Pencarian populer

Pembayaran-icon

Pembayaran

Lihat Semua Topik

Pembayaran

Bagaimana Cara Pembayaran Via Gerai?

Kini, kami memberlakukan Kode Pembayaran Global untuk metode pembayaran melalui gerai retail. Kamu dapat melakukan pembayaran di seluruh gerai retail yang bekerja sama dengan Tokopedia menggunakan kode pembayaran yang kamu terima melalui email. Biaya layanan akan disesuaikan dengan gerai retai yang kamu pilih.

Untuk setiap gerai retail, kamu perlu memperhatikan biaya minimal dan maksimal serta biaya layanan untuk transaksi yang dilakukan. Berikut panduan cara bayar melalui gerai retail:

  • Cara Bayar
  • S&K
  • FAQ

Cara Bayar melalui Gerai Retail

Kamu dapat melakukan pembayaran melalui Gerai Retail dengan mengikuti langkah - langkah berikut :    
 
User-added image

Catatan:

  • Penggunaan kode pembayaran akan dikenakan biaya layanan berbeda.
  • Khusus pembayaran menggunakan Alfamart, mulai 16 April 2020 terdapat perubahan sementara maksimal pembayaran per transaksi menjadi Rp 2.500.000.

Syarat dan Ketentuan Pembayaran dengan Gerai Retail

Sebelum melakukan pembayaran pada gerai retail, maka Pengguna perlu memperhatikan syarat dan ketentuan di masing-masing gerai retail. Berikut ini syarat dan ketentuan melakukan pembayaran di gerai retail:
  1. Kamu bisa melakukan pembayaran lewat Alfagroup (Alfamart/Alfamidi/Alfa Express/Lawson/Ceriamart/Dan+Dan) untuk minimum transaksi sebesar Rp10.000 (Sepuluh ribu rupiah) dan maksimum transaksi sebesar Rp5.000.000 (Lima juta rupiah). Nilai tersebut sudah termasuk biaya pengiriman.
  2. Pembayaran lewat Alfagroup (Alfamart/Alfamidi/Alfa Express/Lawson/Ceriamart/Dan+Dan) dikenakan biaya administrasi Rp2.500 (Dua ribu lima ratus rupiah), sesuai dengan ketentuan dari pihak Alfagroup.
  3. Kamu bisa melakukan pembayaran lewat Indomaret untuk minimum transaksi sebesar Rp10.000 (Sepuluh ribu rupiah) dan maksimum transaksi sebesar Rp5.000.000 (Lima juta rupiah). Nilai tersebut sudah termasuk biaya pengiriman.
  4. Pembayaran lewat Indomaret dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500 (Dua ribu lima ratus rupiah).
  5. Kamu bisa melakukan pembayaran lewat Agen JNE untuk maksimum transaksi sebesar Rp5.000.000 (Lima juta rupiah). Nilai tersebut sudah termasuk biaya pengiriman.
  6. Pembayaran lewat agen JNE dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.000 (Dua ribu rupiah).
  7. Kamu bisa melakukan pembayaran melalui Kioson untuk maksimum transaksi sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah). Nilai tersebut sudah termasuk biaya pengiriman.
  8. Pembayaran lewat Kioson dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500 (Dua ribu lima ratus rupiah).
  9. Kamu bisa melakukan pembayaran lewat Pos Indonesia untuk minimum transaksi sebesar Rp10.000 dan maksimum transaksi sebesar Rp5.000.000 (Lima juta rupiah). Nilai tersebut sudah termasuk biaya pengiriman.
  10. Pembayaran lewat Pos Indonesia dikenakan biaya administrasi sebesar Rp3.000 (Tiga ribu rupiah).
  11. Pengguna bisa melakukan pembayaran lewat CircleK untuk minimum transaksi sebesar Rp10.000 dan maksimum transaksi sebesar Rp1.000.000 (Satu juta rupiah). Nilai tersebut sudah termasuk biaya pengiriman.
  12. Kamu bisa melakukan pembayaran lewat Familymart untuk maksimum transaksi sebesar Rp1.000.000 (Satu juta rupiah). Nilai tersebut sudah termasuk biaya pengiriman.
  13. Kamu bisa melakukan pembayaran lewat BRILink untuk maksimum transaksi sebesar Rp5.000.000 (lima juta rupiah). Nilai tersebut sudah termasuk biaya pengiriman.
  14. Pembayaran lewat BRILink dikenakan biaya administrasi sebesar Rp3.000 (tiga ribu rupiah).

Catatan:

  • Apabila sebagian atau seluruh transaksi dibatalkan oleh Penjual atau Pembeli, maka dana yang akan dikembalikan ke Saldo Refund Pembeli adalah senilai harga barang, tidak termasuk biaya admin.
  • Batas waktu pembayaran pada seluruh gerai retail adalah 2x24 jam. Jika setelah 2x24 jam tidak melakukan pembayaran, transaksi Pembeli akan batal otomatis.

Q: Bagaimana jika gerai Indomaret tujuan tidak menerima pembayaran dari Tokopedia?
Apabila gerai Indomaret tujuan tidak menerima pembayaran, maka kamu dapat abaikan pesanan tersebut dan lakukan pemesanan ulang dengan metode pembayaran lain. Nantinya kamu hanya perlu melakukan pembayaran untuk pesanan baru tersebut.

Untuk memastikan bahwa gerai Indomaret tujuan kamu dapat menerima pembayaran Tokopedia atau tidak, maka silakan hubungi tim Tokopedia Care.

Q: Saya tidak menemukan kode pembayaran transaksi, apakah saya harus melakukan pemesanan ulang?
Kode pembayaran digunakan untuk mempermudah proses verifikasi agar pesanan kamu dapat diteruskan kepada penjual. Kode pembayaran dapat ditemukan pada halaman konfirmasi pembayaran. Pastikan kamu melakukan pembayaran pada gerai retail sesuai dengan pilihan kamu atau dapat melakukan pembayaran di gerai retail lain yang bekerjasama dengan Tokopedia dimana biaya administrasi akan disesuaikan dengan gerai retail tujuan kamu.

Q: Mengapa saya tidak bisa melakukan pembayaran menggunakan Alfamart?
Pastikan transaksi kamu sesuai dengan minimum dan maksimum pembayaran menggunakan metode bayar Alfamart. Dikarenakan masa COVID-19, mulai 16 April 2020 terdapat perubahan sementara maksimal pembayaran Alfamart yaitu Rp 2.500.000.

Artikel Terkait

tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia