Pencarian populer

-icon

Bantuan

Lihat Semua Topik

    Syarat dan Ketentuan Penjualan Hewan Peliharaan

    Syarat dan Ketentuan Penjualan Hewan Peliharaan merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Pengguna layanan Penjualan Hewan Peliharaan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan saksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.
     
    Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.
     

    A.  Definisi

    1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan produk yang dijual oleh Penjual.
    2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
    3. Hewan Peliharaan adalah hewan yang dipelihara sebagai teman manusia dan kehidupannya untuk sebagian atau seluruhnya bergantung pada manusia untuk maksud tertentu dan bukan merupakan termasuk hewan yang dilarang penjualannya, hewan berbahaya dan/atau Hewan Dilindungi menurut peraturan perundang-undangan Republik Indonesia yang berlaku.
    4. Hewan berbahaya adalah hewan yang keberadaanya dapat mengancam keselamatan Pengguna, Mitra Kurir pada saat melakukan proses pengantaran dan tidak sesuai dengan standar pengiriman yang ditentukan oleh masing-masing Mitra Kurir, termasuk namun tidak terbatas pada ikan predator berbahaya, hewan berbisa atau beracun. 
    5. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual, maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
    6. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan penawaran dan/atau penjualan atas Hewan Peliharaan kepada para Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
    7. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Hewan Peliharaan yang dijual oleh Penjual di Situs Tokopedia.
    8. Transaksi Selesai adalah apabila status transaksi dinyatakan selesai baik atas konfirmasi pembeli setelah Hewan Peliharaan diterima/dipasang ataupun dinyatakan oleh sistem 2 (dua) hari setelah status terkirim.
    9. Mitra Kurir adalah kurir pengiriman penyedia jasa pengiriman Hewan Peliharaan, termasuk namun tidak terbatas pada kurir JNE dan TIKI. 
    10. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh campaign yang terdapat di dalamnya.
    11. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk penggunaan layanan Penjualan Hewan Peliharaan.

    B. Umum
    1. Layanan Penjualan Hewan hanya bisa digunakan oleh Pengguna yang terdaftar pada Situs/Aplikasi.
    2. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas pelanggaran peraturan perundang-undangan Republik Indonesia yang dilakukan oleh Pengguna dan apabila transaksi terhambat atau gagal karena pelanggaran tersebut, tercantum dalam Ketentuan Situs dan/atau Syarat dan Ketentuan.
    3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat kendala pengiriman Hewan, termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan atau cidera, baik secara ringan maupun berat, meninggalnya Hewan Peliharaan, klaim, somasi, gugatan, tuntutan dan/atau upaya lainnya yang diajukan oleh pihak ketiga, bukan merupakan tanggung jawab Tokopedia serta melepaskan Tokopedia atas hal-hal tersebut.
    4. Tokopedia berwenang untuk melakukan (i) pembatalan transaksi; (ii) pembatalan manfaat promo; (iii) penahanan dana; (iv) pengembalian dana; serta (vi) penutupan akun Pengguna tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, dalam hal diduga dan/atau terdapat kegiatan Pengguna yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Ketentuan Situs.
    5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia berhak melakukan penurunan konten penjualan Hewan Peliharaan tanpa pemberitahuan sebelumnya, apabila terdapat keresahan dalam masyarakat dan/atau aduan yang dilakukan oleh masyarakat terkait penjualan Hewan Peliharaan pada Situs/Aplikasi Tokopedia.
    6. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, Tokopedia menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses Situs/Aplikasi, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.

    C. Ketentuan Penjualan Hewan
    1. Penjual diwajibkan untuk menjamin, kebersihan dan sanitasi tempat hidup Hewan Peliharaan, pengendalian dan penanggulangan zoonosis, penjaminan kebersihan sarana, prasarana, peralatan, dan lingkungannya, pencegahan bersarangnya Hewan pengganggu; dan/atau penjaminan kesehatan dan kebersihan personel/karyawan toko.
    2. Penjual wajib mengirimkan Hewan Peliharaan menggunakan mitra logistik yang menyediakan layanan pengiriman hewan hidup terbatas pada Mitra Kurir TIKI dan JNE sehingga dapat meminimalisir resiko pada saat proses pengiriman.
    3. Penjual menjamin bahwa Pengiriman dilakukan secara aman dan memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan Hewan Peliharaan, ketentuan lebih lanjut dapat dilihat DI SINI.
    4. Penjual memahami dan menyetujui bahwa apabila terjadi kendala transaksi, termasuk namun tidak terbatas pada kematian pada Hewan Peliharaan pada saat pengiriman, dan/atau adanya ketidaksesuaian hewan yang dipesan merupakan sepenuhnya tanggung jawab Penjual.
    5. Penjual memahami dan menyetujui bahwa penjual dilarang menjual Binatang Berbahaya yang dapat membahayakan keselamatan Pengguna dan Mitra Kurir Tokopedia, ketentuan lebih lanjut terkait larangan penjualan Hewan Berbahaya dapat dilihat DI SINI.
    6. Apabila terdapat kendala pada saat pengiriman, sepenuhnya merupakan tanggung jawab Penjual dan/atau Mitra Kurir sesuai dengan syarat dan ketentuan masing-masing Mitra Kurir, ketentuan lebih lanjut terkait resolusi kendala pengiriman dapat dilihat DI SINI.
    7. Penjual memahami dan menyetujui bahwa layanan Penjualan Hewan pada Situs/Aplikasi hanya terbatas pada binatang yang umum dimasyarakat sebagai peliharaan dan bukan merupakan hewan yang dilarang penjualannya, hewan berbahaya dan/atau hewan yang dilindungi berdasarkan peraturan perundang-undangan.

    D.  Penggunaan Data
    1. Dengan menggunakan layanan Penjualan Hewan Peliharaan, Pengguna memberi wewenang kepada Tokopedia untuk menyimpan seluruh informasi miliknya dan/atau data terkait penggunaan layanan Penjualan Hewan Peliharaan dalam sistem Tokopedia.
    2. Tokopedia memiliki kewenangan untuk menolak atau menghapus secara sebagian maupun keseluruhan dari profil Pengguna dan data yang relevan yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara republik Indonesia.
    3. Penggunaan data Pengguna sehubungan dengan layanan Hewan Peliharaan  akan tunduk pada Kebijakan Privasi Tokopedia.

    Artikel Terkait

    tokopedia
    © 2009 - 2022, PT Tokopedia