Cek seluruh balasan dari Tokopedia Care di sini
Kembali ke Pusat Bantuan

FAQ Pengiriman Non Partner Tokopedia

Terkait transaksi:
Total:
Q: Mengapa saya tidak dapat menggunakan resi partner pengiriman selain rekanan Tokopedia?
Demi kenyamanan berbelanja dan bertransaksi di Tokopedia bagi para Pembeli dan  Penjual, Tokopedia telah bekerjasama dengan berbagai macam pilihan kurir pengiriman beserta dengan service pengiriman yang ada di Indonesia. Selengkapnya dapat dilihat di sini.
Dengan Penjual menggunakan partner pengiriman di luar Tokopedia, padahal Pembeli sudah memilih untuk menggunakan partner pengiriman yang ada di Tokopedia:
  1. Pembeli akan merasa kecewa dengan apa yang dilakukan oleh Penjual karena kurir yang digunakan berbeda dengan kurir yang sudah dipilih oleh Pembeli, dimana durasi pengiriman dari Penjual ke Pembeli bisa berbeda dengan apa yang tertulis pada aplikasi Tokopedia 
  2. Memberikan pengalaman berbelanja yang buruk bagi Pembeli karena Pembeli tidak bisa mendapatkan informasi tracking pengiriman secara jelas dan detail 
Kedua hal di atas dapat berujung pada komplain dari pihak Pembeli kepada Penjual, serta berpotensi pada pemberian rating buruk juga untuk Penjual.

Q: Apa akibatnya apabila saya tetap menggunakan resi partner non rekanan Tokopedia?
Resi Anda tidak akan bisa dilacak oleh sistem Tokopedia. Dan apabila dalam 1x24 jam kalender berikutnya Penjual tidak mengubah resi tersebut menjadi resi yang dapat dilacak oleh Tokopedia (menggunakan resi partner pengiriman Tokopedia), maka transaksi tersebut akan Tokopedia batalkan secara otomatis.

Q: Apabila saya menjual barang-barang import atau dari luar negeri, saya harus menggunakan resi pengiriman apa? Apa yang harus saya lakukan?
Hal-hal yang wajib dilakukan oleh Penjual adalah sebagai berikut:
  1. Aktifkan fitur PO (Pre Order) untuk transaksi Penjual yang membutuhkan waktu proses yang lebih lama (karena membutuhkan waktu pengiriman barang dari luar negeri). Untuk lebih lengkapnya dapat dicek di sini.
  2. Setelah produk sampai di Indonesia, Penjual diminta untuk tetap menggunakan resi pengiriman sesuai dengan yang dipilih oleh Pembeli atau setidaknya salah satu partner logistik rekanan Tokopedia. Apabila Penjual tidak menggunakan resi pengiriman sesuai dengan ketentuan, maka resi Penjual tidak akan terlacak di sistem Tokopedia. 

Q: Apabila saya sudah mengaktifkan fitur PO, tetapi ternyata pengiriman dari luar negeri memakan waktu lebih lama dari seharusnya. Apa yang akan terjadi dengan order saya?
  1. Apabila pada saat Penjual sudah mengaktifkan fitur PO, Penjual wajib melakukan accept order / terima pesanan dan melakukan konfirmasi pengiriman maksimal 2x24 jam dari batas waktu PO berakhir. Apabila tidak, maka order akan dibatalkan secara otomatis. Maka dari itu, kami anjurkan untuk melebihkan sedikit waktu PO yang diatur untuk mengantisipasi kejadian diluar kendali. Jangan khawatir, karena Penjual tetap dapat melakukan konfirmasi pengiriman sebelum waktu PO berakhir apabila barang tiba lebih cepat dari perkiraan.
  2. Apabila saat konfirmasi pengiriman Penjual tetap menggunakan resi pengiriman yang bukan partner pengiriman Tokopedia, maka resi tersebut tidak akan bisa dilacak oleh Tokopedia. Apabila dalam 1x24 jam Penjual tidak mengganti resi menjadi resi partner Tokopedia, maka Tokopedia akan melakukan pembatalan order secara otomatis

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih atas masukanmu

Artikel Terkait

Butuh bantuan lebih lanjut?

Tim Tokopedia Care kami selalu siap untuk melayani selama 24/7

Beritahu kami alasannya
Total:
Pilih