Semangat Kreasi Lokal, Dimulai dari Tokopedia

DESCRIPTION

Setelah mengenyam pendidikan strata satu desain produk di Australia, anak muda kelahiran 1987 ini memutuskan untuk kembali dan berkontribusi kepada tanah air. Ivan Yahya Adhi Teja memulai dan membangun brand-nya, IZEMU, dengan menggandeng sederet pengrajin kayu yang berasal dari Tanah Jawa, khususnya Solo dan Jepara.

“Saat ini, banyak pabrik kerajinan kayu lokal yang tutup karena kalah bersaing dengan produk luar negeri. Pengrajin di daerah pun akhirnya kehilangan mata pencaharian. IZEMU berangkat dari tantangan tersebut. Kami ingin produk kerajinan kayu lokal bisa lebih punya daya saing. Kesejahteraan pengrajin lokal pun nantinya akan ikut terangkat,” jelas Ivan. Ivan menyatakan bahwa membangun bisnis itu sama persis dengan mengelola kayu, “Ada proses dan tahapan yang harus dijalani,” kata Ivan, sang pemilik merek lokal yang kini beromzet puluhan juta rupiah per bulannya.

Ia menceritakan banyak sekali pengalaman menarik selama berkecimpung di dunia kerajinan kayu ini. Ivan pernah mendapatkan bahan baku kayu yang sudah berjamur karena terkena air hujan selama perjalanan ke workshop-nya. Muncul bercak-bercak biru tua di kayu tersebut, namun ‘kecelakaan’ itu justru mendatangkan ide baru desain produk. “Kami menjelaskan yang sebenarnya kepada pembeli mengapa warna kayu tersebut tidak merata. Tidak disangka-sangka, ternyata ada saja peminatnya,” tambah Ivan.

Mengenalkan produk ke masyarakat juga tidak kalah menantang katanya. Sebelum menjalani pemasaran online, Ivan mengikuti berbagai bazar atau pameran, Ia mengatakan bahwa offline dan online marketing itu bisa bersinergi, “Pembeli harus tahu kalau brand dan produk kami memang benar ada dan memilki kualitas yang mumpuni lewat jalur offline, bazar maupun pameran. Di sisi lain, pemasaran online, misal lewat marketplace seperti Tokopedia, menurut saya juga harus dilakukan untuk memperluas pasar dan memberikan kemudahan yang lebih kepada pembeli.”

INFO SELLER

Nama Seller:

Ivan Yahya Adhi Teja

Profesi Seller:

Perancang Produk

Toko Seller:

IZEMU