×
Nomor Anda belum ter-verifikasi di Tokopedia, mohon lakukan verifikasi nomor telepon sebelum melanjutkan pembelian. Verifikasi sekarang »
    ×

      Keterangan


      Pulsa yang diterima

      Rp 0

      Bayar dengan 1-klik menggunakan Saldo Tokopedia

      Terima Kasih

      Email Anda berhasil disimpan.
      Bagikan kabar gembira ini dengan teman Anda.

      Tagihan Gas

      Bayar Tagihan Gas Alam PGN Bulan November 2018 Ini Lebih Mudah dan Hemat, Mulai Aja Dulu dari Tokopedia

      Mengapa Melakukan Pembayaran Tagihan Gas PGN di Tokopedia?

       

      Bagi kamu yang berlangganan gas bumi untuk kebutuhan rumah tangga dan industri kecil wajib bayar tagihan gas PGN di Tokopedia. Cuma di Tokopedia yang menawarkan pembayaran dengan berbagai cashback sehingga kamu bisa menghemat biaya berlangganan gas bumi bulanan.

      Tokopedia kini hadir sebagai solusi pembayaran langganan gas negara. Tidak perlu lagi repot mengantre di loket ataupun ATM, karena sekarang kamu bisa melunasi tagihan gas secara online. Cara membayar tagihan gas bumi dari PT PGN di Tokopedia sangat mudah dan praktis. Buka laman Tokopedia Tagihan Gas, kemudian cantumkan nomor pelanggan gas PGN kamu pada kolom yang tersedia, lalu klik bayar & pilih opsi pembayaran.

      Metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia cukup fleksibel, dari Virtual Account, ATM transfer, kartu kredit/debit, maupun di gerai retail seperti Indomaret atau Alfamart terdekat. Setelah pembayaran selesai, kamu akan mendapatkan email berisi detail dan invoice transaksi.

      Mudah dan simple, itu kesan paling umum ketika kita bisa bayar gas online dimanapun dan kapanpun. Dengan adanya produk digital Tokopedia, kini bayar gas online tidak lagi ribet dan memusingkan, kamu hanya perlu mengakses Tokopedia dan dalam sekejap semua pembayaran online yang ingin kamu lakukan bisa terselesaikan dengan mudah. Tidak hanya bayar gas PGN online, Tokopedia sebagai loket PPOB online terlengkap juga menyediakan pembayaran retribusi online, pembayaran telepon rumah, bayar Indihome, streaming, bahkan juga bayar TV kabel online.

       

       

      1. Profil Perusahan Gas Negara (PGN)
      2. Apa Itu Gas Bumi?
      3. Apa Itu LNG?
      4. Alamat Kantor PGN
        1. Kantor Pusat PGN
        2. Kantor PGN Jakarta
        3. Kantor PGN Surabaya
        4. Kantor PGN Bandung
        5. Kantor PGN Semarang
        6. Kantor PGN Palembang
        7. Kantor PGN Pasuruan
        8. Kantor PGN Sidoarjo
        9. Kantor PGN Gresik
      5. Kelebihan Gas Bumi Dibanding Bahan Bakar Minyak
      6. Cara Berlangganan dan Biaya Pemasangan Gas
      7. Cara Cek Tagihan Gas Online
      8. Cara Membayar Gas PGN Online
      9. Frequently Asked Questions (F.A.Q)
        1. Berapa Harga Gas PGN?
        2. Kapan Saya Bisa Membayar Tagihan Gas PGN
        3. Berapa Tagihan Gas Saya?
        4. Bagaimana Jika Saya Telat Membayar Tagihan PGN?
        5. Bagaimana Jika Saya Salah Memasukkan Nomor Langganan?
      10. Kendala dalam Pembayaran Tagihan Gagal
      11. Syarat dan Ketentuan Pembayaran Tagihan Gas

       

      Profil Perusahan Gas Negara (PGN)

       

      Perusahaan Gas Negara (PT) adalah perusahaan nasional Indonesia terbesar di bidang transportasi dan distribusi gas bumi yang berperan besar dalam pemenuhan gas bumi domestik. PGN telah bertransformasi menjadi perusahaan yang berdedikasi pada satu tujuan:

      Memberikan keahlian, energi dan infrastruktur yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara jangka panjang.

      Secara berkesinambungan mengintegrasikan rantai bisnis gas bumi dari hulu sampai hilir demi melayani masyarakat. Memiliki visi “Menjadi Perusahaan Energi Kelas Dunia di Bidang Gas pada Tahun 2020”, hingga saat ini, perusahaan yang bergerak di bidang gas alam ini terus memperkuat pondasi dan bertransformasi dari perusahaan transmisi dan distribusi gas bumi menjadi penyedia solusi energi terintegrasi, yang mendorong pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan masyarakat dan industri.  

      Sejarah PGN dimulai pada masa pra kemerdekaan Indonesia. Perusahaan gas di Indonesia pertama kali adalah perusahaan gas swasta asal Belanda bernama I.J.N Eindhoven & Co, yang berdiri pada tahun 1859 dan memperkenalkan penggunaan gas kota di Indonesia yang terbuat dari batu bara.

      Perusahaan gas tersebut kemudian diambilalih kepemilikannya oleh Pemerintah Republik Indonesia yang kemudian resmi menjadi Perusahaan Gas Negara pada 13 Mei 1965. PT  PGN sudah melakukan banyak perubahan mulai dari metode transmisi gas hingga penggunaan gas dari batubara menjadi gas alam.

      Saat ini, perusahaan gas PT tersedia sahamnya di publik dengan kode saham PGAS.

       

      Apa Itu Gas Bumi?

       

      Gas alam atau disebut gas bumi atau gas rawa adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terdiri dari komposisi utama metana CH4. Gas bumi dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas bumi sendiri, dan juga tambang batu bara.

      Ketika gas yang kaya dengan metana diproduksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain fosil seperti kotoran manusia dan hewan, tempat pembuangan akhir sampah, rawa-rawa, maka gas itu disebut biogas.

      Gas bumi adalah campuran hidrokarbon yang mempunyai daya kembang besar, daya tekan tinggi, berat jenis spesifik yang rendah dan secara alami memiliki bentuk gas. Umumnya, gas alam tertampung di bawah tanah yang mengandung komposisi kandungan minyak bumi.

      Gas alam atau gas bumi disimpan dengan metode penyimpanan “Natural Gas Underground Storage,” yaitu sebuah ruang raksasa terletak di bawah tanah, cenderung disebut sebagai kubah garam. Kubah garam adalah kubah-kubah yang terletak di bawah tanah, yang berbentuk seperti waduk akibat sumber gas alam yang telah habis.

      Pada musim panas atau musim kemarau, pemakaian gas bumi akan berkurang drastis. Gas Negara disimpan ke dalam kubah garam melalui kompresor gas dan saat musim dingin tiba, kebutuhan gas melonjak signifikan. Gas alam yang disimpan disalurkan melalui kompresor melalui pipa gas negara ke rumah-rumah.

       

      Apa Itu LNG?

       

      LNG adalah singkatan dari Liquefied Natural Gas merupakan gas alam cair yang telah diproses untuk menghilangkan pengotor atau impuritas dan hidrokarbon fraksi berat serta kemudian dikondensasi menjadi cairan pada tekanan atmosfer dengan mendinginkannya sekitar -160 derajat Celcius. LNG ditransportasikan menggunakan kendaraan yang dirancang secara khusus kemudpan ditelaktan pada tangki berteknologi canggih. LNG memiliki isi sekitar 1/640 dari gas alam pada suhu dan tekanan standar, membuat LNG menjadi jauh lebih hemat bila dikirimkan pada jarak yang jauh dan sulit dijangkau sekalipun tidak ada jalur pipa.

       

      Alamat Kantor PGN

       

      Kantor Pusat 

       

      PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

      Jl. K.H. Zainul Arifin No. 20, Jakarta 11140, Indonesia

      Telp : (62-21) 633 4838, 633 4848, 633 4861

      Fax : (62-21) 633 3080,

       

      Kantor PGN Jakarta

       

      Graha PGAS 10th-11th Floor,

      JL Kyai Haji Zainul Arifin, No. 20, RT.8/RW.7,

      Krukut, Tamansari,

      Kota Jakarta Barat, 11140

       

      Jl. Kyai H. Zainul Arifin,

      RT.8/RW.7, Petojo Utara, Tamansari,

      Kota Jakarta Pusat,

      Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11140

       

      Jl. Swadaya Pln No.5, RT.6/RW.2,

      Klender, Cakung,

      Kota Jakarta Timur,

      Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13930

       

      Kantor PGN Surabaya

       

      Alamat : Jl Pemuda No. 56-58

      Kec Genteng Surabaya 60271

      No. Telepon : 031 549 0555 (hunting)

      Fax : 0231 549 033

       

      Kantor PGN Bandung

       

      Jl. Serang No.7, Kebonwaru,

      Batununggal, Kota Bandung,

      Jawa Barat 40272

       

      Kantor PGN Semarang

       

      Lempongsari, Gajahmungkur,

      Semarang City, Central Java 50231

       

      Kantor PGN Palembang

       

      Jl. Merdeka No.10B, Talang Semut,

      Bukit Kecil, Kota Palembang,

      Sumatera Selatan 30126

       

      Jl. Macan Kumbang,

      Demang Lebar Daun, Ilir Bar. I,

      Kota Palembang,

      Sumatera Selatan 30151

       

      Kantor PGN Pasuruan

       

      Jl. Rembang Industri Raya Komplek PIER No.3,

      Pandean, Rembang, Pasuruan,

      Jawa Timur 67152

       

      Kantor PGN Sidoarjo

       

      Jl. Jaksa Agung Suprapto No.17, Sidokumpul,

      Kec. Sidoarjo, Jawa Timur, 61212

       

      Kantor PGN Gresik

       

      Jl. Beta Maspion, Manyar Sido Mukti, Manyar,

      Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61151

       

      Untuk daftar lengkap mengenai alamat PGN di seluruh Indonesia, kamu bisa mengunjungi website resmi PGN atau menghubungi sosial media PGN.

       

      Kelebihan Gas Bumi Dibanding Bahan Bakar Minyak

       

      Jika ditanya terkait kelebihan, gas bumi memiliki kelebihan dibanding bahan bakar minyak terutama masalah hasil pembuangan gas. Kelebihan gas alam adalah rantai karbon yang dihasilkan jauh lebih pendek ketimbang bahan bakar minyak konvensional. Bahkan kendaraan berbahan bakar gas juga mendapatkan rekomendasi sebagai kendaraan ramah lingkungan.

      Saat ini minyak tanah yang bersumber dari perut bumi juga sudah mulai berkurang sumber dayanya, berbeda dengan gas bumi yang masih memiliki potensi besar untuk diolah dan dijadikan salah satu sumber penghasilan negara. Berlangganan gas bumi PGN (Perusahaan Gas Negara) lebih mudah, murah, aman, dan eco-friendly.

      Menggunakan gas bumi PGN untuk keperluan rumah tangga seperti memasak jauh lebih praktis karena gas akan selalu tersedia melalui jaringan pipa yang sudah di pasang. Jadi, kamu tidak usah lagi repot untuk keluar rumah dan membeli gas. Karena disalurkan lewat pipa, gas bumi juga dinilai lebih aman karena tekanannya yang lebih rendah dibandingkan tekanan di dalam tabung.

      Berlangganan gas alam juga terhitung lebih hemat setiap bulannya karena harga gas bumi yang relatif lebih murah, terlebih lagi harga gas alam yang cenderung lebih stabil dibandingkan BBM maupun elpiji.

      Dengan memakai gas bumi, kita juga dapat menjadi lebih ramah lingkungan. Energi gas alam sering disebut sebagai “clean” energy (dalam arti energi gas alam lebih bersih dibandingkan bahan bakar minyak atau batu bara), karena emisi karbondioksida nya yang jauh lebih ringan dibandingkan bahan bakar fosil lainnya.

       


       

      Cara Berlangganan dan Biaya Pemasangan Gas

       

      Saat ini PT Perusahaan Gas Negara telah mengembangkan dan membuka sistem registrasi online sehingga calon pelanggan dapat melakukan registrasi dengan cepat, hanya memakan kurang lebih satu jam. Yang perlu dilakukan antara lain adalah menginput profil pelanggan, verifikasi bukti berlangganan, dan penyampaian bukti pembayaran.

       

      Setelah mengisi formulir, petugas  nantinya akan memprosesnya lalu melakukan survei. Petugas akan menghitung berapa kira panjang instalasi pipa yang terkoneksi dengan jargas. Biaya pemasangan pipa langsung ke dapur tergantung dari panjangnya pipa yang dibutuhkan. Namun, jika daerah rumah Anda merupakan wilayah penugasan pemasangan jaringan gas oleh pemerintah, maka biayanya gratis.

       

      Cara Cek Tagihan Gas PGN Online

       

      Kamu dapat melakukan cek tagihan gas negara  online tanpa harus pergi ke kantor cabang PT PGN. Tokopedia memberikan kemudahan bagi kamu untuk mengetahui rincian tagihan PGN kamu yang perlu dibayarkan, berikut ini adalah cara cek tagihan gas online via Tokopedia:

      1. Kunjungi laman Tokopedia Tagihan Gas PGN.
      2. Masukan nomor telepon seluler kamu pada kolom yang tersedia.
      3. Tunggu hingga sistem selesai memproses.
      4. Rincian tagihan gas negara  akan otomatis muncul jika nomor pelanggan yang kamu sertakan kamu benar.

      Kamu juga bisa mengunduh aplikasi mobile dari PT PGN  untuk cek tagihan gas secara online yang saat ini tersedia untuk sistem operasi Android.

       

      Cara Membayar Gas PGN Online

       

      Bayar tagihan di Tokopedia tanpa perlu repot dan bisa dilakukan kapan saja, karena sistem pembayaran tagihan  beroperasi 24 jam setiap harinya. Anda bisa melakukan pembayaran tagihan melalui desktop, ikuti langkah-langkah berikut ini:

      1. Kunjungi laman Tokopedia Tagihan.
      2. Masukan nomor pelanggan.
      3. Rincian akan otomatis muncul jika nomor telepon yang Anda masukan sudah benar.
      4. Klik opsi bayar.
      5. Pilih metode pembayaran yang Anda kehendaki.
      6. Sistem akan segera memproses pembayaran tagihan Anda dan mengirimkan notifikasi pembayaran sukses dilakukan.

       


       

      Frequently Asked Questions (F.A.Q)

       

      Q : Berapa Harga Gas PGN?

       

      A : Rumah Susun, Rumah Sederhana, Rumah Sangat Sederhana, dan sejenisnya dikenai tarif mulai dari dua ribu rupiah hingga tiga ribu rupiah. Harga gas  berbeda-beda, dikelompokan berdasarkan status sosio ekonomi pemilik rumah.

      Harga gas PGN  juga berbeda untuk skala penggunaan besar. Sektor industri hotel, rumah sakit swasta, perkantoran, pabrik, dan sebagainya dipatok lebih tinggi ketimbang penggunaan organisasi seperti panti asuhan, tempat ibadah, lembaga keagamaan, lembaga sosial, dan lain-lain.

       

      Q : Kapan Saya Bisa Membayar Tagihan Gas PGN

       

      A: Perusahaan Gas Negara menerbitkan invoice setiap bulan tepatnya pada tanggal 6 setiap bulannya. Setelah tagihan Anda diterbitkan oleh PT PGN, Anda bisa melakukan pembayaran tagihan PGN di Tokopedia.

       

      Q : Berapa Tagihan Gas PGN Saya?

       

      A: Anda dapat melakukan cek tagihan gas negara  online tanpa harus pergi ke kantor cabang gas negara PT . Tokopedia memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengetahui rincian tagihan PGN kamu yang perlu dibayarkan, berikut ini adalah cara cek tagihan gas online via Tokopedia:

      1. Kunjungi laman Tokopedia Tagihan Gas.
      2. Masukan nomor telepon seluler kamu pada kolom yang tersedia.
      3. Tunggu hingga sistem selesai memproses.
      4. Rincian tagihan gas negara  akan otomatis muncul jika nomor pelanggan yang kamu sertakan kamu benar.

      Kamu juga bisa mengunduh aplikasi mobile dari PT PGN untuk cek tagihan gas online yang saat ini tersedia untuk sistem operasi Android.

       

      Q : Bagaimana Jika Saya Telat Membayar Tagihan PGN?

       

      A: Tagihan diterbitkan pada tanggal 6 dan harus dibayarkan maksimal pada tanggal 20 setiap bulannya. Pihak PT PGN akan memberikan sanksi bagi keterlambatan membayar tagihan PGN dengan dengan sebesar Rp150.000,-. Setelah tidak melakukan pembayaran selama satu bulan, pihak Perusahaan Gas Negara akan menyegel tanpa mencabut meteran. Setelah memasuki bulan ke tiga tidak melakukan pelunasan, makan meteran akan dicabut dan Anda tidak bisa menggunakan layanan gas negara.

      Q : Bagaimana Jika Saya Salah Memasukkan Nomor Langganan?

       

      A: Rincian yang diterbitkan menyertakan nama lengkap dari pemilik nomor berlangganan Gas Negara, selalu perhatikan nama pada rincian invoice yang diterbitkan agar terhindar dari kesalahan pembayaran tagihan PGN Anda.

      Jika nomor pelanggan salah, maka ada kemungkinan rincian tidak keluar dan sistem Tokopedia akan memberitahu bahwa nomor pelanggan tidak terdaftar atau akan muncul rincian nomor pelanggan mengatas namakan orang lain.

       


       

      Kendala dalam Pembayaran Tagihan Gas

       

      Pembayaran Tagihan PGN di Tokopedia Gagal

       

      Jika pembayaran tagihan PGN di Tokopedia gagal, dana akan dikembalikan ke TokoCash. Silakan coba kembali pembayaran dalam beberapa saat, jika masih tetap gagal silakan hubungi Customer Care Tokopedia. Tak perlu khawatir dengan dana milikmu, kamu dapat gunakan untuk membeli atau membayar aneka produk lainnya di Tokopedia.

       

      Pembayaran Sudah Berhasil Namun Tagihan Masih Muncul

       

      Apabila pembayaran tagihan yang Anda lakukan sudah dinyatakan berhasil oleh pihak Tokopedia, namun tagihan pembayaran masih muncul, Anda bisa langsung menghubungi pihak Gas  agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.

      Jika terdapat kendala lebih lanjut dan tagihan masih muncul, Anda bisa menghubungi Customer Care Tokopedia.

       

      Pembayaran Tagihan Gas  Menggunakan Kartu Kredit di Tokopedia Gagal

       

      Jika kamu telah melakukan pembayaran tagihan PGN namun transaksi dinyatakan gagal, maka dana terpotong akan dikembalikan ke limit Kartu Kredit di tagihan bulan berikutnya. Kamu dapat memastikan kembali jumlah tagihan PGN sesuai dengan apa yang dibayarkan dan pada tagihan PGN berikutnya dan pastikan limit telah dikembalikan sesuai dengan nominal tersebut. Apabila masih terdapat kendala pada penggunaan dan limit kartu kredit, silakan hubungi Customer Care Tokopedia.

       


       

       

      Syarat dan Ketentuan Pembayaran Tagihan Gas

       

      Sebelum membeli gas PGN lewat Tokopedia, sebaiknya pelajari dulu syarat dan ketentuannya berikut:

      1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Tokopedia dan sudah melakukan verifikasi nomor handphone. Untuk panduan verifikasi nomor handphone, bisa Anda lihat di halaman bantuan tentang verifikasi handphone.
      2. Pengguna akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500 per tagihan bulanan gas.
      3. Dalam 1 kali transaksi, jumlah total tagihan yang ditampilkan adalah seluruh komponen biaya yang meliputi akumulasi seluruh tagihan bulanan yang belum terbayarkan, PPN, dan biaya administrasi.
      4. Sesuai dengan ketentuan , tagihan diberikan gas diumumkan setiap tanggal 6.
      5. Pembayaran gas yang dilakukan setelah tanggal 20 setiap bulannya akan dikenakan denda, dan harus dibayarkan secara manual ke pihak .
      6. Pembayaran gas PGN bisa membutuhkan waktu hingga 2×24 jam.
      7. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kesalahan pembayaran tagihan gas PGN karena kesalahan input kode area atau ID pelanggan oleh pengguna.
      8. Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta email dan password akun pengguna. Mohon untuk tidak memberikan data tersebut ke pihak mana pun.
      9. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.
      10. Informasi lebih lanjut seputar pembayaran dan hal yang berkaitan dengan tagihan gas dapat ditanyakan melalui hotline : 1500645 atau contact.center@.co.id.