Kategori


    Cari di kategori ini


    Harga

    Brand

    Populer
    {{key}}

    Brand

    Warna

    Lihat Semua Warna

    Ukuran

    Ukuran

    Lokasi

    Populer
    {{key}}

    Lokasi

    Lihat Semua Lokasi

    Dukungan Pengiriman

    Kondisi

    Toko

    Rating

    Umur

    SelesaiFitur Baru: Free ReturnsTemukan beragam pilihan produk Free Returns. Produk dapat diretur secara GRATIS jika berubah pikiran. Pelajari lebih lanjut.
    {{tokopedia.loc('Product List')}} {{pagination.item_start|thousand_separator}} - {{ pagination.item_end|thousand_separator}} {{tokopedia.loc("from")}} {{pagination.total_item|thousand_separator}}
    Urutkan :
    Reputasi:

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_1")}}

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_2")}}
    {{model.name}}
    {{model.name}}
    {{model.price}}
    ({{model.count_review}})
     
    {{e.title}}
    Grosir
    • {{wp.quantity_min}} - {{wp.quantity_max}}≥ {{wp.quantity_min}}≥ {{wp.price}}
    PO
      {{ model.shop.city }}
    RSS
    Mengetahui Jenis dan Ciri-Ciri Novel Remaja Teenlit di Indonesia

    Cara yang mudah untuk mengajak kaum remaja untuk gemar membaca buku adalah dengan memperkenalkan novel remaja atau teenlit. Di luar negeri jenis novel ini disebut pula young adult books, dimana teenlit merupakan singkatan dari Teen Literature. Novel teenlit adalah jenis karya sastra populer yang menceritakan kehidupan remaja dengan berbagai macam kisah remaja khususnya kehidupan sekolah dan asmara. Novel remaja ini juga kerap menggunakan bahasa Indonesia yang gaul sehingga mudah dipahami oleh para remaja dan terkesan tidak kaku. Ada beberapa ciri khas yang bisa kita temukan dalam novel remaja teenlit yaitu, selain menggunakan bahasa gaul yang sedang populer di kalangan remaja, biasanya tema yang diangkat pun ringan dan mudah dinikmati. Tema novel remaja tidak akan jauh-jauh dari kisah cinta, persahabatan, problematika di sekolah, hingga pencarian jati diri yang sangat khas dan kerap terjadi di usia remaja.

    Masuk ke Dunia Remaja Lewat Novel Remaja dan Teenlit

    Tidak hanya kaum remaja saja yang dapat membaca teenlit. Kalangan dewasa pun dapat ikut membaca novel berjenis novel remaja dan teenlit ini karena tanpa kita sadari, dengan membaca novel remaja, kita akan terbawa masuk ke dunia mereka. Masa remaja digambarkan sebagai masa pencarian jati diri, serta masa dimana semua problem menjadi sangat genting dan umumnya remaja ingin memecahkan masalahnya sendiri tanpa bantuan orang tua. Paparan kisah problematika remaja ini bisa kita temukan dalam novel remaja, dan tentunya dengan membaca novel remaja ataupun teenlit kita dapat memahami isi pikiran remaja yang terkadang sulit ditebak. Novel remaja tidak hanya memaparkan kisah klise mengenai murid baru cantik yang diperebutkan oleh ketua OSIS jago basket, namun lebih dari hal itu, detail kecil seperti apa yang remaja inginkan, gaya hidup mereka, cara remaja berpikir mengenai keluarga sahabat dan orang yang dia sukai, semuanya tertuang secara ringan lewat alur kisah di novel remaja.

    Karakteristik Novel Remaja di Indonesia

    Berikut adalah karakteristik novel remaja di Indonesia dilihat dari berbagai macam aspek. Secara tema umumnya novel remaja di Indonesia mengangkat tema yang tidak jauh dari kisah percintaan dan persahabatan. Mulai dari kisah cinta pada pandangan pertama, cinta monyet, dilema antara kekasih atau sahabat, hingga konflik percintaan seperti cinta bertepuk sebelah tangan. Rasanya tidak lengkap membahas kehidupan remaja lewat novel remaja ataupun teenlit jika tidak membahas mengenai lika liku kisah kasih di sekolah. Kemudian karakteristik lain pada novel remaja adalah penggunaan gaya bahasa sehari-hari dan tak jarang dicampur dengan bahasa Inggris. Hal ini sangat penting diterapkan agar remaja tetap nyaman membaca novel remaja karena penggunaan bahasa sehari-hari yang lekat dengan kehidupannya. Apalagi jika menggunakan bahasa Indonesia baku, remaja akan mudah bosan dan menganggap novel remaja tersebut berat untuk dicerna.

    Tokoh-Tokoh Legendaris Novel Remaja di Indonesia

    Walaupun novel teenlit yang notabene merupakan jenis karya sastra dari budaya luar, namun ternyata di Indonesia sendiri sudah memiliki teenlit sejak era 80an. Novel remaja di Indonesia kala itu tak jauh berbeda dengan novel remaja ataupun teenlit di era sekarang. Masih membahas tema remaja yang ringan, namun mungkin perbedaan bahasa yang berbeda seiring berkembangnya gaya bahasa setiap zaman. Sebut saja Hilman Hariwijaya. Ia sukses memberikan warna baru di dunia sastra Indonesia dengan seri novel remaja populernya Lupus. Kala itu novel remaja Lupus benar-benar merepresentasikan remaja era itu lengkap dengan berbagai macam problem dan romansa yang diangkat. Kemudian adapula Mira W, yang populer dengan berbagai macam novel remaja bertemakan romansa dan percintaan. Puluhan novel remaja karya Mira W tembus di pasaran dan dicetak berulang kali, hingga ada beberapa judul novelnya yang diangkat ke layar kaca.