Pencarian populer

Pengiriman-icon

Pengiriman

Lihat Semua Topik

Pengiriman

Kapan Batas Waktu Respon Pesanan dan Konfirmasi Pengiriman?

Pastikan kamu melakukan konfirmasi pengiriman sesuai batas waktu yang diberikan oleh Tokopedia, sehingga pesanan tidak dibatalkan secara otomatis, dan dana dikembalikan pada pembeli. Masukkan nomor resi yang sesuai pesanan pembeli sehingga Toppers dapat memantau status pengirimannya.
  • Batas Waktu Respon Pesanan
  • Konfirmasi Pengiriman
  • Batas Waktu Pick Up

Setelah adanya perubahan saat adanya banjir di beberapa wilayah Indonesia, kini batas waktu konfirmasi pengiriman kembali seperti biasa mulai 3 Mei 2021 pukul 00.00 WIB.
 
Batas waktu konfirmasi pengiriman (upload resi) yaitu selama 48 jam sejak pesanan masuk untuk pengiriman Reguler, Kargo, dan Ekonomi. Sementara untuk kurir Next day, Instant dan Same day, batas waktu pengiriman H+1 sejak pesanan masuk.
 

Detail batas waktu konfirmasi pengiriman kembali ke normal per 15 Juni 2021 pukul 00.00 WIB

Catatan: Waktu terima pesanan dan konfirmasi pengiriman mulai dihitung sejak pesanan masuk

User-added image


Catatan:
  1. Pesanan yang masuk sebelum tanggal 22 Februari 2021 pukul 17.00 WIB tetap diproses dengan batas waktu normal.
  2. Batas waktu terima pesanan dan konfirmasi pengiriman tidak berlaku untuk hari libur nasional dan akhir pekan (Sabtu dan Minggu)
  3. Batas waktu konfirmasi pengiriman merupakan batas kamu memasukkan resi untuk pengiriman dengan menggunakan layanan Non Pick Up (SiCepat, JNE, J&T, TIKI, Pos Indonesia, Wahana) atau batas waktu kamu menekan tombol request pick up untuk pengiriman Same Day, Instant, dan layanan pengiriman Pick Up (Anteraja, SiCepat, Ninja Express, Lion Parcel, REX)
  4. Perubahan ini berlaku untuk semua Seller yang memproses pesanan dengan layanan pengiriman Reguler, Next Day, Kargo, Ekonomi, dan Same Day, dan Instan.
  5. Perhatikan skema pengiriman dengan seksama agar terhindar dari pesananmu dibatalkan. Seller yang menggunakan pilihan kurir konvensional atau antar ke agen segera lakukan drop-off paket paling lambat 4 jam sebelum pesanan batal secara otomatis dan untuk pengiriman yang tidak memiliki fitur AWB otomatis, segera input resi pesananmu apabila sudah diserah terima ke pihak kurir.

Layanan pengiriman: Same Day dan Next Day
  1. Pesanan masuk pada hari Senin - Jumat
    • Contoh kasus notifikasi pesanan baru masuk sebelum pukul 15.00 WIB
      Batas waktu respon pesanan adalah 1x24 jam terhitung sejak penjual menerima notifikasi pesanan baru.
      Contoh: Toko A mendapatkan notifikasi pesanan baru pada hari Rabu pukul 14.30 WIB, maka batas respon pesanan tersebut adalah hari Kamis pukul 14.30 WIB. Batas waktu pengiriman pesanan/confirm shipping adalah hari Kamis pukul 16.00 WIB (apabila menggunakan kurir GrabExpress) atau hari Kamis pukul 15.00 WIB (apabila menggunakan kurir Gojek dan Anteraja).
    • Contoh kasus notifikasi pesanan baru masuk di atas pukul 15.00 WIB
      Batas waktu respon pesanan adalah H+1 dari pukul 15.00 WIB terhitung sejak penjual menerima notifikasi pesanan baru.
      Contoh: Toko A mendapatkan notifikasi pesanan baru pada hari Rabu pukul 19.00 WIB, maka batas respon pesanan tersebut adalah hari Kamis pukul 15.00 WIB. Sementara batas waktu pengiriman barang adalah hari Kamis pukul 16.00 WIB (apabila menggunakan kurir GrabExpress) atau hari Kamis pukul 15.00 WIB (apabila menggunakan kurir Gojek dan Anteraja).
  2. Pesanan masuk pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional
    Batas waktu respon pesanan adalah H+1 dari pukul 15.00 WIB hari kerja berikutnya sejak Penjual menerima notifikasi pesanan baru.
    Contoh: Toko A mendapatkan notifikasi pesanan baru pada hari Sabtu pukul 19.00 WIB, maka batas respon pesanan tersebut adalah hari Senin pukul 15.00 WIB. Sementara batas waktu pengiriman barang adalah hari Senin pukul 16.00 WIB (apabila menggunakan kurir GrabExpress) atau hari Senin pukul 15.00 WIB (apabila menggunakan kurir Gojek dan Anteraja).

Layanan pengiriman: Reguler
Batas waktu Seller untuk merespon pesanan adalah 1×24 jam terhitung sejak penjual menerima notifikasi pesanan baru. Sementara itu, batas waktu konfirmasi pengiriman adalah 2×24 jam atau (H+2) terhitung sejak notifikasi pesanan baru masuk.
  1. Contoh kasus pengiriman Reguler di hari Senin-Jumat
    Toko A mendapatkan notifikasi pesanan baru pada Selasa pukul 14.00 WIB, maka batas respon terima pesanan adalah Rabu pukul 14.00 WIB. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan adalah hari Kamis pukul 14.00 atau H+2 pukul 14.00, terhitung sejak notifikasi pesanan baru masuk.
  2. Contoh kasus pengiriman Reguler di hari Sabtu, Minggu & hari libur
    Toko A mendapatkan notifikasi pesanan baru pada Sabtu pukul 14.00 WIB, maka batas respon terima pesanan adalah Senin pukul 23.59 WIB. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan adalah hari Selasa pukul 23.59 atau H+3 pukul 23.59, terhitung sejak notifikasi pesanan baru masuk.

Layanan pengiriman: Instan
  1. Pesanan masuk pada hari Senin - Jumat
    • Contoh kasus notifikasi pesanan baru masuk sebelum pukul 15.00 WIB
      Batas waktu respon pesanan adalah 1x24 jam terhitung sejak penjual menerima notifikasi pesanan baru.
      Contoh: Toko A mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Instan pada Senin pukul 14.00, maka batas respon terima pesanan adalah Selasa pukul 14.00. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya adalah hari Selasa pukul 16.00 untuk kurir Grab Express dan GoSend.
    • Contoh kasus notifikasi pesanan baru masuk di atas pukul 15.00 WIB
      Batas waktu respon pesanan adalah H+1 dari pukul 15.00 WIB terhitung sejak penjual menerima notifikasi pesanan baru.
      Contoh: Toko A mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Instan pada Senin pukul 19.00, maka batas respon terima pesanan tersebut maksimalnya adalah Selasa pukul 15.00. Sementara batas waktu konfirmasi pengiriman barang maksimalnya adalah Selasa pukul 16.00 untuk kurir Grab Express dan GoSend.
  2. Pesanan masuk pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional
    • Contoh kasus notifikasi pesanan baru masuk sebelum pukul 15.00 WIB
      Batas waktu respon pesanan adalah 1x24 jam terhitung sejak penjual menerima notifikasi pesanan baru.
      Contoh: Toko A mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Instan pada Jumat pukul 14.00, maka batas respon terima pesanan adalah Senin pukul 14.00. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya adalah hari Senin pukul 16.00 untuk kurir Grab Express dan GoSend.
    • Contoh kasus notifikasi pesanan baru masuk di atas pukul 15.00 WIB
      Batas waktu respon pesanan adalah H+1 dari pukul 15.00 WIB terhitung sejak penjual menerima notifikasi pesanan baru.
      Contoh: Toko A mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Instan pada Sabtu pukul 19.00, maka batas respon terima pesanan maksimalnya adalah Senin pukul 15.00. Sedangkan batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya adalah hari Senin pukul 16.00 untuk kurir Grab Express dan GoSend.

Konfirmasi pengiriman adalah proses dimana Penjual sudah melakukan pengiriman atas barang yang dijual kepada Pembeli. Proses ini terjadi pada saat:

  1. Penjual sudah melakukan input nomor resi dan nomor resi tersebut adalah valid.
  2. Resi sudah terisi secara otomatis pada kolom resi (apabila Seller menggunakan resi otomatis).
  3. Penjual sudah melakukan Request Pick Up dan barang sudah berhasil di-pick up oleh pihak kurir. Perhatikan batas waktu Pick up agar transaksi tidak otomatis batal. Selengkapnya mengenai layanan Pick up dapat dilihat di sini.

Selengkapnya mengenai detail bagaimana cara melakukan konfirmasi pengiriman dapat dilihat di sini.

Resi dianggap valid apabila:

  1. Tanggal pembuatan resi pengiriman Barang tidak lebih dulu dari tanggal transaksi pembelian Barang;
  2. Nomor resi pengiriman Barang harus dapat dilacak atau ditemukan pada web situs pelacakan atau sistem jasa ekspedisi rekanan Tokopedia; dan/atau
  3. Merupakan resi pengiriman Barang yang memang diperuntukkan untuk pembeli yang akan menerima paket tersebut (detail pengiriman harus sama).
  4. Penjelasan lebih lengkap dapat dilihat di sini.

Apabila Penjual mengalami kondisi dimana resi yang diinput adalah resi invalid atau tidak terlacak, Penjual wajib memasukkan resi yang valid dalam batas waktu 2x24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi resi invalid atau tidak terlacak. Apabila dalam batas waktu tersebut pihak Penjual tidak memasukan nomor resi pengiriman barang yang valid maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Apabila Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu perubahan resi sebagaimana dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada kurir tempat Barang dikirimkan.

Tokopedia tidak memperbolehkan adanya perubahan resi setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman. Apabila setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman lalu berniat untuk melakukan perubahan pengiriman dikarenakan satu dan hal lain, seluruh resiko akibat perubahan tersebut akan sepenuhnya menjadi milik Penjual. Contoh resiko yang dapat dihadapi adalah resi tidak dapat dilacak sehingga order tersebut ter-cancel (uang akan dikembalikan kepada Pembeli, paket sudah diberikan kepada partner logistik, dan Seller tidak mendapatkan uang hasil penjualan).

Batas Waktu Pick Up berlaku untuk transaksi dengan layanan Pick Up dimana pengiriman harus berhasil di-pick up oleh kurir dalam waktu 3x24 jam sejak Request Pick Up dilakukan oleh Penjual (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional).

Jika pengiriman belum berhasil di pick up oleh kurir dalam waktu 3x24 jam sejak Request Pick Up, maka resi akan dibatalkan. Namun Penjual dapat melanjutkan pengiriman dengan memasukan resi valid dalam batas waktu 1x24jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi resi invalid atau tidak terlacak.

Ketentuan batas waktu pick up:

  1. Berlaku untuk seluruh layanan oleh kurir Anteraja & Sicepat.
  2. Penalti ganti kurir berlaku untuk transaksi Bebas Ongkir.
  3. Penalti ganti kurir akan dikembalikan jika kesalahan disebabkan oleh pihak kurir dengan bukti yang kuat dari sisi Penjual dalam waktu maksimal 7 hari kerja setelah transaksi selesai.
  4. Resi yang telah dibatalkan tidak dapat dilanjutkan pengiriman. 


Apabila setelah resi dibatalkan Penjual tetap melakukan pengiriman dengan nomor resi yang dibatalkan karena satu dan hal lain, seluruh resiko akibat pengiriman tersebut akan sepenuhnya menjadi milik Penjual.
Contoh resiko yang dapat dihadapi adalah resi tidak dapat dilacak sehingga order tersebut ter-cancel (uang akan dikembalikan kepada Pembeli, paket sudah diberikan kepada partner logistik, dan Seller tidak mendapatkan uang hasil penjualan).


Pertanyaan Seputar Batas Waktu Pick Up:

Q: Kenapa resi saya dibatalkan? (Resi tidak valid / tidak terbaca)
Karena Penjual/Pihak Logistik sudah melebihi batas waktu untuk melakukan pengiriman (3x 24 jam sejak request pick up). 
Namun Penjual masih ada kesempatan untuk melakukan input resi (ganti kurir) dalam waktu 1x24 jam setelah pembatalan AWB-nya jika ingin melanjutkan pengiriman.

Q: Jika resi sudah dibatalkan apa masih bisa dilanjutkan pengiriman menggunakan nomor resi yang sama?
Tidak bisa.

Q: Apakah batas waktu 3x 24 jam termasuk weekend/hari libur?
Tidak termasuk, sesuai ketentuan proses order Tokopedia.

Q: Kenapa harus diberi batas 3x24jam untuk proses pick up?
Untuk menjamin kepuasan Pembeli di Tokomu, maka proses pengiriman harus dilakukan maksimum 3x24jam sejak request pick up. Namun Seller tidak perlu khawatir karena Seller batas waktu proses pemesanan normal masih berlaku.

Q: Bagaimana jika sedang ada Tokopedia event (WIB/ lainnya) dan Seller kebanjiran order?
Seller masih memiliki batas waktu proses pemesanan yang seperti biasa (saat event ada perpanjangan waktu). Maka mohon hanya klik Request pick up jika barang sudah siap dikirim.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika nomor resi telah dibatalkan?
Penjual dapat melakukan pengiriman dengan input resi manual (ganti kurir/lanjut dengan pengiriman resi manual untuk sicepat).
Namun perlu diperhatikan bahwa penalti untuk penggantian kurir berlaku untuk transaksi bebas ongkir (Kecuali pembatalan terjadi karena kesalahan pihak logistik).

Q: Apakah Seller tetap dikenakan penalti penggantian kurir jika kesalahan ada pada pihak logistik?
Tidak. Namun seller tetap dikenakan penalti jika kesalahan ada di pihak seller (seperti barang belum siap kirim, alamat/toko tutup, Seller tidak dapat dihubungi). Pelajari lebih lanjut mengenai bebas ongkir disini.
Jika ada kesalahan dimana Seller tetap dikenakan penalti penggantian kurir namun kesalahan disebabkan oleh pihak kurir maka Seller akan mendapatkan penggantian dana ke saldo Penghasilan maksimal 7 Hari Kerja setelah Transaksi Selesai.

Q: Bagaimana prosedur untuk mendapatkan penggantian penalti kurir?
Pengembalian penalti ganti kurir akan secara otomatis diberikan oleh Tokopedia ke Saldo Refund kamu maksimal 7 Hari Kerja setelah transaksi selesai, dan Seller tidak perlu melakukan pelaporan untuk mendapatkan pengembalian penalti.

Q: Bagaimana prosedur untuk mendapatkan penggantian penalti  pembatalan (baik dalam bentuk pengurangan deposit, reputasi maupun skor performa toko)?
Pengembalian penalti pembatalan akan secara otomatis diberikan oleh Tokopedia secara bulanan. Pelajari selengkapnya mengenai poin & badge reputasi toko disini.

Catatan: Bukti pengiriman sangatlah penting, untuk itu simpan mereka baik-baik!

Artikel Terkait

tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia