Tokopedia Salam
Quran

Al-A'raf

Al-An'am
Al-Anfal
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
1.
الۤمّۤصۤ ۚ
Alif Lam Mim shad.
2.
كِتٰبٌ اُنْزِلَ اِلَيْكَ فَلَا يَكُنْ فِيْ صَدْرِكَ حَرَجٌ مِّنْهُ لِتُنْذِرَ بِهٖ وَذِكْرٰى لِلْمُؤْمِنِيْنَ
(Inilah) Kitab yang diturunkan kepadamu (Muhammad); maka janganlah engkau sesak dada karenanya, agar engkau memberi peringatan dengan (Kitab) itu dan menjadi pelajaran bagi orang yang beriman.
3.
اِتَّبِعُوْا مَآ اُنْزِلَ اِلَيْكُمْ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَلَا تَتَّبِعُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اَوْلِيَاۤءَۗ قَلِيْلًا مَّا تَذَكَّرُوْنَ
Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti selain Dia sebagai pemimpin. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran.
4.
وَكَمْ مِّنْ قَرْيَةٍ اَهْلَكْنٰهَا فَجَاۤءَهَا بَأْسُنَا بَيَاتًا اَوْ هُمْ قَاۤىِٕلُوْنَ
Betapa banyak negeri yang telah Kami binasakan, siksaan Kami datang (menimpa penduduk)nya pada malam hari, atau pada saat mereka beristirahat pada siang hari.
5.
فَمَا كَانَ دَعْوٰىهُمْ اِذْ جَاۤءَهُمْ بَأْسُنَآ اِلَّآ اَنْ قَالُوْٓا اِنَّا كُنَّا ظٰلِمِيْنَ
Maka ketika siksaan Kami datang menimpa mereka, keluhan mereka tidak lain, hanya mengucap, “Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zalim.”
6.
فَلَنَسْـَٔلَنَّ الَّذِيْنَ اُرْسِلَ اِلَيْهِمْ وَلَنَسْـَٔلَنَّ الْمُرْسَلِيْنَۙ
Maka pasti akan Kami tanyakan kepada umat yang telah mendapat seruan (dari rasul-rasul) dan Kami akan tanyai (pula) para rasul,
7.
فَلَنَقُصَّنَّ عَلَيْهِمْ بِعِلْمٍ وَّمَا كُنَّا غَاۤىِٕبِيْنَ
dan pasti akan Kami beritakan kepada mereka dengan ilmu (Kami) dan Kami tidak jauh (dari mereka).
8.
وَالْوَزْنُ يَوْمَىِٕذِ ِۨالْحَقُّۚ فَمَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِيْنُهٗ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ
Timbangan pada hari itu (menjadi ukuran) kebenaran. Maka barangsiapa berat timbangan (kebaikan)nya, mereka itulah orang yang beruntung,
9.
وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗ فَاُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ خَسِرُوْٓا اَنْفُسَهُمْ بِمَا كَانُوْا بِاٰيٰتِنَا يَظْلِمُوْنَ
dan barangsiapa ringan timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang yang telah merugikan dirinya sendiri, karena mereka mengingkari ayat-ayat Kami.
10.
وَلَقَدْ مَكَّنّٰكُمْ فِى الْاَرْضِ وَجَعَلْنَا لَكُمْ فِيْهَا مَعَايِشَۗ قَلِيْلًا مَّا تَشْكُرُوْنَ ࣖ
Dan sungguh, Kami telah menempatkan kamu di bumi dan di sana Kami sediakan (sumber) penghidupan untukmu. (Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.
Baca Al Quran Surat Al-A'raf Tulisan Arab Beserta Terjemahan Bahasa Indonesia di Tokopedia Salam

Membaca Al Qur'an setiap hari tentu saja mampu mendatangkan maslahat bagi kita seperti mendapatkan pahala untuk permudah meraih surga dan juga berbagai ganjaran lainnya. Membaca Al Qur'an setiap hari pun juga membuat kita senantiasa teringat kepada sang pencipta sehingga hidup akan terasa lebih tenang dan damai. Namun, bila kamu memiliki mobilitas yang begitu tinggi dan merasa kerepotan membawa kitab Al Qur'an ke mana saja. Kamu tak perlu khawatir lagi. Karena kini dengan adanya fitur Quran yang tersedia di Tokopedia Salam kamu bisa mengakses berbagai surah di dalam Al Quran lengkap dari berbagai juz. Termasuk surah Al-A'raf yang terdiri dari 176 ayat. Rasakan kemudahan meraih pahala membaca Al-Qur'an harian kamu dengan adanya Tokopedia Salam sekarang juga. Install aplikasinya pada ponsel kesayangan kamu dan temukan berbagai surah Al Qur'an tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang bantu kamu dapat memahami Al Qur'an lebih mudah.

Isi Kandungan Surat Al-A'raf

Surah Al Araf adalah surat urutan ketujuh di dalam Al Qur'an yang terdiri dari 207 ayat dan 24 ruku'. Secara bahasa kata A‘raf adalah jamak dari kata ‘Urf yang memiliki arti yaitu sebuah tempat yang tinggi serta luhur. A‘raf juga memiliki arti yaitu sebuah kesadaran rohani yang didapatkan karena pertolongan Allah S.W.T. Oleh karena itulah, Al A'raf juga dapat berarti sebagai ajaran-ajaran yang kebenerannya dibuktikan dengan berdasarkan akal dan fitrah manusia. Isi kandungan surah Al Araf yang pertama di antaranya adalah menyatakan bahwa Al Quran adalah wahyu ilahi yang tidak akan mengalami kehancuran maupun kerusakan. Kemudian di dalam surah Al Araf juga disebutkan jika Allah S.W.T menciptakan manusia agar mencapai tujuan yang luhur dan mulia. Namun, seringkali manusia merasa terlena hingga melupakan rabb-Nya. Surah Al Araf juga membahas tentang tugas syaitan yang tak terlihat oleh kasat mata manusia. Syaitan dan ruh jahat semata-mata diciptakan untuk menguji keimanan manusia di bumi ini. Surah Al Araf juga mengandung kisah akan pertentangan antara Nabi Adam a.s dengan Iblis, Nabi Syuaib dengan kaumnya, Nabi Musa a.s dengan raja Fir'aun yang keji hingga kisah Nabi Nuh a.s dan Nabi Shaleh.

Manfaat Membaca Surah Al A'raf Sehari-hari

Ada berbagaii keutamaan serta berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan saat membaca surat Al-Araf. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW yang menyatakan jika “Barang siapa yang membaca surah Al-A’raf maka Allah S.W.T akan mengadakan penghalang bagi dirinya dan setan. Dan Nabi Adam a.s akan menjadi orang yang memberikan syafaat kepadanya.” Membaca surat Al A'raf juga mampu melindungi kita dari ketakutan saat hari kiamat. Hal ini dikutip dari sabda Imam Shadiq As yang berbunyi “Barang siapa yang membaca surah al-A’raf setiap bulan maka ia tidak memiliki ketakutan pada hari Kiamat dan tidak akan bersedih. Apabila ia membaca surah al-A’raf setiap hari Jumat maka ia akan tergolong sebagai orang-orang yang tidak diperhitungkan pada hari Kiamat.” Maka dari itulah, hendaknya kita rajin membaca dan memahami setiap makna dari surat Al-A'raf agar mendapatkan berbagai macam pertolongan dan manfaat di atas. Baca Al Qur'an surah Al-A’raf dan berbagai surah lainnya lebih mudah dan praktis lewat Tokopedia Salam. Ayo, download aplikasinya di ponselmu sekarang juga!