بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
1.
وَالسَّمَاۤءِ ذَاتِ الْبُرُوْجِۙ
Demi langit yang mempunyai gugusan bintang,
2.
وَالْيَوْمِ الْمَوْعُوْدِۙ
dan demi hari yang dijanjikan.
3.
وَشَاهِدٍ وَّمَشْهُوْدٍۗ
Demi yang menyaksikan dan yang disaksikan.
4.
قُتِلَ اَصْحٰبُ الْاُخْدُوْدِۙ
Binasalah orang-orang yang membuat parit (yaitu para pembesar Najran di Yaman),
5.
النَّارِ ذَاتِ الْوَقُوْدِۙ
yang berapi (yang mempunyai) kayu bakar,
6.
اِذْ هُمْ عَلَيْهَا قُعُوْدٌۙ
ketika mereka duduk di sekitarnya,
7.
وَّهُمْ عَلٰى مَا يَفْعَلُوْنَ بِالْمُؤْمِنِيْنَ شُهُوْدٌ ۗ
sedang mereka menyaksikan apa yang mereka perbuat terhadap orang-orang mukmin.
8.
وَمَا نَقَمُوْا مِنْهُمْ اِلَّآ اَنْ يُّؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ الْعَزِيْزِ الْحَمِيْدِۙ
Dan mereka menyiksa orang-orang mukmin itu hanya karena (orang-orang mukmin itu) beriman kepada Allah Yang Mahaperkasa, Maha Terpuji,
9.
الَّذِيْ لَهٗ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ ۗوَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيْدٌ ۗ
yang memiliki kerajaan langit dan bumi. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.
10.
اِنَّ الَّذِيْنَ فَتَنُوا الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ ثُمَّ لَمْ يَتُوْبُوْا فَلَهُمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمْ عَذَابُ الْحَرِيْقِۗ
Sungguh, orang-orang yang mendatangkan cobaan (bencana, membunuh, menyiksa) kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan lalu mereka tidak bertobat, maka mereka akan mendapat azab Jahanam dan mereka akan mendapat azab (neraka) yang membakar.
11.
اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَهُمْ جَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ ەۗ ذٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيْرُۗ
Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, itulah kemenangan yang agung.
12.
اِنَّ بَطْشَ رَبِّكَ لَشَدِيْدٌ ۗ
Sungguh, azab Tuhanmu sangat keras.
13.
اِنَّهٗ هُوَ يُبْدِئُ وَيُعِيْدُۚ
Sungguh, Dialah yang memulai pen-ciptaan (makhluk) dan yang menghidupkannya (kembali).
14.
وَهُوَ الْغَفُوْرُ الْوَدُوْدُۙ
Dan Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Pengasih,
15.
ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدُۙ
yang memiliki ‘Arsy, lagi Mahamulia,
16.
فَعَّالٌ لِّمَا يُرِيْدُۗ
Mahakuasa berbuat apa yang Dia kehendaki.
17.
هَلْ اَتٰىكَ حَدِيْثُ الْجُنُوْدِۙ
Sudahkah sampai kepadamu berita tentang bala tentara (penentang),
18.
فِرْعَوْنَ وَثَمُوْدَۗ
(yaitu) Fir‘aun dan Samud?
19.
بَلِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فِيْ تَكْذِيْبٍۙ
Memang orang-orang kafir (selalu) mendustakan,
20.
وَّاللّٰهُ مِنْ وَّرَاۤىِٕهِمْ مُّحِيْطٌۚ
padahal Allah mengepung dari belakang mereka (sehingga tidak dapat lolos).
21.
بَلْ هُوَ قُرْاٰنٌ مَّجِيْدٌۙ
Bahkan (yang didustakan itu) ialah Al-Qur'an yang mulia,
22.
فِيْ لَوْحٍ مَّحْفُوْظٍ ࣖ
yang (tersimpan) dalam (tempat) yang terjaga (Lauh Mahfuzh).
Baca Al Quran Surat Al-Buruj Tulisan Arab Beserta Terjemahan Bahasa Indonesia di Tokopedia Salam

Membaca Al Qur'an setiap hari tentu saja mampu mendatangkan maslahat bagi kita seperti mendapatkan pahala untuk permudah meraih surga dan juga berbagai ganjaran lainnya. Membaca Al Qur'an setiap hari pun juga membuat kita senantiasa teringat kepada sang pencipta sehingga hidup akan terasa lebih tenang dan damai. Namun, bila kamu memiliki mobilitas yang begitu tinggi dan merasa kerepotan membawa kitab Al Qur'an ke mana saja. Kamu tak perlu khawatir lagi. Karena kini dengan adanya fitur Quran yang tersedia di Tokopedia Salam kamu bisa mengakses berbagai surah di dalam Al Quran lengkap dari berbagai juz. Termasuk surah Al-Buruj yang terdiri dari 22 ayat. Rasakan kemudahan meraih pahala membaca Al-Qur'an harian kamu dengan adanya Tokopedia Salam sekarang juga. Install aplikasinya pada ponsel kesayangan kamu dan temukan berbagai surah Al Qur'an tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang bantu kamu dapat memahami Al Qur'an lebih mudah.

Isi dan Kandungan Singkat dari Surat Al-Buruj

Surah Al-Buruj adalah surat urutan ke-85 di dalam Al Qur'an. Surat ini juga memiliki jumlah ayat yang pendek yakni sebanyak 22 ayat. Surat Al-Buruj diturunkan di kota Mekah dan juga termasuk ke dalam surat Makiyyah. Dinamakan "Al-Buruj" yang memiliki arti yaitu gugusan bintang karena diambil dari perkataan "Al-Buruj" yang terdapat pada awal surat ini. Menurut para ulama surat Al-Buruj diturunkan di Makkah setelah surat Asy-Syams. Isi dan pokok kandungan di dalam surat ini membahas tentang sumpah Allah S.W.T dengan langit ciptaan-Nya yang terdapat gugusan-gugusan bintang sebagai tempat bintang-bintang berpusat dan beredar, serta demi hari yang telah dijanjikan-Nya yaitu hari kiamat. Surat Al-Buruj juga mengutarakan sikap dan tindakan-tindakan orang-orang kafir terhadap orang-orang beriman yang mengikuti seruan para Rasul. Orang-orang kafir tersebut tidaklah berbuat keji dan tega menyiksa kaum mukminin karena beriman kepada Allah S.W.T sang pemilik kerajaan langit dan bumi. Surat Al-Buruj juga menjabarkan tentang sifat dan kekuasaan Allah S.W.T. Hanya Allah S.W.T lah yang mampu memberikan azab dan membalas orang-orang dzalim. Tiada seorang Dzat atau makhluk lain yang juga dapat menciptakan dan menghidupkan kembali seseorang.

Ajaran dari Kaum Terdahulu dari Surat Al-Buruj

Raja Fir'aun terkenal akan keburukan dan kekejamannya. Ia mampu melakukan segala cara agar tahta yang dimilikinya tetap terjaga. Begitu pula kaum tsamud yang terkenal akan kecerdikannya. Mereka diknela sebagai kaum yang kuat dan juga sebagai pemahat. Mereka mengubah gunung-gunung menjadi rumah mereka. Kaum tsamud dan Fir'aun mungkin berhasil membuat kerajaan yang megah dan maju. Namun, dengan sikap semena-mena dan kesombongan yang dimilikinya inilah yang akan menghancurkan kehidupan mereka. Mereka selalu melecehkan ajakan untuk berbuat baik yang diperintah oleh para Rasul utusan Allah S.W.T dan juga mendustakan adanya hari kiamat. Sehingga Allah S.W.T memberikan azab bagi mereka. Fir'aun dan para bala tentaranya luluh lantah digulung oleh ombak lautan. Baca Al Qur'an surah Surat Al-Buruj dan berbagai surah lainnya lebih mudah dan praktis lewat Tokopedia Salam. Ayo, download aplikasinya di ponselmu sekarang juga!