بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
1.
اَلْقَارِعَةُۙ
Hari Kiamat,
2.
مَا الْقَارِعَةُ ۚ
Apakah hari Kiamat itu?
3.
وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ
Dan tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?
4.
يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ
Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan,
5.
وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ
dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.
6.
فَاَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهٗۙ
Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,
7.
فَهُوَ فِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍۗ
maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang).
8.
وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ
Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,
9.
فَاُمُّهٗ هَاوِيَةٌ ۗ
maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.
10.
وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ
Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?
11.
نَارٌ حَامِيَةٌ ࣖ
(Yaitu) api yang sangat panas.
Baca Al Quran Surat Al-Qari'ah Tulisan Arab Beserta Terjemahan Bahasa Indonesia di Tokopedia Salam

Membaca Al Qur'an setiap hari tentu saja mampu mendatangkan maslahat bagi kita seperti mendapatkan pahala untuk permudah meraih surga dan juga berbagai ganjaran lainnya. Membaca Al Qur'an setiap hari pun juga membuat kita senantiasa teringat kepada sang pencipta sehingga hidup akan terasa lebih tenang dan damai. Namun, bila kamu memiliki mobilitas yang begitu tinggi dan merasa kerepotan membawa kitab Al Qur'an ke mana saja. Kamu tak perlu khawatir lagi. Karena kini dengan adanya fitur Quran yang tersedia di Tokopedia Salam kamu bisa mengakses berbagai surah di dalam Al Quran lengkap dari berbagai juz. Termasuk surah Al-Qari'ah yang terdiri dari 11 ayat. Rasakan kemudahan meraih pahala membaca Al-Qur'an harian kamu dengan adanya Tokopedia Salam sekarang juga. Install aplikasinya pada ponsel kesayangan kamu dan temukan berbagai surah Al Qur'an tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang bantu kamu dapat memahami Al Qur'an lebih mudah.

Isi Kandungan Surah Al-Qari'ah

Surah Al-Qari'ah adalah surat urutan ke-101 di dalam Al Qur'an dan merupakan bagian dari surah Juz 'Amma. Surat ini juga memiliki jumlah ayat yang sebanyak 11 ayat. Nama surat ini diambil dari ayat pertama yang berbunyi Al-Qari'ah dan Al Qari’ah merupakan satu-satunya nama dari surat ini. Surat Al-Qari'ah diturunkan di kota Mekkah dan termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah. Kandungan surah Al-Qari'ah menjelaskan tentang kejadian-kejadian pada hari kiamat yang amat dahsyat. Hingga kata Al Qariah yang merupakan salah satu nama lain dari kiamat diulang tiga kali semata-mata untuk memperingatkan dan mengingatkan manusia akan terjadinya hari kiamat. Saat hari kiamat terjadi umat manusia bertebaran layaknya anai-anai. Manusia akan merasa kebingungan, lemah, hancur dan berhamburan tak tentu arah. Gunung-gunung akan meletus mengeluarkan isinya hingga berhamburan. Setelah kiamatt terjadi selanjutnya terdapat yaumul mizan di mana semua amal perbuatan manusia ditimbang. Bila semasa hidup di dunia orang tersebut memiliki amal perbuatan yang sedikit hingga menyebabkan timbangan kebaikannya ringan maka ia harus menerima nasibnya di tempatkan di neraka. Mereka akan merasakan betapa panasnya api neraka yang menyala-nyala.

Keutamaan Surah Al Qariah

Dari urutan turunnya kepada Rasulullah S.A.W, Surat Al Qari ah merupakan surat ke-30 yang turun setelah Surat Quraisy dan sebelum Surat Al Qiyamah, sedangkan secara urutan mushaf surat Al Qariah merupakan surat ke-101 setelah Surat Al Adiyat. Keutaman surat Al Qariah di antaranya mengandung peringatan dari kejadian mengerikan pada hari kiamat dan azab Allah S.W.T bagi orang-orang yang kurang beramal shalih semasa hidup di dunia. Selain itu, terdapat pula penetapan akidah tentang timbangan amal shaleh dan keburukan serta balasannya yakni berupa surga dan neraka. Surat Al Qariah juga menjelaskan jika manusia pada hari kiamat akan terbagi menjadi dua kelompok di neraka sesuai dengan perbuatan mereka. Barangsiapa yang membaca surat Al-Qari'ah, kelak akan diberatkan timbangan kebaikannya. Baca Al Qur'an surah Surat Al-Qari'ah dan berbagai surah lainnya lebih mudah dan praktis lewat Tokopedia Salam. Ayo, download aplikasinya di ponselmu sekarang juga!