Pencarian populer

Promosi-icon

Promosi

Lihat Semua Topik

Promosi

Syarat dan Ketentuan Flash Sale

Syarat dan Ketentuan Flash Sale merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan fitur Flash Sale tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.
 
Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.
 
A. Definisi
  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  4. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Tokopedia.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  7. Flash Sale adalah fitur yang disediakan pada Situs/Aplikasi kepada Penjual untuk memberikan diskon atau potongan harga kepada Pembeli untuk jangka waktu terbatas yang ditentukan oleh Tokopedia.
  8. Link Produk adalah hyperlink atau tautan dari setiap Barang yang ditawarkan melalui Situs/Aplikasi.
  9. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  10. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Flash Sale.

B. Umum
  1. Fitur Flash Sale hanya bisa digunakan oleh Penjual terdaftar pada Situs/Aplikasi. Dengan menekan tombol "Daftar Flash Sale", Penjual dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan Flash Sale.
  2. Tokopedia berhak memilih Penjual dan Barang yang dapat mengikuti Flash Sale berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan sesuai dengan kebijakan sendiri oleh Tokopedia.
  3. Tokopedia akan menginformasikan kepada Penjual terkait Penjual dan Barang yang terpilih untuk mengikuti Flash Sale selambat-lambatnya 1 (satu) hari sebelum periode Flash Sale dimulai.
  4. Apabila periode Flash Sale berlangsung di akhir pekan atau hari libur, Penjual yang telah terpilih wajib menjamin bahwa tokonya tetap beroperasi dan wajib memproses pesanan pada saat Flash Sale sedang berlangsung.
  5. Penjual memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat tindakan pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada kerusakan/kehilangan Barang, klaim, somasi, gugatan, tuntutan dan/atau upaya lainnya yang diajukan oleh pihak ketiga, bukan merupakan tanggung jawab Tokopedia.
  6. Tokopedia berwenang untuk menghentikan atau mencabut layanan atau manfaat Flash Sale tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, apabila Penjual terindikasi melakukan tindak kecurangan atau pelanggaran Ketentuan Situs. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat dari tindakan tersebut bukanlah tanggung jawab Tokopedia.
  7. Tokopedia berwenang untuk melakukan perubahan pada seluruh atau sebagian daripada Syarat dan Ketentuan ini.

C. Barang
  1. Penjual hanya boleh mendaftarkan Barang yang telah diunggah sebelumnya pada etalase toko miliknya.
  2. Penjual hanya dapat mendaftarkan Barang yang sesuai dengan tipe produk yang ditentukan pada setiap campaign.
  3. Apabila Barang yang didaftarkan pada fitur Flash Sale memiliki varian warna atau ukuran, Link Produk yang didaftarkan harus merupakan Link Produk masing-masing varian.
  4. Jumlah minimum stok yang harus disediakan oleh Penjual untuk mengikuti fitur flash sale dapat Anda lihat pada halaman pendaftaran produk di setiap periodenya.
  5. Barang yang sudah didaftarkan pada fitur Flash Sale tidak dapat dibatalkan apabila waktu pendaftaran sudah berakhir dan harus tetap aktif hingga periode Flash sale berakhir.
  6. Penjual harus memastikan toko dalam keadaan aktif hingga periode Flash Sale berakhir.
  7. Penjual harus memastikan bahwa produk yang didaftarkan memiliki foto produk yang jelas, tidak kabur atau gelap, dan tidak ada tulisan (watermark) yang menutupi produk.
  8. Penjual harus memastikan barang yang akan didaftarkan merupakan barang dalam kondisi baru bukan barang bekas.
  9. Penjual harus memastikan bahwa barang yang akan didaftarkan merupakan barang yang sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk Barang pada kategori Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Tubuh dan/atau tidak melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  10. Penjual harus memastikan bahwa barang yang akan didaftarkan memiliki tanggal kadaluarsa lebih dari 1 (satu) bulan pada saat periode Flash sale berlangsung
  11. Untuk barang pada kategori susu, penjual harus memastikan bahwa barang yang akan didaftarkan bukan merupakan susu formula untuk bayi.
  12. Tokopedia akan melakukan penguncian (product locking) untuk Barang yang terpilih untuk mengikuti Flash Sale. Penjual tidak dapat mengubah informasi produk apabila masa pendaftaran produk sudah berakhir dan/atau pada saat Flash Sale berlangsung.
  13. Penjual memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk mengubah stok Barang pada etalase toko Penjual selama Flash Sale berlangsung sesuai dengan stok yang diajukan pada laman pendaftaran Flash Sale.
  14. Penjual wajib memastikan ketersediaan stok Barang sesuai dengan jumlah yang didaftarkan pada laman pendaftaran Flash Sale.
  15. Penjual memberikan kewenangan kepada Tokopedia untuk melakukan pembatalan otomatis terhadap pemesanan yang melebihi jumlah stok Barang yang telah didaftarkan.
  16. Tokopedia tidak bertanggung jawab jika penjual memproses pesanan yang melebihi stok Barang yang telah didaftarkan.
  17. Apabila Penjual membatalkan pesanan yang melebihi stok Barang yang telah didaftarkan, maka dapat menghubungi Pusat Bantuan Tokopedia untuk meminta pengembalian reputasi.
  18. Tokopedia akan melakukan pembatalan otomatis jika minimum jumlah pembelian Barang Penjual lebih besar dibanding maksimum Pembelian yang telah ditentukan pada laman pendaftaran Flash Sale.
  19. Setelah promo berakhir, stok Barang akan kembali berubah menjadi stok saat sebelum Flash Sale berlangsung.
  20. Penjual wajib memastikan produk yang akan didaftarkan bukan merupakan jenis-jenis barang yang dilarang didaftarkan pada fitur Flash Sale dan/atau melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada:
    • Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang;
    • Barang dewasa penunjang kegiatan seksual;
    • Minuman beralkohol;
    • Rokok, tembakau, vape dan/atau rokok elektronik, serta aksesorisnya;
    • Segala bentuk barang yang mengandung tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini & barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain;
    • Senjata api, senjata tajam, senapan angin, dan segala macam senjata;
    • Seragam / atribut pemerintahan dan kepolisian;
    • Bagian/Organ manusia;
    • Mailing list dan informasi pribadi;
    • Pestisida;
    • Barang hasil tindak pencurian & barang penunjang tindak pencurian;
    • Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri;
    • Hewan;
    • Uang tunai & Materai;
    • Alat-alat yang dapat mengganggu sinyal atau jaringan telekomunikasi;
    • Perlengkapan dan peralatan judi; 
    • Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian;
    • Barang Multi Level Marketing;
    • Produk non fisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir; dan/atau
    • Dokumen-dokumen resmi seperti Sertifikat Toefl, Ijazah, Surat Dokter, Kwitansi, dan dokumen pemerintahan.

D. Harga
  1. Potongan harga atau diskon yang diberikan oleh Penjual kepada Pembeli akan ditanggung oleh Penjual yang bersangkutan. Tokopedia tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang mungkin timbul akibat pemberian potongan harga atau diskon tersebut.
  2. Harga yang didaftarkan Penjual pada laman pendaftaran Flash Sale adalah harga setelah potongan harga atau diskon.
  3. Nilai minimum potongan harga atau diskon yang harus diberikan Penjual untuk dapat ikut serta fitur Flash Sale dapat dilihat pada halaman pendaftaran produk di setiap periodenya.
  4. Tokopedia akan secara otomatis menghitung persentase potongan harga atau diskon diberikan oleh Penjual dan menampilkan harga awal dan harga akhir Barang yang sudah diberikan potongan harga atau diskon pada Situs/Aplikasi.
  5. Penjual tidak boleh mengaktifkan fitur harga grosir pada saat mengikuti fitur Flash Sale.
  6. Harga setelah potongan atau diskon harus lebih rendah dibandingkan harga terendah dari produk sejenis di Tokopedia. Minimum perbedaan harga adalah sebanyak 1% (satu persen).
  7. Harga awal barang harus berada pada kisaran harga pasar di Tokopedia berdasarkan jenis barang masing-masing.
  8. Penjual tidak boleh mengaktifkan fitur harga grosir pada saat mengikuti fitur Flash Sale. Apabila terjadi transaksi berhasil, dana yang akan diteruskan kepada Penjual adalah sesuai dengan nominal harga akhir Barang yang sudah diberikan potongan harga atau diskon.
  9. Tokopedia berhak menolak Barang yang mengalami kenaikan harga secara tidak normal sebelum didaftarkan melalui laman pendaftaran Flash Sale untuk masuk ke dalam daftar produk Flash Sale.
  10. Tokopedia berhak untuk menurunkan Barang yang terindikasi mengalami kenaikan harga secara tidak normal pada saat Flash Sale berlangsung.
  11. Penjual sepenuhnya bertanggung jawab terhadap harga yang ditawarkan melalui halaman Flash Sale.
  12. Penjual harus memastikan bahwa Penjual mampu untuk memenuhi kesepakatan harga dan stok yang telah diajukan. Jika Penjual tidak mampu memenuhi kesepakatan harga maupun stok yang diajukan di awal, maka Penjual harus melakukan pembatalan order. Sebagai informasi pembatalan order tersebut akan mengakibatkan penurunan reputasi toko. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh penjual dikarenakan kesalahan harga maupun stok yang diajukan oleh penjual. 
  13. Setelah promo berakhir, harga Barang akan kembali berubah menjadi harga awal saat sebelum Flash Sale berlangsung.
  14. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna. Tokopedia menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses Situs/Aplikasi, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.
 

Artikel Terkait

tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia