INFO TERBARU
    Bagikan :

    Cari di kategori ini


    Urutkan

    Lokasi

    Harga

    Toko

    Dukungan Pengiriman

    Kondisi

    Pilihan Produk

    SelesaiFitur Baru: Free ReturnsTemukan beragam pilihan produk Free Returns. Produk dapat diretur secara GRATIS jika berubah pikiran. Pelajari lebih lanjut.
    Reputasi:

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_1")}}

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_2")}}
    {{tokopedia.loc('Product List')}} {{pagination.item_start|thousand_separator}} - {{ pagination.item_end|thousand_separator}} {{tokopedia.loc("from")}} {{pagination.total_item|thousand_separator}}
    RSS
    Pengertian dan Fungsi Memory RAM Laptop / SO-DIMM

    RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Memory RAM pasti terdapat pada setiap laptop atau notebook dan komputer. Lalu apa itu SODIMM? SODIMM adalah sebutan jenis RAM pada laptop yang ukurannya lebih kecil. Memory RAM / SODIMM pada laptop berfungsi utama untuk membantu & mempercepat kinerja performa laptop. Selain itu juga berfungsi untuk menyediakan ruang penyimpanan sementara & menyimpan data - data yang mudah diambil pada sistem anda untuk diproses kemudian. Data - data tersebut tidak disimpan dalam hard disk internal terlebih dahulu agar mudah diambil & diproses. Karena itu, proses loading data yang sedang diakses pun semakin cepat. Karena sifatnya sebagai tempat penyimpanan sementara, maka data yang masih tersimpan dalam RAM akan hilang. Untuk memaksimalkan fungsi dari memory RAM / SO-DIMM, tentu harus didukung oleh faktor lainnya. Seperti chip processor yang cepat , harddisk internal yang mempunyai ruang penyimpanan yang besar, dan update software terbaru.

    Perbedaan Jenis Memory RAM / SODIMM DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4

    Memory RAM Laptop / SODIMM memiliki banyak jenis, seperti jenis memori RAM DDR1, DDR2, DDR3, & DDR4. DDR adalah singkatan Double Data Rate. Untuk angka setelahnya, menunjukkan generasi dari DDR tersebut. RAM generasi pertama muncul pada masa processor intel pentium, lalu DDR2 pada masa prosesor dual core, dan DDR3 pada masa processor core i3. Lalu apa perbedaan semua jenis RAM tersebut? Pada fisiknya, setiap jenis generasi RAM memiliki perbedaan posisi pada sekat yang untuk dipasangkan di Motherboard. Lalu, setiap meningkatnya generasi Memory RAM, tentu kecepatan untuk mengtransfer data juga lebih cepat seiring berkembangnya teknologi chipset & prosesor. Sebagai perbandingan, pada jenis RAM DDR2 transfer rate sekitar 400 - 1066 MT/s. Untuk jenis RAM DDR3 memiliki transfer rate 800 - 2133 MT/s . Untuk penggunaan daya pun, generasi RAM terbaru lebih hemat dalam penggunaan daya. Seperti Memory DDR1 mengkonsumsi sekitar 2.5 voltase, tetapi untuk DDR4 hanya mengkonsumsi sekitar 1.2 voltase.

    Harga & Spesifikasi Memory RAM Laptop / SODIMM Terbaru di Tokopedia

    Kamu tidak perlu lagi repot untuk pergi ke toko elektronik satu per satu untuk menemukan Memori RAM / SODIMM yang cocok dengan laptop kamu. Di Tokopedia, kamu dapat temukan berbagai merk memory RAM / SODIMM, seperti Corsair, Patriot, Vgen, Team, Sodimm, Kingston, Gskill, Crucial dan merk lainnya. Merk RAM apa yang bagus? Untuk mencari merk RAM laptop yang terbaik, tentu kamu harus mencari lebih banyak informasi review di Internet. Karena, merk RAM banyak yang sudah bagus dan dipakai oleh user di seluruh dunia. Tersedia ribuan produk Memory RAM untuk berbagai merk laptop, notebook hingga netbook. Seperti RAM laptop Toshiba, RAM laptop Acer, hingga RAM laptop Lenovo. Harga Memory RAM Laptop di Tokopedia juga sangat beragam, bisa kamu urutkan dari harga yang termurah. Kamu dapat selalu cek daftar harga & spesifikasi Memory RAM laptop / SODIMM online terbaru setiap harinya di Tokopedia. Beli Memory RAM laptop dengan aman, mudah, dan nyaman di Tokopedia!

    Tips Memilih Memory RAM / SODIMM untuk Laptop / Notebook

    Dalam pemilihan memory RAM / SO-DIMM, tentu harus banyak hal yang diperhatikan. Karena jika tidak, memori RAM tersebut bisa saja tidak cocok dengan spesifikasi laptop / notebook kamu. Berikut adalah tips & cara mudah memilih memori RAM untuk laptop kamu. Pertama, perhatikanlah nomor seri & merk dari RAM yang dipakai pada laptop sebelumnya. Lalu, belilah RAM dengan nomor seri & merk yang sama agar memory RAM yang baru memiliki kesamaan interface & voltage dengan memory RAM yang lama. Kedua, pastikan spesifikasi processor dan motherboard anda dapat support dengan kecepatan frekuensi pada memory RAM. Ketiga, belilah Memory RAM Laptop / SODIMM dengan kapasitas sesuai kebutuhan kamu. Contoh, jika kamu menggunakan laptop hanya untuk mengetik dan menonton video. Maka gunakanlah RAM dengan kapasitas 2 GB atau 4 GB. Jika untuk bermain game yang berat atau untuk mengolah grafis video profesional, pilihlah kapasitas Memory RAM Laptop DDR3 8 GB atau 16 GB dengan VGA Card yang mendukung.