Cek seluruh balasan dari Tokopedia Care di sini
Kembali ke Pusat Bantuan

Bagaimana Layanan Asuransi Pengiriman di Tokopedia?

Terkait transaksi:
Total:
Asuransi Pengiriman merupakan layanan yang disediakan untuk melindungi transaksi yang terjadi di Tokopedia. Dengan bekerja sama dengan PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia, segala transaksi yang menggunakan layanan ini, akan terlindungi dari segala kendala yang terjadi pada proses pengiriman seperti kehilangan atau kerusakan barang, termasuk layanan free return. Yang dimaksud dengan transaksi di Tokopedia mencakupi proses pengiriman awal (Shipment), retur (Return), dan pengiriman kembali (Re-shipment). Pengiriman return dan re-shipment berlaku apabila barang yang diterima pembeli tidak sesuai.
User-added image

 
  • Informasi
  • FAQ
  • S&K
  1. Asuransi Pengiriman yang melindungi barang bukan lagi berasal dari masing-masing kurir ekspedisi pilihan pembeli, melainkan tanggung jawab dari PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia sepenuhnya.
  2. Semua ekspedisi dan layanan yang bekerja sama dengan Tokopedia akan memiliki Asuransi Pengiriman yang dapat dipilih oleh pembeli dengan tambahan premi sebesar 0.40% (Nol koma empat puluh persen) dari harga Invoice dengan pembulatan ke atas ke nominal ratusan terdekat. Tambahan premi ini tidak akan dikenakan kepada pembeli apabila berbelanja di toko Official Store, karena tambahan premi akan sepenuhnya ditanggung oleh Tokopedia Official Store (mulai berlaku 25 Maret 2019).
  3. Batas waktu pelaporan awal ke Tokopedia untuk pengajuan klaim terkait pesanan yang berkendala hilang/rusak apabila menggunakan kurir konvensional maksimal 7x24 jam hari kalender dan 3x24 jam hari kalender apabila menggunakan kurir instant sejak status pesanan delivered.
  4. Tanggungan yang akan diberikan oleh pihak Asuransi senilai harga barang + ongkos kirim awal + ongkos return + ongkos re-shipment  maksimal Rp 100.000.000,- (Seratus juta rupiah) per invoice. Apabila barang yang diterima Pembeli tidak sesuai dengan pesanan maka pihak asuransi  akan menanggung biaya ongkos kirim awal dan atau ongkos kirim return dan atau ongkos kirim re-shipment. Maksimal pergantian ongkos kirim yang ditanggung senilai ongkos kirim awal yang tertera pada invoice.
  5. Layanan Asuransi Pengiriman tidak akan dapat dipilih untuk produk jenis “Makanan dan Minuman” terkecuali pembelian dilakukan menggunakan jenis service pengiriman Instant dan atau Sameday.
  6. Untuk kasus barang rusak, apabila pengajuan klaim telah disetujui dan barang tersebut bernilai Rp1.000.000,- (Satu juta rupiah) atau lebih; dan atau kategori Elektronik; dan atau barang tersebut masih memiliki nilai jual dan nilai fungsi, Pembeli / Penjual diwajibkan melakukan penyerahan barang tersebut kepada pihak PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia. Biaya pengembalian barang (ongkos kirim retur) tersebut akan ditanggung dengan sistem reimburse oleh pihak Tokopedia.
  7. Batas waktu pengiriman barang rusak ke PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia 3x24 jam hari kerja sejak pengajuan klaim disetujui.
  8. Pembeli / Penjual diwajibkan melampirkan bukti foto resi fisik kepada pihak Tokopedia, untuk keperluan reimburse biaya pengembalian ongkos kirim tersebut. Apabila tidak melampirkan bukti foto resi fisik maka biaya pengembalian ongkos kirim tersebut tidak ditanggung. Kurir yang digunakan harus menggunakan kurir konvensional yang bekerja sama dengan Tokopedia. Tidak berlaku DFOD (Delivery Fee on Delivery).
  9. Dalam kasus barang hilang atau rusak, tetapi tidak menggunakan Asuransi Pengiriman, maka apabila terjadi kehilangan atau kerusakan barang, Penjual tetap akan mendapat pergantian dari Partner Logistik sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari masing-masing kurir yang digunakan.
  10. Karena Asuransi Pengiriman merupakan tanggung jawab PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia, Penjual tidak perlu membayarkan premi kepada ekspedisi sehingga penjual tidak akan mendapatkan jumlah premi asuransi yang tertera ketika transaksi telah selesai.
  11. Asuransi Pengiriman tidak berlaku apabila penjual dan atau pembeli melakukan pengiriman dan atau pengembalian barang dengan beberapa resi terpisah untuk satu invoice.
  12. Asuransi Pengiriman tidak berlaku apabila pengiriman awal barang menggunakan kurir instant/sameday (sistem pick up Gojek dan Grab) yang dipesan secara pribadi/ manual dan tidak tercatat di sistem Tokopedia.
  13. Asuransi Pengiriman tidak menjamin/ tidak berlaku apabila keterangan produk pada invoice tidak sesuai dengan produk sebenarnya/produk aslinya.
  14. Asuransi Pengiriman tidak berlaku untuk semua jenis makanan; dan atau minuman; dan atau obat-obatan yang tidak terdaftar dalam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).
  1. Apa itu Layanan Asuransi Pengiriman oleh Tokio Marine?

    Layanan Asuransi yang disediakan untuk melindungi barang yang dibeli pengguna pada situs Tokopedia, dari kemungkinan kendala yang terjadi pada proses pengiriman menggunakan layanan ekspedisi yang tersedia di Tokopedia, seperti kehilangan maupun kerusakan barang. Dalam hal ini, Tokopedia bekerja sama dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia sebagai pihak penjamin.
     

  2. Apa bedanya dengan asuransi dari ekspedisi?

    Untuk kenyamanan dan standardisasi bagi pengguna Tokopedia, Asuransi Pengiriman oleh Tokio Marine hadir dengan premi yang seragam yaitu 0.40% (Nol koma empat puluh persen) dari harga Invoice dengan pembulatan ke atas ke nominal ratusan terdekat. Jumlah pertanggungan ialah sampai dengan Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) per transaksi. Proses klaim juga lebih mudah karena dibantu oleh Tokopedia agar dapat di proses oleh PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.
     

  3. Apakah syarat untuk menggunakan layanan asuransi pengiriman sama dengan syarat asuransi dari ekspedisi sebelumnya?

    Tidak ada syarat dan ketentuan khusus, setiap transaksi dapat menggunakan asuransi pengiriman, kecuali makanan & minuman, harus menggunakan layanan sameday dan atau instant.
     

  4. Bagaimana cara saya mengajukan klaim asuransi untuk transaksi yang berkendala akibat proses pengiriman?

    Bila pada proses pengiriman terjadi kendala (hilang atau rusak) maka barang kamu tersebut dapat dilaporkan melalui Pusat Resolusi atau pusat bantuan (Hubungi kami) agar bisa dibantu klaim asuransinya. Namun apabila kamu tidak menggunakan asuransi pengiriman oleh Tokio Marine dan barang yang kamu beli mengalami kendala (hilang atau rusak) maka klaim tidak dapat diajukan kepada PT Asuransi Tokio Marine Indonesia dan dapat dilakukan klaim ke ekspedisi yang digunakan melalui Tokopedia, yang mana apabila pengajuan klaim disetujui oleh pihak ekspedisi maka pergantian akan dilakukan sebesar 10 kali ongkos kirim atau maksimum Rp1.000.000 dengan pemilihan nominal yang paling rendah di antara keduanya, dimana nominal tersebut nantinya akan ditujukan untuk pihak penjual.
     

  5. Berapa lama waktu investigasi apabila terjadi kendala yang menggunakan layanan asuransi pengiriman oleh Tokio Marine?
     

    Kendala Pesanan Belum Diterima (Status Pesanan Delivered) / Fake Delivery
    Kondisi dimana status pengiriman pada tracking ekspedisi “Telah Diterima” namun pembeli belum menerima barang. Untuk kasus tersebut Tokopedia akan meminta konfirmasi dari pihak ekspedisi pengiriman terkait. Berikut waktu investigasi pada masing-masing ekspedisi:
    User-added image).

    Kendala Pesanan Belum Sampai (Status Pesanan Shipping)
    Kondisi dimana status pengiriman pada tracking ekspedisi tidak mengalami perubahan / perkembangan status pengirimannya. Untuk kasus tersebut Tokopedia akan meminta konfirmasi dari pihak ekspedisi pengiriman terkait. Berikut waktu investigasi pada masing-masing ekspedisi:
    User-added image

  6. Untuk kasus barang hilang, Tokopedia membutuhkan BAP Kehilangan dan BAP Kepolisian (untuk transaksi lebih dari Rp 5.000.000,-) dari pihak ekspedisi. Setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak ekspedisi bahwa paket dinyatakan hilang maupun rusak, maka akan diajukan proses investigasi ke PT Asuransi Tokio Marine Indonesia selama 1×24 jam kerja setelah seluruh dokumen sudah dilengkapi dan diserahkan ke PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.
  7. Kendala apa saja yang dapat dicover klaim oleh pihak asuransi?

    Kendala yang dapat diajukan klaim yaitu, barang hilang atau rusak secara keseluruhan maupun sebagian.

    1. Untuk barang hilang keseluruhan, yang tercover asuransi adalah senilai invoice, yaitu harga barang dan ongkos kirim (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
    2. Untuk barang hilang sebagian, yang tercover asuransi adalah sebagian barang yang tidak diterima oleh pembeli dikarenakan barang hilang dalam proses pengiriman. Nominal yang dapat dilakukan pergantian adalah seharga barang yang kurang beserta ongkos kirim disesuaikan (prorata) dengan berat barang yang hilang (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
    3. Untuk barang rusak secara keseluruhan maupun sebagian, yang tercover asuransi adalah barang yang rusak secara fisik karena pengiriman, bukan rusak fungsi sistem barang. Nominal yang akan dilakukan pergantian adalah seharga barang rusak ditambah ongkos kirim sesuai dengan berat produk rusak dan ongkos retur apabila barang harus dilakukan retur kepada pihak asuransi  (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
  8. Apa yang harus dilakukan oleh pembeli terhadap barang rusak?

    Apabila harga barang di atas Rp1.000.000,- (Satu juta rupiah), berupa elektronik, atau masih memiliki nilai fungsi maka barang tersebut dapat diretur terlebih dahulu ke alamat yang diberikan oleh Tokopedia, dan nantinya pergantian yang diterima adalah seharga barang dengan ongkos kirim awal dan ongkos kirim retur. Ongkos retur akan ditanggung pihak Tokopedia dengan cara reimburse. Pembeli diwajibkan melampirkan nomor resi dan bukti fisik resi kepada pihak Tokopedia, untuk keperluan reimburse biaya pengembalian barang ke PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.

Syarat dan Ketentuan Layanan Asuransi Pengiriman merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan fitur Layanan Asuransi Pengiriman tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, & Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Apabila Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggAunakan layanan di www.tokopedia.com.
Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Barang adalah benda berwujud/memiliki fisik yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs/Aplikasi.
  6. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  7. Layanan Asuransi Pengiriman adalah layanan tambahan yang disediakan untuk melindungi Barang yang dibeli oleh Pembeli dari risiko yang mungkin timbul dalam proses pengiriman menggunakan layanan pengiriman Barang yang tersedia di Situs/Aplikasi.
  8. Mitra adalah PT Asuransi Tokio Marine Indonesia, yang merupakan perusahaan asuransi penyedia layanan asuransi pengiriman Barang yang menjadi mitra Tokopedia untuk menyediakan Layanan Asuransi Pengiriman pada Situs/Aplikasi.
  9. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  10. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Layanan Asuransi Pengiriman.

B. Umum
  1. Layanan Asuransi Pengiriman hanya bisa digunakan oleh Pengguna yang terdaftar di Situs/Aplikasi.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Layanan Asuransi Pengiriman disediakan oleh Mitra.
  3. Asuransi pengiriman yang melindungi Barang bukan lagi merupakan tanggung jawab dari masing-masing jasa pengiriman Barang pilihan Pembeli, melainkan tanggung jawab dari Mitra.
  4. Pengguna dapat mengajukan klaim pertanggungan risiko melalui Situs/Aplikasi, namun Tokopedia tidak dapat dianggap bertanggung jawab atas kendala yang mungkin timbul selama proses klaim kecuali dapat dibuktikan sebaliknya.
  5. Pengguna dengan ini memahami bahwa penyediaan layanan asuransi pengiriman sepenuhnya merupakan tanggung jawab dari Mitra, sehingga apabila terjadi permasalahan, sengketa atau kerugian yang timbul atas pelaksanaan layanan asuransi pengiriman, termasuk namun tidak terbatas proses klaim kepada Mitra, Pengguna dengan ini menyetujui untuk melepaskan Tokopedia dari seluruh tanggung jawab terkait pertanggungan resiko atas layanan asuransi pengiriman.
  6. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa proses dan keputusan atas klaim pertanggungan risiko merupakan kewenangan dari Mitra.
  7. Tokopedia berwenang untuk melakukan perubahan pada seluruh atau sebagian daripada Syarat dan Ketentuan ini.
  8. Untuk pemahaman lebih lanjut, Pengguna dapat melihat FAQ seputar Layanan Asurani Pengiriman.

C. Kelayakan Pengguna
  1. Pengguna wajib untuk melakukan klaim Layanan Asuransi Pengiriman melalui Pusat Resolusi atau laman Hubungi Kami pada Situs/Aplikasi.
  2. Pengguna yang memilih Layanan Asuransi Pengiriman akan dikenakan biaya premi sebesar 0,25% (nol koma dua puluh lima persen) dari total harga Barang ditambah biaya pengiriman.
  3. Jumlah maksimal pertanggungan risiko oleh Mitra terhadap Barang dan biaya pengiriman adalah sebesar Rp 100.000.000,- (seratus juta Rupiah) per transaksi.
  4. Pengguna yang memilih layanan pengiriman Barang menggunakan Wahana untuk Barang dengan harga lebih besar dari Rp 199.000,- (seratus sembilan puluh sembilan ribu Rupiah) wajib menggunakan asuransi yang disediakan oleh Wahana dan tidak dapat menggunakan Layanan Asuransi Pengiriman yang disediakan oleh Mitra.
  5. Kendala yang dapat diajukan klaim adalah kendala Barang hilang atau rusak, baik secara keseluruhan maupun sebagian, beserta biaya ongkos kirim Barang dari Penjual ke Pembeli, biaya ongkos kirim pengembalian Barang dari Pembeli ke Penjual apabila barang tidak sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Untuk Barang yang hilang keseluruhan, pertanggungan risiko adalah senilai invoice, yaitu harga Barang dan ongkos kirim (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
    2. Untuk Barang yang hilang sebagian, pertanggungan risiko adalah terhadap sebagian Barang yang tidak diterima oleh Pembeli dikarenakan Barang hilang dalam proses pengiriman. Nominal yang dapat dilakukan pergantian adalah seharga Barang yang kurang beserta ongkos kirim disesuaikan (prorata) dengan berat Barang yang hilang (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
    3. Untuk Barang rusak secara keseluruhan maupun sebagian, pertanggungan risiko adalah terhadap Barang yang rusak secara fisik karena pengiriman, bukan rusak fungsi sistem Barang. Nominal yang akan dilakukan pergantian adalah seharga Barang rusak ditambah ongkos kirim sesuai dengan berat produk rusak dan ongkos retur apabila Barang harus dilakukan retur kepada Mitra (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
    4. Untuk Barang yang diterima Pembeli dan tidak sesuai dengan pesanan, maka Mitra akan menanggung biaya ongkos kirim pengembalian Barang dari Pembeli ke Penjual  sebesar nilai biaya ongkos kirim pada saat pemesanan Barang awal sesuai biaya ongkos kirim pada invoice pembelian Barang (tidak termasuk dengan biaya asuransi).

D. Jaminan dan Batasan Penggunaan Layanan
  1. Layanan Asuransi Pengiriman menjamin risiko terhadap kerugian berupa kehilangan atau kerusakan yang terjadi selama proses pengiriman oleh layanan pengiriman Barang yang terdapat pada Situs/Aplikasi dari lokasi Penjual ke lokasi Pembeli untuk 1 (satu) kali pengiriman menggunakan 1 (satu) nomor resi, pada Barang yang diasuransikan kecuali yang masuk dalam pengecualian.
  2. Layanan Asuransi Pengiriman menjamin risiko terhadap ongkos kirim yang terjadi dalam proses pengiriman apabila Barang tidak sesuai dengan pesanan.
  3. Pengguna memahami bahwa Mitra tidak dapat menjamin risiko terhadap:
    1. Kerugian atas kerusakan Barang atau biaya yang diakibatkan oleh kesalahan yang disengaja oleh Pengguna.
    2. Berkurangnya berat atau volume yang wajar karena sifat Barang yang diasuransikan, atau keausan yang wajar dari Barang yang diasuransikan.
    3. Kerugian atas kerusakan Barang atau biaya yang disebabkan oleh tidak memadainya atau tidak sesuainya pembungkus atau penyiapan Barang yang diasuransikan dalam rangka melindunginya selama dalam perjalanan, dimana pembungkusan atau penyiapan tersebut dilakukan oleh tertanggung atau karyawannya atau sebelum dimulainya asuransi (untuk keperluan klausul ini, “pembungkus” dianggap termasuk penyusunan di dalam kontainer dan “karyawan” tidak termasuk rekanan).
    4. Kerugian atas kerusakan Barang atau biaya yang disebabkan oleh kerusakan sendiri atau sifat alamiah Barang yang diasuransikan.
    5. Kerugian atas kerusakan Barang atau biaya yang disebabkan dari insolvensi atau kegagalan keuangan pemilik, pengelola, pencarter, atau operator kapal, dimana Pengguna mengetahui, atau pada praktek umumnya seharusnya mengetahui bahwa insolvensi atau kegagalan keuangan tersebut dapat mengganggu perjalanan.
    6. Kerugian yang dialami apabila perjanjian asuransi telah diberikan kepada pihak yang menyatakan telah membeli atau setuju untuk membeli Barang yang diasuransikan dalam iktikad baik dengan perjanjian yang mengikat.
    7. Kerugian atas kerusakan Barang atau biaya langsung atau tidak langsung yang timbul dari pemakaian senjata atau peralatan perang apapun yang menggunakan tenaga atom atau fisi dan/atau fusi nuklir atau reaksi lain sejenisnya atau kekuatan atau bahan radioaktif.
  4. Layanan Asuransi Pengiriman tidak berlaku untuk pengiriman Barang yang melanggar ketentuan Jenis Barang yang terdapat pada Syarat dan Ketentuan Situs DISINI.
  5. Apabila Pengguna hendak melakukan transaksi dan pengiriman barang bekas, diwajibkan untuk menyertakan minimal 3 (tiga) foto yang dapat memperlihatkan kondisi Barang tersebut sebelum dikirim.

 

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih atas masukanmu

Artikel Terkait

Butuh bantuan lebih lanjut?

Tim Tokopedia Care kami selalu siap untuk melayani selama 24/7

Beritahu kami alasannya
Total:
Pilih