Cari di kategori ini


      Harga

      Brand

      Populer
      {{key}}

      Brand

      Warna

      Lihat Semua Warna

      Ukuran

      Ukuran

      Lokasi

      Populer
      {{key}}

      Lokasi

      Lihat Semua Lokasi

      Dukungan Pengiriman

      Kondisi

      Toko

      Rating

      Umur

      SelesaiFitur Baru: Free ReturnsTemukan beragam pilihan produk Free Returns. Produk dapat diretur secara GRATIS jika berubah pikiran. Pelajari lebih lanjut.
      {{tokopedia.loc('Product List')}} {{pagination.item_start|thousand_separator}} - {{ pagination.item_end|thousand_separator}} {{tokopedia.loc("from")}} {{pagination.total_item|thousand_separator}}
      Urutkan :
      Reputasi:

      {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_1")}}

      {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_2")}}
      {{model.name}}
      {{model.name}}
      {{model.price}}
      ({{model.count_review}})
       
      {{e.title}}
      Grosir
      • {{wp.quantity_min}} - {{wp.quantity_max}}≥ {{wp.quantity_min}}≥ {{wp.price}}
      PO
        {{ model.shop.city }}
      RSS
      Macam-Macam Jenis Kertas

      Kertas sejak awal diciptakan untuk mendokumentasikan karya baik tulisan ataupun dalam bentuk gambar. Seiring dengan perkembangan zaman, kertas sendiri berubah bentuk berdasarkan fungsi dokumentasinya, seperti pada buku bacaan, buku tulis, majalah, brosur, kartu nama, sertifikat, poster, kop surat dan lainnya. Kesemuanya itu memiki ciri khas permukaan kertas yang berbeda-beda berdasarkan fungsinya. Seperti contoh, kertas HVS. Dimana kertas ini bertekstur halus, putih, serta tipis dengan ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Kertas HVS termasuk kertas yang umum digunakan perkantoran dan sekolah sebagai laporan kerja, tugas sekolah, makalah, serta digunakan juga untuk buku. Lalu ada art paper dan glossy paper yang bertektur halus, putih, licin, serta mengkilap dengan ketebalan sedikit tipis yaitu 120 gsm dan 150 gsm. Art paper sering digunakan untuk brosur, poster, bagian isi majalah, bagian isi company profile, dan bagian isi buku yang membutuhkan gambar lebih detail. 

      Asal Usul dan Fungsi Kertas di Kehidupan Sehari-hari

      Kertas adalah bahan tipis yang dihasilkan dari proses pengepresan serat kayu yang berasal dari pulp. Kertas pertama kali dikembangkan oleh bangsa China. Dengan penemuan kertas ini, telah merubah kebiasaan orang-orang dalam mendokumentasikan tulisannya yang telah terbiasa menulis lewat media kain, batu, tulang, serta daun. Di Indonesia sendiri dahulu biasa mendokumentasikan lewat daun lontar. Kertas tak hanya dijadikan media tulis saja, seperti kertas tisu yang fungsinya untuk membersihkan dan juga kertas bisa dijadikan objek seni melipat atu yang biasa disebut origami. Kertas telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia tidak hanya untuk kebutuhan belajar mengajar. Kertas sendiri sering kita gunakan seperti pada waktu belanja, parkir kendaran, bayar tagihan, ATM dan masuk jalan tol. Semua kita terima dalam bentuk kertas struk. Bukan hanya itu, kertas digunakan juga untuk bungkus makanan kita.

      Tipe-Tipe Kertas dan Kegunaannya

      Kertas yang beredar di pasaran banyak sekali jenisnya. Mulai dari HVS, art paper, carton, concorde, linen, buffalo dan masih banyak lagi lainnya. Masing-masing kertas tersebut mempunyai kegunaan masing-masing. Contoh saja kertas karton yang memiliki tekstur halus, putih, licin, mengkilap, dan tebal. Ketebalan kertas karton mulai 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, dan 310 gsm. Kertas ini biasa digunakan untuk kartu nama, cover buku, cover majalah, company profile, poster, sertifikat, box produk, undangan dan masih banyak lainnya. Untuk kartu nama dan cover buku sendiri sangat cocok menggunakan ketebalan kertas 260 gsm. Lalu ada kertas concorde yang bertekstur kasar sedikit halus, dan memiliki permukaan timbul seperti membentuk garis. Kertas concorde biasa digunakan untuk sertifikat, proposal, surat penting, dan lainnya. Kertas ini memiliki banyak varian warna yang soft. Tokopedia menyediakan beberapa pilihan kertas terlengkap. Segera beli kertas pilihanmu hanya di Tokopedia.

      Belanja Kertas di Tokopedia, Grosir atau Eceran Lebih Hemat!

      Mau beli kertas terjangkau dengan mutu terbaik? Yuk belanja kertas terjangkau dan paling laris hanya di Tokopedia. Sebagai website informasi harga barang secara online terlengkap, Tokopedia tidak hanya menawarkan kertas saja, Tokopedia juga menawarkan berbagai keinginan kamu seperti peralatan bersepeda, peralatan menulis, hingga peralatan rumah tangga Tak cuma itu, Tokopedia juga menawarkan sistem payment yang gampang dan aman supaya anda memperoleh keseruan jual beli yang tidak ribet dan nyaman. Salah satu produk terlaris di Tokopedia ialah kertas. Kertas yang dijual di Tokopedia mempunyai jeni, berat, dan ukuran yang bervariasi. Seperti contoh kertas HVS, di Tokopedia menjual mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm hingga 100 gsm, dengan ukuran mulai A4 hingga F4. Pilihlah jenis dan berat kertas sesuai dengan kebutuhan anda. Segera putuskan kertas yang anda cari dan segera lakukan transaksi pembelian sekarang juga.