Pencarian populer

Akun Saya-icon

Akun Saya

Lihat Semua Topik

Akun Saya

Sambungin Akun Tokopedia dan Gojek

Hai Toppers, sangat membahagiakan bagi kami untuk berbagi informasi dengan kamu bahwa Gojek dan Tokopedia telah memutuskan untuk bergabung sebagai satu entitas. Jika kamu sudah menjadi pengguna Gojek dan Tokopedia, maka kamu dapat menikmati berbagai manfaat yang akan membuat pembelian, perjalanan, dan pengalaman secara keseluruhan dalam menggunakan Gojek dan Tokopedia menjadi lebih baik.

Untuk menikmati manfaat tersebut, kamu perlu melakukan langkah sederhana dengan menyambungkan akun Tokopedia dan Gojek kamu.

Menyambungkan akun kamu adalah proses opsional dan tidak akan ada konsekuensi jika saat ini kamu memilih untuk tidak menyambungkan akun.

Silakan merujuk ke detail FAQ di bawah ini untuk proses menyambungkan akun Gojek dan Tokopedia.
  • FAQ
  • Cara Sambungin Akun Tokopedia & Gojek

Q: Saya pengguna Tokopedia dan Gojek. Apa yang harus saya lakukan untuk dapat Sambungin Akun keduanya?
Perlu diketahui untuk “Sambungin Akun” bisa dinikmati secara bertahap oleh pengguna. Ketika kamu login ke akun Tokopedia dan kamu sudah termasuk pengguna yang bisa menikmati fitur untuk “Sambungin Akun” kamu dapat langsung klik Aktivasi pada halaman Home. Kamu dapat “Sambungin Akun” pada halaman Home atau Menu Pengaturan Profil di akun Tokopedia atau Gojek kamu.

Jika kamu melakukan “Sambungin Akun”, kamu akan diminta untuk melakukan validasi One Time Password (OTP) ke nomor telepon untuk membuktikan kepemilikan atas akun kamu. Setelah melakukan validasi One Time Password (OTP), akun kamu akan berhasil disambungkan. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi PIN Gopay agar Gopay wallet kamu juga dapat terlink dan dapat digunakan.

Q: Apa manfaat Sambungin Akun ke Gojek dan Tokopedia?
Sambungin Akun Kamu akan memberi manfaat seperti:

  1. Memunculkan saldo Gopay di aplikasi Tokopedia, sehingga kamu dapat melihat saldo Gopay dan juga menggunakan Gopay untuk transaksi di Tokopedia.
  2. GoPay Coins dapat digunakan di aplikasi Tokopedia dan nantinya bisa digunakan di Gojek.
  3. Penyesuaian Status Keanggotaan akan disetarakan. Jadi misalkan kamu pengguna Boss di GoClub Gojek dan Pengguna Baru di Tokopedia, maka status membership kamu di Tokopedia akan berubah menjadi Gold.

Q: Bagaimana cara memastikan bahwa Sambungin Akun Tokopedia dan Gojek saya aman?
Menyambungkan akun kamu tidak akan mengurangi standar keamanan baik di Gojek maupun Tokopedia. Semua prosedur keamanan yang ada (misalnya seperti One Time Password (OTP) saat kamu mencoba masuk) akan tetap sama seperti sebelumnya. Akun kamu akan tetap aman dan terjaga.

Q: Apakah data akun di akun Gojek atau akun Tokopedia bisa dibagikan ke salah satu aplikasi? Saya khawatir informasi pribadi saya bisa dibagikan.
Ketika akun disambungkan, kamu secara eksplisit memberikan izin kepada Tokopedia dan Gojek untuk membaca data profil di kedua aplikasi, sesuai dengan Kebijakan Privasi Tokopedia.

Q: Jika saya berubah pikiran, apakah saya bisa membatalkan penyambungan kedua akun (unlink)?
Jika kamu ingin membatalkan penyambungan akun mu yang sudah tersambung (unlink), kamu dapat melakukannya di halaman Pengaturan Profil di masing-masing aplikasi.

Pada aplikasi Tokopedia user dapat mengikuti langkah berikut:
  1. Login ke Akun Tokopedia.
  2. Akses halaman akun.
  3. Klik Akun yang terhubung.
  4. Klik Hubungi Tokopedia Care.

Harap diperhatikan, bahwa pembatalan “Sambungin Akun” akan membuat kamu tidak dapat menggunakan GoPay Coins & GoPay di Tokopedia sehingga kamu harus “Sambungin Akun” lagi jika kamu ingin menggunakan GoPay Coins & GoPay di Tokopedia. Pastikan nomor telepon yang kamu gunakan di Gojek dan Tokopedia sama ya.

Q: Saya pengguna baru di Tokopedia. Apakah saya juga perlu mendaftar di Gojek?
Ya, kamu perlu mendaftarkan akun di Gojek atau saat kamu melakukan “Sambungin Akun” kamu bisa sekaligus mendaftarkan akun Gojek. Perlu diketahui juga, ketika kamu mendaftar di Tokopedia, kami akan memberikan kamu pilihan opsional untuk menggunakan nomor telepon untuk:
  1. Jika kamu belum memiliki akun Gojek: Buat akun baru Gojek menggunakan nomor telepon dan segera sambungkan ke akun Tokopedia.
  2. Jika kamu sudah memiliki akun Gojek dengan nomor telepon: Sambungkan akun Tokopedia kamu yang baru ke akun Gojek yang sudah ada.

Q: Saya pelanggan Tokopedia dan Gojek. Saya menggunakan dua nomor telepon yang berbeda / sama untuk masing-masing aplikasi? Apa yang harus saya lakukan?
  1. Jika kamu menggunakan nomor telepon yang sama di kedua aplikasi:
    • Kamu akan dapat menyambungkan akun mu dengan validasi One Time Password (OTP) yang akan kami kirimkan ke nomor telepon yang aktif dan terverifikasi di akun mu saat ini.
  2. Jika kamu menggunakan nomor telepon yang berbeda di kedua aplikasi:
    • Kami hanya mengizinkan penyambungan akun menggunakan nomor telepon yang sama karena tujuan keamanan. Jika kamu menggunakan nomor telepon yang berbeda, selama proses penautan akun, kamu dapat memilih untuk mengubah nomor kamu saat ini.
Jika kamu ingin mengubah nomor telepon di salah satu aplikasi kamu harus mengikuti proses yang biasa dilakukan di setiap aplikasi. Misalnya, selama proses penautan akun di Tokopedia, jika kamu memilih untuk mengubah nomor telepon Gojek kamu, kamu harus mengubahnya langsung di aplikasi Gojek.

Jika kamu memutuskan untuk tidak menyambungkan akun Tokopedia dan Gojek, tidak ada perubahan yang akan terjadi. Kamu tetap dapat menggunakan kedua nomor telepon di kedua aplikasi seperti biasa.

Q: Saya hanya menggunakan email untuk login dan transaksi di Tokopedia. Apakah saya masih dapat menyambungkan akun Tokopedia ke akun Gojek?
Untuk menyambungkan akun, kami mengharuskan kamu memiliki nomor telepon aktif yang akan digunakan untuk mengamankan akun kamu yang akan disambungkan.

Jika kamu tidak memiliki nomor telepon yang sudah terverifikasi, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon terlebih dahulu sebelum melanjutkan menyambungkan akun.

Q: Saya telah menyambungkan kedua akun. Bagaimana cara mengakses benefit dari Gojek?
Pada aplikasi Tokopedia di halaman Status Matching, kamu dapat melihat daftar benefit Tokopedia dan Gojek. Adapun berikut ini langkah-langkah untuk menuju halaman Status Matching
  1. Pergi ke halaman akun saya.
  2. Klik panah di bagian status member di Tokopedia untuk menuju ke halaman Rewards.
    User-added image
  3. Saat di halaman Rewards, klik tombol berikut untuk menuju ke halaman Status Matching.
    User-added image
  4. Kamu dapat melihat benefit Tokopedia dan Gojek di halaman Status Matching.
    User-added image

Q: Saya ingin menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran di Tokopedia. Apa yang dapat saya lakukan?
Untuk menyambungkan Gopay ke akun Tokopedia, kamu harus menyambungkan akun Tokopedia dengan akun Gojek. Ikuti langkah pada Tab Cara Sambungin Akun Tokopedia & Gojek tentang cara ”Sambungin Akun” Tokopedia dengan akun Gojek.

Setelah akun berhasil disambungkan, saldo Gopay kamu akan ditampilkan di aplikasi Tokopedia, dan kamu dapat menggunakan Gopay untuk transaksi di Tokopedia.

Q: Saya memiliki saldo OVO yang terhubung ke akun Tokopedia. Apakah ada pengaruhnya dengan OVO saya jika menyambungkan akun Tokopedia dan Gojek?
Akun Tokopedia kamu yang terhubung dengan akun OVO tidak akan berubah karena adanya penyambungan akun Tokopedia dan akun Gojek.

Walaupun kamu menyambungkan akun Tokopedia dengan akun Gojek, OVO kamu akan tetap terhubung ke nomor telepon yang telah terverifikasi di aplikasi Tokopedia kamu. Perlu diingat untuk nomor telepon yang kamu gunakan harus sama ya.

Jika kamu memutuskan untuk mengubah nomor telepon di aplikasi Tokopedia, OVO kamu akan mengikuti proses yang saat ini masih berlaku di mana akun Tokopedia akan terhubung ke saldo OVO sesuai nomor telepon baru.

Jika kamu melakukan perubahan nomor telepon kamu di aplikasi Gojek, tidak akan ada perubahan sama sekali pada saldo OVO dan juga relasi OVO pada akun Tokopedia. Kecuali, jika kamu melakukan perubahan nomor telepon juga pada akun Tokopedia.

Q: Saya ingin melakukan perubahan nomor telepon pada aplikasi Gojek dan Tokopedia. Apakah saya harus melakukan perubahan pada kedua aplikasinya?
Jika kamu telah menyambungkan akun Tokopedia dan Gojek kamu, dan kamu ingin mengubah nomor telepon di salah satu aplikasi, kamu harus mengikuti proses yang biasa dilakukan di setiap aplikasi. Setelah proses selesai, akun Tokopedia dan Gojek kamu akan tidak tersambung dan kamu perlu menyambungkan kembali akun Tokopedia kamu dengan akun Gojek kamu untuk menikmati berbagai manfaat yang akan membuat pembelian, perjalanan, dan pengalaman Anda secara keseluruhan dalam menggunakan Gojek dan Tokopedia menjadi lebih baik.

Perlu diketahui, bahwa GoPay Coins akan mengikuti nomor telepon Gojek kamu. Jika kamu melakukan perubahan nomor telepon di Tokopedia setelah kamu menyambungkan akun Tokopedia dan akun Gojek, GoPay Coins kamu akan tetap tersimpan di nomor Gojek. Untuk bisa menggunakan Gopay Coins di Tokopedia, kamu perlu sambungin lagi akun Tokopedia mu ke akun Gojek menggunakan nomor telepon yang sama. 

Q: Setelah saya menyambungkan akun, ketika login di satu aplikasi (misalnya Tokopedia), apakah saya juga masuk ke aplikasi lain (misal Gojek)?
Tidak, ketika kamu sudah sukses melakukan Sambungin Akun, jika kamu sudah login di salah satu aplikasi (contoh Tokopedia), pada aplikasi lainnya (Gojek) kamu harus melakukan login sesuai proses login di masing-masing aplikasi

Q: Apakah saya dapat menyambungkan beberapa akun?
Saat ini kamu hanya dapat menyambungkan 1 akun Gojek ke 1 akun Tokopedia

Q: Apa yang harus saya lakukan untuk memastikan kedua akun saya terlindungi? Apakah saya perlu mengubah kata sandi/PIN secara teratur di kedua aplikasi?
Perlu diketahui sebagai pengguna aplikasi Tokopedia dan Gojek, kami menyarankan kamu untuk memperbarui kata sandi, PIN pada aplikasi Tokopedia dan Gojek secara berkala setiap beberapa bulan.

Q: Saya memiliki PIN yang digunakan di Gojek. Saat saya membuka Aplikasi Tokopedia, saya juga diminta untuk membuat PIN. Bisakah saya menggunakan kembali PIN Gojek saya untuk digunakan juga di Tokopedia?
Karena alasan keamanan, saat ini kami tidak menyarankan pengguna menggunakan PIN yang sama di aplikasi Tokopedia dan Gojek. PIN Tokopedia kamu akan tetap disimpan sebagai entitas yang terpisah dengan PIN Gojek. Demi keamanan, sebaiknya kamu memiliki PIN yang berbeda untuk aplikasi yang berbeda.

Q: Saya pengguna Tokopedia yang telah melakukan verifikasi akun dengan KTP. Apakah saya perlu melakukan verifikasi akun dengan KTP lagi di aplikasi Gojek?
Karena alasan keamanan, data verifikasi akun kamu tidak dapat digunakan kembali di seluruh aplikasi dan kamu harus mengikuti proses verifikasi akun dengan KTP pada masing-masing aplikasi Gojek atau Tokopedia.

Q: Karena alasan pribadi, saya ingin menghapus akun saya di Tokopedia. Apakah akun Gojek saya juga akan dihapus?
Menghapus akun di salah satu aplikasi hanya akan menghapus tautan kedua akun saja. Setelah proses penghapusan, akun lainnya masih akan tetap aktif.

Contoh: Pengguna bernama Wahyu memiliki akun A1 di Tokopedia yang tersambung dengan akun A2 di Gojek. Wahyu memutuskan untuk menghapus akun A1 karena alasan pribadi. Dengan demikian, akun A1 akan dihapus tautannya dengan A2. Untuk akun A2 di Gojek akan tetap aktif tetapi dengan status tidak tertaut di akun Tokopedia.

Toppers, berikut panduan untuk menghubungkan akun Tokopedia dan Gojek kamu ya

  1. Klik Aktifkan pada halaman Home dan bisa ikuti step selanjutnya.
    User-added image
  2. Klik Sambungin Akun seperti tampilan berikut.
    User-added image
  3. Konfirmasi akun Gojek yang ingin disambungkan.
    User-added image
  4. Pastikan nomor handphone kamu bisa menerima SMS kode OTP, kemudian input kode OTP yang telah kamu terima via SMS.
    User-added image
  5. Masukan PIN kamu pada tahapan selanjutnya. Perlu diketahui, jika kamu belum memiliki PIN pada Gojek, kamu dapat membuat PIN Gojek kamu.
    User-added image
  6. Jika sudah berhasil, kamu akan menerima informasi bahwa akun Tokopedia kamu dan akun Gojek sudah berhasil tersambung. Kamu juga akan menerima informasi benefit yang bisa didapatkan:
    • Kamu sudah bisa menggunakan GoPay di Tokopedia.
    • Kamu bisa mendapatkan GoPay Coins dan menggunakan GoPay Coins kamu sebagai potongan transaksi.
    • Level Membership kamu akan disetarakan, silakan cek di sini.
      User-added image

Artikel Terkait

tokopedia
© 2009 - 2022, PT Tokopedia