بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
1.
اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,
Rekomendasi untukmu
Lihat Semua
2.
خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3.
اِقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُۙ
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia,
4.
الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ
Yang mengajar (manusia) dengan pena.
5.
عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ
Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.
6.
كَلَّآ اِنَّ الْاِنْسَانَ لَيَطْغٰىٓ ۙ
Sekali-kali tidak! Sungguh, manusia itu benar-benar melampaui batas,
7.
اَنْ رَّاٰهُ اسْتَغْنٰىۗ
apabila melihat dirinya serba cukup.
8.
اِنَّ اِلٰى رَبِّكَ الرُّجْعٰىۗ
Sungguh, hanya kepada Tuhanmulah tempat kembali(mu).
9.
اَرَاَيْتَ الَّذِيْ يَنْهٰىۙ
Bagaimana pendapatmu tentang orang yang melarang?
10.
عَبْدًا اِذَا صَلّٰىۗ
seorang hamba ketika dia melaksanakan salat,
11.
اَرَاَيْتَ اِنْ كَانَ عَلَى الْهُدٰىٓۙ
bagaimana pendapatmu jika dia (yang dilarang salat itu) berada di atas kebenaran (petunjuk),
12.
اَوْ اَمَرَ بِالتَّقْوٰىۗ
atau dia menyuruh bertakwa (kepada Allah)?
13.
اَرَاَيْتَ اِنْ كَذَّبَ وَتَوَلّٰىۗ
Bagaimana pendapatmu jika dia (yang melarang) itu mendustakan dan berpaling?
14.
اَلَمْ يَعْلَمْ بِاَنَّ اللّٰهَ يَرٰىۗ
Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat (segala perbuatannya)?
15.
كَلَّا لَىِٕنْ لَّمْ يَنْتَهِ ەۙ لَنَسْفَعًاۢ بِالنَّاصِيَةِۙ
Sekali-kali tidak! Sungguh, jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya, (ke dalam neraka),
16.
نَاصِيَةٍ كَاذِبَةٍ خَاطِئَةٍۚ
yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan dan durhaka.
17.
فَلْيَدْعُ نَادِيَهٗۙ
Maka biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya),
18.
سَنَدْعُ الزَّبَانِيَةَۙ
Kelak Kami akan memanggil Malaikat Zabaniyah, (penyiksa orang-orang yang berdosa),
19.
كَلَّاۗ لَا تُطِعْهُ وَاسْجُدْ وَاقْتَرِبْ ۩ ࣖ
sekali-kali tidak! Janganlah kamu patuh kepadanya; dan sujudlah serta dekatkanlah (dirimu kepada Allah).

Baca Al Quran Surat Al-'Alaq Tulisan Arab Beserta Terjemahan Bahasa Indonesia di Tokopedia Salam

Membaca Al Qur'an setiap hari tentu saja mampu mendatangkan maslahat bagi kita seperti mendapatkan pahala untuk permudah meraih surga dan juga berbagai ganjaran lainnya. Membaca Al Qur'an setiap hari pun juga membuat kita senantiasa teringat kepada sang pencipta sehingga hidup akan terasa lebih tenang dan damai. Namun, bila kamu memiliki mobilitas yang begitu tinggi dan merasa kerepotan membawa kitab Al Qur'an ke mana saja. Kamu tak perlu khawatir lagi. Karena kini dengan adanya fitur Quran yang tersedia di Tokopedia Salam kamu bisa mengakses berbagai surah di dalam Al Quran lengkap dari berbagai juz. Termasuk surah Al-'Alaq yang terdiri dari 19 ayat. Rasakan kemudahan meraih pahala membaca Al-Qur'an harian kamu dengan adanya Tokopedia Salam sekarang juga. Install aplikasinya pada ponsel kesayangan kamu dan temukan berbagai surah Al Qur'an tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang bantu kamu dapat memahami Al Qur'an lebih mudah.

Kandungan Singkat Surah Al-'Alaq

Surah Al-'Alaq adalah surat urutan ke-96 di dalam Al Qur'an. Surat ini juga memiliki jumlah ayat yang sebanyak 19 ayat. Surat Al-'Alaq diturunkan di kota Mekah dan juga termasuk ke dalam surat Makiyyah. Surat ini diberi nama dengan ''Al-'Alaq'' karena diambil dari perkataan “ Alaq “ yang terdapat pada ayat ke-2 surat ini. Al-'Alaq sendiri memiliki arti yaitu segumpal darah. Surat ini juga memiliki nama lain yaitu ''Iqra'' atau ''Al- Qolam.'' Di dalam surah Al-'Alaq mengandung ajaran dan perintah bagi manusia untuk membaca Al-Qur'an. Berbagai peringatan dan juga ajaran baik terdapat pada kitab suci Al-Qur'an jadu sebaiknya kita sebagai manusia hendakanya selalu mengingat dan mengamalkan bacaan tersebut. Surat Al-'Alaq juga menjelaskan asal usul manusia yang berasal dari segumpal darah. Surah Al-'Alaq juga mendorong manusia agar senantiasa rajin untuk mencari ilmu. Dengan cara memperbanyak membaca buku dan tulisan. Hal ini untuk melatih diri agar dapat lebih berfikir kritis dan juga meningkatkan kepekaan dan empati yang dimiliki. Manusia hendaknya juga mampu untuk menahan diri dari hawa dan nafsu agar tidak terjerumus ke dalam hal yang salah. Selain itu, di dalam surah Al-'Alaq juga menjabarkan tentang ancaman bagi orang-orang kafir yang menghalang-halangi kaum muslimin untuk beribadah.

Keistimewaan Ilmu Pengetahuan dalam Surah Al-'Alaq Ayat Pertama

Saat sedang bertafakur di gua Hira, Rasulullah S.A.W menerima wahyu berupa surat Al-'Alaq ayat ke-1 sampai ke-5. Turunnya surat ini menjadi tonggak perubahan peradaban dunia di mana umat manusia semakin mengerti tentang pentingnya ilmu pengetahuan. Pada ayat pertama dari surat Al-'Alaq berbunyi Iqra yang artinya bacalah. Ini adalah sebuah perintah Allah S.W.T kepada Rasulullah S.A.W dan juga ummatnya untuk membaca. Ayat pertama ini juga dapat ditafsirkan bentuk perintah kepada manusia untuk mencari ilmu. Ilmu tersebut haruslah yang bersifat baik agar dapat memberikan manfaat bagi sesama. Tak terkecuali untuk mempelajari ilmu yang menyangkut ayat Alquran dan ayat yang terjadi di alam. Baca Al Qur'an surah Surat Al-'Alaq dan berbagai surah lainnya lebih mudah dan praktis lewat Tokopedia Salam. Ayo, download aplikasinya di ponselmu sekarang juga!