Download Tokopedia App
Tentang TokopediaMitra TokopediaMulai Berjualan PromoTokopedia Care
tokopedia-logo
Kategori

Media Tanam

Beranda>Kategori Utama>Rumah Tangga>Taman>

Media Tanam

Filter
Menampilkan 449752 produk untuk "Media Tanam" (1 - 60 of 449752)
Tambah ke Wishlist
waterproofing membrane bakar seluruh Indonesia
waterproofing membrane bakar seluruh Indonesia
Rp130.000
Jakarta Baratdokteratap
starstarstarstarstar (6)
topads icon
Dipromosikan
Rekomendasi toko untukmu

Milkyku ShopJakarta Barat
Sedang Tren Media Tanam
Pencarian terkait
Daftar Harga Media Tanam Terbaru April 2024
Harga Media Tanam Tanah Lembang Super / Media Humus 1 Karung
Selengkapnya

Apa Saja Jenis Media Tanam?

Menanam tanaman merupakan salah satu hal yang sangat mudah untuk dilakukan, tetapi untuk menghasilkan tanaman dengan kualitas yang baik kamu harus mengenali beberapa jenis media tanam yang berbeda-beda bagi tanaman tersebut. Setiap media tanam memiliki kelebihan masing-masing yang menjadikan efektifitas terhadap tanaman menjadi berbeda dan tidak sama. Berikut merupakan jenis media tanam untuk hidroponik dan organik.

  • Metode Hidroponik

Metode penanaman yang tidak mengandalkan tanah, akan tetapi menggunakan media yang kaya akan kandungan nutrisi dan menggunakan air sebagai dasar utamanya.

  1. Rockwool
  2. Sabut Kelapa
  3. Serat Kayu
  4. Hydroton
  5. Perlite
  6. Oasis Cube
  • Media Organik

Media yang tidak membutuhkan komponen tambahan supaya tanaman dapat tumbuh karena sudah memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan baik bagi tanaman.

  1. Kompos
  2. Batang Pakis
  3. Arang
  4. Lumut atau Moss
  5. Pupuk Kandang
  6. Sekam Padi
  7. Humus

Apa Fungsi dari Media Tanam?

Media tanam memiliki banyak fungsi, untuk fungsi utamanya yaitu sebagai sarana utama dalam menanam tanaman. Media tersebut menjadi menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman mulai dari bibit hingga tanaman menjadi tumbuh besar secara sempurna. Pada media tanam biasanya harus terdapat kandungan nutrisi seperti karbon yang mencukupi untuk memastikan supaya tanaman bisa tumbuh kuat dan tidak mudah untuk tumbang. Media penanaman yang baik juga memiliki kandungan oksigen dan sistem peredaran yang oksigen yang baik supaya akar dari tanaman dapat bernafas dan mengalirkan oksigen secara sempurna ke seluruh bagian tanaman. Menariknya lagi, terdapat beberapa media penanaman yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi.

Bagaimana Ciri Media Tanam yang Baik?

Media tanam yang baik adalah media tanam yang bebas dari hama serta penyakit. Apabila terdapat hama dan penyakit yang terkandung dalam media tanam maka dapat menyerang tanaman dan menyebabkan kematian pada tanaman. Maka dari itu, sebelum menggunakan media tanam maka perlu mengetahui ciri media tanam, sebagai berikut.

  • Memiliki porositas dan lembab
  • Memiliki unsur hara makro dan mikro
  • Mengandung 3 campuran penting
  • Bebas dari hama dan penyakit

Kamu dapat menerapkan media tanam ini untuk menanam berbagai bibit buah dan sayur, seperti bibit cabe merah, bibit jambu kristal, dan bibit sawi putih yang bisa kamu coba tanam di rumah dengan mudah. Dapatkan media tanam berkualitas dengan mudah dan metode pembayaran fleksibel di Tokopedia. Jangan lewatkan Harga Terbaik dan Promo Spesial setiap bulan dengan belanja di situs terpercaya, Tokopedia!

Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia