Cek seluruh balasan dari Tokopedia Care di sini
Kembali ke Pusat Bantuan

Kapan Batas Waktu Respon Pesanan dan Konfirmasi Pengiriman?

Terkait transaksi:
Total:
Pastikan kamu melakukan konfirmasi pengiriman sesuai batas waktu yang diberikan oleh Tokopedia, sehingga pesanan tidak dibatalkan secara otomatis, dan dana dikembalikan pada pembeli. Masukkan nomor resi yang sesuai pesanan pembeli sehingga Toppers dapat memantau status pengirimannya.
  • Batas Waktu Respon Pesanan
  • Konfirmasi Pengiriman

Sehubungan dengan situasi terkini terkait pandemi COVID-19, mulai 30 Maret 2020 untuk pengiriman reguler, Toppers memiliki waktu 1×24 jam untuk merespon pesanan baru dan 2×24 jam untuk melakukan konfirmasi pengiriman (H+3 terhitung sejak notifikasi pesanan baru masuk). Ketentuan ini berlaku untuk transaksi Regular dan Pre-Order.

Untuk layanan Same Day / Instant Service, Tokopedia memperpanjang batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan (request pick up) dari H+1 16:00 menjadi H+2 pukul 16:00 setelah pesanan masuk.

Sementara untuk Gojek dengan layanan Same day, batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan menjadi H+2 pukul 15.00 setelah pesanan masuk. Perpanjangan batas waktu ini berlaku untuk semua pesanan dari tanggal 14 April 2020 pukul 00:01 WIB sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Silakan melihat tabel penjelasan berikut:
User-added image

Catatan: Batas waktu respon pesanan dan konfirmasi pengiriman tidak berlaku di akhir pekan dan hari libur nasional.


Contoh pemrosesan pesanan baru masuk sebelum pukul 15.00:
Toko ABC menerima pesanan dengan layanan kurir instant / same day pada Selasa, 14 April pukul 11.00, maka batas respon pesanan adalah Rabu, 15 April pukul 11.00. Batas waktu request pick up adalah hari Kamis, 16 April pukul 16.00 atau H+2 pukul 16.00, terhitung sejak notifikasi pesanan baru masuk. (H+2 16:00 setelah pemesanan masuk)

Contoh pemrosesan pesanan baru masuk di atas pukul 15.00:
Toko DEF menerima pesanan dengan layanan kurir instant / same day pada Rabu, 15 April pukul 19.00, maka batas respon pesanan tersebut adalah Kamis, 16 April pukul 15.00. Sementara batas waktu request pick up adalah Jumat, 17 April pukul 16.00 atau H+2 16:00.  (H+2 16:00 setelah pesanan masuk)

 

Konfirmasi pengiriman adalah proses dimana Penjual sudah melakukan pengiriman atas barang yang dijual kepada Pembeli. Proses ini terjadi pada saat:

  1. Penjual sudah melakukan input nomor resi dan nomor resi tersebut adalah valid.
  2. Resi sudah terisi secara otomatis pada kolom resi (apabila seller menggunakan resi otomatis).

Selengkapnya mengenai detail bagaimana cara melakukan konfirmasi pengiriman dapat dilihat disini.

Resi dianggap valid apabila:

  1. Tanggal pembuatan resi pengiriman Barang tidak lebih dulu dari tanggal transaksi pembelian Barang;
  2. Nomor resi pengiriman Barang harus dapat dilacak atau ditemukan pada web situs pelacakan atau sistem jasa ekspedisi rekanan Tokopedia; dan/atau
  3. Merupakan resi pengiriman Barang yang memang diperuntukkan untuk pembeli yang akan menerima paket tersebut (detail pengiriman harus sama).
  4. Penjelasan lebih lengkap dapat dilihat disini.

Apabila Penjual mengalami kondisi dimana resi yang diinput adalah resi invalid atau tidak terlacak, Penjual wajib memasukkan resi yang valid dalam batas waktu 2x24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi resi invalid atau tidak terlacak. Apabila dalam batas waktu tersebut pihak Penjual tidak memasukan nomor resi pengiriman barang yang valid maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Apabila Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu perubahan resi sebagaimana dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada kurir tempat Barang dikirimkan.

Tokopedia tidak memperbolehkan adanya perubahan resi setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman. Apabila setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman lalu berniat untuk melakukan perubahan pengiriman dikarenakan satu dan hal lain, seluruh resiko akibat perubahan tersebut akan sepenuhnya menjadi milik Penjual. Contoh resiko yang dapat dihadapi adalah resi tidak dapat dilacak sehingga order tersebut ter-cancel (uang akan dikembalikan kepada Pembeli, paket sudah diberikan kepada partner logistik, dan seller tidak mendapatkan uang hasil penjualan).

Catatan: Bukti pengiriman sangatlah penting, untuk itu simpan mereka baik-baik!

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih atas masukanmu

Artikel Terkait

Butuh bantuan lebih lanjut?

Tim Tokopedia Care kami selalu siap untuk melayani selama 24/7

Beritahu kami alasannya
Total:
Pilih