Media Tanam

    Untuk menanam suatu tanaman dibutuhkan sebuah Media Tanam yang tepat. Media Tanam dapat berupa media tanam organik, maupun non-organik & media tanam hidroponik. Pemilihan Media Tanam harus disesuaikan dengan jenis tanaman yang ingin ditanam. Yuk, temukan beragam media tanam sesuai kebutuhan di sini.

      Kategori


      Cari di kategori ini


      Harga

      Brand

      Populer
      {{key}}

      Brand

      Warna

      Lihat Semua Warna

      Ukuran

      Ukuran

      Lokasi

      Populer
      {{key}}

      Lokasi

      Lihat Semua Lokasi

      Dukungan Pengiriman

      Kondisi

      Toko

      Rating

      Umur

      SelesaiFitur Baru: Free ReturnsTemukan beragam pilihan produk Free Returns. Produk dapat diretur secara GRATIS jika berubah pikiran. Pelajari lebih lanjut.
      {{tokopedia.loc('Product List')}} {{pagination.item_start|thousand_separator}} - {{ pagination.item_end|thousand_separator}} {{tokopedia.loc("from")}} {{pagination.total_item|thousand_separator}}
      Urutkan :
      Reputasi:

      {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_1")}}

      {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_2")}}
      {{model.name}}
      {{model.name}}
      {{model.price}}
      ({{model.count_review}})
       
      {{e.title}}
      Grosir
      • {{wp.quantity_min}} - {{wp.quantity_max}}≥ {{wp.quantity_min}}≥ {{wp.price}}
      PO
        {{ model.shop.city }}
      RSS
      Jual Aneka Media Tanam, Harga Terjangkau

      Ketika menanam tanaman, media tanam merupakan hal utama yang harus diperhatikan karena media tanam merupakan bahan yang digunakan untuk menanam suatu tanaman. Media tanam tersebut dapat berupa media tanam padat, maupun media tanam cair. Jika digolongkan berdasarkan bahan penyusunnya, jenis jenis media tanam dapat dibedakan menjadi bahan organik dan bahan anorganik. Bahan organik berupa arang yang cocok untuk tanaman anggrek, batang pakis, kompos, moss, pupuk kandang dari kotoran hewan, sabut kelapa, sekam padi, dan humus. Untuk bahan anorganik, terdiri dari gel yang sering digunakan sebagai media tanam tumbuhan hidroponik, pasir, kerikil, pecahan batu bata, tanah liat, spons, vermikulit, serta gabus. Idealnya, media tanam harus dapat menjaga kelembaban daerah sekitar akar, menyediakan cukup udara, dan dapat menahan ketersediaan unsur hara. Oleh karena itu, pemilihan media tanam harus disesuaikan dengan keadaan tempat tanaman yang akan ditanam. Media tanam juga dapat dicampur, lho.

      Tersedia Media Tanam Arang Sekam

      Salah satu media tanam yang sering digunakan adalah arang sekam. Arang sekam merupakan salah satu hasil dari proses penggilingan padi. Arang sekam cocok digunakan untuk pertanian dan pemeliharaan tanaman hias karena beratnya yang ringan. Para petani memanfaatkan arang sekam sebagai penggembur tanah, bahan pembuatan kompos, pupuk bokashi, media tanam dan media persemaian. Media tanam arang sekam bisa didapatkan dengan mudah dan terjangkau di Tokopedia. Penggunaan arang sekam akan bermanfaat untuk tanah sehingga menjadi lebih subur. Media tanam tersebut akan bekerja dengan cara memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi tanah. Sehingga tanah menjadi subur dan meningkatkan kemampuan tanah untuk menyerap air.  Secara biologis, tanah yang gembur merupakan media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya organisme hidup. Namun, arang sekam memiliki kelebihan karena arang sekam tidak membawa mikroorganisme patogen karena proses pembuatannya yang melalui pembakaran sehingga relatif steril.

      Penanaman Hidroponik dengan Media Tanam Cair

      Menanam tanaman hidroponik merupakan salah satu cara menanam tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media utamanya. Penanaman hidroponik semakin digemari banyak orang karena bisa diletakkan dimana saja, bahkan di dalam rumah. Menanam tanaman hidroponik di dalam ruangan akan menambah keindahan ruangan. Selain itu, tanaman hidroponik di dalam ruangan juga akan memberikan kadar kelembaban yang cukup pada ruangan, sehingga dapat mengatasi kulit kering. Ada beberapa cara untuk menanam tanaman hidroponik dengan media air. Yang paling disukai oleh banyak orang adalah menanam hidroponik dengan media air menggunakan sistem NFT (Nutrient Film Technique), yakni dengan menanam akar tanamannya agar tumbuh pada nutrisi yang tidak dalam, sehingga mendapat asupan nutrisi, oksigen, dan air dengan baik. Ada juga cara wick. Cara ini disukai karena sangat mudah dan murah menggunakan botol bekas. Dapatkan tanaman hidroponik dengan media tanam cair di Tokopedia. Banyak pilihan dengan harga terjangkau.

      Media Tanam Sayuran dalam Polybag

      Setiap tanaman membutuhkan sifat dan karakteristik media tanam yang berbeda. Jika menaman tanaman sayuran, sifat dan karakteristik media tanam yang dibutuhkan akan berbeda dengan tanaman bunga atau tanaman buah. Tanaman sayuran memerlukan media tanam yang solid agar dapat menopang tanaman yang berukuran relatif lebih besar. Sementara, untuk tanaman sayuran daun-daunan, memerlukan memerlukan media tanam yang yang gembur dan mudah ditembus oleh akar. Untuk menanam tanaman sayuran dalam polybag, diperlukan tanah yang gembur dan subur. Tanah itu kemudian diayak agar dapat membuat unsur-unsur dalam tanah tercampur secara merata. Selain itu, dibutuhkan humus yang dihasilkan oleh kompos, baik kompos biasa, bokashi, ataupun kompos takakura, dan juga arang sekam. Sudah menentukan sayuran apa yang ingin kamu tanam di polybag? Dapetin bibit tanaman yang kamu inginkan dan media tanam yang cocok untuknya. Temukan pilihannya di Tokopedia. Semua tersedia lengkap dengan kualitas dan harga terbaik.