapat diretur secara GRATIS jika berubah pikiran. Pelajari lebih lanjut.
    {{tokopedia.loc('Product List')}} {{pagination.item_start|thousand_separator}} - {{ pagination.item_end|thousand_separator}} {{tokopedia.loc("from")}} {{pagination.total_item|thousand_separator}}
    Urutkan :
    Reputasi:

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_1")}}

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_2")}}
    {{model.name}}
    {{model.name}}
    {{model.price}}
    ({{model.count_review}})
     
    {{e.title}}
    Grosir
    • {{wp.quantity_min}} - {{wp.quantity_max}}≥ {{wp.quantity_min}}≥ {{wp.price}}
    PO
      {{ model.shop.city }}
    RSS
    Berkenalan Dengan Kotak P3K, Penolong Pertama Situasi Darurat

    Salah satu komponen terpenting yang harus ada di setiap aktivitas, di rumah, di pabrik, di tempat umum, bahkan hampir di semua tempat adalah kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan atau disingkat kotak P3K. Dalam setiap kegiatan manusia, selalu ada ancaman bahaya di sekitarnya. Ketika beraktivitas di kantor, selalu ada risiko mengalami cidera ringan seperti terjatuh, tersandung, tergelincir, terjepit, kejatuhan benda, dan sebagainya. Baik ringan maupun berat, dibutuhkan pertolongan pertama sebelum tenaga ahli medis mengambil alih situasi kecelakaan. Oleh karena itu, kotak P3K diciptakaan. Dalam Undang-Undang No.1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja, bahwa setiap perusahaan diwajibkan untuk memiliki peralatan keselamatan kerja berupa kotak pertolongan pertama pada kecelakaan. Pertolongan pertama pada kecelakaan ditujukan untuk memberikan bantuan darurat. Jika Anda membeli mobil baru, akan disematkan kotak P3K sebagai standar keselamatan.

    Sudahkah Anda Mengetahui Apa Saja Peralatan P3K dan Fungsinya?

    Ada enam tujuan utama dari kotak P3K, antara lain menyelamatkan nyawa; meringankan penderitaan korban seperti meringankan rasa nyeri; mencegah cidera atau penyakit bertambah parah seperti pencegahan pendarahan; mempertahankan nyawa dari korban kecelakaan; menunjang upaya penyembuhan; dan mencarikan pertolongan lebih lanjut. Setiap peralatan P3K harus bisa memenuhi standar tujuan tersebut. Isi dari peralatan P3K dan fungsinya antara lain: kain kasa steril terbungkus untuk menutup cidera pada bagian kulit luar; perban sebagai pelapis dari kain kasa guna menghentikan pendarahan; plester yang digunakan untuk merekatkan luka yang telah ditutupi dengan kasa atau perban; kapas berfungsi untuk membersihkan dan sebagai bantalan luka agar tidak terkontaminasi sehingga menyebabkan infeksi; gunting dan peniti untuk merapikan balutan pada luka; masker sebagai alat perlindungan pernafasan baik petugas maupun korban.

    Perlengkapan P3K Berdasarkan Peraturan Negara

    Pada umumnya, kotak P3K yang ditemui berisi kain kasa, plester, gunting, minyak angin, betadine, dan peniti. Sebenarnya, perlengkapan P3K sederhana tersebut hanya cocok untuk kebutuhan pribadi, berbeda pula dengan standar untuk kantor dan pekerjaan lainnya yang didasarkan pada jumlah tenaga kerja pada tempat tersebut. Ada berbagai jenis kotak P3K yang dikategorikan berdasarkan peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor 8 tahun 2008. Kotak P3K golongan A wajib dimiliki oleh setiap perusahaan yang memiliki 20 tenaga kerja atau kurang dari itu. Kotak P3K golongan B ditujukan untuk lingkungan kerja dengan tenaga kerja 50 pekerja, dan kotak P3K golongan C wajib dimiliki oleh perusahaan dengan jumlah tenaga kerja 100 orang. Untuk kebutuhan militer, kotak P3K yang tersedia berbeda isinya dan lebih rumit. Palang Merah Internasional juga memiliki standar perlengkapan P3K yang berbeda.

    Peralatan P3K Terlengkap yang Perlu Anda Miliki

    Peralatan P3K yang tersedia pada toko-toko medis biasanya ditujukan hanya untuk menangani cedera ringan saja. Kotak P3K komersil biasanya memiliki plester perekat, penghilang rasa sakit dalam bentuk tablet atau salep, disinfektan seperti alkohol dan betadine, serta kain kasa. Peralatan P3K terlengkap dimiliki oleh lembaga-lembaga tertentu untuk aktivitas atau kendaraan yang memungkinkan risiko terjadinya kecelakaan serius yang menyebabkan cidera berat. Sebagai contoh, kotak P3K untuk transportasi laut meliputi pertolongan untuk risiko mabuk laut, hipotermia akibat berada di air laut yang dingin untuk waktu lama. Di pesawat terbang, kotak P3K meliputi alat bantu pernapasan dalam kondisi darurat. Untuk bepergian, kotak P3K yang digunakan hampir sama dengan kotak P3K yang digunakan di rumah, namun kuantitasnya disesuaikan dengan jumlah orang yang ikut serta. Temukan peralatan P3K terlengkap hanya di Tokopedia.