Baca Al Quran Surat Abasa Tulisan Arab Beserta Terjemahan Bahasa Indonesia di Tokopedia Salam

Membaca Al Qur'an setiap hari tentu saja mampu mendatangkan maslahat bagi kita seperti mendapatkan pahala untuk permudah meraih surga dan juga berbagai ganjaran lainnya. Membaca Al Qur'an setiap hari pun juga membuat kita senantiasa teringat kepada sang pencipta sehingga hidup akan terasa lebih tenang dan damai. Namun, bila kamu memiliki mobilitas yang begitu tinggi dan merasa kerepotan membawa kitab Al Qur'an ke mana saja. Kamu tak perlu khawatir lagi. Karena kini dengan adanya fitur Quran yang tersedia di Tokopedia Salam kamu bisa mengakses berbagai surah di dalam Al Quran lengkap dari berbagai juz. Termasuk surah Abasa yang terdiri dari 42 ayat. Rasakan kemudahan meraih pahala membaca Al-Qur'an harian kamu dengan adanya Tokopedia Salam sekarang juga. Install aplikasinya pada ponsel kesayangan kamu dan temukan berbagai surah Al Qur'an tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang bantu kamu dapat memahami Al Qur'an lebih mudah.

Hikmah yang Patut Dipelajari dari Surat Abasa

Surah Abasa adalah surat urutan ke-80 di dalam Al Qur'an. Surat ini juga memiliki ayat yang relatif pendek yakni sebanyak 42 ayat saja. Surat Abasa diturunkan di kota Mekah dan juga termasuk ke dalam surat Makiyyah. Di dalam surat Abasa mengandung hikmah dan pelajaran yang patut dipetik oleh umat manusia. Surat ini bercerita tentang teguran Allah S.W.T kepada Rasulullah S.A.W karena menyepelekan hamba-Nya yang buta. Dalam melaksanakan dakwahnya Rasulullah S.A.W saat itu cenderung lebih mengutamakan petinggi kaum Quraisy. Namun, ketika seorang hamba sahaya yang memiliki kekurangan dalam pengelihatannya datang dan meminta petunjuk kepada Rasulullah S.A.W. Beliau malah bermuka masam dan memalingkan muka. Hal ini membuat Allah S.W.T menurunkan surat Abasa yang berisi teguran atas sikap Rasulullah S.A.W tersebut. Dalam berdakwah kita harusnya tidak boleh memilih-milih orang. Asalkan jika orang tersebut memiliki kemauan dan juga berniat untuk beriman kepada Allah S.W.T maka wajib hukumnya untuk menuntun mereka ke jalan yang benar. Dakwah juga wajib disebarkan kepada orang-orang kafir agar mereka semua mendapatkan hidayah. Namun, tentu saja saat melakukannya harus diiringi tuntunan sifat yang lemah lembut. Sebagaimana islam menyukai perdamaian.

Faedah Surah Abasa

Secara bahasa Abasa memiliki arti mengumpulkan kulit yang ada diantara dua mata dan kulit dah atau kita juga bisa menafsirkannya sebagai muka masam. Surat ini juga memiliki nama lain yaitu disebut dengan surah Ibnu Maktum dan Al-Safarah. Dengan diturunkannya surah Abasa ini maka dapat dipetik sebuah pelajaran bagi kita. Bahwasanya Allah S.W.T mencintai semua makhluknya. Tidak peduli manusia tersebut kaya, miskin, berwajah tampan atau cantik, cacat maupun berbadan lengkap. Allah S.W.T tidak pernah membeda-bedakan semua makhluknya. Dari rasa kasih sayang yang begitu luas yang dimiliki oleh Allah S.W.T inilah yang harusnya membuat kita senantiasa beriman dan juga mendekakatkan diri pada-Nya. Sebuah hadist shahih berkata bahwa Rasulullah S.A.W pernah bersabda bila ''Barang siapa membaca surah Abasa dan Idzasy syamsu kuwwirat, maka (Allah S.W.T) akan melindunginya dari kejelekan di dunia dan akhirat.'' Baca Al Qur'an surah Abasa dan berbagai surah lainnya lebih mudah dan praktis lewat Tokopedia Salam. Ayo, download aplikasinya di ponselmu sekarang juga!