×
Cek seluruh balasan dari Tokopedia Care disini
Kembali ke Pusat Bantuan

Layanan Asuransi Pengiriman Tokopedia

Terkait transaksi:

Total:

Asuransi Pengiriman merupakan layanan yang disediakan untuk melindungi transaksi yang terjadi di Tokopedia. Dengan bekerja sama dengan PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia, segala transaksi yang menggunakan layanan ini, akan terlindungi dari segala kendala yang terjadi pada proses pengiriman seperti kehilangan atau kerusakan barang, termasuk layanan free return. Yang dimaksud dengan transaksi di Tokopedia mencakupi proses pengiriman awal (Shipment), retur (Return), dan pengiriman kembali (Re-shipment). Pengiriman return dan re-shipment berlaku jika barang yang diterima pembeli tidak sesuai.

User-added image

Informasi Seputar Layanan Asuransi Pengiriman
  1. Asuransi Pengiriman yang melindungi barang bukan lagi berasal dari masing-masing kurir ekspedisi pilihan pembeli, melainkan tanggung jawab dari PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia sepenuhnya.
  2. Semua ekspedisi dan layanan yang bekerja sama dengan Tokopedia akan memiliki Asuransi Pengiriman yang dapat dipilih oleh pembeli dengan tambahan premi sebesar 0.25% (Nol koma dua puluh lima persen) dari total harga barang + ongkos kirim. Tambahan premi ini tidak akan dikenakan kepada pembeli jika berbelanja di toko Official Store, karena tambahan premi akan sepenuhnya ditanggung oleh Tokopedia Official Store (mulai berlaku 25 Maret 2019).
  3. Batas waktu pelaporan awal ke Tokopedia untuk pengajuan klaim terkait pesanan yang berkendala hilang/rusak jika menggunakan kurir konvensional maksimal 7x24 jam hari kalender dan 3x24 jam hari kalender jika menggunakan kurir instant sejak status pesanan delivered.
  4. Tanggungan yang akan diberikan oleh pihak Asuransi senilai harga barang + ongkos kirim awal + ongkos return + ongkos re-shipment  maksimal Rp 100.000.000,- (Seratus juta rupiah) per invoice. Apabila barang yang diterima Pembeli tidak sesuai dengan pesanan maka pihak asuransi  akan menanggung biaya ongkos kirim awal dan atau ongkos kirim return dan atau ongkos kirim re-shipment. Maksimal pergantian ongkos kirim yang ditanggung senilai ongkos kirim awal yang tertera pada invoice.
  5. Layanan Asuransi Pengiriman tidak akan dapat dipilih untuk produk jenis “Makanan dan Minuman” terkecuali pembelian dilakukan menggunakan jenis service pengiriman Instant dan atau Sameday.
  6. Untuk kasus barang rusak, apabila pengajuan klaim telah disetujui dan barang tersebut bernilai Rp1.000.000,- (Satu juta rupiah) atau lebih; dan atau kategori Elektronik; dan atau barang tersebut masih memiliki nilai jual dan nilai fungsi, Pembeli / Penjual diwajibkan melakukan penyerahan barang tersebut kepada pihak PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia. Biaya pengembalian barang (ongkos kirim retur) tersebut akan ditanggung dengan sistem reimburse oleh pihak Tokopedia.
  7. Batas waktu pengiriman barang rusak ke PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia 3x24 jam hari kerja sejak pengajuan klaim disetujui.
  8. Pembeli / Penjual diwajibkan melampirkan bukti foto resi fisik kepada pihak Tokopedia, untuk keperluan reimburse biaya pengembalian ongkos kirim tersebut. Apabila tidak melampirkan bukti foto resi fisik maka biaya pengembalian ongkos kirim tersebut tidak ditanggung. Kurir yang digunakan harus menggunakan kurir konvensional yang bekerja sama dengan Tokopedia. Tidak berlaku DFOD (Delivery Fee on Delivery).
  9. Dalam kasus barang hilang atau rusak, tetapi tidak menggunakan Asuransi Pengiriman, maka apabila terjadi kehilangan atau kerusakan barang, Penjual tetap akan mendapat pergantian dari Partner Logistik sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari masing-masing kurir yang digunakan.
  10. Karena Asuransi Pengiriman merupakan tanggung jawab PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia, Penjual tidak perlu membayarkan premi kepada ekspedisi sehingga penjual tidak akan mendapatkan jumlah premi asuransi yang tertera ketika transaksi telah selesai.
  11. Asuransi Pengiriman tidak berlaku apabila penjual dan atau pembeli melakukan pengiriman dan atau pengembalian barang dengan beberapa resi terpisah untuk satu invoice.
  12. Asuransi Pengiriman tidak berlaku jika pengiriman awal barang menggunakan kurir instant/sameday (sistem pick up Gojek dan Grab) yang dipesan secara pribadi/ manual dan tidak tercatat di sistem Tokopedia.
  13. Asuransi Pengiriman tidak menjamin/ tidak berlaku jika keterangan produk pada invoice tidak sesuai dengan produk sebenarnya/produk aslinya.
  14. Asuransi Pengiriman tidak berlaku untuk semua jenis makanan; dan atau minuman; dan atau obat-obatan yang tidak terdaftar dalam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih atas masukanmu

Artikel Terkait

Butuh bantuan lebih lanjut?

Tim Tokopedia Care kami selalu siap untuk melayani selama 24/7

Beritahu kami alasannya
Total:
Pilih