Download Tokopedia App
Tentang TokopediaMitra TokopediaMulai Berjualan PromoTokopedia Care
tokopedia-logo
Kategori
  • Tokopedia
  • Mahar Pernikahan

Filter
Perlengkapan Pesta
Hadiah
Persiapan Pernikahan
Bungkus Kemasan
Rumah Tangga
Dekorasi
Kebutuhan Rumah
Logam Mulia
Buku
Menampilkan 62rb+ produk untuk "mahar pernikahan" (1 - 60 dari 62rb+)
Urutkan:
toped rating

Ulasan Berbelanja Mahar Pernikahan Online di Tokopedia

5.0
/5
205 Total Ulasan

Jual Beli Mahar Pernikahan Online Terlengkap, Aman & Nyaman di Tokopedia

Daftar Harga Mahar Pernikahan Terbaru Juli 2024

Harga NOMA Bingkai Mahar Akrilik / Mahar Minimalis / Mahar Pernikahan Modern

Rp225.000

Harga Tempat Mahar perhiasan pernikahan kalung gelang

Rp65.000

Harga koin 1000 angklung untuk souvenir,mahar pernikahan

Rp1.750

Harga mahar pernikahan uang simple 2 ukuran 25*30 cm

Rp155.000

Harga FRAME MAHAR LANDSCAPE 45X30 / FRAME MAHAR PERNIKAHAN

Rp580.000

Harga Custom Nominal Tanggal Mahar Akrilik Mirror Mahar Pernikahan Gift

Rp12.000

Harga Kotak Uang Mahar Kayu Seserahan/Custom Nama Tulisan/GiftBox Pernikahan

Rp55.000

Harga Box Mahar Pernikahan / Tempat Perhiasan

Rp55.000

Harga mahar pernikahan uang mahar nikah bingkai mahar

Rp189.000

Harga Mahar Pernikahan Transparan Full Akrilik Special Request Ukuran 30x30

Rp500.000

Data diperbaharui pada 25/7/2024

Harga Rata-Rata Pasaran Mahar Pernikahan di Indonesia

Rp385.519

Estimasi Harga Termurah & Termahal Mahar Pernikahan di Pasaran Indonesia

Estimasi Harga Mahar Pernikahan Termurah di Indonesia

Rp1.750

Estimasi Harga Mahar Pernikahan Termahal di Indonesia

Rp12.000.000

Dalam berbagai acara pernikahan, perlu untuk menyiapkan beberapa hal untuk memeriahkan acara. Salah satunya dengan mempersiapkan Mahar Pernikahan sebagai perlengkapan pesta pernikahan. Mahar Pernikahan apa saja yang biasa menjadi andalan banyak orang? Simak ulasanannya berikut ini;

Apa Kegunaan Mahar Pernikahan?

Mahar pernikahan adalah sejumlah uang atau harta yang diberikan oleh pihak pengantin laki-laki kepada pengantin perempuan sebagai salah satu syarat sahnya pernikahan menurut adat atau agama tertentu. Mahar pernikahan umumnya memiliki beberapa kegunaan, antara lain:

  1. Sebagai wujud penghargaan dan tanggung jawab pengantin laki-laki terhadap calon istrinya, sebagai bentuk pengorbanan dan komitmen untuk membahagiakan pasangannya.
  2. Sebagai simbol dari persatuan dan kesatuan antara dua keluarga yang akan menjadi satu dalam pernikahan, sehingga memperkuat hubungan sosial dan budaya antar kedua belah pihak.
  3. Sebagai jaminan keuangan bagi pengantin perempuan dan keluarganya, sebagai bentuk perlindungan dan keamanan finansial dalam memulai kehidupan baru setelah menikah.
  4. Sebagai bentuk pemenuhan syarat hukum pernikahan dalam beberapa agama atau tradisi, sehingga pernikahan dianggap sah dan diakui secara resmi oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

Namun, penting untuk diingat bahwa mahar pernikahan bukanlah satu-satunya unsur yang menentukan keberhasilan dan kebahagiaan dalam pernikahan. Sebagai pasangan yang saling mencintai dan memahami, kedua belah pihak harus saling mendukung, membangun kepercayaan, dan berkomunikasi dengan baik dalam menjalani kehidupan bersama setelah menikah.

Bagaimana Cara Memilih Mahar Pernikahan?

Memilih mahar pernikahan memang bisa menjadi sebuah kegiatan yang cukup menantang, karena mahar ini tidak hanya sekedar simbolis, tetapi juga memperlihatkan komitmen dan keseriusan dari kedua belah pihak dalam membangun rumah tangga yang bahagia. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih mahar pernikahan:

  1. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan: Mahar pernikahan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan keuangan dari kedua belah pihak. Pilihlah mahar yang sesuai dengan budget yang telah ditentukan, sehingga tidak menimbulkan masalah keuangan di kemudian hari.
  2. Pilih sesuai selera dan kebutuhan: Pilihlah mahar pernikahan yang sesuai dengan selera dan kebutuhan dari calon pengantin perempuan. Misalnya, bila calon pengantin perempuan suka dengan perhiasan, maka mahar pernikahan bisa berupa perhiasan yang sesuai dengan selera dan kepribadian pasangan.
  3. Pilih mahar yang memiliki nilai simbolis: Selain sebagai hadiah atau bentuk apresiasi, mahar pernikahan sebaiknya juga memiliki nilai simbolis dan bermakna dalam pernikahan. Misalnya, mahar pernikahan bisa berupa buku atau Al-Quran sebagai simbol dari keberkahan dan keberhasilan dalam menjalani kehidupan bersama.
  4. Pertimbangkan tradisi dan agama: Dalam memilih mahar pernikahan, penting untuk mempertimbangkan tradisi dan agama dari kedua belah pihak. Beberapa agama atau tradisi mungkin memiliki aturan tertentu dalam memilih jenis dan jumlah mahar yang harus diberikan.
  5. Berdiskusi dengan calon pasangan dan keluarga: Sebaiknya kedua belah pihak berdiskusi terlebih dahulu dalam memilih mahar pernikahan. Bicarakanlah bersama tentang selera, kebutuhan, dan budget yang tersedia agar bisa memilih mahar pernikahan yang paling cocok bagi kedua belah pihak.

Ingatlah bahwa mahar pernikahan hanyalah salah satu aspek dari pernikahan, sehingga jangan sampai mahar ini menjadi sumber masalah atau ketegangan dalam memulai kehidupan bersama setelah menikah. Yang terpenting dalam pernikahan adalah kepercayaan, saling pengertian, dan komitmen untuk saling mendukung dan membangun kebahagiaan bersama.

Apa Saja Jenis Mahar Pernikahan?

Jenis-jenis mahar pernikahan bisa berbeda-beda tergantung pada tradisi, adat, dan agama yang dianut oleh masing-masing pasangan. Berikut ini beberapa jenis mahar pernikahan yang umumnya dikenal:

  1. Uang tunai: Jenis mahar yang paling umum adalah uang tunai. Besarannya bisa disesuaikan dengan kesepakatan antara kedua belah pihak, dan bisa diberikan dalam bentuk koin emas, uang logam, atau uang kertas.
  2. Perhiasan: Selain uang tunai, mahar pernikahan juga bisa berupa perhiasan seperti cincin emas, kalung, atau gelang yang dianggap memiliki nilai yang lebih tinggi.
  3. Tanah atau properti: Beberapa adat atau tradisi menetapkan bahwa mahar pernikahan bisa berupa tanah atau properti sebagai simbol dari tanggung jawab suami untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi keluarga mereka.
  4. Hewan ternak: Dalam beberapa tradisi, mahar pernikahan bisa berupa hewan ternak seperti sapi, kambing, atau domba sebagai simbol dari kemampuan suami untuk memberikan kehidupan yang sejahtera bagi keluarganya.
  5. Al-Quran atau kitab suci: Di beberapa agama, mahar pernikahan bisa berupa kitab suci atau Al-Quran sebagai simbol dari komitmen suami dan istri untuk membangun rumah tangga yang berdasarkan prinsip-prinsip agama yang dianut.
  6. Benda-benda lainnya: Selain jenis-jenis di atas, mahar pernikahan juga bisa berupa benda-benda lainnya seperti mesin cuci, peralatan elektronik, atau mobil sebagai simbol dari kemampuan suami untuk memberikan kesejahteraan bagi keluarganya.

Namun, sebaiknya dalam memilih jenis mahar pernikahan, pertimbangkanlah kecocokan dan kebutuhan antara kedua belah pihak agar tidak menimbulkan kesulitan atau ketidaknyamanan di kemudian hari.

Temukan Perlengkapan Pesta Pernikahan Lainnya di Tokopedia

Selain Mahar Pernikahan, kamu juga bisa menemukan perlengkapan pesta lainnya seperti, Undangan Nikah Digital, Souvenir Pernikahan, Kado Pernikahan dan masih banyak lagi hanya di Tokopedia! Belanja di Tokopedia dijamin hemat dan praktis! Cukup pesan melalui aplikasi Tokopedia dan barang akan diantarkan langsung sampai depan pintu rumahmu. Di Tokopedia, kamu bisa menikmati berbagai promo menarik, Bebas Ongkir ke seluruh wilayah Indonesia, cicilan 0%, hingga cashback GoPay Coins yang bikin belanjamu semakin irit.

Cek Aneka Rekomendasi Mahar Pernikahan Terlengkap & Terbaik Lainnya

Mahar Pernikahan Uang Logam

|
|
|
|
|
|
|
|
|