Kategori


    Cari di kategori ini


    Harga

    Brand

    Populer
    {{key}}

    Brand

    Warna

    Lihat Semua Warna

    Ukuran

    Ukuran

    Lokasi

    Populer
    {{key}}

    Lokasi

    Lihat Semua Lokasi

    Dukungan Pengiriman

    Kondisi

    Toko

    Rating

    Umur

    SelesaiFitur Baru: Free ReturnsTemukan beragam pilihan produk Free Returns. Produk dapat diretur secara GRATIS jika berubah pikiran. Pelajari lebih lanjut.
    {{tokopedia.loc('Product List')}} {{pagination.item_start|thousand_separator}} - {{ pagination.item_end|thousand_separator}} {{tokopedia.loc("from")}} {{pagination.total_item|thousand_separator}}
    Urutkan :
    Reputasi:

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_1")}}

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_2")}}
    {{model.name}}
    {{model.name}}
    {{model.price}}
    ({{model.count_review}})
     
    {{e.title}}
    Grosir
    • {{wp.quantity_min}} - {{wp.quantity_max}}≥ {{wp.quantity_min}}≥ {{wp.price}}
    PO
      {{ model.shop.city }}
    RSS
    Aneka Jenis Panci Beserta Fungsinya

    Ada beberapa jenis panci yang perlu kita ketahui saat akan memasak. Seringkali orang awam salah menggunakan panci, seperti contohnya menumis masakan dengan menggunakan panci sayur. Padalah setiap jenis panci memiliki masing-masing fungsinya. Pertama yang paling umum adalah panci sayur, yang identik berbentuk besar, permukaan datar, dan memiliki dua kuping pegangan. Tak hanya untuk memasak sayur, panci sayur ini dapat juga digunakan untuk merebus apapun yang berkuah dan cair. Panci jenis ini biasanya terbuat dari bahan dasar stainless steel, aluminium, keramik, hingga kaca. Lalu ada pula versi mini dari panci sayur yaitu panci gagang atau sauce pan yang biasa digunakan untuk merebus mi instan. Panci jenis ini lebih sering digunakan karena bentuknya yang cenderung ringan, praktis, dan lebih kecil. Jenis selanjutnya adalah stock pot atau panci besar. Fungsinya adalah untuk merebus dalam jumlah besar seperti memasak kaldu, kuah bakso, kari, sup, hingga rendang.

    Tiga Jenis Panci yang Wajib Ada di Rumah!

    Walaupun memiliki berbagai jenis, anda tidak perlu membeli seluruh panci yang ada. Cukup memiliki tiga jenis panci berikut di dalam dapur anda, maka berbagai macam kebutuhan memasakpun sudah lengkap. Pertama-tama anda wajib memiliki panci besar atau stock pot. Jenis panci ini berbagian dasar tebal dan memiliki penutup. Dengan dasar yang tebal ini, maka panas yang tersimpan dalam panci lebih tahan lama dan sangat cocok digunakan untuk memasak slow cooking seperti sop buntut atau gulai. Bahkan stock pot dapat digunakan untuk menggoreng karena lebar dan dalamnya panci. Selanjutnya, wajib untuk memiliki panci sayur karena termasuk jenis panci serbaguna yang juga dapat digunakan untuk mengukus. Terakhir adalah, wajib memiliki panci gagang karena bentuknya yang mini dan praktis digunakan untuk sekedar merebus air, mi instan, dan memanaskan masakan berkuah. Hampir seluruh orang di rumah pasti memiliki panci jenis gagang ini.

    Sebelum Membeli, Inilah Tips Memilih Panci yang Berkualitas

    Selain melihat merek serta harga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli panci. Penting untuk melihat jenis dan fitur-fitur dalam panci sebagai pertimbangan. Misalnya ukuran. Ada beberapa jenis ukuran dalam jenis-jenis panci tertentu. Pilihlah panci dengan ukuran dan liter yang sesuai dengan kebutuhan anda di dapur. Jika anda adalah anak kost-kostan yang tidak memasak setiap hari, pilihlah panci gagang yang lebih praktis dan mudah dicuci. Namun jika anda adalah pengusaha masakan rumahan yang membutuhkan panci dengan ukuran lebih besar, belilah panci besar untuk membuat masakan dengan jumlah yang banyak dan dapat menahan panas lebih lama. Selain ukuran, perhatikan juga kenyamanan saat memegang panci. Anda dapat mengangkat handle panci untuk mencoba apakah handle panci tersebut nyaman digunakan dan ergonomis atau tidak. Terakhir, pilihlah panci yang bergaransi karena panci dengan garansi membuktikan kualitas dari panci tersebut.

    Cara Gampang Merawat dan Membersihkan Panci

    Ternyata cara mudah untuk membersihkan panci adalah menggunakan tangan. Sensor sensitivitas pada tangan dapat membantu kita untuk langsung mengecek apakah panci tersebut sudah bersih atau tidak. Penting sekali untuk membersihkan panci karena panci yang tidak dicuci dengan bersih akan meninggalkan jamur dan noda sehingga sangat berbahaya untuk digunakan memasak. Jika panci meninggalkan bekas minyak membandel atau noda kuah santan, bersihkan panci denngan air hangat. Dapat juga dibersihkan dengan sabun cuci yang sudah ditambahkan sedikit cuka. Cuka pada larutan sabun terbukti dapat mengangkat noda membandel pada panci tanpa merusak bahan panci. Kemudian, jika panci anda mengalami masalah gosong yang sulit dihilangkan, gunakan abu gosok dan cairan pembersih panci dengan cara melarutkan abu gosok dengan cairan pembersih tersebut dan tambahkan sedikit air hingga larutan tersebut berbentuk pasta. Usapkan ke bagian panci yang gosong dan bilas dengan air dingin.