Timbangan Dapur

    Kategori


    Cari di kategori ini


    Harga

    Brand

    Populer
    {{key}}

    Brand

    Warna

    Lihat Semua Warna

    Ukuran

    Ukuran

    Lokasi

    Populer
    {{key}}

    Lokasi

    Lihat Semua Lokasi

    Dukungan Pengiriman

    Kondisi

    Toko

    Rating

    Umur

    SelesaiFitur Baru: Free ReturnsTemukan beragam pilihan produk Free Returns. Produk dapat diretur secara GRATIS jika berubah pikiran. Pelajari lebih lanjut.
    {{tokopedia.loc('Product List')}} {{pagination.item_start|thousand_separator}} - {{ pagination.item_end|thousand_separator}} {{tokopedia.loc("from")}} {{pagination.total_item|thousand_separator}}
    Urutkan :
    Reputasi:

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_1")}}

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_2")}}
    {{model.name}}
    {{model.name}}
    {{model.price}}
    ({{model.count_review}})
     
    {{e.title}}
    Grosir
    • {{wp.quantity_min}} - {{wp.quantity_max}}≥ {{wp.quantity_min}}≥ {{wp.price}}
    PO
      {{ model.shop.city }}
    RSS
    Pilih Mana Ya? Timbangan Gram Mekanik atau Digital?

    Bagi anda yang hobi memasak khususnya membuat kue, memiliki timbangan dapur adalah wajib hukumnya. Saat ini sudah banyak jenis timbangan gram baik mekananik ataupun digital yang fungsinya sama-sama untuk menakar jumlah bahan agar sesuai dengan resep. Memilih antara timbangan kue mekanik ataupun digital tentu dipenuhi dengan berbagai macam pertimbangan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis. Secara kasat mata, timbangan kue analog atau mekanik memiliki cara kerja yang lebih sederhana yaitu dengan memakai jarum sebagai penunjuk berat bahan yang ditimbang, sedangkan pada versi digital, timbangan gram sudah dilengkapi dengan indikator angka yang sangat akurat. Lebih hemat memilih timbangan gram analog karena selain harga yang lebih terjangkau, timbangan gram ini dapat digunakan tanpa baterai dan listrik, serta mudah dicuci. Sementara kelebihan pada timbangan dapur elektrik, lebih menjamin angka berat yang akurat sehingga komposisi bahan pun lebih tepat.

    Tips Memilih Timbangan Gram Bagi yang Gemar Membuat Kue

    Dalam membuat kue, hal yang penting untuk diperhatikan adalah berat setiap bahan. Berbeda dengan memasak biasa, dimana berat bahan masih dapat diukur secara feeling, membuat kue membutuhkan ketepatan berat bahan yang harus presisi. Disinilah dibutuhkan timbangan gram untuk menakar berat bahan-bahan kue seperti tepung ataupun mentega. Karena berat bahannya harus tepat, lebih baik menggunakan timbangan gram yang digital khususnya untuk menimbang bahan dengan jumlah cukup besar seperti lima hingga sepuluh gram. Timbangan dapur jenis ini tidak akan menyulitkan kita karena hanya perlu membaca angka yang tertera pada layar. Carilah timbangan dapur dengan kapasitas maksimum tiga kilogram untuk penggunaan sebatas memasak di rumah. Namun jika ingin membuat kue dengan jumlah yang lebih banyak, carilah timbangan gram dengan kapasitas hingga lima kilogram. Timbangan gram jenis digital ini sangat cocok dan praktis digunakan bagi pemula yang takut salah menakar saat membuat kue.

    Cara Pakai Timbangan Dapur Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

    Ternyata butuh perawatan agar timbangan dapur tidak cepat rusak. Timbangan dapur, khususnya yang berjenis mekanik, haruslah akurat agar hasil masakan kita tidak gagal karena salah menakar. Berikut beberapa tips sederhana untuk menjaga timbangan gram agar selalu awet. Pertama, jauhkan timbangan gram dari jangkauan anak-anak. Simpanlah selalu timbangan kue di tempat yang sulit dijangkau anak-anak agar tidak disalah-gunakan sebagai mainan. Kemudian, jangan pula sembarangan dalam menyimpan timbangan gram. Seringkali kita tidak sadar meletakkan benda berat di atas timbangan saat disimpan. Hal ini akan menyebabkan timbangan dapur dapat cepat rusak. Lalu untuk timbangan dapur mekanik, usahakan untuk tidak terlalu sering memutar tombol skala karena hal ini dapat menyebabkan jarum timbangan lambat laun tidak akurat. Jika ingin menyuci timbangan gram, pada jenis mekanik cukup cuci bagian wadah atas timbangan, sementara pada jenis digital hanya perlu dibersihkan menggunakan lap basah saja.

    Takaran Sendok Untuk Bahan Masakan Tanpa Timbangan Kue

    Jika belum memiliki timbangan dapur, ternyata ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk menakar bahan makanan. Ada beberapa cara yaitu dapat menggunakan sendok dan gelas. Standar menakar bahan makanan menggunakan sendok yaitu dalam keadaan peres alias tidak munjung. Berikut beberapa rumus sederhananya: untuk menakar tepung terigu, satu sendok makan tepung sama dengan sepuluh gram tepung, lalu untuk menakar garam, satu sendok makan garam jumlahnya sama dengan sepuluh gram garam, kemudian satu sendok mentega atau margarin setara dengan dua belas gram. Cara lain untuk menakar bahan makanan selain menggunakan timbangan gram adalah menggunakan gelas belimbing. Berikut rumus sederhananya: satu gelas tepung terigu akan sama dengan seratus tiga puluh gram tepung, kemudian satu gelas air atau susu cair sama dengan dua ratus lima puluh cc, dan juga satu gelas gula pasir setara dengan dua ratus tiga puluh gram gula. Jadi jangan takut jika tidak punya timbangan dapur di rumah ya!