Zakat Maal

Mau hitung jumlah zakat dulu atau langsung bayar?

Masukkan nominal zakat yang harus kamu bayar ke kolom berikut.

Rp

Dengan membayar zakat lewat Tokopedia, saya menyetujui

Syarat & Ketentuan

dan

Kebijakan Privasi.
Zakat Fitrah Icon
Bayar zakat fitrah
Zakat fitrah wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang mampu. Yuk, bayar zakatmu sekarang!
Tokopedia Salam

Zakat

Ajak lebih banyak orang untuk menunaikan amal baik

Lembaga amil zakat

Baznas
Dompet Dhuafa
Rumah Yatim
Rumah Zakat
LAZ Al-Azhar
NUCare-Lazisnu
Lazismu
IZI

Info seputar zakat

Dapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ)

Bayar zakat di Tokopedia & dapatkan BSZ yang bisa dipakai untuk kurangi penghasilan kena pajak.

Info
Dapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ)
Hukum bayar zakat secara online

Zakat boleh dibayarkan secara online. Pelajari hukum, ketentuan, dan tata caranya.

Info
Hukum bayar zakat secara online
Cara hitung zakat

2,5% x harta berupa penghasilan, emas, perak, uang kartal, & harta perniagaan yang tidak terpakai dalam setahun.

Info
Cara hitung zakat
Penyaluran zakat di Tokopedia

Zakatmu akan disalurkan lewat lembaga amil zakat yang sudah terdaftar di Kemenag RI.

Info
Penyaluran zakat di Tokopedia
Manfaat dari bayar zakat

Mulai dari menambah amal ibadah sampai bantu sesama, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat.

Info
Manfaat dari bayar zakat
Sempurnakan Keimanan dengan Tunaikan Zakat Melalui Tokopedia

Membayar zakat adalah salah satu bagian dari rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh semua umat muslim. Sebagaimana yang di jelaskan pada Al Qurโ€™an surah Al Baqarah ayat 43 yang berbunyi:
ูˆูŽุงูŽู‚ููŠู’ู…ููˆุง ุงู„ุตู‘ูŽู„ูฐูˆุฉูŽ ูˆูŽุงูฐุชููˆุง ุงู„ุฒู‘ูŽูƒูฐูˆุฉูŽ ูˆูŽุงุฑู’ูƒูŽุนููˆู’ุง ู…ูŽุนูŽ ุงู„ุฑู‘ูฐูƒูุนููŠู’ู†ูŽ Yang artinya: โ€œDan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukukโ€.

Zakat memiliki hukum wajib apabila seorang hamba sahaya tersebut memiliki harta yang berlebih. Di dalam Islam, jenis - jenis zakat tak hanya zakat fitrah yang wajib dikeluarkan saat bulan Ramadhan saja. Ada pula jenis zakat lainnya yang bernama zakat maal atau disebut dengan zakat harta.

Berbeda dengan zakat fitrah yang dilakukan dengan memberikan beras atau makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari dan beratnya setara dengan 2.5 kg kepada golongan yang berhak menerima seperti fakir miskin. Zakat maal diperuntukkan bagi orang - orang yang memiliki harta berlebih seperti emas, perak, tabungan deposito, hasil niaga, properti bangunan serta hasil ternak yang berlebih.

Kedua jenis zakat yang disarankan Al Quran untuk ditunaikan ini tak hanya membawa manfaat yang baik bagi orang yang menerima zakat saja. Tetapi bagi diri sendiri pun zakat berguna untuk membersihkan diri dan harta dari hal-hal negatif yang dibenci oleh Allah. Dengan begitu zakat juga memiliki manfaat lain yaitu dapat menghindarkan diri kita dari rasa tamak terhadap harta, kikir, pelit dan kurang bersyukur atas rezki yang diberikan oleh-Nya.

Bagi Anda yang ingin membayar zakat dengan cepat dan amanah, Tokopedia dapat menjadi alternatifnya. Terdapat program Tokopedia bayar zakat online dengan banyak lembaga amil zakat seperti IZI, BAZNAS, Dompet Dhuafa, LAZ AL-Azhar, NU CARE-Lazisnu, Rumah Yatim, Rumah Zakat, dan LAZISMU.

Untuk mempermudah Anda dalam mengolah dan menyalurkan kewajiban membayar zakat. Zakat online yang ingin Anda salurkan dapat dilakukan kapan saja selama 24 jam di bulan Ramadhan dan didukung dengan metode pembayaran yang lengkap.

Orang-Orang yang Wajib Membayar Zakat

Zakat wajib hukumnya bagi setiap muslim yang mampu dan hartanya tidak kurang untuk mencukupi kehidupan sehari-hari. Di antaranya adalah:

  1. Berakal dan Balig
  2. Balig dapat diartikan sebagai cukup umur, sedangkan berakal berarti ia sadar dan tidak mengalami gangguan jiwa.

  3. Orang yang Merdeka
  4. Bagi muslim yang tidak tergolong budak sahaya (budak yang terenggut kemerdekaannya), hal ini karena mereka tidak memiliki kendala apa pun dalam pengelolaan harta serta tidak menanggung utang yang memberatkan.

  5. Memiliki Nisab dan Kelebihan Harta
  6. Harta tersebut bukan merupakan kebutuhan pokok yang termasuk dalam sandang, pangan, papan, serta kendaraan, dan alat yang digunakan untuk menafkahi dirinya.

  7. Seseorang yang Memiliki Hartanya Secara Penuh dan Diperoleh dengan Cara Halal
  8. Seseorang yang memiliki harta secara penuh, bisa menikmatinya, dan tidak menyangkut hak-hak orang lain.

    Untuk anda yang ingin membayarkan zakat fitrah dengan cara lebih praktis dan amanah tanpa harus keluar rumah di masa pandemi COVID 19 ini tak perlu khawatir lagi. Karena anda bisa bayar zakat fitrah online di situs jual beli terlengkap Tokopedia.

Bayar Zakat Sesuai Syariat, Amanah dan Cepat di Tokopedia!

Sama seperti ibadah lainnya, menunaikan zakat tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada berbagai macam ketentuan yang harus kamu ikuti agar ibadah zakat yang telah kamu lakukan sah sesuai dengan syariah Islam. Zakat secara bahasa berarti 'zaka' yang artinya tumbuh, bersih, berkah dan suci. Pembayaran zakat memiliki tujuan agar mensucikan diri dan membersihkan harta benda dari hal negatif dan kemudian memupuknya dengan berbagai macam kebaikan.

Zakat memiliki berbagai ketentuan yang harus kamu ikuti. Seperti di antaranya adalah wajib hukumnya dikeluarkan oleh orang yang memiliki kelebihan harta dan bahan pokok makanan. Saat kita memberikan sedikit harta kepada orang yang membutuhkan, janganlah memberikan bahan pokok makanan yang kurang berkualitas, berikanlah bahan makanan pokok terbaik yang bisa kamu beli. Karena bagaimanapun semakin baik kualitas harta yang kita berikan akan semakin besar pahala yang kita peroleh.

Selain itu, golongan penerima zakat juga harus diperhatikan agar zakat yang kamu keluarkan lebih dapat bermanfaat. Di dalam surah At Taubah ayat 60 disebutkan bahwa terdapat 8 golongan orang yang berhak menerima zakat. Salah satunya adalah orang fakir miskin, kaum dhuafa dan anak yatim yang membutuhkan.

Untuk mengingatkan dan mempermudah umat Islam di seluruh penjuru daerah yang ada di Indonesia, Tokopedia telah menyediakan sebuah fitur pembayaran zakat online melalui aplikasi Tokopedia. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi Tokopedia atau mengunjungi laman situsnya, temukan ikon 'Zakat' dalam menu Tokopedia, masukkan jumlah zakat yang akan dibayarkan, baca niat zakat yang juga telah tertera di laman pembayaran zakat online Tokopedia lalu lakukan pembayaran, dan kewajiban membayarkan zakat sudah terpenuhi.

Untuk mengingatkan dan mempermudah umat Islam di seluruh penjuru daerah yang ada di Indonesia, Tokopedia telah menyediakan sebuah fitur pembayaran zakat online melalui aplikasi Tokopedia. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi Tokopedia atau mengunjungi laman situsnya, temukan ikon 'Zakat' dalam menu Tokopedia, masukkan jumlah zakat yang akan dibayarkan, baca niat zakat yang juga telah tertera di laman pembayaran zakat online Tokopedia lalu lakukan pembayaran, dan kewajiban membayarkan zakat sudah terpenuhi.

Ketentuan Melaksanakan Zakat yang Wajib Untuk Diketahui

โ€œAmbilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.โ€(QS. at-Taubah [9]: 103)

Dalam Islam, membayar zakat menjadi kewajiban setiap muslim bila hartanya sudah mencapai nisab. Amalan yang masuk dalam rukun islam ini menjadi syarat pokok tegaknya syariat Islam. Pada dasarnya zakat terbagi menjadi dua jenis yaitu, zakat fitrah dan zakat maal.

Zakat fitrah ini dikeluarkan setiap setahun sekali di bulan ramadhan. Besarannya sesuai ketentuan zakat fitrah, yakni 2,5 kilogram hingga 3,5 liter makanan pokok yang digunakan sehari-hari, selain makanan pokok atau beras, zakat fitrah juga bisa dibayarkan dengan bentuk uang. Sedangkan zakat maal dikeluarkan oleh seorang muslim sebesar 2,5 persen dari jumlah total harta yang dimilikinya. Harta yang dimiliki itu, memiliki syarat ketentuan seperti:

  1. Dimiliki penuh
  2. Bertambah atau berkembang
  3. Lebih dari kebutuhan pokok
  4. Bebas dari hutang
  5. Cukup nisab
  6. Sudah berlalu satu tahun
FAQ Zakat
Berapakah jumlah zakat yang harus dibayarkan jika dalam bentuk uang?

Untuk zakat fitrah, para ulama, di antaranya Shaikh Yusuf Qardawi telah membolehkan zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 shaโ€™ beras, yaitu sejumlah dengan harga 2,5 kg atau 3,5 liter beras yang dikonsumsi sehari-hari. Sedangkan untuk zakat maal dikeluarkan oleh seorang muslim sebesar 2,5 persen dari jumlah total harta yang dimilikinya.

Apa hukum membayar zakat?

Hukum membayar zakat adalah wajib sebagaimana dijelaskan dalam Al Qurโ€™an surah Al Baqarah ayat 43

Siapakah yang berhak mendapat zakat?

Berdasarkan Q.S At-Taubah ayat 60, terdapat 8 golongan orang yang menerima zakat. Antara lain adalah:

1

Fakir adalah orang yang hampir tidak mempunyai apa-apa sehingga menyebabkannya tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.

2

Miskin adalah orang yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar.

3

Amil adalah orang yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat

4

Mualaf adalah orang yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menguatkan tauhid dan syariah.

5

Riqab adalah budak atau hamba sahaya yang ingin memerdekakan diri sendiri.

6

Gharimin adalah orang yang berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzah.

7

Fisabilillah adalah orang yang berjuang di jalan Allah seperti dakwah, jihad, dan semacamnya.

8

Ibnu Sabil adalah orang yang kehabisan biaya dalam perjalanan ketaatan kepada Allah.

Seperti Apa Bukti Setor Zakat di Tokopedia?
1

Tokopedia akan mengirimkan bukti setor Zakat pada H+7 setelah user melakukan transaksi.

2

Bukti Setor Zakat akan dikirimkan oleh Tokopedia melalui notifikasi dan email kepada masing-masing user.