Konsistensi dalam Berinovasi, Dimulai dari Tokopedia

DESCRIPTION

Bergabung di sebuah komunitas pencinta alam membuat Muhamad Fatkhur Rahman bejumpa dengan sebuah desa sentra kopi di Sumatera Selatan. Di tengah pengabdiannya dalam memberdayakan desa tersebut, Fatkhur mulai berpikir untuk meningkatkan nilai jual produk yang dihasilkan oleh komunitas dampingannya.

“Kopi yang terkenal kenapa hanya berasal dari Lampung dan Aceh? Padahal Sumatera Selatan punya lebih dari 250 ribu hektare areal perkebunan kopi. Saya bertanya-tanya saat itu,” terang Fatkhur. 

Berangkat dari pertanyaan tersebut, ia memberanikan diri untuk memesan 100 kilogram biji kopi yang diolahnya menjadi biji kopi hitam. “Namun bukannya laku, pembeli malah menanyakan apakah saya menjual biji kopi hijau,” katanya.

Fatkhur yang sama sekali tidak mengetahui tentang apa itu biji kopi hijau mulai mencari tahu dan bereksperimen. Berkali-kali menemui tantangan nyatanya membuat Fatkhur semakin terpacu menghasilkan produk terbaik dari daerahnya. Menurut Fatkhur, konsistensi dalam berinovasi adalah kuncinya.

Kini melalui tokopedia.com/qaweh (qaweh dalam bahasa Sumatera Selatan memiliki arti kopi, ed.), mantan karyawan berbagai perusahaan ternama ini bisa meraup puluhan juta rupiah per bulannya. Lewat internet, belasan ribu produk olahan kopi hijau telah berhasil dipasarkan Fatkhur ke Sabang hingga Merauke. 

Beberapa penelitian pun di sisi lain menunjukkan, kopi hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain kaya akan antioksidan, kopi hijau bisa meminimalisir kadar kolesterol jahat dan membakar lemak ekstra sehingga bisa mendukung program penurunan berat badan atau diet.

 

INFO SELLER

Nama Seller:

Muhamad Fatkhur Rahman

Profesi Seller:

Toko Seller:

Qaweh