بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
1.
قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ
Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,
2.
مَلِكِ النَّاسِۙ
Raja manusia,
3.
اِلٰهِ النَّاسِۙ
sembahan manusia,
4.
مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ
dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,
5.
الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ
yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
6.
مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ࣖ
dari (golongan) jin dan manusia.”
Baca Al Quran Surah An - Nas Tulisan Arab Beserta Terjemahan Bahasa Indonesia di Tokopedia Salam

Bagi umat muslim membaca surah Al Quran merupakan sesuatu yang sunnah tetapi bila dilakukan mendapatkan banyak pahala, apalagi bila yang ditulis di dalam Al Quran menjadi panduan hidup. Penting bagi umat muslim untuk menyempatkan diri membaca Al Quran setiap harinya selain menambah pahala masih banyak lagi yang bisa didapatkan. Berbagai keutamaan yang didapatkan ketika membaca Al Quran yaitu Seorang muslim yang membaca Al Quran akan dibalas oleh Allah SWT berupa satu kebaikan dan dari satu kebaikan tersebut akan dilipat menjadi 10 kebaikan. Namun masih ada beberapa orang yang masih malas dalam membaca Al Quran, ada juga yang masih beranggapan bahwa membaca Al Quran adalah sesuatu yang sulit padahal bila ditekuni dengan baik membaca Al Quran tidak sesulit seperti kelihatannya. Selain permasalahan tersebut, masalah yang paling umum yaitu tidak mempunyai waktu untuk membaca Al Quran. Untuk menjawab permasalahan tersebut, kini Tokopedia Salam hadir dengan menyediakan berbagai surah di dalam Al Quran lengkap dari berbagai juz. Termasuk surah An - Nas yang terdiri dari 6 ayat. Kamu bisa langsung download aplikasi Tokopedia agar kamu bisa menambah pahala dengan membaca Al Quran kapanpun dan dimanapun.

Makna dan Kandungan Surah An - Nas

Surah An - Nas merupakan surah ke-114 dalam Al Quran yang merupakan surah penutup. Surah ini terdiri dari 5 ayat dan termasuk kedalam golongan surah makkiyah. Makkiyah adalah ayat-ayat yang turun sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Surah-surah Makiyyah turun selama 12 tahun, 5 bulan, 13 hari, dimulai pada 17 Ramadhan. Nama An-Nas diambil dari kata An-Nas yang berulang kali disebut dalam surah ini yang berarti manusia. Didalamnya terdapat anjuran bagi manusia agar memanfaatkan waktu untuk selalu beramal saleh, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran karena apabila tidak mereka akan mendapat rugi baik dunia maupun akhirat. Pada ayat pertama sampai ketiga mengandung pesan untuk mengagungkan Allah Swt sebagai hamba sebelum memohon sesuatu agar dikasihani. Pada ayat keempat sampai keenam menjelaskan tentang nafsu jahat dari diri manusia merupakan bisikan dari iblis yang diwariskan kepada setan dan jin, karena nafsu pada dasarnya diciptakan tidak untuk melawan perintah Allah Swt. Surah An Nas menjelaskan bahwa waswas, adakalanya dari jin dan adakalanya dari manusia. Surah An - Nas juga memberikan penjelasan kepada kita bahwa setan itu bisa dari golongan jin dan bisa dari golongan manusia. Dalam Surah An - Nas, kita menyebut tiga sifat Allah (Rabb, Malik dan Ilah) hanya untuk meminta perlindungan dari satu hal yakni waswas. Demikian ini karena pentingnya keselamatan agama, jauh lebih penting daripada keselamatan jiwa dan raga. Turunnya surah ini bermula ketika Kafir Quraisy Makkah berupaya mencederai Rasulullah dengan ‘ain. Yakni pandangan mata yang merusak atau membinasakan. Lalu Allah menurunkan dan mengajarkan Surah Al Falaq dan Surah An - Nas ini kepada Rasulullah untuk menangkalnya. Ini asbabun nuzul yang menjadi tumpuan pendapat bahwa Surah An - Nas makkiyah.

Keutamaan Membaca Surah An - Nas

Terdapat berbagai ajaran yang terkandung di dalam Surah An - Nas yang dapat kamu implementasikan ke dalam kehidupan sehari - hari agar mendapatkan keberkahan dan fitrah dari-Nya. Keutamaan yang didapat dalam membaca Surah An - Nas yaitu dengan membaca surat An-Nas maka seseorang dapat terlindung dari setiap kejahatan makhluk Allah, Melindungi dari ‘Ain, Melindungi dari Sihir, surat An-Nas juga memiliki keutamaan sebagai obat dan penjagaan. Karena itu, disunnahkan untuk membaca An-Nas sebelum tidur sebanyak 3 kali. Kemudian meniupkannya ke kedua telapak tangan dan mengusapkan tubuh dari kepala hingga anggota tubuh lainnya dan masih banyak keutamaan lainnya yang bisa kamu dapatkan. Oleh karena itu, mulailah membaca Surah An - Nas yang akan mendatang kan banyak keutamaan lainnya. Kini kamu bisa lebih mudah membaca Al Quran Surah An - Nas melalui Tokopedia Salam, jadi tunggu apalagi? Yuk mulai download aplikasinya