Pencarian populer

-icon

Bantuan

Lihat Semua Topik

    Syarat dan Ketentuan Tokopedia Affiliate Program

    Syarat dan Ketentuan Tokopedia Affiliate merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan layanan Tokopedia Affiliate tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

    Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.


    A. DEFINISI

    1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
    2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
    3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual, Affiliate Partner maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
    4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pembelian atas Produk yang dijual oleh Penjual di Situs/Aplikasi.
    5. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang berstatus sebagai Power Merchant, Power Merchant Pro dan/atau Official Store melakukan tindakan buka toko serta melakukan penawaran dan/atau penjualan atas suatu Produk kepada para Pembeli melalui Situs/Aplikasi dan menggunakan layanan Tokopedia Affiliate.
    6. Affiliate Partner adalah Pengguna yang menggunakan layanan Tokopedia Affiliate, di mana melaksanakan kegiatan jasa mempromosikan Produk milik Penjual yang ditawarkan di Situs/Aplikasi melalui Link Affiliate.
    7. Produk adalah benda yang berwujud/memiliki fisik barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang.
    8. Tokopedia Affiliate adalah layanan yang mempertemukan Affiliate Partner dengan Penjual untuk dapat mengiklankan Produk milik Penjual yang ditawarkan melalui Situs/Aplikasi maupun platform lain di luar Situs/Aplikasi termasuk namun tidak terbatas pada Media Affiliate.
    9. Iklan adalah segala bentuk promosi atau penawaran yang dilakukan oleh Affiliate Partner yang akan ditampilkan pada Situs/Aplikasi maupun platform lain di luar Situs/Aplikasi termasuk namun tidak terbatas pada Media Affiliate, dimana bentuk promosi atau penawaran ditentukan sendiri oleh Tokopedia Affiliate dengan tetap tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs dan/atau segala peraturan perundang-undangan terkait yang berlaku.
    10. Media Affiliate adalah media sosial atau situs web milik Affiliate Partner yang digunakan untuk melakukan penawaran atau Iklan Produk pada Situs/Aplikasi melalui Link Affiliate.
    11. Link Affiliate adalah pranala atau tautan unik yang disediakan oleh Tokopedia untuk digunakan oleh Affiliate Partner dalam mengunggah Iklan pada Situs/Aplikasi dan/atau platform lain diluar Situs/Aplikasi termasuk namun tidak terbatas pada Media Affiliate.
    12. Transaksi Berhasil adalah pada saat Pembeli sudah melakukan konfirmasi penerimaan Produk atau 2 (dua) hari setelah pengiriman berhasil sehingga status transaksi dinyatakan selesai oleh Situs/Aplikasi.
    13. Komisi Affiliate Partner adalah sejumlah nominal atau persentase tertentu yang telah ditentukan oleh Tokopedia untuk periode tertentu dalam layanan Tokopedia Affiliate dan dibayarkan oleh Tokopedia kepada Affiliate Partner atas setiap Transaksi Berhasil untuk penjualan Produk yang menggunakan Link Affiliate dalam Situs/Aplikasi.
    14. Saldo Affiliate adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Affiliate Partner (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Tokopedia untuk menampung Komisi Affiliate Partner. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank yang terdaftar dan tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs/Aplikasi.
    15. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
    16. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan layanan Tokopedia Affiliate.


    B. UMUM 

    1. Affiliate Partner dapat mengakses atau menggunakan layanan Tokopedia Affiliate pada halaman Tokopedia Affiliate yang tersedia pada halaman Akun Saya di Situs/Aplikasi.
    2. Layanan Tokopedia Affiliate hanya dapat digunakan oleh Pengguna yang terdaftar pada Situs/Aplikasi. 
    3. Tokopedia tidak memungut biaya pendaftaran kepada Affiliate Partner dan/atau Penjual.
    4. Affiliate Partner dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa Produk yang dapat diiklankan dan/atau Produk yang dilarang untuk diiklankan melalui layanan Tokopedia Affiliate ini, wajib untuk tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs pada huruf J. Barang dan Jasa dan/atau peraturan hukum yang berlaku. 
    5. Tokopedia berhak untuk menggunakan data Affiliate Partner untuk penelusuran indikasi manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan layanan Tokopedia Affiliate apabila terdapat indikasi kecurangan, pelanggaran Syarat dan Ketentuan, Ketentuan Situs, dan/atau ketentuan hukum serta etika pariwara yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
    6. Tokopedia serta seluruh afiliasi dan/atau anak perusahaannya berhak menggunakan suara, gambar, foto, dan nama Pengguna yang menggunakan layanan Tokopedia Affiliate untuk kebutuhan tujuan publikasi (dalam bentuk media apapun, termasuk namun tidak terbatas pada foto, video, di internet, semua website yang diselenggarakan oleh Tokopedia serta afiliasi dan/atau anak perusahaannya), serta dalam iklan, pemasaran, atau materi promosi, untuk periode yang tidak terbatas sebelum dan sesudah periode Tokopedia Affiliate, tanpa adanya kompensasi tambahan atau pemberitahuan sebelumnya, dan selama dalam ikut serta dalam Tokopedia Affiliate.
    7. Tokopedia berwenang untuk melakukan (i) penurunan konten penawaran produk; (ii) permintaan penurunan konten atau materi Iklan; (iii) penahanan Komisi Affiliate Partner; (iv) pembatalan transaksi; (v) pengakhiran keikutsertaan Affiliate Partner dalam Tokopedia Affiliate tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau selamanya dan (vi) penutupan toko Penjual tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, dalam hal diduga dan/atau terdapat kegiatan Penjual dan/atau Affiliate Partner yang terindikasi melakukan kecurangan dan/atau penipuan serta melanggar Ketentuan Situs dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
    8. Apabila Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna lainnya, Pengguna melepaskan Tokopedia (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
    9. Affiliate Partner memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat dari tindakan tersebut di atas, termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan keuntungan, peluang bisnis, atau somasi, gugatan, tuntutan dan/atau upaya lainnya yang diajukan oleh pihak ketiga, bukan merupakan tanggung jawab Tokopedia.
    10. Tokopedia berwenang untuk melakukan perubahan pada seluruh atau sebagian daripada Syarat dan Ketentuan ini. Dengan menggunakan layanan Tokopedia Affiliate, maka Pengguna dianggap telah menyetujui dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini serta Ketentuan Situs.


    C. KETENTUAN AFFILIATE PARTNER

    1. Layanan Tokopedia Affiliate hanya dapat digunakan oleh Affiliate Partner yang terdaftar pada Situs/Aplikasi, namun jika Affiliate Partner belum memiliki akun Tokopedia, maka Affiliate Partner wajib melakukan registrasi pada Situs/Aplikasi.
    2. Affiliate Partner dilarang menggunakan situs atau media sosial yang terdapat konten yang tidak orisinil, konten yang tidak pantas, dan/atau pelanggaran merek dagang Tokopedia seperti URL yang menggunakan nama Tokopedia atau kesalahan pengejaan kata Tokopedia (misal Takopedia dll). Tokopedia juga tidak mengizinkan Affiliate Partner menggunakan nama situs atau nama media sosial yang melanggar hak pihak ketiga.
    3. Affiliate Partner memahami dan menyetujui bahwa penggunaan layanan Tokopedia Affiliate akan mengikat 1 (satu) Pengguna pada 1 (satu) user ID Tokopedia, nomor handphone, dan/atau email yang terdaftar pada Situs/Aplikasi. Jika Affiliate Partner melakukan perubahan pada nomor handphone, dan/atau email milik Affiliate Partner, maka Tokopedia akan mengirimkan kode OTP (One-time Password) kepada Affiliate Partner untuk melakukan konfirmasi.
    4. Affiliate Partner memahami dan menyetujui bahwa untuk dapat mengikuti layanan Tokopedia Affiliate wajib memenuhi persyaratan Tokopedia Affiliate berikut ini, yaitu:
      • Affiliate Partner merupakan Pengguna pada Situs/Aplikasi yang termasuk dalam pembuat konten yang memiliki media sosial dengan ketentuan sebagai berikut:
        • Akun media sosial terbuka untuk umum atau berstatus publik.
        • Memiliki pengikut (followers atau subscribers) asli atau nyata dan bukan bot pada sosial media sosial Affiliate Partner.
        • Disarankan secara aktif memposting Link Affiliate pada platform media sosial yang dimiliki Affiliate Partner.
      • Affiliate Partner dapat membagikan Link Affiliate melalui pesan pribadi atau chat group dalam platform messaging yang dimiliki oleh Affiliate Partner.
      • Dalam Media Affiliate tidak diperbolehkan untuk:
        • Mempromosikan atau mengandung materi pornografi, seksual eksplisit, pelecehan atau semacamnya.
        • Mempromosikan kekerasan atau berisi materi kekerasan, mengancam atau mendukung, atau memicu tindakan yang berpotensi berbahaya atau merugikan khalayak umum.
        • Mempromosikan atau mengandung materi palsu, manipulasi, melanggar hak kekayaan intelektual, memfitnah Produk atau memfitnah Pengguna lainnya.
        • Mempromosikan atau berisi materi atau aktivitas yang mengandung SARA atau kebencian, mengganggu privasi orang lain, kata kasar, atau diskriminatif termasuk namun tidak terbatas pada ras, warna kulit, jenis kelamin, agama, kebangsaan, kecacatan, orientasi seksual, atau usia.
        • Mempromosikan atau melakukan aktivitas ilegal atau yang tidak sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.
    5. Affiliate Partner memahami dan menyetujui bahwa tidak bisa melakukan perubahan penulisan pada Link Affiliate yang telah disalin dari dashboard layanan Tokopedia Affiliate di Situs/Aplikasi. Link Affiliate tidak memiliki kadaluarsa, Link Affiliate akan selalu aktif selama Produk/halaman Produk yang terhubung dengan link tersebut masih tersedia.
    6. Affiliate Partner dapat mengiklankan Produk dengan menggunakan Link Affiliate pada platform media sosial (YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok), situs blog, situs web, dan situs publik lainnya.
    7. Affiliate Partner tidak dapat melakukan pembelian Produk dengan menggunakan Link Affiliate milik Affiliate Partner. Jika Affiliate Partner melakukan hal tersebut, maka akan terdeteksi oleh sistem dan pembelian tersebut tidak terhitung sebagai komisi Affiliate Partner. Hal ini termasuk pesanan untuk Affiliate Partner, pesanan atas nama Affiliate Partner dan pesanan untuk relasi Affiliate Partner. Pelanggaran tersebut dapat mengakibatkan penangguhan sementara akun afiliasi milik Affiliate Partner dan pelanggaran berulang akan mengakibatkan penutupan akun afiliasi milik Affiliate Partner.
    8. Dengan menggunakan Layanan Tokopedia Affiliate dan menjadi Affiliate Partner tidak menjadikan Pengguna sebagai karyawan Tokopedia.
    9. Affiliate Partner dapat melihat secara lengkap kinerja layanan Tokopedia Affiliate, total Komisi Affiliate Partner dan/atau daftar rekomendasi Produk Affiliate pada dashboard Tokopedia Affiliate milik Affiliate Partner.
    10. Affiliate Partner memahami dan menyetujui bahwa dalam menggunakan layanan Tokopedia Affiliate, Tokopedia memberikan hak non-eksklusif, selama jangka waktu, dapat dibatalkan, tidak dapat dipindahtangankan, bebas royalti, untuk menampilkan Link Affiliate pada Media Affiliate. Tanpa adanya persetujuan dari Tokopedia, Affiliate Partner dilarang untuk mendaftarkan, mengalihkan, mengubah, memodifikasi, atau menciptakan secara keseluruhan atas turunan dari Link Affiliate dan/atau hak kekayaan intelektual milik Tokopedia.


    D. KETENTUAN PENJUAL

    1. Layanan Tokopedia Affiliate hanya bisa digunakan oleh Penjual yang sudah terdaftar sebagai Power Merchant, Power Merchant Pro dan/atau Official Store pada Situs/Aplikasi.
    2. Penjual dapat mendaftar menjadi Affiliate Partner dan mempromosikan Produk dari tokonya sendiri menggunakan Link Affiliate.
    3. Produk yang dapat dipromosikan melalui layanan Tokopedia Affiliate merupakan Produk yang masih ada persediaannya atau ready stock.
    4. Layanan Tokopedia Affiliate tidak terkait dengan segala bentuk kerja sama, fitur dan/atau program lainnya antara Tokopedia dan Penjual, khususnya untuk ketentuan biaya yang timbul dari perjanjian antara Tokopedia dan Penjual.
    5. Penjual memahami dan menyetujui bahwa keaslian Produk yang ditawarkan atau dijual pada layanan Tokopedia Affiliate sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi Penjual.


    E. KETENTUAN KOMISI AFFILIATE PARTNER

    1. Tokopedia berhak menentukan besaran Komisi Affiliate Partner atas Produk yang ditawarkan melalui layanan Tokopedia Affiliate.
    2. Affiliate Partner memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia akan menentukan besaran Komisi Affiliate Partner atas Produk yang ditawarkan dengan ketentuan sebagai berikut:
      • Pembeli meng-klik/menggunakan Link Affiliate yang dilakukan penawaran pada Media Affiliate;
      • Pembeli dalam waktu 24 (dua puluh empat) jam  memasukan Produk yang didapatkan dari mengakses Link Affiliate ke keranjang pada Situs/Aplikasi milik Pembeli;
      • Pembeli melakukan transaksi pembelian pada Produk yang didapatkan dari mengakses Link Affiliate dalam waktu 14 (empat belas) hari sejak Produk telah dimasukan ke keranjang; dan
      • Link Affiliate terakhir yang diklik (atribusi klik terakhir) oleh Pembeli sebelum melakukan pembelian Produk, yang akan mendapatkan komisi. Meskipun Pembeli sebelumnya telah melihat Produk dengan menggunakan Link Affiliate lain.
      • Pembelian atas Produk yang didapatkan dari mengakses Link Affiliate dianggap sebagai Transaksi Berhasil dan merupakan transaksi yang sah serta tidak terindikasi kecurangan dan/atau penipuan setelah dilakukan pengecekan oleh Team Tokopedia.
    3. Affiliate Partner memahami dan menyetujui bahwa komisi yang diterima oleh Affiliate Partner merupakan komisi yang sudah dipotong pajak oleh Tokopedia. Pajak ditanggung oleh Affiliate Partner.
    4. Affiliate Partner memahami dan menyetujui bahwa jika Produk mengalami masalah transaksi dan sedang dalam proses penyelesaian masalah transaksi pada Pusat Resolusi lebih dari 14 (empat belas) hari setelah Pembeli melakukan pembelian Produk, maka dapat mempengaruhi Komisi Affiliate Partner.
    5. Affiliate Partner memahami dan menyetujui bahwa tidak akan mendapatkan Komisi Affiliate Partner jika:
      • Pembeli melakukan pengembalian dana atau refund atas Produk sebelum Transaksi Berhasil;
      • Pembeli melakukan pembelian atas Produk yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs dan/atau peraturan hukum yang berlaku;
      • Transaksi pembelian atas Produk dengan sistem pre-order belum selesai atau Pembeli belum menerima Produk;
      • Pembelian atas Produk terindikasi kecurangan dan/atau penipuan;
      • Transaksi pembelian atas logam mulia batangan, voucher belanja, voucher internet, voucher pulsa, paket data, dan minuman beralkohol; atau
      • Penjual mengecualikan Produk tertentu dari Tokopedia Affiliate dan Produk hanya ditambahkan ke dalam keranjang atau belum dilakukan pembayaran atas Produk.
    6. Untuk Produk yang mengalami refund dan retur, maka ketentuan komisi Affiliate Partner adalah sebagai berikut:
      • Jika terjadi refund sebelum pengiriman Produk karena kesalahan inventaris Penjual dan/atau alasan lain, maka Affiliate Partner tidak akan mendapatkan komisi;
      • Jika terjadi refund dan retur setelah status Transaksi Berhasil, maka Affiliate Partner tetap menerima komisi; atau
      • Jika terjadi retur dengan Produk yang sama, maka Affiliate Partner tetap menerima komisi.
    7. Apabila terdapat program promo yang dilaksanakan oleh Penjual berupa potongan harga atas Produk, Komisi Affiliate Partner akan dihitung berdasarkan harga atas Produk yang ditampilkan pada program promo.
    8. Tokopedia berwenang untuk sewaktu-waktu mengubah besaran Komisi Affiliate Partner dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.


    F. KETENTUAN PEMBAYARAN DAN PENARIKAN DANA

    1. Komisi Affiliate Partner diberikan melalui Saldo Affiliate akun Tokopedia milik Affiliate Partner.
    2. Affiliate Partner dapat melihat laporan performa Affiliate Partner di dashboard Affiliate dan membayarkan Komisi Affiliate Partner secara real time dengan jangka waktu maksimal 2 (dua) jam setelah pembelian atas Produk telah sesuai ketentuan sebagaimana dijelaskan pada poin 2 (dua) huruf E.
    3. Affiliate Partner memahami dan menyetujui bahwa besaran Komisi Affiliate Partner dapat berbeda-beda dan berubah-ubah tergantung dari kategori Produk yang dipromosikan, upaya mempromosikan Produk, jumlah pengikut dan partisipasi pengikut Affiliate Partner di media sosial.
    4. Ketika melakukan pencairan komisi untuk pertama kali, Affiliate Partner harus melengkapi persyaratan Know Your Customer (KYC) berupa: salinan digital KTP dan selfie yang diambil dari aplikasi seluler Tokopedia. Tokopedia akan memeriksa kesesuaian antara identitas, foto diri dengan informasi pada KTP Affiliate Partner. Affiliate Partner menjamin atas kebenaran dan keakuratan informasi yang diberikan kepada Tokopedia. Keputusan penerimaan dan/atau penolakan atas KYC Affiliate Partner sepenuhnya merupakan kewenangan dari Tokopedia. 
    5. Keputusan penerimaan dan/atau penolakan atas dokumen KYC Affiliate Partner akan diberikan melalui notifikasi aplikasi seluler Tokopedia dan email milik Affiliate Partner yang terdaftar pada Situs/Aplikasi dalam waktu 1x24 jam sejak Affiliate Partner berhasil melakukan KYC. Namun, jika pengajuan KYC ditolak oleh Tokopedia, calon Affiliate Partner dapat melakukan pengajuan KYC kembali setelah persyaratan layanan Tokopedia Affiliate sesuai dengan persyaratan Affiliate Partner pada Situs/Aplikasi.
    6. Jika terjadi penolakan KYC, tim Tokopedia akan menghubungi calon Affiliate Partner melalui email dan memberitahukan alasan penolakan. Alasan penolakan KYC termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan informasi yang diberikan selama proses KYC.
    7. Ketentuan penarikan dana ke Saldo Affiliate tunduk pada syarat dan ketentuan penarikan saldo yang dapat dilihat DI SINI.
    8. Tokopedia berwenang untuk menarik kembali dan/atau menahan Komisi Affiliate Partner yang sudah dikirimkan oleh Tokopedia ke Saldo Affiliate milik Affiliate Partner jika terdapat penipuan dan/atau manipulasi transaksi dan/atau pelanggaran pada Syarat dan Ketentuan ini dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.


    G.  KETENTUAN KONTEN IKLAN

    1. Affiliate Partner memahami dan menyetujui bahwa Affiliate Partner dapat memilih untuk mempromosikan Produk yang terdapat pada dashboard layanan Tokopedia Affiliate yang sesuai dengan konten atau keinginan Affiliate Partner. 
    2. Affiliate Partner memahami dan menyetujui dalam membuat atau memposting konten atau materi iklan pada layanan Tokopedia Affiliate tidak diperbolehkan untuk membuat klaim yang tidak akurat, berlebihan, menipu, atau menyesatkan terkait Produk apapun dari Situs/Aplikasi, atau kebijakan, promosi, atau harga yang tercantum.
    3. Konten iklan pada Media Affiliate wajib tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs, dan/atau ketentuan hukum serta etika pariwara yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
    4. Affiliate Partner bertanggung jawab terhadap seluruh konten atau materi Iklan yang ditampilkan pada Situs/Aplikasi dan/atau di luar Situs/Aplikasi dan Tokopedia dilepaskan dari setiap somasi, gugatan, tuntutan atau upaya lainnya dari pihak manapun sehubungan dengan konten atau materi Iklan yang ditampilkan pada Situs/Aplikasi dan/atau di luar Situs/Aplikasi.

    Artikel Terkait

    tokopedia
    © 2009 - 2022, PT Tokopedia