Tokopedia Salam
Quran

Al-Baqarah

Al-Fatihah
Ali 'Imran
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
1.
الۤمّۤ ۚ
Alif Lam Mim.
2.
ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ
Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,
3.
الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ ۙ
(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka,
4.
وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ ۚ وَبِالْاٰخِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَۗ
dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat.
5.
اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۙ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ
Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.
6.
اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا سَوَاۤءٌ عَلَيْهِمْ ءَاَنْذَرْتَهُمْ اَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ
Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, engkau (Muhammad) beri peringatan atau tidak engkau beri peringatan, mereka tidak akan beriman.
7.
خَتَمَ اللّٰهُ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ وَعَلٰى سَمْعِهِمْ ۗ وَعَلٰٓى اَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَّلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ ࣖ
Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka telah tertutup, dan mereka akan mendapat azab yang berat.
8.
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَۘ
Dan di antara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman.
9.
يُخٰدِعُوْنَ اللّٰهَ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا ۚ وَمَا يَخْدَعُوْنَ اِلَّآ اَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُوْنَۗ
Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanyalah menipu diri sendiri tanpa mereka sadari.
10.
فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌۙ فَزَادَهُمُ اللّٰهُ مَرَضًاۚ وَلَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢ ەۙ بِمَا كَانُوْا يَكْذِبُوْنَ
Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat azab yang pedih, karena mereka berdusta.
Baca Al Quran Surat Al Baqarah Tulisan Arab Beserta Terjemahan Bahasa Indonesia di Tokopedia Salam

Membaca Al Qur'an setiap hari tentu saja mampu mendatangkan maslahat bagi kita seperti mendapatkan pahala untuk permudah meraih surga dan juga berbagai ganjaran lainnya. Membaca Al Qur'an setiap hari pun juga membuat kita senantiasa teringat kepada sang pencipta sehingga hidup akan terasa lebih tenang dan damai. Namun, bila kamu memiliki mobilitas yang begitu tinggi dan merasa kerepotan membawa kitab Al Qur'an ke mana saja. Kamu tak perlu khawatir lagi. Karena kini dengan adanya fitur Quran yang tersedia di Tokopedia Salam kamu bisa mengakses berbagai surah di dalam Al Quran lengkap dari berbagai juz. Termasuk surah Al Baqarah yang terdiri dari 286 ayat. Rasakan kemudahan meraih pahala membaca Al-Qur'an harian kamu dengan adanya Tokopedia Salam sekarang juga. Install aplikasinya pada ponsel kesayangan kamu dan temukan berbagai surah Al Qur'an tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang bantu kamu dapat memahami Al Qur'an lebih mudah.

Kandungan Luar Biasa dari Surat Al Baqarah

Surat Al Baqarah memiliki arti secara harfiah yaitu sapi betina. Di dalam surah Al Baqarah mengandung kisah tentang penyembelihan sapi betina yang diperintahkan oleh Allah S.W.T kepada para kaum bani israil. Surat Al Baqarah juga disebut sebagai puncak Al Qur'an (Fusthaathul Qur’an) yang di dalamnya memuat berbagai hukum serta tatanan di dalam Islam yang tidak disebutkan di surat lainnya. Secara umum beberapa kandungan yang ada pada surat Al Baqarah di antaranya adalah membahas tentang tata cara berdakwah Islam yang dilakukan oleh Rasulullah SAW untuk menyebarkan ke-esa-an Allah S.W.T dan menanamkan nilai-nilai agama pada berbagai kaum. Surat Al Baqarah juga mengandung berbagai hukum ajaran agama Islam beberapa contohnya seperti hukum puasa, hukum zakat, hukum haji dan umroh, larangan riba, hukum qishas, larangan sihir, cara menyantuni anak yatim dan berbagai hukum lainnya. Tak hanya itu saja, surah Al Baqarah juga memuat kisah penciptaan nabi Adam a.s, kisah nabi Ibrahim a.s serta kisah nabi Musa dengan kaum Bani Israil.

Keistimewaan Surat Al Baqarah dalam Tafsir Ibnu Katsir

Jika dibandingkan dengan surat lainnya di dalam Al Qur'an, surat Al Baqarah termasuk surat terpanjang yang terdiri dari 286 ayat. Meskipun begitu, surat Al Baqarah memiliki berbagai keistimewaan di dalamnya yang rasanya sayang sekali jika dilewatkan untuk dibaca begitu saja. Dalam sebuah tafsir ilmu katsir disebutkan jika surah Al Baqarah dapat melindungi rumah kita dari syaitan. Sebagaimana sebuah hadist Tarmizi yang menyebutkan bahwa rumah yang dibacakan surah Al Baqarah selama 3 malam tidak akan didatangi syaitan. Membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah di dalam malam hari juga dapat mendatangkan kecukupan dari Allah S.W.T. Selain itu, Allah S.W.T juga berjanji akan memberikan perlindungan bagi hamba-Nya yang membaca ayat kursi di dalam surah Al Baqarah. Berbagai permohonan dan permintaan yang kamu inginkan juga akan lebih cepat dikabulkan saat kamu membaca surah Al Baqarah. Terakhir, Membaca surah Al Baqarah khususnya ayat kursi saat seusai ibadah sholat wajib juga mampu memudahkan kita semua untuk meraih surga sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan An-Nasai. Baca Al Qur'an surah Al Baqarah dan berbagai surah lainnya lebih mudah dan praktis lewat Tokopedia Salam. Ayo, download aplikasinya di ponselmu sekarang juga!