Baca Al Quran Surat Saba' Tulisan Arab Beserta Terjemahan Bahasa Indonesia di Tokopedia Salam

Membaca Al Qur'an setiap hari tentu saja mampu mendatangkan maslahat bagi kita seperti mendapatkan pahala untuk permudah meraih surga dan juga berbagai ganjaran lainnya. Membaca Al Qur'an setiap hari pun juga membuat kita senantiasa teringat kepada sang pencipta sehingga hidup akan terasa lebih tenang dan damai. Namun, bila kamu memiliki mobilitas yang begitu tinggi dan merasa kerepotan membawa kitab Al Qur'an ke mana saja. Kamu tak perlu khawatir lagi. Karena kini dengan adanya fitur Al Quran yang tersedia di Tokopedia Salam kamu bisa mengakses berbagai surah di dalam Al Quran lengkap dari berbagai juz. Termasuk surah Saba' yang terdiri dari 54 ayat. Rasakan kemudahan meraih pahala membaca Al-Qur'an harian kamu dengan adanya Tokopedia Salam sekarang juga. Install aplikasinya pada ponsel kesayangan kamu dan temukan berbagai surah Al Qur'an tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang bantu kamu dapat memahami Al Qur'an lebih mudah.

Cerita Kaum Saba dalam Al Quran Surat Saba'

Surat Saba' yang terdiri atas 54 ayat ini menceritakan tentang kisah kaum saba yaitu nama kabilah suatu bangsa Arab yang hidup di Yaman. Kaum Saba' berhasil mendirikan sebuah kerajaan yang makmur dan subur. Kerjaan itu bernama Saba'iyyah yang beribu kota di Ma'rib. Namun, lama kelamaan kaum Saba' ini kemudian menjadi kufur atas nikmat yang diberikan oleh Allah S.W.T. Kaum Saba' ini lantas menjadi ingkar terhadap seruan Allah S.W.T dan juga Rasulnya. Sehingga membuat Allah S.W.T memberikan azab yang begitu pedih bagi mereka berupa banjir besar Arim karena bendungan Ma rib yang mereka bangun secara besar-besaran runtuh. Hanya ada tiga jenis tanaman berupa pohon yang dapat bertahan dari banjir itu. Yaitu pohon sidr, tamarix dan khamț atau siwak seperti yang dijelaskan pada ayat ke-19 QS Saba sebagai berikut ''Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr.'' Setelah air di dalam bendungan yang menjadi sumber daya mereka ini habis tak bersisa maka tinggalah tanah kering yang mereka tempati. Kemudaian penduduuk dan negeri tersebut berangsur-angsur menjadi hancur tak tersisa. Maka dari itulah, turunnya surat ini dapat menjadi peringatan bagi kita umat manusia agar selalu bersyukur dan mengingat atas rejeki yang diberikan oleh Allah S.W.T.

Fadhilah dan Khasiat Surat Saba'

Membaca surat Saba' setiap hari dapat memberikan berbagai keutamaan dan manfaat. Di antaranya adalah mampu menghindarkan kita dari berbagai bencana. Selain itu, membaca surat Saba' secara istiqamah juga dapat membantu menyuburkan tanaman. Allah S.W.T adalah Tuhan yang maha pencipta lagi maha mendengar. Oleh karena itu, berdoalah kepada-Nya sembari dengan membaca surat Saba' setiap seusai sholat agar diberi limpahan rahmat dan rejeki yang besar. Hal ini sesuai dengan QS Saba' ayat 39 yang berbunyi "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)." Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya. Surat Saba' juga dapat dijadikan sebagai senjata dalam melawan orang zalim yang menyakiti kita. Baca Al Qur'an surah Al Saba’ dan berbagai surat lainnya lebih mudah dan praktis lewat Tokopedia Salam. Ayo, download aplikasinya di ponselmu sekarang juga!