Pencarian populer

-icon

Bantuan

Lihat Semua Topik

    Syarat dan Ketentuan Klaim Asuransi di Tokopedia

    Syarat dan Ketentuan Klaim Asuransi Tokopedia merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan layanan Klaim Asuransi tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, serta Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

    Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.
     
    A. Definisi
    1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
    2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
    3. Partner adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi umum dan telah memiliki izin dari pihak yang berwenang berdasarkan peraturan yang berlaku dan merupakan mitra Tokopedia untuk menyediakan Produk Asuransi pada Situs/Aplikasi, dalam hal ini PT Asuransi Adira Dinamika, PT Zurich Insurance Indonesia, PT Asuransi Simas Insurtech,, PT Asuransi MSIG Indonesia dan PT Asuransi Etiqa Internasional Indonesia. 
    4. Pengguna adalah pihak yang terdaftar dan/atau menggunakan Situs Tokopedia dan dalam hal ini yang melakukan pembelian Produk Asuransi melalui Situs Tokopedia.
    5. Klaim adalah tuntutan ganti kerugian yang diajukan oleh Pengguna kepada Partner sebagai akibat terjadinya risiko-risiko yang dipertanggungkan berdasarkan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Polis Asuransi, yang mencakup Klaim instan dan Klaim non instan, maupun klaim lain sebagaimana disepakati kemudian oleh Para Pihak.
    6. Premi adalah sejumlah biaya tertentu yang ditetapkan oleh Partner dan dibayar oleh Pengguna untuk membeli Produk Asuransi.
    7. Produk Asuransi adalah produk-produk asuransi milik Partner, termasuk namun tidak terbatas pada Proteksi Perjalanan, Proteksi Gadget, Proteksi Elektronik dan  Proteksi Tagihan,  dalam hal ini disediakan dan dipasarkan oleh Partner melalui Situs Tokopedia.
    8. Proteksi Perjalanan adalah jenis layanan asuransi untuk kategori travel terbatas hanya untuk pembelian tiket penerbangan yang disediakan oleh Partner yaitu PT Asuransi Adira Dinamika. 
    9. Proteksi Gadget adalah jenis layanan asuransi untuk kategori handphone dan tablet yang disediakan oleh Partner yaitu PT Asuransi Adira Dinamika dan PT Zurich Insurance Indonesia .
    10. Proteksi Elektronik adalah jenis layanan asuransi untuk kategori elektronik yang disediakan oleh Partner yaitu PT Asuransi Simas Insurtech.
    11. Proteksi Layar Retak adalah jenis layanan asuransi untuk perbaikan atau penggantian terhadap kerusakan layar handphone yang disediakan oleh Partner yaitu PT Asuransi MSIG Indonesia.
    12. Proteksi Kerusakan Total adalah jenis layanan asuransi berupa pemberian kompensasi atas kerusakan barang dan produk yang dibeli melalui Situs/Aplikasi yang disediakan oleh Partner yaitu PT Asuransi MSIG Indonesia.
    13. Proteksi Tagihan adalah  jenis layanan asuransi untuk Asuransi Kecelakaan Diri, dengan perluasan pertanggungan atas tidak terpenuhinya layanan terkait Tagihan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Polis, yaitu penggantian atas risiko kecelakaan diri, kebakaran rumah, pencurian rumah dan tindakan lainnya yang dialami oleh Pengguna sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Polis, yang diakibatkan oleh kesalahan teknis atau tidak berfungsi dengan baiknya layanan terkait Tagihan yang diasuransikan, yang disediakan oleh Partner yaitu PT Asuransi Etiqa Internasional Indonesia. 
    14. Polis Asuransi adalah kontrak asuransi, termasuk perubahan-perubahannya, yang berisikan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan dari Produk Asuransi.
    15. Ketentuan Polis adalah bagian dari Polis Asuransi yang berisi ketentuan, kondisi dan persyaratan suatu pertanggungan/jaminan asuransi, yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan asuransi tertentu.
    16. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
    17. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Asuransi Perjalanan.
    B. Umum
    1. Dalam menggunakan layanan Klaim Asuransi, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia hanyalah pihak yang meneruskan pengajuan Klaim antara Pengguna dengan Partner penyedia Produk Asuransi.
    2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Partner adalah pihak yang berwenang  sepenuhnya untuk menentukan status klaim dari Pengguna serta bertanggung jawab atas seluruh akibat yang terjadi dari pelaksanaan Klaim.
    3. Pengguna yang dapat mengajukan klaim asuransi adalah Pengguna terdaftar yang namanya tertera pada Polis.
    4. Pengguna menyetujui untuk membebaskan Tokopedia atas segala tuntutan termasuk tetapi tidak terbatas pada kerugian yang diderita oleh Pengguna sehubungan dengan layanan Klaim Asuransi melalui Situs/Aplikasi dalam  hal tersebut disebabkan oleh kelalaian dari Pengguna dan/atau terbukti bukan kelalaian dari Tokopedia.
    C. Pengajuan Klaim
    1. Pengajuan Klaim Proteksi Perjalanan, Proteksi Tagihan, Proteksi Gadget, Proteksi Elektronik harus diajukan dalam jangka waktu maksimal 30 (tiga puluh) hari kalender sejak kejadian kerugian. Untuk Proteksi Layar Retak dan Kerusakan Total harus diajukan dalam jangka waktu maksimal 5 (lima) hari kalender sejak kejadian kerugian. Pengguna diwajibkan untuk melampirkan dokumen atau bukti lainnya yang dapat diakses DISINI untuk mempermudah proses verifikasi Klaim. Segala biaya yang mungkin timbul untuk mendapatkan dokumen atau bukti tersebut merupakan tanggung jawab Pengguna.
    2. Pengajuan Klaim Asuransi akan diteruskan oleh Tokopedia kepada Partner dalam jangka waktu 1x24 jam setelah Pengguna selesai mengupload dokumen Klaim yang ditentukan oleh Partner pada Situs/Aplikasi.
    3. Partner akan melakukan pemeriksaan pada dokumen yang diupload oleh Pengguna dalam jangka waktu 3x24 jam hari kerja setelah dokumen diteruskan oleh Tokopedia kepada Partner, dan Partner akan memberikan keputusan apakah dokumen yang diberikan telah lengkap atau belum lengkap. Apabila dokumen dinyatakan belum lengkap maka Pengguna harus mengupload kembali dokumen yang disyaratkan oleh Partner.
    4. Partner berhak untuk membatalkan pengajuan Klaim apabila didapati adanya tindakan Penipuan dan/atau manipulasi data yang dilakukan oleh Pengguna pada saat Pengajuan Klaim.
    5. Pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa Pengajuan Klaim Pengguna ditolak atau disetujui oleh Partner dalam jangka waktu 3x24 jam hari kerja setelah berkas dinyatakan lengkap.
    6. Apabila pengajuan telah disetujui maka manfaat pertanggungan akan diberikan oleh Partner melalui Saldo Penghasilan Pengguna.
    7. Apabila Pengguna tidak puas atas keputusan Pengajuan Klaim yang diputuskan oleh Partner, maka Pengguna hanya dapat melakukan sanggahan kepada Partner. Pengguna menyetujui untuk membebaskan Tokopedia dari segala tuntutan kewajiban, ganti rugi dan kompensasi dalam bentuk apapun terkait pelaksanaan layanan Pengajuan Klaim termasuk proses pertanggungan, klaim dan hal lainnya yang dilakukan oleh Partner.
    D. Penggunaan Data
    1. Dengan menggunakan layanan pengajuan Klaim Asuransi di Tokopedia Pengguna memberikan persetujuan dan wewenang kepada Tokopedia untuk menyimpan informasi miliknya dan/atau data terkait pengajuan Klaim Asuransi dalam sistem Tokopedia.
    2. Pengguna menyetujui dan memahami bahwa Tokopedia akan memberikan informasi yang tercantum pada saat pengajuan Klaim Asuransi di Tokopedia kepada Partner.
    3. Tokopedia memiliki kewenangan untuk menolak atau menghapus secara sebagian maupun keseluruhan dari profil Pengguna dan data yang relevan yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara republik Indonesia.
    4. Penggunaan data Pengguna sehubungan dengan layanan pengajuan Klaim Asuransi di Tokopedia akan tunduk pada Kebijakan Privasi Tokopedia. Klik DISINI untuk melihat Kebijakan Privasi Data Tokopedia.

    Toppers bisa lakukan klaim Asuransi di Tokopedia dengan klik di sini.

    Artikel Terkait

    tokopedia
    © 2009 - 2022, PT Tokopedia