بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
1.
وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍۙ
Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela,
2.
ۨالَّذِيْ جَمَعَ مَالًا وَّعَدَّدَهٗۙ
yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya,
3.
يَحْسَبُ اَنَّ مَالَهٗٓ اَخْلَدَهٗۚ
dia (manusia) mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya.
4.
كَلَّا لَيُنْۢبَذَنَّ فِى الْحُطَمَةِۖ
Sekali-kali tidak! Pasti dia akan dilemparkan ke dalam (neraka) Hutamah.
5.
وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْحُطَمَةُ ۗ
Dan tahukah kamu apakah (neraka) Hutamah itu?
6.
نَارُ اللّٰهِ الْمُوْقَدَةُۙ
(Yaitu) api (azab) Allah yang dinyalakan,
7.
الَّتِيْ تَطَّلِعُ عَلَى الْاَفْـِٕدَةِۗ
yang (membakar) sampai ke hati.
8.
اِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُّؤْصَدَةٌۙ
Sungguh, api itu ditutup rapat atas (diri) mereka,
9.
فِيْ عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍ ࣖ
(sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.
Baca Al Quran Surat Al-Humazah Tulisan Arab Beserta Terjemahan Bahasa Indonesia di Tokopedia Salam

Membaca Al Qur'an setiap hari tentu saja mampu mendatangkan maslahat bagi kita seperti mendapatkan pahala untuk permudah meraih surga dan juga berbagai ganjaran lainnya. Membaca Al Qur'an setiap hari pun juga membuat kita senantiasa teringat kepada sang pencipta sehingga hidup akan terasa lebih tenang dan damai. Namun, bila kamu memiliki mobilitas yang begitu tinggi dan merasa kerepotan membawa kitab Al Qur'an ke mana saja. Kamu tak perlu khawatir lagi. Karena kini dengan adanya fitur Quran yang tersedia di Tokopedia Salam kamu bisa mengakses berbagai surah di dalam Al Quran lengkap dari berbagai juz. Termasuk surah Al-Humazah yang terdiri dari 9 ayat. Rasakan kemudahan meraih pahala membaca Al-Qur'an harian kamu dengan adanya Tokopedia Salam sekarang juga. Install aplikasinya pada ponsel kesayangan kamu dan temukan berbagai surah Al Qur'an tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang bantu kamu dapat memahami Al Qur'an lebih mudah.

Pokok Kandungan Surah Al-Humazah

Surah Al-Humazah adalah surat urutan ke-104 di dalam Al Qur'an dan merupakan bagian dari surah Juz 'Amma. Surat ini juga memiliki jumlah ayat yang sebanyak 9 ayat. Surat Al-Humazah merupakan surat di dalam Al Qur'an yang termasuk ke dalam golongan surat Makiyyah yakni surat pendek yang diturunkan di area kota Mekah. Surah Al-Humazah membahas tentang tentang gambaran mengenai kehidupan di mana manusia saat ini yang terkurung dalam kekuasaan harta. Mata dan hati mereka tersilaukan oleh harta benda hingga seringkali menempatkan kepentingan duniawi di atas segalanya bahkan sampai menomor duakan perintah Allah S.W.T. Pada ayat ke-2 dari surat Al-Humazah yang memiliki arti ''yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya.'' Menjelaskan bagaimana kebiasaan orang-orang yang tertipu dengan harta yang dikumpulkan. Kecintaan mereka terhadap harta membuat mereka seringkali menghitung harta-benda berulang kali. Mereka juga sering kali menganggap dirinya lebih baik dari orang lain dengan tolak ukur berupa kepemilikan harta benda. Tak jarang pula mereka suka mengumpat serta mencela orang lain. Padahal sifat atau perilaku ini termasuk ke dalam tindakan yang tak disukai oleh Allah S.W.T.

Ancaman Allah S.WT Kepada Orang yang Suka Mengumpat dan Mencela.

Kata Al Humazah yang terdapat pada ayat pertama surat pendek ini memiliki arti yaitu pengumpat. Pokok isi surat Al Humazah adalah ancaman Allah S.W.T terhadap orang-orang yang suka mencela orang lain, suka mengumpat dan suka mengumpulkan harta tetapi tidak menafkahkannya di jalan Allah S.W.T. Sifat-sifat buruk mereka yang suka mengumpat, mencela dan mengumpulkan harta namun tidak mau menginfakkannya di jalan Allah S.W.T akan mendapatkan ancaman dari Allah S.W.T. Ancaman tersebut berupa neraka hutamah dengan api yang menyala-nyala. Neraka ini akan menghancurkan dan meluluhlantahkan segala sesuatu yang masuk ke dalamnya termasuk para pengumpat dan pengumpul harta dunia. Pintu neraka hutamah akan ditutup dengan rapat sekali sehingga para pengumpat dan pengumpul harta tadi tidak akan pernah bisa keluar dari dalamnya. Baca Al Qur'an surah Surat Al-Humazah dan berbagai surah lainnya lebih mudah dan praktis lewat Tokopedia Salam. Ayo, download aplikasinya di ponselmu sekarang juga!