Zakat Maal
Mau hitung jumlah zakat dulu atau langsung bayar?
Masukkan nominal zakat yang harus kamu bayar ke kolom berikut.
Rp
Dengan membayar zakat lewat Tokopedia, saya menyetujui Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi.
Tokopedia Salam

Zakat Maal

Ajak lebih banyak orang untuk menunaikan amal baik
Penyaluran zakat terbaru
Penyaluran Zakat Baznas
Penyaluran Zakat Dompet Dhuafa
Penyaluran Zakat Rumah Zakat
Penyaluran Zakat Rumah Yatim
Penyaluran Zakat Lazismu
Penyaluran Zakat NU Care - Lazisnu
Penyaluran Zakat IZI
Penyaluran Zakat LAZ Al-Azhar
Lembaga amil zakat
Baznas
Dompet Dhuafa
Rumah Yatim
Rumah Zakat
LAZ Al-Azhar
NUCare-Lazisnu
Lazismu
IZI
Info seputar zakat
Raih kemudahan membayar zakat maal online lewat Tokopedia Salam

Di zaman serba digital memang segala sesuatu terasa menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Begitu pula dengan membayar zakat. Membayar zakat maal memang diwajibkan kepada orang yang mampu. Lebih rincinya beberapa ketentuan zakat mal tersebut ditunjukkan pada orang yang sudah merdeka, beragama islam, berakal dan baligh serta memiliki harta benda diluar kebutuhan sehari-hari. Tokopedia selalu berusaha memenuhi segala kebutuhan pengguna untuk mencapai kepuasan dalam berbelanja dan bertransaksi. Mulai dari membeli bahan makanan, pakaian, pulsa, tiket perjalanan hingga berbagai macam kebutuhan ibadah semua tersedia khusus untuk kamu. Terlebih, dengan fitur zakat online di Tokopedia pastinya akan semakin memudahkan kamu meraih pahala dan berkah dari Allah S.W.T. Bekerja sama dengan 8 lembaga zakat terpercaya di Indonesia seperti Baznas, Lazizmu, IZI, Dompet Dhuafa, LAZ Al Azhar, NU Care-LAZISNU, Rumah Yatim dan Rumah Zakat akan memastikan semua zakat yang telah kamu keluarkan diberikan tepat sasaran kepada orang yang membutuhkan. Inilah saatnya kamu dapat membayar zakat maal dan zakat fitrah maupun zakat profesi dengan mudah, aman dan tepat sasaran lewat Tokopedia Salam. Tak hanya bayar zakat maal online saja, di Tokopedia Salam kamu juga dapat membayar donasi, memilih paket perjalanan umroh, berinvestasi dengan reksadana syariah hingga jual beli emas dengan mudah, lengkap dan pastinya terpercaya. Yuk, rasakan sensasi beribadah yang terasa lebih mudah, amanah dan tentunya praktis lewat semua fitur di Tokopedia Salam.

Mengukur harta benda yang wajib dikenai zakat maal dengan nishab

Menurut Al Qur'an Surah At Taubah ayat 103 dan Peraturan Menteri Agama No 52/2014 pengertian zakat maal adalah zakat yang dikenakan atas uang, emas, surat berharga, dan aset yang disewakan. Dalam hal ini tidak termasuk harta pertanian dan pertambangan. Harta benda yang dapat dikenai zakat maal harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu mencapai nishab dan merupakan kepemilikan pribadi. Nishab zakat maal berarti batas minimum yang telah ditetapkan oleh agama pada suatu harta atau benda. Beberapa persyaratan nisab zakat maal tersebut adalah harta benda tersebut merupakan barang yang digunakan bukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Zakat maal tidak boleh dikenai untuk barang-barang seperti makanan,tempat tinggal, kendaraan dan pakaian yang memang digunakan sehari-hari. Syarat selanjutnya adalah harta benda tersebut harus mencapai kepemilikan 1 tahun atau sudah mencapai haul. Hal ini berdasarkan hadist riwayat Tirmidzi yang berbunyi sebagai berikut โ€œTidak ada zakat atas harta, kecuali yang telah melampaui satu haul (satu tahun).โ€ Selain itu, harta benda yang akan dikenai zakat maal haruslah merupakan kepemilikan pribadi dan tidak terikat oleh hutang. Nishab dari masing-masing harta benda memiliki perhitungan zakat maal masing-masing. Jika kamu memiliki harta berupa emas yang disimpan sebesar 87 gram, maka kamu wajib bayar zakat maal emas tersebut sebesar 2.175 gram, sedangkan jika kamu memiliki harta berupa perak, nishabnya adalah 595 gr dan wajib dikenai zakat sebesar 2.5% nilainya dari barang tersebut. Untuk selengkapnya kamu dapat melihat cara menghitung zakat maal untuk jenis harta benda lainnya pada laman Tokopedia Salam. Sebenarnya, jika kita sudah memahami apa pengertian zakat maal, bagaimana rincian perhitungan zakat maal dan syarat wajib zakat mal. Sesungguhnya kita akan mengerti pula bahwasanya Allah S.W.T tidak akan memberatkan hambaNya dengan hal-hal yang tidak bisa dilakukan. Untuk itu, jangan merasa terbebani oleh kewajiban yang diberikan oleh Allah dan marilah kita sebisa mungkin membayar apa yang sudah diwajibkan oleh-Nya seperti zakat maal dan zakat fitrah. Bila kamu menginginkan membayar zakat dengan mudah, amanah dan tepat sasaran. Kini di Tokopedia Salam, kamu dapat menunaikan kewajiban membayar zakat apapun dengan mudah dan aman karena sudah bekerja sama dengan lembaga-lembaga amil zakat terkemuka. Yuk, tunggu apalagi. Segera bayar zakat maal online lewat Tokopedia Salam.

Golongan-golongan yang berhak menerima zakat maal

Menolong sesama makhluk ciptaaNya dan memberi makan kepada orang yang kurang mampu niscaya akan memberikan kebahagiaan serta mendapat keutamaan oleh Allah S.W.T. Memberikan zakat maal salah satunya, ibadah ini tak sekadar ibadah yang bermanfaat untuk diri sendiri. Dengan membayar zakat maal dapat meningkatkan rasa sosial yang kita miliki. Sebagaimana menghitung zakat maal diatur dalam Al Quran serta hadist yang shahih maka, orang yang berhak menerima zakat maal pun juga diatur oleh Al Quran. Orang yang berhak menerima zakat maal tersebut dibagi menjadi 8 golongan. Pertama yaitu Fakir dan miskin atau orang yang tidak mempunyai harta atau hasil usaha untuk memenuhi kebutuhan pokok dia dan keluarganya meliputi makanan, pakaian, tempat tinggal. Kedua, Miskin atau orang yang penghasilannya tidak mencukupi. Contohnya seperti pedagang dan tukang. Selanjutnya adalah Riqab yaitu hamba sahaya atau budak yang ingin membebaskan dirinya. Keempat adalah Gharim yaitu orang yang memiliki banyak hutang, sehingga jatuh miskin dan tak bisa memenuhi kebutuhannya. Kita boleh membantu golongan gharim dengan persyaratan jika hutang yang dimilikinya bukan merupakan hasil maksiat dan sudah jatuh tempo. Kelima adalah mualaf atau orang yang baru masuk Islam. Selain itu, terdapat pula tiga golongan lain seperti Fisabilillah atau orang yang pejuang di jalan Allah seperti ustadz, dai hingga orang yang berperang, Ibnu Sabil musyafir atau para pelajar perantauan yang kurang memiliki bekal dan Amil zakat panitia penerima dan pengelola dana zakat yang sudah membantu proses kegiatan zakat. Itulah, 8 golongan penerima zakat maal. Pastikan semua zakat maal yang kamu keluarkan benar-benar tepat sasaran dengan memberikannya pada orang yang membutuhkan. Tokopedia selalu mengutamakan kebutuhan dan kenyamanan pengguna. Lewat Tokopedia Salam, kini kamu dapat membayar zakat maal online dengan mudah, amanah dan tepat sasaran. Mari tanam kebaikan bagi sesama dengan kemudahan bayar zakat online lewat Tokopedia Salam.

Niat dan doa zakat maal

Zakat Maal memiliki manfaat mampu menolong kita saat hari kiamat dan juga mampu membersihkan rezeki yang kita terima dari perbuatan buruk. Dengan membayar zakat maal, kita dapat menolong orang yang membutuhkan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pastinya saat melihat orang bahagia secara tidak langsung hati dan fikiran kita juga akan bahagia dan dikelilingi oleh energi posiitif. Setiap kita melakukan ibadah harus didahului dengan doa dan niat yang baik agar semakin mendapat ridho dari Allah S.W.T serta agar diberi kemudahan saat menjalankannya. Begitu pula saat membayar zakat. Sebelum kamu melakukan kewajiban membayar zakat maal, baik melakukannya secara langsung maupun dengan zakat online lewat Tokopedia Salam. Ada baiknya kamu membaca niat zakat maal terlebih dahulu seperti berikut. (ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุฃูŽู†ู’ ุฃูุฎู’ุฑูุฌูŽ ุฒูŽูƒุงูŽุฉูŽ ุงู’ู„ู„ูŽุงู„ู ุนูŽู†ู’ ู†ูŽูู’ุณููŠู’ ููŽุฑู’ุถู‹ุงู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰) yang memiliki arti โ€œSaya Niat Mengeluarkan Zakat Maal Dari Diriku Sendiri Fardhu Karena Allah Taโ€™ala.โ€ Sedangkan doa zakat maal yang memiliki arti โ€œYa Allah Jadikanlah Ia Sebagai Simpanan Yang Menguntungkan dan Jangan Engkau Jadikan Ia Pemberian Yang Merugikan.โ€ adalah sebagai berikut (ุฃู„ู„ู‡ูู…ูŽ ุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู‡ูŽุง ู…ูŽุบู’ู†ูŽู…ู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ู‡ูŽุง ู…ูŽุบู’ุฑูŽู…ู‹ุง ) Itulah doa dan niat zakat maal, mari tanam dan tunaikan kebaikan di bulan yang penuh berkah dengan membayar zakat maal online lewat Tokopedia Salam.

Hitung zakat dengan cermat dengan kalkulator zakat

Zakat adalah hal yang wajib dilakukan bagi umat muslim yang memiliki kecukupan dan termasuk ke dalam rukun islam. Zakat terbagi menjadi dua jenis yaitu zakat fitrah yang dilakukan saat bulan Ramadhan dan sebelum sholat Idul Fitri dirayakan, sedangkan zakat jenis lainnya adalah zakat maal yaitu zakat berupa penghasilan dan harta kekayaan seperti emas, uang, surat berharga maupun tempat yang disewakan. Penghitungan ketentuan masing-masing zakat tersebut memiliki rincian dan nishab yang tentu berbeda pula. Hal ini sesuai dengan jenis dan nilai dari barang atau harta tersebut. Jika kamu merasa kebingungan menghitung zakat maal yang harus dikeluarkan. Kini, tak perlu khawatir karena di Tokopedia Salam terdapat fitur kalkulator zakat online yang akan memudahkanmu menghitung kisaran nilai zakat yang harus dikeluarkan dengan mudah, cepat dan efisien. Layanan kalkulator zakat dari Tokopedia Salam akan mempermudah proses semua perhitungan jumlah zakat yang harus ditunaikan oleh umat muslim yang sesuai dengan ketentuan syariah, sehingga kamu tak perlu khawatir lagi akan terjadi salah hitung. Pastinya dengan fitur kalkulator zakat online dari Tokopedia Salam ini, membayar zakat apapun terasa semakin mudah tanpa perlu merasa kerepotan. Cukup memasukkan sejumlah nominal pada kalkulator zakat mal atau kalkulator zakat jenis lainnya pada kolom yang telah disediakan. Rincian informasi mengenai jumlah zakat yang perlu dibayarkan akan keluar dan kamu cukup tinggal melakukan pembayaran saja. Selain itu, kamu juga dapat memilih dan menentukan zakat yang kamu keluarkan ke berbagai macam lembaga zakat terkemuka di Indonesia yang terpercaya.