Download Tokopedia App
Tentang TokopediaMitra TokopediaMulai Berjualan PromoTokopedia Care
tokopedia-logo
Kategori

Atasan Seragam

Filter
Produk
Result By Product
Katalog
Result By Catalog
Menampilkan 25057 produk untuk "Atasan Seragam" (1 - 60 of 25057)
Tambah ke Wishlist
Seragam SMA Bordir Panjang Bahan Oxford size 12 - 20 - size 12
Seragam SMA Bordir Panjang Bahan Oxford size 12 - 20 - size 12
Rp 65.000
Jakarta Pusatpincuran indah children
starstarstarstarstar (3)
topads icon
Pencarian terkait
Daftar Harga Atasan Seragam Terbaru Juni 2020
Harga Baju polisi anak setelan komplit / seragam polisi anak
Selengkapnya

Sejarah Seragam Sekolah di Indonesia

Sebelum memiliki bentuk seperti sekarang, seragam sekolah memiliki sejarah yang cukup panjang. Berawal dari masa penjajahan jepang, seluruh siswa sekolah di Indonesia diwajibkan menggunakan seragam sekolah. Namun, seragam sekolah pada masa tersebut belum memiliki perbedaan warna seperti sekarang. Perubahan seragam kembali terjadi setelah Indonesia merdeka, tepatnya ketika masa pemerintahan Presiden Soeharto, pada tahun 1982 terbit Surat Keputusan tentang pengaturan seragam sekolah bagi siswa. Surat Keputusan tersebut berisikan penyeragaman seragam sekolah dan juga mengatur warna yang dibedakan dari masing-masing tingkatan sekolah SD, SMP dan juga SMA. Perubahan ini dicetuskan oleh seorang direktur Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah pada masa tersebut. Kemunculan logo OSIS dan Paskibraka juga dicetuskan oleh institusi Pemerintah ini. Hingga kini, seragam sekolah yang digunakan masih berkiblat dari SK yang dikeluarkan pada tahun 1982 tersebut tanpa ada perubahan dari segi warna dan kelengkapannya.

Perbedaan Seragam Sekolah SD, SMP, dan SMA Beserta Maknanya

Kita semua sudah mengetahui, bahwa seragam SD, SMP, dan SMA memiliki perbedaannya masing-masing. Perbedaan yang paling jelas terlihat adalah dari warna seragam sekolah yang di gunakan para siswa tersebut. Namun, ternyata perbedaan ini memiliki makna yang cukup dalam. Seragam SD memiliki atasan seragam warna putih dan juga merah, warna merah ini melambangkan energi dan keberanian para siswa dalam belajar, karena di usia ini anak-anak SD memiliki energi yang banyak dan sangat aktif. Kemudian seragam SMP memiliki warna putih dan juga biru, warna ini melambangkan kepercayaan diri dan komunikasi, karena di masa SMP inilah murid sekolah mulai mengembangkan diri mereka untuk berkomunikasi dan lebih percaya diri di hadapan orang lain. Terakhir, seragam SMA yang memiliki warna putih dan abu-abu ini melambangkan kedewasaan dan juga ketenangan, karena pada masa usia SMA adalah saat dimana siswa belajar untuk bertanggung jawab akan diri sendiri untuk menghadapi tingkat pendidikan lanjutan yaitu jenjang Universitas. 

Perlengkapan Seragam Sekolah

Sedang mencari seragam sekolah untuk anak kamu yang baru ingin masuk sekolah dasar atau naik kelas ke jenjang lebih tinggi seperti SMP dan SMA? Mencarinya di Tokopedia adalah sebuah cara yang tepat! Di Tokopedia kamu bisa menemukan perlengkapan seragam sekolah terlengkap, mulai dari seragam SD, seragam SMP, seragam SMA hingga baju atasan seragam pramuka, seperti seragam pramuka penggalang tersedia lengkap di Tokopedia bersamaan dengan perlengkapan lainnya. Sebut saja kelengkapan seragam seperti topi seragam sekolah, dasi sekolah SD, dasi SMP, dan dasi SMA kamu bisa menemukannya dengan mudah di sini. Ketika beraktifitas di sekolah tentunya anak-anak akan berkeringat, supaya pakaian seragam terlindungi dan keringat dapat terserap dengan baik, gunakan pakaian dalam anak sebelum mengenakan atasan seragam sekolah. Anak sekolah memerlukan sebuah tas khusus yang bisa menampung banyak bawaan seperti buku sekolah, bekal dan lain-lain. Oleh karena itu, tas sekolah adalah pilihan yang tepat karena memiliki kapasitas yang besar untuk barang bawaan anak. Sedang mencari tas sekolah? Tentang produk tersebut juga ada di Tokopedia kok. Tunggu apa lagi? Yuk belanja kebutuhan sekolah anak online hanya di Tokopedia!

Cara Mencuci Seragam Sekolah Agar Tetap Putih

Masalah yang paling sering timbul dalam penggunaan seragam sekolah adalah warna atasan seragam putih yang berubah menjadi kuning. Baik itu atasan seragam SD, atasan seragam SMP, dan atasan seragam SMA semuanya menggunakan kemeja putih ini sebagai atasannya. Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan saat mencuci seragam untuk menghindari permasalahan ini, berikut adalah cara-caranya. Pertama setelah anak pulang sekolah, segera rendam seragam sekolah dan dipisahkan dari pakaian bewarna lain, tujuannya agar menghindari bahan kimia dari parfum dan deodorant terlalu lama menempel pada seragam yang menjadi penyebab warna kuning. Untuk mencucinya gunakan sedikit deterjen karena terlalu banyak deterjen justru membuat seragam mudah berubah warna dan bilas hingga bersih. Bagian yang paling kotor dan sulit dibersihkan adalah bagian kerah, untuk menghilangkannya kamu bisa menggunakan sampo atau baking soda untuk membersihkan noda untuk hasil yang lebih ampuh. Setelah mencuci, jemur dibawah sinar matahari langsung dan angkat segera ketika sudah kering. Untuk menyetrikanya gunakan suhu rendah agar tidak mudah rusak dan simpan menggunakan hanger berbahan kayu atau plastik. Jangan gunakan hanger berbahan besi karena bisa meninggalkan noda karat pada baju seragam.
Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia
  • Keamanan

Ikuti Kami

icon-facebookicon-twittericon-pinteresticon-instagram
© 2009 - 2020, PT. Tokopedia.Server process time: 0.040 sec