banner
banner

Memulai Dasar Pemrograman untuk Menjadi Pengembang Software

Dicoding

Rp310.000

  1. Kartu Prakerja
  2. Partner
  3. Dicoding
  4. Memulai Dasar Pemrograman untuk Menjadi Pengembang Software

Mengenai Institusi


Detail Kelas

icon
Kelas Online
icon
Pekerja di Luar Negeri
icon
Segala Umur
icon
Ramah Disabilitas
icon
Tanpa Edu Formal

Tentang Kelas

Durasi : 13 Jam

Deskripsi

Seorang pengembang software sesuai standar klasifikasi okupasi KBJI itu dapat meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi persyaratan untuk aplikasi. Tugasnya meliputi: meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi persyaratan untuk aplikasi perangkat lunak dan sistem operasi baik yang telah ada atau yang baru; memodifikasi perangkat lunak yang ada untuk memperbaiki kesalahan, menyesuaikannya dengan hardware baru atau untuk meng-upgrade antarmuka dan meningkatkan kinerja; dan mengarahkan dokumentasi pemrograman dan pengembangan perangkat lunak. - Okupasi ini termasuk salah satu dari 50 okupasi yang paling dibutuhkan dan dicari di Indonesia menurut laporan teknis dari Bank Dunia (World Bank). - Okupasi ini adalah okupasi dengan predikat high-skilled (berketerampilan tinggi) sehingga merupakan jalur karier yang sangat menguntungkan. - Menurut laporan teknis dari Bank Dunia (World Bank), 96% dari pemberi kerja merasa bahwa sertifikasi merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam mencari karyawan untuk posisi okupasi berpredikat high-skilled (berketerampilan tinggi). - Kurikulum berbasis okupasi ini merupakan salah satu standar pelatihan yang menjadi fokus pemerintah sebagai pelatihan yang sertifikasinya diakui dan distandarkan ke tingkat global.

Metode Pembelajaran

LMS: Kelas menggunakan metode Online - Self-paced Learning. Rata-rata siswa membutuhkan total 11 jam 45 menit untuk belajar seluruh materi. Total 23 jam jika termasuk persiapan belajar dan perkiraan waktu penyelesaian evaluasi pembelajaran. Metode ajar yang digunakan adalah materi bacaan elektronik, video, sesi konsultasi online, forum diskusi, dan pre-test. Evaluasi belajar dalam bentuk kuis antar ujian pilihan ganda antar sub-modul dan di akhir kelas, beserta proyek akhir (uji praktek).

Kuota Kelas:Tidak Terbatas

Metode Evaluasi

Evaluasi Level 2: Belajar (Efektivitas pelatihan diukur dari seberapa banyak informasi yang diserap oleh peserta selama pelatihan).

Cara Evaluasi: 

1. Pre-test sebelum materi pengajaran dimulai untuk mengetahui sampai dimana penguasaan siswa terhadap bahan pengajaran (pengetahuan dan keterampilan) yang akan diajarkan.

2. Kuis (formative assessment) pada akhir Sub-modul.

3. Ujian akhir (Post-test).


Tujuan Pembelajaran

Tujuan Umum

Di akhir pelatihan, siswa mampu memodifikasi aplikasi perangkat lunak menggunakan panduan diagram alur dan pemrograman dengan teknologi HTML, CSS, dan JavaScript tingkat dasar secara tepat sesuai persyaratan spesifikasi dan fungsionalitas aplikasi.

Tujuan Khusus

  1. Siswa mampu meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi persyaratan untuk aplikasi perangkat lunak dengan memahami kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna dan spesifikasi teknis aplikasi
  2. Siswa mampu membuat perencanaan modifikasi aplikasi perangkat lunak dengan pembuatan requirement aplikasi dan diagram alur
  3. Siswa mampu memodifikasi aplikasi perangkat lunak menggunakan pemrograman HTML, CSS, dan JavaScript tingkat dasar
  4. Siswa mampu mengarahkan dokumentasi pemrograman dan pengembangan perangkat lunak menggunakan metode pengarsipan.

Kurikulum dan Kompetensi

  1. Memahami Kebutuhan Aplikasi :Belajar teori dan metodologi dalam memahami kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna beserta dari sisi spesifikasi teknis aplikasi. Implementasi keterampilan ke dalam studi kasus membuat kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna maupun dari sisi spesifikasi teknis. Belajar tips sikap kerja saat meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi kebutuhan aplikasi. (1 jam 25 menit)
  2. Perencanaan Modifikasi Aplikasi: Belajar teori dan metodologi dalam pembuatan persyaratan kebutuhan aplikasi, dalam memahami cara aplikasi bekerja, dan dalam mengerti panduan diagram alur. Implementasi keterampilan ke dalam studi kasus membuat persyaratan kebutuhan aplikasi, memahami cara aplikasi berjalan, dan membuat diagram alur. Belajar sikap kerja ketika kolaborasi perencanaan aplikasi dalam sebuah tim. (2 jam)
  3. Mengerti Konsep Dasar Pemrograman: Belajar teori sintaksis bahasa pemrograman, variabel, tipe data, logika komputer, dan bahasa pemrograman JavaScript versi ES6. Implementasi keterampilan dengan cara latihan menulis pseudocode dan menulis kode pertama. Belajar tips sikap kerja dalam belajar pemrograman. (2 jam 50 menit)
  4. Modifikasi Aplikasi Perangkat Lunak: Belajar bahasa markah HTML versi HTML5 dan bahasa pemrograman CSS versi 3. Implementasi keterampilan melalui studi kasus modifikasi sebuah antarmuka aplikasi perangkat lunak. Belajar tips sikap kerja dalam meningkatkan keahlian sebuah bahasa pemrograman. (1 jam 55 menit)
  5. Dokumentasi Pemrograman dan Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak: Belajar teori pengarsipan perangkat lunak, pembuatan gaya penulisan kode, penulisan komentar pada kode, dan pembuatan dokumentasi teknis aplikasi. Implementasi keterampilan melalui studi kasus pengarsipan sebuah perangkat lunak, penyesuaian gaya penulisan kode agar sesuai standar, menambahkan komentar pada kode, dan latihan pembuatan dokumentasi teknis aplikasi. Belajar sikap kerja dalam mengomunikasikan dokumentasi kepada stakeholders (pemegang kepentingan) perusahaan. (1 jam 31 menit)

Aspek Kompetensi

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Memahami Kebutuhan Aplikasi : Belajar teori dan metodologi dalam memahami kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna beserta dari sisi spesifikasi teknis aplikasi. Implementasi keterampilan ke dalam studi kasus membuat kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna maupun dari sisi spesifikasi teknis. Belajar tips sikap kerja saat meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi kebutuhan aplikasi.
Materi:
- Pengantar Kebutuhan Aplikasi
- Apa Itu Aplikasi
- Apa itu Kebutuhan Aplikasi dari Sisi Pengguna
- Cara Menentukan Kebutuhan Aplikasi dari Sisi Pengguna
- Apa itu Spesifikasi Teknis Aplikasi
- Cara Menentukan Spesifikasi Teknis Aplikasi

2. Perencanaan Modifikasi Aplikasi : Belajar teori dan metodologi dalam pembuatan persyaratan kebutuhan aplikasi, dalam memahami cara aplikasi bekerja, dan dalam mengerti panduan diagram alur. Implementasi keterampilan ke dalam studi kasus membuat persyaratan kebutuhan aplikasi, memahami cara aplikasi berjalan, dan membuat diagram alur. Belajar sikap kerja ketika kolaborasi perencanaan aplikasi dalam sebuah tim.
Materi:
- Pengantar Perencanaan Modifikasi Aplikasi
- Apa itu Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak
- Struktur Penulisan Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak
- Proses Komunikasi Aplikasi dengan Komputer
- Konsep Jalannya Program secara Sekuensial
- Penyelesaian Masalah Menggunakan Cara Berpikir Komputasional
- Pengenalan Flowchart
- Simbol-Simbol pada Flowchart
- Jenis-Jenis Flowchart yang Umum Digunakan

3. Mengerti Konsep Dasar Pemrograman : Belajar teori sintaksis bahasa pemrograman, variabel, tipe data, logika komputer, dan bahasa pemrograman JavaScript versi ES6. Implementasi keterampilan dengan cara latihan menulis pseudocode dan menulis kode pertama. Belajar tips sikap kerja dalam belajar pemrograman.
Materi:
- Pengenalan Konsep Dasar Pemrograman
- Pengenalan Sintaksis
- Case sensitive vs Non case sensitive
- Menulis Statement
- Whitespace dalam Pemrograman
- Keyword dalam Bahasa Pemrograman
- Pengenalan Pseudocode
- Variabel
-Deklarasi Variabel
- Menggabungkan Variabel dan Operator
- Tipe Data
- Macam-Macam Tipe Data
- Logika Pemrograman Dasar
- Logika Perbandingan Sederhana
- Logika Perbandingan Kompleks
- Logika Perulangan
- Pengenalan JavaScript

4. Modifikasi Aplikasi Perangkat Lunak : Belajar bahasa markah HTML versi HTML5 dan bahasa pemrograman CSS versi 3. Implementasi keterampilan melalui studi kasus modifikasi sebuah antarmuka aplikasi perangkat lunak. Belajar tips sikap kerja dalam meningkatkan keahlian sebuah bahasa pemrograman.
Materi:
- Pengantar Modifikasi Aplikasi Perangkat Lunak
- Pengenalan HTML
- Pengenalan CSS

5. Dokumentasi Pemrograman dan Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak : Belajar teori pengarsipan perangkat lunak, pembuatan gaya penulisan kode, penulisan komentar pada kode, dan pembuatan dokumentasi teknis aplikasi. Implementasi keterampilan melalui studi kasus pengarsipan sebuah perangkat lunak, penyesuaian gaya penulisan kode agar sesuai standar, menambahkan komentar pada kode, dan latihan pembuatan dokumentasi teknis aplikasi. Belajar sikap kerja dalam mengomunikasikan dokumentasi kepada stakeholders (pemegang kepentingan) perusahaan.
Materi:
- Pengantar Dokumentasi Pemrograman dan Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak
- Apa itu Pengarsipan Versi Perangkat Lunak
- Pengantar Style Guide
- Pentingnya penggunaan Style Guide
- Apa itu Komentar pada Kode
- Apa itu Dokumentasi Teknis
- Pentingnya Dokumentasi Teknis dalam Pembuatan Aplikasi

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Memahami Kebutuhan Aplikasi : Belajar teori dan metodologi dalam memahami kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna beserta dari sisi spesifikasi teknis aplikasi. Implementasi keterampilan ke dalam studi kasus membuat kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna maupun dari sisi spesifikasi teknis. Belajar tips sikap kerja saat meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi kebutuhan aplikasi.
Materi:
- Studi Kasus Menganalisis Kebutuhan Aplikasi dari sisi Pengguna
- Studi Kasus Menganalisis Spesifikasi Teknis Aplikasi

2. Perencanaan Modifikasi Aplikasi : Belajar teori dan metodologi dalam pembuatan persyaratan kebutuhan aplikasi, dalam memahami cara aplikasi bekerja, dan dalam mengerti panduan diagram alur. Implementasi keterampilan ke dalam studi kasus membuat persyaratan kebutuhan aplikasi, memahami cara aplikasi berjalan, dan membuat diagram alur. Belajar sikap kerja ketika kolaborasi perencanaan aplikasi dalam sebuah tim.
Materi:
- Studi Kasus Pembuatan Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak
- Studi Kasus Penyelesaian Masalah yang Terjadi pada Sebuah Aplikasi
- Studi Kasus Penggunaan Flowchart untuk Aplikasi Penjualan

3. Mengerti Konsep Dasar Pemrograman : Belajar teori sintaksis bahasa pemrograman, variabel, tipe data, logika komputer, dan bahasa pemrograman JavaScript versi ES6. Implementasi keterampilan dengan cara latihan menulis pseudocode dan menulis kode pertama. Belajar tips sikap kerja dalam belajar pemrograman.
Materi:
- Latihan Menulis Pseudocode
- Variabel dalam JavaScript
- Tipe Data dalam JavaScript
- Fungsi dalam JavaScript
- Logika Perbandingan dalam JavaScript
- Menggabungkan IF/Else dengan OR dan AND
- Logika Perulangan dalam JavaScript

4. Modifikasi Aplikasi Perangkat Lunak : Belajar bahasa markah HTML versi HTML5 dan bahasa pemrograman CSS versi 3. Implementasi keterampilan melalui studi kasus modifikasi sebuah antarmuka aplikasi perangkat lunak. Belajar tips sikap kerja dalam meningkatkan keahlian sebuah bahasa pemrograman.
Materi:
- Studi Kasus Aplikasi Login - Persiapan
- Instalasi Visual Studio Code
- Studi Kasus Aplikasi Login - Modifikasi Antarmuka Aplikasi Perangkat Lunak
- Studi Kasus Aplikasi Login - Modifikasi Fungsionalitas Aplikasi Perangkat Lunak

5. Dokumentasi Pemrograman dan Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak : Belajar teori pengarsipan perangkat lunak, pembuatan gaya penulisan kode, penulisan komentar pada kode, dan pembuatan dokumentasi teknis aplikasi. Implementasi keterampilan melalui studi kasus pengarsipan sebuah perangkat lunak, penyesuaian gaya penulisan kode agar sesuai standar, menambahkan komentar pada kode, dan latihan pembuatan dokumentasi teknis aplikasi. Belajar sikap kerja dalam mengomunikasikan dokumentasi kepada stakeholders (pemegang kepentingan) perusahaan.
Materi:
- Studi Kasus Pengarsipan Versi Perangkat Lunak
- Studi Kasus Menyesuaikan Gaya Penulisan Kode Sesuai Standar
- Studi Kasus Menambahkan Komentar pada Kode
- Studi Kasus Pembuatan Dokumentasi Teknis Aplikasi

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Memahami Kebutuhan Aplikasi : Belajar teori dan metodologi dalam memahami kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna beserta dari sisi spesifikasi teknis aplikasi. Implementasi keterampilan ke dalam studi kasus membuat kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna maupun dari sisi spesifikasi teknis. Belajar tips sikap kerja saat meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi kebutuhan aplikasi.
Materi:
- Tips Sikap Kerja dalam Meneliti, Menganalisis, dan Mengevaluasi Kebutuhan Aplikasi

2. Perencanaan Modifikasi Aplikasi : Belajar teori dan metodologi dalam pembuatan persyaratan kebutuhan aplikasi, dalam memahami cara aplikasi bekerja, dan dalam mengerti panduan diagram alur. Implementasi keterampilan ke dalam studi kasus membuat persyaratan kebutuhan aplikasi, memahami cara aplikasi berjalan, dan membuat diagram alur. Belajar sikap kerja ketika kolaborasi perencanaan aplikasi dalam sebuah tim.
Materi:
- Tips Sikap Kerja dalam Kolaborasi Perencanaan Aplikasi dengan Tim

3. Mengerti Konsep Dasar Pemrograman : Belajar teori sintaksis bahasa pemrograman, variabel, tipe data, logika komputer, dan bahasa pemrograman JavaScript versi ES6. Implementasi keterampilan dengan cara latihan menulis pseudocode dan menulis kode pertama. Belajar tips sikap kerja dalam belajar pemrograman.
Materi:
- Tips Sikap Kerja untuk Cara Belajar Pemrograman

4. Modifikasi Aplikasi Perangkat Lunak : Belajar bahasa markah HTML versi HTML5 dan bahasa pemrograman CSS versi 3. Implementasi keterampilan melalui studi kasus modifikasi sebuah antarmuka aplikasi perangkat lunak. Belajar tips sikap kerja dalam meningkatkan keahlian sebuah bahasa pemrograman.
Materi:
- Tips Sikap Kerja untuk Meningkatkan Keahlian Belajar Bahasa Pemrograman

5. Dokumentasi Pemrograman dan Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak : Belajar teori pengarsipan perangkat lunak, pembuatan gaya penulisan kode, penulisan komentar pada kode, dan pembuatan dokumentasi teknis aplikasi. Implementasi keterampilan melalui studi kasus pengarsipan sebuah perangkat lunak, penyesuaian gaya penulisan kode agar sesuai standar, menambahkan komentar pada kode, dan latihan pembuatan dokumentasi teknis aplikasi. Belajar sikap kerja dalam mengomunikasikan dokumentasi kepada stakeholders (pemegang kepentingan) perusahaan.
Materi:
- Tips Cara Mengomunikasikan Dokumentasi kepada Stakeholders (pemegang kepentingan perusahaan)


Fasilitas

Fasilitas Pengajaran

- Materi bacaan elektronik : Materi akan disajikan dalam bentuk teks dan bacaan.

- Video : Setiap materi utama akan disajikan dalam bentuk video pengantar.

- Sesi Konsultasi Online : Tersedia waktu sesi online mingguan setiap hari Selasa dengan instruktur bagi siswa yang ingin berkonsultasi mengenai ujian akhir kelas ini.

- Forum diskusi : Setiap kelas memiliki sebuah forum diskusi yang dapat Anda gunakan untuk bertanya dan berdikusi.

- Pre-test : Tes yang diberikan sebelum pengajaran dimulai untuk mengetahui sampai dimana penguasaan siswa terhadap bahan pengajaran (pengetahuan dan keterampilan) yang akan diajarkan.

Evaluasi Pembelajaran :

- Ujian Akhir Kelas

- Sertifikat Partisipasi

- Sertifikat Kompetensi Kelulusan

Jadwal Webinar

Belajar mandiri. 

Tersedia sampai 4 Desember 2021

Jadwal Sesi Konsultasi

Setiap Selasa, pukul 13.00-14.00 WIB


Instruktur

Khrisna Indrawan Eka Putra

Setelah berkontribusi ke berbagai program Google di Indonesia, bergabung di Dicoding sebagai Code Reviewer dan akhirnya memimpin tim tersebut untuk menyajikan kualitas code review yang terbaik. Sukses meraih gelar sebagai Google Associate Android Developer.

Gilang Ramadhan

Setelah berkecimpung sebagai instruktur Android dan bekerja di perusahaan unicorn, bergabung sejak 2019 ke Dicoding sebagai Academy Code Reviewer dan Curriculum Developer. ukses meraih gelar sebagai Google Associate Android Developer.


Syarat dan Ketentuan

  1. Kelas ditujukan bagi pemula yang ingin mulai belajar bidang pemrograman agar dapat menjadi pengembang software dengan mengacu pada standar okupasi Pengembang Software (kode okupasi KBJI: 2512.03, Indotask: 2512).
  2. Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang melek IT (wajib memiliki dan dapat mengoperasikan komputer dengan baik).
  3. Kelas ini didesain untuk pemula, sehingga tidak ada prasyarat dalam pemahaman pemrograman sebelumnya.
  4. Peserta harus bisa belajar mandiri, berkomitmen, benar-benar punya rasa ingin tahu dan tertarik pada subjek, karena sebaik apa pun materi struktur kelas ini, tidak akan berguna tanpa keseriusan peserta untuk belajar, berlatih, dan mencoba.

Penukaran Kode Voucher

  1. Kunjungi halaman www.dicoding.com/kartuprakerja
  2. Log in ke akun Dicoding / Ikuti Langkah 4 pada petunjuk yang tertera
  3. Masukkan kode token pelatihan yang sudah Anda dapatkan ke Langkah 5. Pastikan tanpa spasi dan tidak keliru pada huruf/angka kode. Satu token hanya bisa diaktifkan satu kali.
  4. Klik "Aktifkan Kode Token Pelatihan"
  5. Kamu akan langsung diarahkan ke halaman utama kelas Pelatihan / Kamu bisa ke kelas pelatihanmu dengan pilih judul pelatihan yang kamu beli di Langkah 6

coupon
Gunakan Kode Promo
Total Pembayaran
Rp310.000