Zakat Fitrah
Zakat Maal Icon
Bayar zakat maal
Zakat maal wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang mampu. Yuk, bayar zakatmu sekarang!
Tokopedia Salam

Zakat Fitrah

Ajak lebih banyak orang untuk menunaikan amal baik
Zakat terkumpul per 22 Mei 2020
Rp3.060.135.000
Dana terkumpul dari 26.673 wajib zakat dan akan disalurkan melalui lembaga amil zakat.
Penyaluran zakat fitrah 2020
Penyaluran Zakat Fitrah Baznas
Penyaluran Zakat Fitrah Dompet Dhuafa
Penyaluran Zakat Fitrah Rumah Yatim
Penyaluran Zakat Fitrah Rumah Zakat
Penyaluran Zakat Fitrah NU Care - Lazisnu
Lembaga amil zakat
Baznas
Dompet Dhuafa
Rumah Yatim
Rumah Zakat
NU Care - Lazisnu
Info seputar zakat
Pengumuman dari Kemenag RI
Masyarakat dihimbau untuk mempercepat pembayaran ZIS, demi bantu para mustahiq. Info
Pengumuman dari Kemenag RI
Dapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ)
Bayar zakat di Tokopedia & dapatkan BSZ yang bisa dipakai untuk kurangi penghasilan kena pajak. Info
Dapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ)
Hukum bayar zakat secara online
Zakat boleh dibayarkan secara online. Pelajari hukum, ketentuan, dan tata caranya. Info
Hukum bayar zakat secara online
Tentang zakat fitrah
Lihat syarat wajib zakat, waktu pembayaran, dan ketentuan lain tentang zakat fitrah. Info
Tentang zakat fitrah
Tata cara bayar zakat fitrah
Pelajari lebih lanjut tentang hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat bayar zakat fitrah. Info
Tata cara bayar zakat fitrah
Penyaluran zakat di Tokopedia
Zakatmu akan disalurkan lewat lembaga amil zakat yang sudah terdaftar di Kemenag RI. Info
Penyaluran zakat di Tokopedia
Manfaat dari bayar zakat
Mulai dari menambah amal ibadah sampai bantu sesama, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat. Info
Manfaat dari bayar zakat
Sucikan Diri, Tunaikan Kewajiban Zakat Fitrah di Bulan Yang Fitri

Bulan suci ramadan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh kaum Muslimin yang ada di seluruh penjuru dunia. Di bulan ini, seluruh penganut agama Islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa dan melaksanakan kewajiban-kewajiban lainnya yang memiliki manfaat dan bersifat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ragam macam kegiatan tersebut antara lain adalah melaksanakan salat tarawih, bertadarus, mengikuti kajian, dan berinfaq sedekah. Sedangkan kegiatan wajib selain berpuasa yang harus ditunaikan pada saat bulan ramadan adalah membayar zakat fitrah. Sudah tahukah Anda apa arti dari zakat fitrah itu sendiri?

Zakat fitrah adalah salah satu jenis zakat yang wajib ditunaikan oleh seorang muslim menjelang hari raya Idul Fitri pada bulan suci ramadan. Penganut agama Islam, baik itu laki-laki maupun perempuan, yang telah sanggup membayar zakat fitrah harus mengeluarkan harta yang dimiliki setidaknya sebesar satu sha’ atau setara dengan 2,5 kilogram makanan pokok seperti beras, gandum, dan kurma. Zakat fitrah wajib ditunaikan guna mensucikan harta yang dimiliki, karena segala sesuatu yang kita miliki di dunia ini terdapat sedikit hak orang lain di dalamnya. Agar tidak lupa dan terlambat membayar zakat fitrah Anda, kini Tokopedia bekerjasama dengan banyak lembaga amil zakat seperti IZI, BAZNAZ, Dompet Dhuafa, LAZ AL-Azhar, NU CARE-Lazisnu, Rumah Yatim, Rumah Zakat, dan ACT untuk mempermudah Anda dalam mengolah dan menyalurkan kewajiban membayar zakat fitrah. Zakat fitrah online yang ingin Anda salurkan dapat dilakukan kapan saja selama 24 jam di bulan ramadan dan didukung dengan metode pembayaran yang lengkap.

Siapa Saja Yang Wajib Membayar Zakat Fitrah?

Dalam rukun islam yang keempat, disebutkan bahwa setiap umat muslim wajib menyisihkan harta bendanya untuk dizakatkan kepada orang-orang yang kurang mampu atau membutuhkan sesuai dengan ketentuan atau syarak yang berlaku. Bentuk laku zakat di dalam islam terbagi atas 2 macam, yaitu Zakat Fitrah dan Zakat Maal. Hal yang membedakan antara Zakat Fitrah dan Zakat Maal adalah waktu pelaksanaan dibayarkannya dan siapa saja yang wajib membayarnya. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan oleh setiap umat muslim entah itu laki-laki ataupun perempuan, anak-anak atau orang tua, merdeka atau budak. Sedangkan zakat maal hanya wajib dibayarkan oleh orang yang telah mencapai nishab atau standar terendah yang telah ditetapkan dalam syariat Islam.

Dan menjelang bulan ramadan ini, jenis zakat yang tidak boleh terlupakan untuk dilaksanakan adalah zakat fitrah. Zakat fitrah yang ditunaikan sekali dalam setahun selama bulan ramadan (sebelum salat Idul Fitri dilangsungkan) biasanya dititipkan kepada petugas atau pihak yang biasa mengumpulkan zakat, orang tersebut biasa disebut dengan amil zakat. Sedangkan untuk orang yang membayarkan zakat fitrah disebut dengan muzakki dan orang yang nantinya akan menerima zakat yang dititipkan disebut dengan mustahik. Salah seorang sahabat Nabi yaitu Ibnu Abbas RA, menyebutkan dalil Rasulullah semasa hidup bahwasannya "Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah sebagai sebuah bentuk membersihkan perbuatan yang sia-sia dan kotor dari mereka yang melaksanakan ibadah puasa dan zakat tersebut nantinya dijadikan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barangsiapa yang mengeluarkannya sebelum selesai salat Idul Fitri maka akan diterima oleh Allah SWT amalannya, dan barangsiapa yang mengeluarkannya setelah selesai salat Idul Fitri maka akan dianggap sebagai sedekah biasa" (Hasan: Shahihul Ibnu Majah).

Ketentuan Melaksanakan Zakat Fitrah Yang Wajib Untuk Diketahui

Sebelum membayarkan zakat fitrah, tentu ada beberapa hal yang wajib untuk kita ketahui seperti niat yang dilafalkan, tata cara pelaksanaan zakat fitrah, dan juga jumlah yang harus dibayarkan. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, zakat fitrah adalah zakat yang ditunaikan pada saat bulan ramadan menjelang perayaan hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah wajib dilakukan untuk membersihkan diri beserta dengan harta yang dimiliki. Dalam pelaksanaannya, seorang muzakki (orang yang membayarkan zakat fitrah) wajib melafalkan sebuah niat sebagaimana berikut:

"Nawaitu an uhrija zakat fitri anna wa'an jami'i maa yalzamuni nafqu tuhun syiar a'an far dzolillahi ta'ala".

Niat tersebut memiliki arti "Saya berniat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya berikan nafkah pada mereka secara syari'at, fardhu karena Allah ta'ala". Petugas atau badan yang menerima zakat yang dititipkan kemudian disunnahkan untuk mendo'akan pemberi zakat dengan do'a-do'a baik yang dapat dilafalkan dalam bahasa apapun. Guna dari do'a yang diberikan tersebut adalah untuk mendo'akan keberkahan serta balasan atas harta yang telah dizakatkan oleh seorang muzakki dan harapan agar amalan tersebut dapat membersihkan dosa-dosa yang dimiliki. Untuk jumlah harta yang diberikan untuk zakat fitrah, ketentuan per orangnya adalah senilai dengan 2,5 kg / 3,5 liter beras. Jika tidak sempat membelikan beras dengan jumlah tersebut, seorang muzakki dapat menitipkan uang dengan jumlah / harga beras yang sama dengan yang dikonsumsi sehari-hari kepada petugas atau badan amil zakat yang dipercayai untuk menyalurkan zakat kepada kaum yang membutuhkan. Dan apabila seseorang telah memiliki anggota keluarga dan menafkahi beberapa jiwa, jumlah tersebut harus dikalikan dengan jumlah per orang yang diwakilkan untuk dibayar zakatnya.

Bayar Zakat Fitrah Secara Online, Lebih Mudah dan Amanah dengan Tokopedia

Selain membersihkan dosa dari harta dan perbuatan, membayar zakat juga dapat memberi sebuah rasa tenang dan tentram dalam hidup. Berbagi dan mengasihi sesama umat manusia khususnya mereka yang kurang mampu merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh tiap-tiap manusia yang hidup di dunia dan Allah SWT akan memberikan balasan yang baik berupa amalan di akhirat. Untuk mengingatkan dan mempermudah umat Islam di seluruh penjuru daerah yang ada di Indonesia, Tokopedia telah menyediakan sebuah fitur pembayaran zakat fitrah online melalui aplikasi Tokopedia. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi Tokopedia atau mengunjungi laman situsnya, temukan ikon 'Zakat Fitrah' dalam menu Tokopedia Salam, masukkan jumlah zakat fitrah yang akan dibayarkan sesuai dengan tanggungan, baca niat zakat fitrah yang juga telah tertera di laman pembayaran zakat fitrah online Tokopedia lalu lakukan pembayaran, dan kewajiban membayarkan zakat fitrah di bulan ramadan sudah terpenuhi. Mudah sekali bukan! Meskipun tidak menemui langsung petugas atau badan amil zakat yang bertugas menerima zakat fitrah Anda, tak perlu khawatir karena Tokopedia bekerja sama dengan badan amil zakat yang terpercaya dan sudah sejak lama mengurus pengumpulan zakat baik itu zakat fitrah online ataupun zakat maal online. Badan zakat fitrah online yang bekerja sama dengan Tokopedia di tahun 2020 ini adalah Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Dompet Dhuafa, Rumah Yatim dan Rumah Zakat. Ibadah puasa di bulan ramadan tetap lancar, kewajiban bayar zakat fitrah pun lebih mudah dan amanah dengan fitur zakat online di Tokopedia Salam!