Tips Hindari Jebakan Pesan “Fast Response”

Anda tentu pernah menerima notifikasi pesan baru di fitur Pesan, baik dari admin Tokopedia ataupun dari pengguna Tokopedia lainnya. Namun Anda perlu berhati-hati karena kejahatan online dapat terjadi melalui pesan masuk yang terlihat “normal”.

 

Salah satu pesan yang perlu Anda waspadai adalah pesan yang berisi ajakan untuk segera menghubungi nomor telepon, WhatsApp, PIN BBM atau ID akun tertentu. Biasanya pelaku memberikan alasan-alasan menarik agar Anda dapat segera menghubungi pihak tersebut, seperti klarifikasi pesanan, penawaran harga diskon atau menawarkan kode promo. 

 

Jika Anda menerima pesan dengan format seperti itu, pastikan untuk mengabaikannya. Hindari untuk membalas pesan “fast response” atau sampai memberikan data penting Anda seperti password, kode OTP atau kode SMS verifikasi, nomor telepon, data KTP, dan data transaksi Anda di Tokopedia. Anda juga patut curiga jika terdapat oknum yang mengaku sebagai pihak Tokopedia dan meminta Anda untuk menghubungi nomor tertentu atau transfer ke nomor rekening tertentu. Selain itu, pastikan untuk berhati-hati dan tidak klik sembarang link yang dikirimkan oleh pengguna lain.

 

Untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna Tokopedia, baik penjual atau pembeli, Anda dapat menggunakan fitur Diskusi Produk atau pun fitur Kirim Pesan. Jika terdapat pihak penjual atau pembeli yang mencurigakan, silakan laporkan ke Customer Care Tokopedia.