بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
1.
اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ
Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,
2.
وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ
dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
3.
وَقَالَ الْاِنْسَانُ مَا لَهَاۚ
Dan manusia bertanya, “Apa yang terjadi pada bumi ini?”
4.
يَوْمَىِٕذٍ تُحَدِّثُ اَخْبَارَهَاۙ
Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,
5.
بِاَنَّ رَبَّكَ اَوْحٰى لَهَاۗ
karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya.
6.
يَوْمَىِٕذٍ يَّصْدُرُ النَّاسُ اَشْتَاتًا ەۙ لِّيُرَوْا اَعْمَالَهُمْۗ
Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.
7.
فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚ
Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,
8.
وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ ࣖ
dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.
Baca Al Quran Surat Az-Zalzalah Tulisan Arab Beserta Terjemahan Bahasa Indonesia di Tokopedia Salam

Membaca Al Qur'an setiap hari tentu saja mampu mendatangkan maslahat bagi kita seperti mendapatkan pahala untuk permudah meraih surga dan juga berbagai ganjaran lainnya. Membaca Al Qur'an setiap hari pun juga membuat kita senantiasa teringat kepada sang pencipta sehingga hidup akan terasa lebih tenang dan damai. Namun, bila kamu memiliki mobilitas yang begitu tinggi dan merasa kerepotan membawa kitab Al Qur'an ke mana saja. Kamu tak perlu khawatir lagi. Karena kini dengan adanya fitur Quran yang tersedia di Tokopedia Salam kamu bisa mengakses berbagai surah di dalam Al Quran lengkap dari berbagai juz. Termasuk surah Az-Zalzalah yang terdiri dari 8 ayat. Rasakan kemudahan meraih pahala membaca Al-Qur'an harian kamu dengan adanya Tokopedia Salam sekarang juga. Install aplikasinya pada ponsel kesayangan kamu dan temukan berbagai surah Al Qur'an tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang bantu kamu dapat memahami Al Qur'an lebih mudah.

Kandungan Surah Az-Zalzalah

Surah Az-Zalzalah adalah surat urutan ke-99 di dalam Al Qur'an dan merupakan bagian dari surah Juz 'Amma. Kata Az-Zalzalah sendiri memiliki arti secara bahasa yaitu kegoncangan. Surat ini juga memiliki jumlah ayat yang sebanyak 8 ayat. Surat Az-Zalzalah diturunkan di kota Madinah dan termasuk ke dalam golongan surah Madaniyyah. Surah ini diturunkan setelah surah An Nisaa. Dinamai Al Zalzalah yang berarti 'kegoncangan' karena diambil dari perkataan atau lafal Zalzala yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Adapun kandungan dari surah Az-Zalzalah adalah kegoncangan bumi yang amat hebat pada hari kiamat dan kebingungan manusia ketika itu. Bumi tempat tinggal manusia bergetar dan berguncang dengan goncangan yang sangat dahsyat hingga bumi memuntahkan semua isi yang telah dikandungnya. Mulai dari bebatuan, logam, lava hingga jenazah yang sudah mati. Akibat dari kengerian terjadinya hari kiamat itu para wanita yang sedang menyusui akan melupakan bayinya dan wanita yang sedang hamil akan keguguran. Pada hari kiamat manusia akan dikumpulkan dan dihisab atau dihitung segala amal perbuatan mereka ketika hidup di dunia.

Keutamaan Surah Az-Zalzalah

Bacaan di dalam Al-Qur'an tak hanya berisi tentang peringatan dan juga anjuran kepada hamba-hamba-nya. Melainkan juga memuat banyak manfaat bagi pembacanya. Seperti di saat kamu membaca surah Az-Zalzalah. Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa, Rasulullah S.A.W bersabda: ''Barang siapa membaca surat Idza Zulzilat (surah Az-Zalzalah), maka baginya sama dengan setengah Al Quran, barang siapa membaca Qul ya ayyuhal kafirun, maka baginya sama dengan seperempat Al Quran dan barang siapa membaca Qul Huawallahu Ahad maka baginya sama dengan sepertiga Al Quran.'' Abu Abdillah r.a juga mengutarakan tentang keutamaan bacaan surah az-Zalzalah. Barang siapa yang membacanya di dalam shalat sunah, maka Allah S.W.T tidak akan menimpakan keguncangan selamanya dan (ia) tidak akan mati oleh gempa bumi, petir, atau musibah-musibah dunia lainnya. Namun, apabila mati ia diperkenankan masuk surga.” Baca Al Qur'an surah Surat Az-Zalzalah dan berbagai surah lainnya lebih mudah dan praktis lewat Tokopedia Salam. Ayo, download aplikasinya di ponselmu sekarang juga!