Pencarian populer

-icon

Bantuan

Lihat Semua Topik

    Info Umum Seputar Bebas Ongkir untuk Penjual

    Perhatian!

    1. Pastikan kamu sudah mengaktifkan pinpoin di toko kamu. Informasi selengkapnya klik di sini.
    2. Apabila biaya layanan Bebas ongkir kamu tidak sesuai, silakan klik di sini.
     

    Q: Kapan fitur Bebas Ongkir akan tersedia?
    Fitur Bebas Ongkir sudah bisa digunakan untuk semua pengguna. Perlu diingat bahwa fitur ini hanya akan muncul di aplikasi Tokopediamu.

    Q: Apakah fitur Bebas Ongkir ini bisa digunakan untuk semua pesanan?
    Ya, fitur Bebas Ongkir ini dapat digunakan untuk semua pesanan di Power Merchant dan Official Store yang telah mengaktifkan layanan Bebas Ongkir. 

    Q: Apa saja yang penting bagi Penjual untuk bisa memberikan fitur Bebas Ongkir kepada Pembeli?

    1. Semua Penjual di Tokopedia bisa, baik yang statusnya Regular Merchant, Power Merchant atau menjadi Official Store. Untuk Regular Merchant baru tersedia untuk Penjual di tanggal 14 Juni 2021 ya dan pastikan Penjual sudah verifikasi data.
    2. Penjual mengaktifkan fitur Bebas Ongkir pada Halaman Tokopedia Seller pada bagian “Iklan & Promosi”.
    3. Penjual berada di area dengan layanan SiCepat Pick Up atau Anteraja.
    4. Penjual harus melengkapi nomor telepon dan memastikan alamat sudar benar.
    5. Penjual harus menggunakan fitur AWB otomatis dan non tunai (pelajari lebih lanjut di sini) serta harus mencetak label pengiriman atau menuliskan kode booking di kemasan paket.
    6. Penjual harus memastikan berat yang tertera sudah akurat dan menggunakan kurir yang sesuai dengan pilihan Pembeli.

    Q: Bagaimana cara mengaktifkan kurir pengiriman SiCepat, Anteraja dan/atau Kurir Rekomendasi?
    Penjual bisa mengaktifkan layanan pengiriman SiCepat, Anteraja dan/atau Kurir Rekomendasi Reguler di halaman pengaturan pengiriman.

    Q: Apakah Penjual wajib mengaktifkan semua kurir kurir AnterAja, Kurir Rekomendasi dan SiCepat untuk mengikuti layanan Bebas Ongkir?
    Penjual dapat mengaktifkan semua kurir tersebut jika sudah terjangkau, namun tidak diwajibkan. Penjual dapat tetap memberikan layanan Bebas Ongkir dengan mengaktifkan salah satu kurir. Namun mohon diingat bahwa layanan dari masing-masing kurir dapat berbeda sehingga untuk menjangkau area Pembeli yang lebih luas, disarankan untuk mengaktifkan lebih dari satu kurir.

    Q: Apakah Penjual bisa menggunakan kurir pengiriman SiCepat, Anteraja dan Kurir Rekomendasi Reguler tanpa menggunakan fitur Bebas Ongkir?
    Bisa, walaupun Penjual menonaktifkan layanan Bebas Ongkir, Penjual tetap dapat menggunakan layanan kurir pengiriman SiCepat, Anteraja dan Kurir Rekomendasi pada toko Penjual dengan memastikan layanan kurir SiCepat, Anteraja dan Kurir Rekomendasi tetap aktif.

    Q: Apakah saat Penjual mengaktifkan Fitur Bebas Ongkir, Penjual harus melakukan aktivasi SiCepat dan/atau Anteraja lagi?
    Tidak perlu. Apabila sebelumnya Penjual belum mengaktifkan SiCepat atau Anteraja Reguler dan mengaktifkan Fitur Bebas Ongkir, maka secara otomatis layanan pengiriman SiCepat dan/atau Anteraja akan diaktifkan selama berada dalam daerah jangkauan.

    Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi kurir pengiriman untuk melakukan pick up ke toko saya?
    Layanan pick up kurir memiliki jangka waktu pick up yang berbeda, yaitu:
    1. SiCepat: 1x24 jam sejak dilakukan permintaan pick up oleh Penjual.
    2. Anteraja: 1x24 jam sejak dilakukan permintaan pick up oleh Penjual.
    3. Kurir Rekomendasi: Maksimal 4 jam sejak dilakukan permintaan pick up oleh Penjual.

    Q: Bagaimana jika alamat toko saya tidak dalam coverage area pihak SiCepat Anteraja atau Kurir Rekomendasi?
    Untuk saat ini fitur Bebas Ongkir hanya bisa digunakan Penjual yang berada di area dengan layanan SiCepat Pick Up, Anteraja atau Kurir Rekomendasi. Apabila alamat toko Penjualtidak berada dalam jangkauan area SiCepat, Anteraja atau Kurir Rekomendasi, maka Penjual tidak bisa mengaktifkan fitur Bebas Ongkir.

    Q: Jika pesanan saya sudah diverifikasi, apakah masih bisa mengubah jasa kurir SiCepat & Anteraja? 
    Tidak bisa, fitur Bebas Ongkir ini tidak berlaku jika Penjual atau Pembeli mengubah kurir.

    Q: Apa yang terjadi apabila Penjual menggunakan kurir selain SiCepat, Anteraja dan/atau Kurir Rekomendasi Reguler pada transaksi Bebas Ongkir?
    Penjual akan mendapatkan penalti sebesar maksimal subsidi ongkos kirim pada transaksi tersebut. Misalnya buyer membeli produk A dengan subsidi ongkos kirim Rp 10.000 dan menggunakan kurir SiCepat. Penjual memproses transaksi tersebut dengan menggunakan kurir TIKI. Maka pada saat transaksi selesai, maka Penjual akan dikenakan penalti sebesar Rp 10.000 serta tidak akan dikenakan biaya layanan Bebas Ongkir.

    Q: Mengapa terkadang saya mendapatkan pesanan dengan menggunakan Bebas Ongkir Non Reguler?
    Pesanan Bebas Ongkir Non Reguler adalah pesanan Bebas Ongkir dengan menggunakan kurir pengiriman GoSend, Grab, SiCepat Cargo, atau JNE Trucking. Hal terpenting yang perlu diingat adalah bahwa Tokopedia akan selalu memilihkan pilihan pengiriman terbaik untuk para pengguna Tokopedia. Pembeli hanya akan mendapatkan Bebas Ongkir Non Reguler apabila nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Reguler dikurangi dengan nilai Bebas Ongkir lebih besar dari nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Instant/ Same Day/ Cargo.
    Misalnya:
    User-added image


    Q: Kenapa kemarin saya bisa mendapatkan pesanan Bebas Ongkir Non Reguler tetapi hari ini saya mendapatkan Bebas Ongkir Reguler? Kenapa berbeda-beda?
    Bebas Ongkir Non Reguler bersifat situasional dimana hanya akan muncul apabila:
    1. Penjual mengaktifkan kurir pengiriman Non Reguler (Instant/ Same Day/ Cargo)
    2. Nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Reguler dikurangi dengan nilai Bebas Ongkir lebih besar dari nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Instant/ Same Day/ Cargo. 
    3. Namun, apabila ternyata nilai ongkos kirim reguler nett yang harus Pembeli bayarkan sudah lebih kecil daripada pilihan ongkos kirim dari layanan pengiriman lainnya, maka fitur Bebas Ongkir Non Reguler tidak akan muncul.
    4. Dengan demikian,Tokopedia akan memilihkan kurir pengiriman Non Reguler / Reguler berdasarkan dari jumlah nilai Ongkos kirim yang lebih murah ditambah dengan nilai subsidi dari Tokopedia.

    Q: Apakah Penjual tetap mendapatkan cashback dari pengiriman yang menggunakan online booking seperti yang diberikan setiap bulannya?
    Penjual tidak akan mendapatkan cashback dari pesanan yang menggunakan Bebas Ongkir. Akan tetapi, Penjual tetap dapat memperoleh cashback dari pesanan yang tidak menggunakan fitur ini.

    Q: Mengapa cashback pengiriman yang Penjual dapatkan tidak sesuai dengan jumlah resi pengiriman SiCepat dan Anteraja?
    Cashback pengiriman untuk SiCepat dan Anteraja hanya berlaku untuk pengiriman non Bebas Ongkir.

    Q: Apakah fitur ini harus dibuat manual oleh Penjual melalui voucher toko atau otomatis di set oleh Tokopedia?
    Untuk setiap Penjual yang sudah mengaktifkan Bebas Ongkir, maka fitur ini akan otomatis tersedia di tokomu untuk setiap Pembeli yang memenuhi syarat dan ketentuan. 

    Q: Apa yang terjadi jika saya melakukan perubahan pengiriman dari cashless menjadi reguler?
    Apabila terdapat kasus perubahan metode pengiriman dari cashless menjadi reguler dan menggunakan AWB yang sudah terdaftar di marketplace lain, maka Tokopedia akan melakukan pengambilan subsidi ongkos kirim.
    Misal: Penjual seharusnya mengirim dengan menggunakan kurir SiCepat Cashless, tetapi Penjual merubahnya menjadi kurir SiCepat Reguler dan AWB Reguler tersebut sudah terdaftar pada marketplace lain, maka Tokopedia akan memotong saldo Penjual sebesar subsidi ongkos kirim pada order tersebut.

    Q: Apa yang terjadi apabila terjadi perbedaan berat barang, alamat pengiriman, atau pemilihan kurir pengiriman saat saya melakukan proses pengiriman barang?
    Penjual harus memastikan bahwa berat barang telah sesuai pada saat proses pengiriman barang. Apabila terdapat perbedaan berat barang pada saat dilakukan penimbangan oleh kurir maka:
    1. SiCepat: Pengiriman akan dilanjutkan oleh pihak SiCepat tanpa konfirmasi ke pihak Penjual dengan ketentuan selisih ongkos kirim akan dibebankan kepada Penjual dengan dilakukan pemotongan pada Saldo Penghasilan Penjual. Sehingga Penjual harus memastikan berat produk yang dicantumkan sudah sesuai dengan memperhatikan berat dan volume produk.
    2. Anteraja: Apabila Penjual tidak mau menanggung selisih ongkos kirim yang terjadi, Anteraja akan membatalkan pengiriman barang dan barang akan dikembalikan kepada Penjual di tempat saat dilakukan penjemputan paket.
    3. Kurir Rekomendasi: Kurir yang menjemput paket akan melakukan konfirmasi berat paket terlebih dahulu saat menerima paket dari Penjual. Hal ini dilakukan agar tidak ada perbedaan biaya yang dibayarkan Pembeli dengan yang harus diterima layanan pengiriman.

    Q: Apa yang terjadi apabila transaksi yang menggunakan fitur Bebas Ongkir tersebut mengalami masalah dan terjadi pengembalian dana di pusat resolusi?
    Biaya Layanan Bebas Ongkir yang dibebankan kepada Penjual hanya dihitung berdasarkan jumlah produk yang diterima oleh buyer. Berikut adalah simulasinya:
    User-added image

    Q: Apakah Penjual bisa menonaktifkan Fitur Bebas Ongkir?
    Bisa, Penjual bisa menonaktifkan fitur Bebas Ongkir nya kapan saja dengan cara menonaktifkan layanan Bebas Ongkir pada Halaman Tokopedia Seller pada bagian “Iklan & Promosi”  lalu pilih “Bebas Ongkir”.

    Q: Dimana saya bisa pelajari lebih lanjut?
    Simak syarat dan ketentuan Fitur Bebas Ongkir di sini.

    Artikel Terkait

    tokopedia
    © 2009 - 2022, PT Tokopedia