Pencarian populer

Tokopedia Emas-icon

Tokopedia Emas

Lihat Semua Topik

Tokopedia Emas

Syarat dan Ketentuan Tokopedia Emas: Pegadaian Tabungan Emas

Syarat dan Ketentuan Tokopedia Emas: Pegadaian Tabungan Emas merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan produk Tokopedia Emas: Pegadaian Tabungan Emas tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.


A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  4. Tokopedia Emas adalah fitur yang memungkinkan Pengguna untuk melakukan kegiatan investasi emas secara elektronik yang dilakukan melalui Situs/Aplikasi.
  5. Pegadaian adalah PT Pegadaian (Persero), suatu perseroan terbatas yang telah bekerja sama dengan Tokopedia dalam menawarkan fasilitas investasi emas melalui Situs/Aplikasi.
  6. Pegadaian Tabungan Emas adalah salah satu layanan Tokopedia Emas yang bekerja sama dengan Pegadaian.
  7. Galeri 24 adalah PT Pegadaian Galeri Dua Empat, suatu perseroan terbatas yang merupakan anak perusahan dari Pegadaian, dimana bergerak di bisnis retail jual beli emas batangan, perhiasan dan batu mulia.
  8. Saldo Emas Pegadaian adalah nilai dan jumlah atas emas milik Pengguna yang dititipkan di Pegadaian.
  9. Riwayat Transaksi Emas adalah catatan seluruh transaksi yang memuat nominal jumlah investasi milik Pengguna pada Pegadaian Tabungan Emas  yang dapat diakses Pengguna melalui Situs/Aplikasi, atas kegiatan Pembelian Emas, Penjualan Emas, dan/atau Transfer Emas yang dilaksanakan setiap hari serta informasi-informasi terkait lainnya sehubungan dengan Pegadaian Tabungan Emas .
  10. Pembelian Emas adalah transaksi pembelian emas secara elektronik yang dilakukan melalui Pegadaian Tabungan Emas pada Situs/Aplikasi.
  11. Penjualan Emas adalah transaksi penjualan emas secara elektronik yang dilakukan melalui Pegadaian Pegadaian padaSitus/Aplikasi.
  12. Biaya Penjualan Emas adalah biaya yang dikenakan oleh Pegadaian kepada Pengguna atas transaksi Penjualan Emas.
  13. Kado Emas adalah pengalihan atas sejumlah nilai investasi milik Pengguna pada Pegadaian Tabungan Emas dalam satuan gram, oleh Pengguna kepada Pengguna lainnya melalui sistem yang disediakan dalam Pegadaian Tabungan Emas pada Situs/Aplikasi atas instruksi Pengguna.
  14. Transaksi Emas adalah transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Pegadaian Tabungan Emas  pada  Situs/Aplikasi, dimana selanjutnya diteruskan kepada Pegadaian melalui sistem, yang terdiri dari transaksi untuk melakukan Pembelian Emas, Penjualan Emas, dan/atau Transfer Emas.
  15. Know Your Customer, untuk selanjutnya disebut KYC adalah prinsip pengenalan Pengguna yang diterapkan untuk mengetahui identitas dari calon Pengguna. Metode yang digunakan adalah melalui proses identifikasi melalui identitas dari calon Pengguna dan proses verifikasi yang dilakukan melalui sarana elektronik atau pertemuan langsung.
  16. Nomor Induk Kependudukan, untuk selanjutnya disebut NIK adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia.
  17. Kantor Pegadaian adalah jaringan kantor cabang dan unit pelayanan cabang Pegadaian yang ditunjuk untuk memberikan layanan tertentu sehubungan dengan Transaksi Emas yang dilakukan melalui Pegadaian Tabungan Emas.
  18. Kantor Pelaksana KYC adalah Kantor Pegadaian tempat Pengguna melakukan proses KYC.
  19. Harga Jual Emas adalah harga jual emas yang ditetapkan oleh Galeri 24 melalui Pegadaian serta diinformasikan oleh Pegadaian kepada Tokopedia dan diperbaharui secara berkala pada hari transaksi yang merupakan harga jual atas Pegadaian Tabungan Emas milik Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  20. Harga Beli Emas adalah harga beli emas yang ditetapkan oleh Galeri 24 melalui Pegadaian serta diinformasikan oleh Pegadaian kepada Tokopedia dan diperbaharui secara berkala pada hari transaksi yang merupakan harga beli atas Pegadaian Tabungan Emas milik Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  21. Cetak Emas adalah pencetakan emas ke dalam bentuk fisik atau batangan, dimana Pengguna dapat memilih untuk melakukan pencetakan emas Antam atau UBS berdasarkan saldo Pegadaian Tabungan Emas yang dimiliki oleh Pengguna.
  22. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  23. Syarat dan Ketentuan adalah syarat dan ketentuan untuk menggunakan fitur Pegadaian Tabungan Emas.
  24. Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas adalah seluruh persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Pegadaian.


B. Umum

  1. Untuk dapat menggunakan Pegadaian Tabungan Emas, Pengguna harus terdaftar dan memiliki akun Tokopedia.
  2. 1 (satu) akun Pengguna hanya akan tercatat dan hanya dapat memiliki 1 (satu) Riwayat Transaksi Emas.
  3. Tokopedia tidak menjamin keuntungan yang diperoleh oleh Pengguna dengan berinvestasi melalui Pegadaian Tabungan Emas.
  4. Harga emas yang ditampilkan pada grafik laman Pegadaian Tabungan Emas mengikuti pergerakan pasar emas berdasarkan data yang disediakan oleh Pegadaian.
  5. Pengguna yang berusia 17 (tujuh belas) sampai dengan 64 (enam puluh tahun empat) tahun dan telah memiliki KTP,  dan  bertransaksi emas minimal Rp 300.000 (tiga ratus ribu Rupiah) dalam 1 (satu) hari dan telah melakukan registrasi online, akan mendapatkan manfaat lebih berupa layanan asuransi kecelakaan dan COVID-19 yang diselenggarakan oleh Partner penyelenggara asuransi dalam hal ini PT Prudential Life Assurance.
  6. Layanan asuransi kecelakaan dan COVID-19 diberikan secara gratis oleh Tokopedia, Pengguna dapat melakukan pembatalan terhadap layanan asuransi kecelakaan dan COVID-19 (dapat dilihat pada polis asuransi) untuk transaksi yang dinyatakan berhasil oleh Situs/Aplikasi.
  7. Tokopedia berhak untuk menggunakan data Pembeli dan Penjual untuk penelusuran indikasi manipulasi, pelanggaran untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Republik Indonesia.
  8. Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada membatalkan Transaksi Emas, menahan dana, melakukan moderasi atau pemblokiran akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran-pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  9. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, Tokopedia menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses Situs/Aplikasi, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.


C. Penggunaan Data

  1. Dengan menggunakan Pegadaian Tabungan Emas di Situs/Aplikasi, Pengguna memberi wewenang kepada Tokopedia untuk menyimpan, membagikan, meneruskan informasi dan/atau data Pengguna terkait penggunaan Pegadaian Tabungan Emas kepada pihak ketiga.
  2. Tokopedia memiliki kewenangan untuk menolak atau menghapus secara sebagian maupun keseluruhan dari profil Pengguna dan data yang relevan yang dianggap melanggar Ketentuan Situs, serta peraturan hukum yang berlaku.
  3. Penggunaan data Pengguna sehubungan dengan Pegadaian Tabungan Emas akan tunduk pada Kebijakan Privasi Tokopedia.


D. Ketentuan dan Proses KYC

  1. Untuk prosedur KYC dilakukan sesuai dengan status keanggotaan Pegadaian Tabungan Emas, yang terdiri dari:
    • Gold Club:
      • Pengguna tidak perlu melakukan KYC apapun.
      • Pengguna dapat memiliki total Saldo Emas Pegadaian hingga 1 (satu) gram.
      • Pengguna dapat melakukan transaksi Pembelian Emas dan/atau Penjualan Emas hingga 10 (sepuluh) gram per bulan (akumulasi transaksi akan di reset setiap bulannya).
    • Gold Prime: Apabila Pengguna ingin memiliki Saldo Emas Pegadaian lebih dari 1 (satu) gram atau melakukan Pembelian Emas dan/atau Penjualan Emas dengan akumulasi 10 (sepuluh) gram dalam jangka waktu 1 (satu) bulan maka Pengguna harus mencantumkan informasi melalui Situs/Aplikasi untuk dilakukan KYC dan status keanggotaan otomatis akan berubah menjadi Gold Prime, dimana informasi yang dibutuhkan untuk melakukan KYC terdiri dari:
      • NIK;
      • Nama lengkap Pengguna;
      • Tanggal lahir Pengguna; dan
      • Nama ibu kandung Pengguna.
    • Gold Prestige: Apabila Pengguna ingin memiliki Saldo Emas Pegadaian lebih dari 10 (sepuluh) gram atau melakukan Pembelian Emas dan/atau Penjualan Emas dengan akumulasi lebih dari 10 (sepuluh) gram dalam jangka waktu 1 (satu) bulan maka KYC dilakukan dengan cara Pengguna mendatangi Kantor Pelaksana KYC dan status keanggotaan otomatis akan berubah menjadi Gold Prestige.
  2. Pengguna dengan status keanggotaan Gold Prime, memiliki keuntungan sebagai berikut:
    • Pengguna dapat memiliki total Saldo Emas Pegadaian hingga 10 gram.
    • Pengguna dapat melakukan transaksi Jual dan Beli hingga 10 gram per bulan (akumulasi transaksi akan di reset setiap bulannya), serta dapat melakukan transaksi pengiriman Kado Emas hingga 100 (seratus) gram per hari.
    • Pengguna dapat berlangganan emas.
  3. Pengguna dengan status keanggotaan Gold Prestige, memiliki keuntungan sebagai berikut:
    • Pengguna tidak memiliki limit untuk Saldo Emas Pegadaian.
    • Pengguna dapat melakukan transaksi Jual, Beli dan/atau transaksi pengiriman Kado Emas masing-masing senilai 100 (seratus) gram per hari.
    • Pengguna dapat berlangganan emas.
  4. Persyaratan KYC secara langsung melalui Kantor Pelaksana KYC ditentukan berdasarkan Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas.


E. Pembelian Emas

  1. Pengguna dapat melakukan pembelian emas dengan nilai minimum pembelian sebesar Rp 5.000,- (lima ribu Rupiah).
  2. Harga pembelian emas mengacu pada Harga Beli Emas yang tertera pada Situs/Aplikasi.
  3. Batas pembelian emas per hari maksimum adalah seberat 100 (seratus) gram untuk 1 (satu) akun Pengguna. Pembelian Emas berhasil dilaksanakan apabila dana Pembelian Emas Pengguna telah diterima dan terverifikasi oleh Tokopedia.
  4. Apabila Pengguna telah melakukan pemesanan Pembelian Emas namun belum melakukan pembayaran maka jumlah konversi gram akan mengikuti Harga Beli Emas pada saat pembayaran telah terverifikasi oleh Tokopedia.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa pajak yang timbul atas Pembelian Emas merupakan tanggung jawab dari masing-masing Pengguna, sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.


F. Penjualan Emas

  1. Pengguna dapat melakukan penjualan emas dengan nilai minimum penjualan sebesar Rp. 500,- (lima ratus Rupiah).
  2. Harga penjualan emas mengacu pada Harga Jual Emas yang tertera pada Situs/Aplikasi.
  3. Pengguna akan dikenakan Biaya Penjualan Emas, dimana besarannya dihitung berdasarkan Harga Jual Emas. Biaya Penjualan Emas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas.
  4. Pengguna hanya dapat melakukan penjualan emas sesuai dengan sisa jumlah investasi yang tercatat pada Saldo Emas Pegadaian.
  5. Batas Penjualan Emas per hari maksimum adalah seberat 100 (seratus) gram untuk 1 (satu) akun Pengguna.
  6. Dana hasil Penjualan Emas akan diteruskan ke Saldo Tokopedia milik Pengguna.
  7. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa pajak yang timbul atas Penjualan Emas merupakan tanggung jawab masing-masing pengguna, sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.


G. Kado Emas

  1. Pengguna yang dapat melakukan transaksi pengiriman Kado Emas terbatas hanya untuk Pengguna yang telah terdaftar pada Situs/Aplikasi dengan status keanggotaan Gold Prime dan/atau Gold Prestige.
  2. Pengguna dapat melakukan transaksi pengiriman Kado Emas dengan nilai minimum seberat 0.0008 gram kepada Pengguna lainnya.
  3. Pengguna hanya dapat melakukan transaksi pengiriman Kado Emas sesuai dengan sisa Saldo Emas Pegadaian yang tercatat pada Situs/Aplikasi.
  4. Batas transaksi pengiriman Kado Emas per hari maksimum adalah sebesar 100 (seratus) gram untuk 1 (satu) akun Pengguna.


H. Penitipan Emas

  1. Emas yang diinvestasikan melalui Pegadaian Tabungan Emas merupakan emas berbentuk digital atau elektronik, dimana fisik emas dititipkan pada Pegadaian.
  2. Penitipan fisik emas milik Pengguna di Pegadaian berlaku untuk jangka waktu 12 (dua belas) bulan dan dapat diperpanjang kembali berdasarkan Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas.


I. Harga dan Biaya

  1. Pegadaian, dalam hal ini Galeri 24, menetapkan Harga Beli Emas dan Harga Jual Emas dan dapat berubah sewaktu-waktu.
  2. Apabila terjadi perubahan Harga Beli Emas dan Harga Jual Emas di Situs/Aplikasi maka Tokopedia akan memberitahukan perubahan tersebut sebelum pembayaran dilakukan oleh Pengguna dan Pengguna dianggap menyetujui apabila adanya perubahan harga dengan dilakukannya pembayaran.
  3. Pegadaian berhak untuk membatasi jumlah Transaksi Emas yang dilakukan oleh Pengguna.
  4. Pengguna dengan ini memberi kuasa dan wewenang kepada Pegadaian untuk mengurangi Saldo Emas Pegadaian dalam hal pembayaran atas biaya Transaksi Emas yang telah dilakukan oleh Pengguna sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas.
  5. Ketentuan mengenai besaran biaya Transaksi Emas yang dibebankan kepada Pengguna, dapat berubah sewaktu-waktu dan sepenuhnya ditentukan oleh Pegadaian berdasarkan Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas.

J. Cetak Emas
  1. Pengguna yang telah menggunakan layanan Pegadaian Tabungan Emas dapat melakukan pengajuan Cetak Emas berdasarkan Saldo Emas Pegadaian yang dimiliki.
  2. Pengguna yang dapat melakukan Cetak Emas adalah Pengguna Gold Prime (yang telah melakukan KYC Pegadaian Tabungan Emas pada Situs/Aplikasi) dan Pengguna Gold Prestige (yang telah melakukan KYC Offline di Pegadaian). Pengguna Gold Prime diwajibkan untuk melakukan KYC Offline di Pegadaian untuk menjadi Gold Prestige pada saat melakukan pengambilan emas fisik di cabang Pegadaian.
  3. Pengguna dapat melakukan Cetak Emas sesuai dengan denominasi yang tertera dan dipilih oleh Pengguna pada halaman Pegadaian Tabungan Emas di Situs/Aplikasi. 
  4. Pengguna dapat memilih lokasi cabang Pegadaian untuk melakukan pengambilan emas yang telah dicetak ke dalam bentuk fisik sesuai dengan daftar cabang Pegadaian yang telah disediakan pada Situs/Aplikasi.
  5. Pengguna yang telah mengajukan Cetak Emas melalui Situs/Aplikasi, harus menunggu waktu pemrosesan dari Galeri 24 dengan jangka waktu maksimal selama 10 (sepuluh) hari kerja, dan wajib menunggu waktu pengiriman dari Galeri 24 ke cabang Pegadaian dengan jangka waktu maksimal selama 45 (empat puluh lima) hari kerja dengan mempertimbangkan zona dari lokasi cabang Pegadaian yang dipilih oleh Pengguna dengan rincian sebagai berikut:
    •   Zona             Area / Lokasi  Jangka Waktu Maksimal
        Zona I  Area Jawa dan Bali  15 (lima belas) Hari Kerja
        Zona II Selain Zona I dan Zona III  30 (tiga puluh) Hari Kerja
        Zona III        Area Tarakan, Ambon, Gorontalo, Palu, Sorong, Jayapura, dan Natuna  45 (empat puluh lima) Hari Kerja
  6. Tokopedia akan mengirimkan notifikasi melalui email kepada Pengguna dan/atau melakukan pembaruan (update) pada halaman Pegadaian Tabungan Emas milik Pengguna di Situs/Aplikasi apabila emas telah tersedia pada cabang Pegadaian yang dipilih dan siap untuk diambil oleh Pengguna.
  7. Pengambilan emas di cabang Pegadaian wajib dilakukan oleh Pengguna yang akunnya terdaftar di Situs/Aplikasi sesuai dengan KYC dengan membawa atau melampirkan dokumen invoice yang diterbitkan oleh Tokopedia atas nama Pegadaian untuk Cetak Emas yang diperoleh dari email atau halaman Tabungan Emas pada Situs/Aplikasi dan dokumen identitas (Kartu Tanda Penduduk) dari Pengguna yang digunakan saat Pengguna melakukan KYC.
  8. Dalam hal Pengguna Gold Prestige berhalangan atau tidak dapat melakukan pengambilan emas di cabang Pegadaian yang dipilih oleh Pengguna secara langsung, maka pengambilan emas tersebut dapat diwakilkan oleh pihak yang berhak atau ditunjuk untuk mewakili Pengguna, dengan melampirkan dokumen invoice yang diterbitkan oleh Tokopedia atas nama Pegadaian untuk Cetak Emas yang diperoleh dari email atau halaman Tabungan Emas pada Situs/Aplikasi, salinan dokumen identitas (Kartu Tanda Penduduk) dari Pengguna, dan dokumen-dokumen pendukung lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada dokumen Surat Kuasa, dokumen waris, dan/atau dokumen lainnya yang dapat menunjukan kuasa atau penunjukan tersebut sebagaimana yang ditentukan atau diterima oleh Pegadaian. Namun apabila yang berhalangan hadir adalah  Pengguna Gold Prime maka pengambilan emas tidak dapat diwakilkan kecuali Pengguna Gold Prime telah meninggal dunia dan wakil dapat menunjukkan dokumen waris.
  9. Apabila Pengguna tidak melakukan pengambilan emas dalam waktu 30 (tiga puluh hari) hari kalender sejak tanggal emas tersebut sudah tersedia di cabang Pegadaian, maka Pengguna akan dikenakan biaya pemeliharaan yang dihitung sejak hari ke 31 (tiga puluh satu)  sebesar Rp 20.000/transaksi (dua puluh ribu Rupiah per transaksi) setiap 30 (tiga puluh) hari oleh Pegadaian, dengan jumlah maksimum biaya pemeliharaan  sebesar Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu Rupiah). Biaya pemeliharaan  tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab Pegadaian, maka wajib dibayarkan secara langsung oleh Pengguna kepada Pegadaian pada saat Pengguna melakukan pengambilan emas di cabang Pegadaian.
  10. Pengguna akan dikenakan biaya Cetak Emas oleh Pegadaian sebagai bentuk pembayaran biaya sertifikat  pada emas Pengguna. Pengguna tidak dapat membatalkan pengajuan Cetak Emas, setelah melakukan pembayaran sertifikat. Rincian dari biaya Cetak Emas akan ditampilkan pada halaman Pegadaian Tabungan Emas di Situs/Aplikasi yang dapat dilihat dan dipilih oleh Pengguna.
  11. Pengguna mengetahui dan sepakat bahwa segala proses atas Cetak Emas merupakan kewajiban dan tanggung jawab dari Pegadaian, termasuk pencetakan dan pengiriman emas dari Galeri 24 kepada cabang Pegadaian yang dipilih oleh Pengguna, sehingga Tokopedia dalam hal ini akan dibebaskan dan tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian yang timbul daripadanya, termasuk terhadap kerugian yang dialami oleh Pengguna yang disebabkan oleh kelalaian Pengguna dalam menjaga informasi rahasia dari Pengguna atas penggunaan fitur Cetak Emas dan atas pengambilan emas di cabang Pegadaian yang dipilih oleh Pengguna.
tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia