Cek seluruh balasan dari Tokopedia Care di sini
Kembali ke Pusat Bantuan

Syarat dan Ketentuan Biaya Layanan

Terkait transaksi:
Total:
  1. Pengguna akan dikenakan Biaya Layanan sebesar Rp 1.000,- (seribu Rupiah) setiap transaksi pada Situs/Aplikasi Tokopedia yang menggunakan metode pembayaran instan/instant payment berikut ini:
    1. KlikBCA;

    2. BCA Klikpay;

    3. BNI SMS Banking;

    4. BRI E-Pay;

    5. CIMB Clicks;

    6. Jenius Pay;

    7. JakOne; dan

    8. LinkAja.

  2. Pengenaan Biaya Layanan kepada Pengguna mulai berlaku sejak tanggal 1 Juli 2020. 
  3. Biaya Layanan hanya berlaku untuk produk pembelian Barang dan dikecualikan atas transaksi terhadap pembelian Produk Keuangan, Produk Digital, TopAds, Zakat dan Donasi.
  4. Pengguna baru tidak akan dikenakan Biaya Layanan selama jangka waktu tertentu yaitu selama 30 hari sejak terdaftar pertama pada situs/aplikasi dan hanya berlaku untuk 3 (tiga) transaksi pertama dengan menggunakan metode pembayaran instan.
  5. Apabila sebagian atau keseluruhan transaksi dibatalkan, maka dana yang dikembalikan ke Saldo Refund tidak termasuk Biaya Layanan.
  6. Pengguna yang menggunakan layanan Pembayaran Dengan Sistem Kartu Kredit & Cicilan untuk pembelian Barang maupun produk digital pada Situs/Aplikasi, akan dikenakan Biaya Layanan sejak tanggal 05 Juni 2020 sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Transaksi reguler non Official Store dan Official Store akan dikenakan Biaya Layanan sebesar 1,5% (satu koma lima persen) dengan minum pembayaran Rp 50.000 (lima puluh ribu Rupiah)
    2. Transaksi cicilan 3 (tiga) bulan non Official Store dan Official Store akan dikenakan Biaya Layanan sebesar 2,5% (dua koma lima persen) dengan minimum pembayaran Rp 500.000 (lima ratus ribu Rupiah)
    3. Transaksi cicilan 6 (enam) bulan non Official Store dan Official Store akan dikenakan Biaya Layanan sebesar 3,5% (tiga koma lima persen) dengan minimum pembayaran Rp 500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah).
    4. Transaksi cicilan 12 (dua belas) bulan non Official Store akan dikenakan Biaya Layanan sebesar 6% (enam persen) dan untuk Official Store akan dikenakan Biaya Layanan sebesar 5% (lima persen) dengan minimum pembayaran Rp 500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah).
    5. Transaksi cicilan 18 (delapan belas) bulan non Official Store akan dikenakan Biaya Layanan sebesar 8% (delapan persen) dan untuk Official Store akan dikenakan Biaya Layanan sebesar 7,5 % (tujuh koma lima persen) dengan minimum pembayaran Rp 3.000.000 (tiga juta Rupiah).
    6. Transaksi cicilan 24 (dua puluh empat) bulan non Official Store akan dikenakan Biaya Layanan sebesar 10% (sepuluh persen) dan untuk Official Store akan dikenakan Biaya Layanan sebesar 9% (sembilan persen) dengan minimum pembayaran Rp 5.000.000 (lima juta Rupiah).
    7. Layanan Pembayaran Dengan Sistem Cicilan 0% (nol persen), berlaku untuk pemegang kartu kredit tertentu dan tenor angsuran yang berbeda-beda, sebagaimana diatur dalam tabel dibawah ini: User-added image
    8. Ketentuan lebih lanjut mengenai pembayaran yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit akan mengikuti ketentuan yang dapat dilihat DISINI.
  7. Pengguna yang menggunakan layanan Pembayaran Dengan Sistem cicilan tanpa kartu kredit untuk pembelian Barang maupun produk digital pada Situs/Aplikasi, akan dikenakan tambahan biaya layanan sesuai informasi di bawah ini:
    1. Pembayaran melalui Bank BRI Ceria dikenakan biaya layanan sebesar 1,5% (satu koma lima persen) setiap transaksi. 
    2. Pembayaran melalui Kredivo dengan biaya layanan yang telah dikenakan kepada Pengguna sebesar 1,5% (satu koma lima persen) atas setiap transaksi. 
    3. Pembayaran melalui Home Credit dikenakan Biaya admin sebesar Rp 99.000 (sembilan puluh sembilan ribu Rupiah) atas setiap transaksi dan biaya cicilan sebesar Rp 5.000 (lima ribu Rupiah) setiap bulan. 
    4. Ketentuan lebih lanjut mengenai pembayaran yang menggunakan metode pembayaran dengan Sistem cicilan tanpa kartu kredit  dapat dilihat DISINI
  8. Pengguna yang menggunakan layanan gerai retail untuk transaksi pembelian Barang maupun produk digital pada Situs/Aplikasi, akan dikenakan biaya layanan sesuai dengan ketentuan yang dapat dilihat DISINI.
  9. Apabila terdapat kendala transaksi kartu kredit dan terjadi proses refund, maka Biaya Layanan akan dikembalikan sepenuhnya kepada Pengguna ke limit kartu kredit Pengguna. Namun apabila transaksi dalam satu pembayaran yang sebagian menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka Biaya Layanan tersebut akan dikembalikan ke dalam limit Kartu Kredit Pengguna secara prorata.
  10. Pengguna memahami dan menyetujui untuk membebaskan Tokopedia dari segala bentuk tanggung jawab apabila adanya kerugian yang diderita oleh Pengguna atas transaksi yang dilakukan pada Situs/Aplikasi Tokopedia. 
  11. Tokopedia berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk melakukan perubahan sebagian dan/atau seluruh isi pada Syarat dan Ketentuan ini, maka Tokopedia menyarankan Pengguna untuk membaca Syarat dan Ketentuan ini secara dari waktu ke waktu. 
  12. Dengan melakukan transaksi pada Situs/Aplikasi Tokopedia, Pengguna dianggap memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih atas masukanmu

Artikel Terkait

Butuh bantuan lebih lanjut?

Tim Tokopedia Care kami selalu siap untuk melayani selama 24/7

Beritahu kami alasannya
Total:
Pilih